Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Apa Itu Content Creator? Berikut Pengertian dan Jenis-Jenisnya!

5 min read

featured image 5 langkah memaksimalkan user generated content untuk menunjang strategi marketing

Content creator adalah salah satu profesi yang menjanjikan di era digital ini. Bahkan, ada yang bisa mendapat penghasilan hingga miliaran rupiah. Menariknya, semua orang bisa jadi content creator asalkan tahu caranya. 

Sebenarnya, apa itu content creator? Lalu, apa saja contoh content creator?

Di artikel ini, kami akan membocorkan cara menjadi content creator dan skill yang harus dimiliki content creator. Kami juga akan membahas jenis-jenis content creator supaya Anda bisa memilih bidang sesuai dengan minat Anda. 

Sudah tidak sabar? Langsung saja, yuk simak pembahasannya!

Apa Itu Content Creator?

Content creator adalah orang yang membuat konten, baik berupa tulisan, gambar, audio, atau video. Nantinya, konten tersebut akan ditampilkan di berbagai platform sesuai tujuannya, seperti di website, YouTube, TikTok, Instagram, dan lainnya. 

Namun, tugas content creator ternyata tidak sekadar membuat konten. Banyak tahapan yang harus dilakukan pembuat konten, sebelum dan sesudah pembuatan konten dilakukan, di antaranya:

  • Melakukan riset untuk mengetahui tren yang bisa dijadikan ide konten sekaligus memastikan kebenaran informasi dalam konten
  • Mengedit konten
  • Mengelola website dan menerapkan social media marketing saat mempublikasikan konten, mengukur engagement dengan audiens, melakukan campaign promosi, dan lainnya
  • Mengevaluasi traffic konten dengan analytics tools

Dengan banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan itu, mungkin Anda bertanya-tanya, berapa sih gaji content creator? 

Content creator pemula bisa mendapat gaji hingga Rp 5 juta. Namun, nilainya akan terus meningkat ketika konten yang dibuat berhasil mencapai tujuannya, atau traffic kontennya tinggi.

Nah, sudah paham apa itu content creator, ‘kan? Di bawah ini kami akan membahas jenis-jenis content creator yang perlu Anda ketahui. Scroll lagi, yuk.

Jenis-Jenis Content Creator

Ini dia jenis-jenis content creator berdasarkan kemampuannya:

1. Penulis

hasil karya seorang blogger

Pasti Anda sering mencari informasi di internet, ‘kan? Artikel yang Anda baca di internet adalah karya dari para content creator tipe ini. 

Jenis yang satu ini memang dikenal terampil menyampaikan ide melalui tulisan. Contoh content creator yang termasuk penulis adalah blogger, penulis buku, content writer, dan masih banyak lagi.

2. Visualisator

Contoh content creator adalah pembuat infografis

Masih ingat infografis yang berlalu-lalang selama pandemi? Pembuatnya adalah content creator tipe visualisator. 

Tipe ini membagikan ide dan pesannya melalui gambar yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat umum. 

Contoh content creator yang merupakan visualisator yaitu designer, infografer, pembuat meme/GIFs , hingga animator.

3. Pembicara

Tipe pembicara memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga audiens betah mendengarkan kontennya. Contoh content creator yang masuk dalam kelompok pembicara adalah podcaster, vlogger, dan voice over.

Memiliki kemampuan berbicara yang bagus itu penting, karena Anda akan memiliki lebih banyak peluang untuk menarik audiens sekaligus calon konsumen. Sudah banyak lho content creator yang menghasilkan uang dari TikTok, Instagram, dan YouTube dengan cara ini.

Sudah tahu jenis-jenis content creator, dan ingin menjadi salah satunya? Sekarang kami ajak Anda mengenal beberapa kriteria yang dibutuhkan. Yuk simak! 

Baca Juga: Cara Jadi Vlogger Pemula

Kriteria Content Creator yang Baik

Berikut ini penjelasan lima kriteria content creator yang baik:

1. Dapat Mengembangkan Ide Kreatif

Salah satu kriteria content creator yang baik adalah memiliki kemampuan mengembangkan ide kreatif. Kenapa begitu? Sebab, tanpa kemampuan tersebut, bisa-bisa kontennya jadi kurang menarik. 

Konten yang kurang menarik tentu sulit mendatangkan banyak audiens. Akibatnya, konten juga akan sulit mendapat traffic tinggi. Hal inilah salah satu yang membedakan pembuat konten yang baik dan tidak.

Jadi, seorang pembuat konten sebaiknya memiliki kreatifitas yang baik, terutama dalam membuat konten yang orisinil supaya dapat menarik audiens. 

2. Memiliki Kemampuan Riset

Dalam membuat konten, pembuatnya tidak bisa asal-asalan, lho. Diperlukan kemampuan riset untuk mengolah informasi dan fakta menjadi sebuah konten yang relevan. 

Dengan begitu, konten yang diunggah dapat dipertanggungjawabkan kebenaran informasinya. Itulah mengapa, pembuat konten perlu terus mengasah kemampuan risetnya dengan baik. 

3. Memahami Target Audiens

Pembuat konten harus bisa melihat dari kacamata audiens. Artinya, konten yang dibuat harus sesuai kebutuhan audiens. Itulah kenapa penting untuk memahami pain points atau kesulitan yang dialami audiens. 

Nantinya, pembuat konten bisa membuat konten yang berisi solusi dari masalah yang dihadapi audiens. Dengan begitu, pembuat konten bisa menarik minat audiens sehingga dapat menaikkan engagement dan traffic.

4. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Sebagai seorang pembuat konten, ada saatnya Anda harus berkolaborasi dengan pembuat konten lain untuk membuat konten. Oleh sebab itu, salah satu kriteria content creator yang baik adalah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. 

Kemampuan komunikasi penting dimiliki supaya proses pembuatan konten kolaborasi dapat berjalan lancar. 

5. Mempunyai Manajemen Waktu yang Baik

Kemampuan mengatur waktu juga merupakan salah satu kriteria content creator yang baik. Apalagi, apabila konten yang dikerjakan ditujukan untuk beberapa klien.

Kemampuan manajemen waktu akan membantu pembuat konten dalam menyelesaikan  pekerjaan tepat waktu. Utamanya, memudahkan Anda mengatur prioritas pekerjaan yang penting. 

Sampai di sini, Anda telah memahami kriteria content creator yang baik. Di bagian selanjutnya, Anda akan mengetahui lebih lanjut beberapa skill yang harus dimiliki profesi ini.

5 Skill yang Harus Dimiliki Content Creator

Ada beberapa skill yang harus dimiliki content creator. Apa saja, ya?

1. Punya Keterampilan Fotografi dan Videografi

salah satu skill yang harus dimiliki content creator adalah fotografi dan videografi

Seorang pembuat konten harus memiliki skill fotografi atau videografi. Sebab, foto atau video akan membuat konten menjadi menarik. Meskipun tidak harus menjepret foto sendiri, setidaknya seorang pembuat konten harus tahu manakan foto dan video terbaik yang akan digunakan di konten. 

Sebagai contoh, jika Anda adalah seorang travel blogger, Anda bisa menyisipkan foto tempat wisata yang Anda review sehingga membuat konten lebih menarik minat audiens.

Jadi, skill ini tidak hanya wajib dimiliki oleh vlogger atau fotografer saja. 

2. Memiliki Kemampuan Copywriting

Cara menjadi content creator yaitu dengan memiliki kemampuan copywriting yang baik

Seorang pembuat konten wajib memiliki skill copywriting, utamanya untuk mereka yang bekerja untuk klien atau perusahaan yang ingin meningkatkan bisnis mereka. 

Kenapa skill ini penting? Copywriting adalah teknik menjual produk lewat tulisan yang akan membujuk audiens untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Jadi, kalau skill copywriting Anda baik, akan banyak produk yang bisa dijual. Nah, kuncinya adalah Anda harus memahami kebutuhan target audiens dan produk yang akan dipasarkan.

3. Menguasai Tools Pendukung

penguasaan tools pendukung seperti powtoon sangat penting untuk membuat konten menarik

Tools pendukung diperlukan agar hasil konten lebih maksimal, baik yang sifatnya perangkat untuk menunjang produksi atau aplikasi penunjang lain. 

Sebagai contoh, dalam cara membuat vlog dibutuhkan penguasaan peralatan yang digunakan seperti kamera, tripod, microphone, hingga aplikasi edit video untuk menghasilkan konten yang menarik. 

4. Memahami Strategi SEO dan SEM

Seorang pembuat konten yang bergerak di bidang kepenulisan juga harus memiliki teknik SEO dan SEM yang baik. Alasannya, karya tulisan mereka akan mudah ditemukan audiens jika teroptimasi di hasil pencarian.

SEO adalah penggunaan teknik tertentu agar konten muncul di halaman pertama hasil pencarian. Sedangkan, SEM adalah penggunaan paid ads supaya konten dapat menjangkau audiens secara instan. 

Selain itu, untuk content creator di suatu perusahaan, skill ini juga mendukung strategi content marketing yang dilakukan berjalan maksimal. 

5. Mampu Mengoperasikan Analytics Tools

Pembuat konten tidak hanya harus bisa memasarkan kontennya saja, tetapi juga harus mampu mengoperasikan analytics tools. 

Misalnya, kalau Anda menggunakan platform instagram, Anda harus menguasai Instagram Analytics tools. Tujuannya adalah untuk memantau dan mengevaluasi traffic konten yang sudah diunggah di platform tersebut. 

Ketika pembuat konten bisa menggunakan analytics tools untuk menerapkan strategi marketing, maka tujuan pembuatan konten bisa lebih tepat sasaran.

Baca Juga: Apa Arti Marketing

Sudah tahu pengertian, jenis-jenisnya, hingga skill yang harus dimiliki content creator? 

Kini, saatnya Anda mempelajari cara menjadi content creator. 

Cara Menjadi Content Creator

Berikut ini 5 cara menjadi content creator yang bisa Anda terapkan:

1.  Memilih Niche yang Sesuai

Cara menjadi content creator yang pertama yaitu memilih niche yang sesuai minat dan kemampuan. Niche artinya topik khusus sesuai dengan target audiens Anda seperti fashion, kuliner, parenting, finansial, dan masih banyak lagi. 

Niche yang sesuai akan membantu Anda meningkatkan produktivitas. Sebab, Anda akan lebih mudah mencari ide konten. Tentunya, Anda juga bisa menikmati pekerjaan tersebut sehingga bisa terus menciptakan konten kreatif. 

2. Latihan Melakukan Riset

Supaya konten yang Anda buat informatif dan memiliki value tinggi, Anda harus melakukan proses riset yang mendalam. 

Pun demikian karena proses riset sendiri tidak mudah, Anda harus sering melakukan latihan riset untuk bisa menghasilkan informasi atau ide konten yang baik.

3. Buat Konten yang Menarik

Materi yang menarik adalah salah satu alasan mengapa audiens betah menyimak sebuah konten. Untuk itu, Anda harus selalu up-to-date dan mengikuti tren terkini untuk bisa merancang dan membuat konten yang menarik.

Namun, itu semua belum cukup apabila tidak diikuti dengan proses edit konten yang memberikan hasil terbaik.

4. Bangun Personal Branding

Diperlukan personal branding yang kuat untuk bisa bersaing dengan pembuat konten lainnya. Dengan begitu, Anda bisa membangun audiens Anda sendiri, yang akan melihat setiap konten yang Anda buat.

Anda bisa membangun branding dengan logat, topik tertentu, slogan, dan lainnya. Lihat saja, Jerome Polin yang dikenal sering membuat konten tentang matematika dan bahasa Jepang. Jerome juga sering menyuarakan slogan “mantappu jiwa” yang menjadi ciri khasnya. 

5. Menjaga Konsistensi

Konsistensi dibutuhkan supaya konten Anda mudah diingat. Pertama, tema yang digunakan harus konsisten. Dengan begitu, audiens akan menangkap ciri khas konten Anda.

Selanjutnya, jangan lupa menentukan jadwal upload yang tetap. Kalau tidak konsisten, audiens yang sudah susah payah Anda jaring bisa kabur karena menganggap Anda sudah berhenti membuat konten.

Ingin Menjadi Content Creator?

Di artikel ini, Anda sudah mengenal apa itu content creator. Singkatnya, content creator adalah pembuat konten berupa audio, video, tulisan, dan lainnya yang nantinya akan diunggah di berbagai platform.

Anda juga sudah memahami kriteria menjadi pembuat konten yang baik serta skill yang harus dimilikinya. Tak hanya hard skill seperti teknik copywriting hingga penguasaan analytics tools, soft skill seperti kemampuan komunikasi dan manajemen waktu juga harus dikuasai.

Selain membuat konten, memilih platform yang tepat untuk konten Anda juga penting. Salah satunya lewat website untuk menampilkan karya Anda. Yang penting, website Anda harus didukung hosting yang berkualitas. 

Niagahoster adalah penyedia layanan hosting yang bisa menjadi pilihan Anda. Dengan jaminan uptime hingga 99,9%, konten-konten di website Anda bisa diakses 24 jam penuh. 

Apalagi, didukung server LiteSpeed sebagai salah satu web server terbaik, loading website Anda akan super cepat. Sebagai seorang pembuat konten, akan lebih mudah bagi Anda menampilkan berbagai karya terbaru.

Yang paling menarik, Anda bisa berlangganan hosting pilihan Anda hanya dengan Rp9900/bulan! Tunggu apalagi? Yuk, langganan hosting di Niagahoster sekarang!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.