Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

5+ CMS Terbaik 2023 untuk Website Anda

4 min read

cms terbaik

Tahukah Anda, cara membuat website dengan CMS adalah pilihan yang menarik. Kali ini, kami akan membahas mengenai CMS terbaik yang banyak digunakan oleh website yang tersebar di jaringan internet di seluruh dunia. Kriteria terbaik disini dilihat dari sudut pandang banyaknya pengguna dan popularitasnya di internet. Jika ada tambahan, bisa tinggalkan pesan di kolom komentar ya.

Sebelum membahas mengenai Content Management System untuk website Anda, lebih dahulu kita membahas mengenai bagaimana CMS berkembang dan menjadi salah satu pondasi berkembangnya jumlah website.

Saat ini sudah lebih dari 1,5 milyar website pada jaringan internet di seluruh dunia, namun dari total jumlah tersebut kurang dari 200 juta yang aktif. Setiap harinya jumlah website semakin bertambah dan sampai dengan hari ini hampir menyentuh angka 2 milyar website. Peningkatan jumlah website terjadi sangat signifikan pada tahun 2016 yang mana pertumbuhan dari 630 juga website menjadi 1,7 milyar website meskipun website yang aktif tidak terlalu berubah sekitar 170 juta website.

cms terbaik grafik

Petumbuhan ini didukung dengan kemudahan dalam pembuatan website. Seperti yang kita tahu bahwa website saat ini seperti menjadi kebutuhan yang penting dalam perkembangan bisnis. Pembuatan website juga semakin mudah dengan adanya CMS (Content Management System).

CMS juga mempunyai peranan yang sangat besar dalam perkembangan teknologi informasi di seluruh dunia. Lebih dari 30% website di seluruh dunia menggunakan CMS sebagai rumahnya.

Content Management System

Content Management System atau CMS adalah sistem managemen konten yang bisa digunakan untuk membuat website secara instant dan tidak perlu membutuhkan usaha yang berlebih. Seperti mie instan pada makanan, CMS menjadi mie instan yang setelah dimasak menjadi website. Tidak membutuhkan waktu lama, dalam 60 menit sudah bisa mempunyai website sendiri menggunakan CMS.

CMS juga bisa disebut sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola konten pada website. Pada artikel sebelumnya juga sudah diberikan contoh mengenai CMS terbaik yang sering digunakan seperti WordPress, Drupal, dan Joomla. Sedangkan pada artikel ini kami coba bahas lebih lanjut mengenai CMS lain yang bisa dicoba.

CMS Website Gratis

Berdasarkan pencarian dari google trend, WordPress masih menempati peringkat pertama dalam pencarian CMS dibandingkan dengan Joomla, Drupal, Magento, dan Blogger. Besarnya sangat jauh dibandingkan CMS lainnya. Bahkan total pencarian dari beberapa CMS tersebut tidak bisa sama bersaingan dengan WordPress.

WordPress merupakan CMS gratis yang paling banyak digunakan di dunia dan hampir tidak ada yang bisa bersaing dengan CMS ini. Namun, ada beberapa CMS baru yang cukup mendapatkan perhatian bagi para pengguna, seperti Shopify dan Squarespace. Akan tetapi kedua CMS ini masih sangat belum cukup bersaing dengan WordPress yang saat ini menjadi raja CMS. Meskipun begitu, Shopify dan Squarespace tidak bisa dilupakan begitu saja karena kedua CMS ini mendapatkan pengikut yang cukup besar yang berkembang setiap tahun.

CMS Terbaik untuk Website yang Bisa Anda Coba

Jika menggunakan CMS, pengguna tidak perlu menguasai penggunaan bahasa pemograman secara khusus. Tidak perlu belajar lebih banyak HTML, CSS, dan bahasa pemograman lain. Jadi, menggunakan CMS untuk membuat website tentunya akan lebih mudah dan tidak perlu membutuhkan tambahan energi.

Daftar CMS terbaik ini berdasarkan Market Share dan diambil dari Website Setup. Data juga diambil dari hasil riset penggunaan CMS pada website yang dilakukan oleh W3techs dan ternyata hasil menunjukan bahwa pencarian pada Google Trend berbanding lurus dengan Market Share CMS di seluruh dunia.

WordPress

WordPress merupakan CMS yang fleksibel, bisa digunakan sebagai website penjualan online, blog pribadi, dan website profil perusahaan. WordPress menawarkan kemudahaan dalam pembuatan dan penyesuaian dengan kebutuhan pengguna. Tidak hanya itu, WordPress juga memberikan layanannya secara gratis dengan fitur yang sangat lengkap.

Open source menjadi nilai tambah untuk WordPress sehingga proses pengembangan bisa terus berjalan dan semua orang bisa berkontribusi dalam versi terbaru. Kemudahan ini memberikan dampak juga terhadap semakin banyaknya plugin yang bisa digunakan sebagai fitur tambahan. Tidak terkecuali fitur e-commerce seperti WooCommerce yang bisa ditambahkan pada CMS WordPress.

cms terbaik wordpress

Data terbaru menunjukan bahwa WordPress menguasai 60,1% Market Share dengan jumlah website yang aktif sampai dengan 19,882,189 website dari total website yang tersedia di internet sebanyak 374,464,532.

Market share : 60,1 %

Website aktif : 19,882,189

Situs populer : BBC America, Time, The Rolling Stones, Beyonce, TechCrunch, Justin Bieber

Baca juga: Drupal vs WordPress

Joomla

Joomla menjadi CMS terbaik nomer dua setelah WordPress dengan jumlah total website aktif di internet sebanyak 2,004,962 atau hanya 10% dari jumlah website WordPress yang aktif. Joomla menjadi pilihan yang baik jika ingin membangu website untuk aplikasi online.

Proses instalasi juga sangat sederhana mudah tidak perlu membutuhkan pengetahuan yang khusus dalam backend atau front end proses pengembangan website. Biasanya penyedia layanan hosting yang baik juga memberikan pilihan untuk melakukan proses instalasi CMS ini hanya dengan single klik saja.

Market share : 6,2%

Website aktif : 2,004,962

Situs populer : Holiday Inn Express, U.K National Crime Agency, OpenVPN, High Charts

Baca juga: CMS Forum Terbaik

Drupal

Drupal adalah salah satu CMS terbaik yang banyak digunakan di seluruh dunia. Dibangun dengan dukungan komunitas yang sangat besar, Drupal mampu merebut kepercayaan beberapa pengguna CMS. Drupal juga sama dengan WordPress, menawarkan berbagai fitur dengan gratis dan bisa menambahkan plugin yang setiap saat bisa ditambahkan.

cms terbaik drupal

Drupal juga bisa digunakan untuk membuat segala macam website. Jika hanya mempunyai pengetahuan teknis yang terbatas, itu tidak masalah. Drupal memberikan kemudahan sekalipun pengguna masih belum terlalu  paham tentang CMS.

Anda penasaran ingin mencoba Drupal? Tenang, kami sudah menyiapkan panduan cara install Drupal untuk Anda praktikkan.

Market share : 4,2%

Website aktif : 939,413

Situs populer : Linux, Harvard University, GE Transportation

Baca juga: Joomla vs Drupal

Magento

cms terbaik magento

Magento merupakan CMS yang ditargetkan untuk pengguna yang ingin membangun website penjualan dan toko online. Magento pertama kali diluncurkan pada tahun 31 Maret 2008 dan dikelola oleh Magento Inc. Untuk menambahkan fitur – fitur pada website yang menggunakan Magento, ada ekstensi yang bisa dimanfaatkan untuk menambah beberapa fitur tambahan yang dibutuhkan dan juga sistem pembayaran yang dilayani pada toko online.

Market share : 2,3%

Website aktif : 233,056

Situs populer : Land Rover, Bulgari, G2A, Kinguin, YMEUniverse

Baca juga: CMS Laravel Terbaik

Shopify

Shopify merupakan CMS toko online yang saat ini sedang mulai berkembang dan mendapatkan banyak apresiasi. Shopify merupakan e-commerce dari Kanada memulai mengembangkan produknya sekitar tahun 2013. CMS ini dianggap lebih mudah dan lengkap dengan fitur yang ditawarkan seperti tampilan, hosting, manajemen produk, tool-tool penjualan, fitur pengiriman barang dan berbagai metode pembayaran. Sayangnya CMS ini berbayar sehingga pengguna harus rela mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakan CMS premium ini.

cms terbaik shopify

Pengguna bisa mencoba selama 14 hari jika ingin merasakan bagaimana layanan Shopify sebelum melakukan pembelian. Meskipun masih baru saat ini sudah banyak panduan yang bisa digunakan untuk menggunakan CMS ini, namun kebanyakan masih berbahasa inggris.

Saat ini sudah ada 742,441 website aktif yang menggunakan Shopify dan terus meningkat dan sekitar 1,251,722 menggunakannya selama ini.

Market share : 2,1%

Website aktif : 742,441

Situs populer : WaterAid, The Economist, Sunday Somewhere, Penguin Books

Baca juga: Ghost CMS Adalah

Ringkasan

Content Managemen System (CMS) merupakan sistem yang sangat populer digunakan oleh pengguna untuk membangun websitenya. Selain memberikan kemudahan yang tidak memerlukan keahlihan khusus, CMS juga bisa dicoba dengan gratis meskipun ada juga yang berbayar. Layanan CMS gratis sudah memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membangun website.

Setidaknya ada lima CMS terbaik yang saat ini banyak digunakan di dunia, seperti WordPress, Joomla, Magento, Drupal, dan pendatang baru Shopify. WordPress sampai dengan saat ini masih menjadi CMS yang sangat populer di seluruh dunia. Bahkan saat jumlah pengguna dari lima CMS tidak bisa menandingi besarnya pengguna WordPress saat ini.

Demikian artikel mengenai CMS terbaik selama satu tahun terakhir. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi atau ada masukan bisa berikan komentar kepada kami. Jika menyukai artikel kami jangan sungkan untuk subscribe pada form di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

3 Replies to “5+ CMS Terbaik 2023 untuk Website Anda”

  1. seumpama niaga houter saya buat website yang berbasis di malaisia apakah masih bisa dan loadingnya tidak lama mohon arahannhya …..

  2. Baru sempet baca postingan ini hari ini, dan ternyata kontennya menarik banget.
    Kayaknya aku akan sering mampir di mari, semangat update terus kontennya
    ya min.

  3. Makasi, infonya sangat bermanfaat. Saya pembaca setia
    di blog ini. Kontennya bener-bener joss…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *