Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

9 CMS Forum Terbaik

6 min read

cms forum

Forum adalah wadah bertukar pikiran sebuah komunitas atau perkumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan atau ketertarikan yang sama. Perkembangan teknologi mendorong forum bertransformasi dari offline –mengharuskan anggotanya untuk saling bertemu– menjadi bisa dilakukan secara online melalui internet. Semua ini tidak lepas dari hadirnya CMS untuk forum.

Content Management System atau CMS adalah sistem yang digunakan untuk mengelola konten dari suatu website. Sebelum adanya CMS, orang-orang harus menyusun baris kode dari awal untuk membuat forum online. CMS meringkas segala proses pembuatan forum online sehingga Anda hanya perlu mengaturnya dengan mudah tanpa harus berhubungan dengan baris kode. Tidak hanya proses instalasi, CMS forum juga mempermudah proses pengelolaan konten forum online.

Pada artikel ini kami akan membahas CMS forum terbaik untuk membuat website forum online. Namun sebelum membahasnya, kami akan mengenalkan Anda terlebih dahulu mengenai indikator atau fitur yang sebaiknya hadir di dalam forum online.

Baca juga: Cara Membuat Blog dengan Langkah Mudah

Fitur-Fitur yang Harus Ada di CMS Forum Terbaik

Anda dengan mudah dapat menemukan forum online di internet. Forum online ini hadir dengan berbagai jenis dan tipe. Penggunaannya pun cukup sederhana dan mudah. Pada umumnya pengguna harus mempunyai akun terlebih dahulu untuk menggunakan forum online: menulis thread dan mengomentari.

Selain user, biasanya juga terdapat admin dan moderator yang bertugas mengawasi forum agar tidak keluar dari topik. Admin memiliki wewenang paling tinggi di dalam forum sehingga dapat berkah melakukan apa saja, termasuk men-suspend user yang melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan. Moderator bertugas menyeleksi konten yang masuk. Berhak menolak konten yang tidak sesuai dengan topik dan mengizinkan konten yang baik.

Selain fungsionalitas dasar, ada fitur yang wajib Anda ketahui untuk menjadi bahan pertimbangan saat memilih CMS terbaik untuk forum.

  • Profil yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna.
    Anggota forum akan lebih nyaman jika mereka dapat menyesuaikan, mengelola, dan mengedit profil sesuai dengan keinginannya. Forum online akan lebih baik jika menyediakan fitur yang mengizinkan pengguna untuk membuat profil sesuai dengan keinginan mereka.
  • Teks editor yang menarik dan lengkap.
    Teks merupakan komponen utama yang hadir di forum online. Thread, komentar, tanggapan, dan feedback semuanya berbentuk teks dan ditulis melalui teks editor. Maka dari itu, penting untuk menyediakan teks editor yang menarik dan mempunyai fitur lengkap demi kenyamanan pengguna.
  • Fitur untuk berkirim pesan secara pribadi.
    Forum menjadi wadah untuk berdiskusi dan bertukar pikiran. Namun ada kalanya pengguna harus mengirimkan pesan secara pribadi ke pengguna lain untuk menjaga privasi. Maka dari itu, penting untuk menyediakan fitur pengiriman pesan secara pribadi.
  • Opsi untuk mengelola komentar.
    Tidak kalah penting dengan pengiriman pesan pribadi. Forum online yang baik adalah yang hidup melalui diskusi-diskusi yang berlangsung di dalamnya. Tidak semua pengguna dapat menuliskan komentar yang benar di awal. CMS terbaik adalah yang menyediakan fitur untuk mengelola komentar pengguna.
  • Menggunakan sistem ‘achievement’.
    Salah satu poin yang menarik di forum online adalah adanya penghargaan bagi mereka yang aktif. Semakin banyak pengguna memberikan komentar, membuka diskusi, dan mendapatkan feedback baik dari pengguna lainnya, maka akan memperoleh penghargaannya dan dianggap tinggi kredibilitasnya di dalam forum.

Itulah beberapa fitur yang sebaiknya ada di dalam forum online. CMS sebaiknya menyediakan semua fitur di atas. Fitur yang lengkap akan memudahkan pengguna untuk membuat forum online yang nyaman dan mudah digunakan oleh anggotanya.

Daftar CMS Forum Terbaik Tahun Ini

Di bagian ini, kami akan mengulas 9 CMS forum terbaik yang layak Anda coba. Perlu diketahui bahwa setiap CMS forum pasti memiliki kelebihan dan kelemahan. Jadi, pilihlah CMS yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

1. WordPress

wordpress

Anda yang memiliki website pasti tidak asing dengan WordPress. WordPress merupakan CMS yang paling populer di dunia saat ini. Banyak website yang menggunakan WordPress sebagai pondasinya. Namun apakah Anda tahu bahwa WordPress bisa digunakan untuk membangun forum online?

WordPress menyediakan fitur yang lengkap dengan berbagai tema dan plugin. Hal ini memungkinkan Anda untuk membangun blog sederhana hingga yang rumit, termasuk juga toko online. Anda dengan mudah dapat membuat forum online di WordPress dengan tambahan plugin seperti Asgaros Forum, wpForo forum, atau bbPress. Tiga plugin ini menyediakan fitur dasar untuk membuat forum online di WordPress. Anda juga bisa cek artikel berikut untuk melihat 10 plugin WordPress terbaik, https://www.niagahoster.co.id/blog/plugin-forum-untuk-wordpress/

Kelebihan:

  • Anda dengan mudah dapat menemukan tema dan plugin di internet.
  • WordPress termasuk CMS yang mudah untuk digunakan.
  • Anda bisa menambahkan plugin tambahan untuk melengkapi plugin forum yang sudah terinstall.

Kelemahan:

  • Harus menginstall plugin yang (mungkin) cukup berat untuk web server Anda.

Baca juga: Apa itu Ghost CMS? Cara Install Ghost di Hosting

2. Joomla

jooml

Joomla adalah CMS yang mirip dengan WordPress. CMS ini dapat Anda pakai untuk membuat website dan menambahkan beberapa plugin di dalamnya termasuk juga untuk membuat forum online.

Jika Anda ingin membuat forum online menggunakan CMS ini, Anda perlu menggunakan plugin seperti Kunena, ChronoForums, dan EasyDiscuss. sesuaikan saja dengan kebutuhan forum yang Anda kehendaki.

Namun ada yang membedakan antara Joomla dengan WordPress. Jika WordPress lebih mudah dan sederhana, Joomla memberikan pengaturan yang lebih ‘bebas’ sehingga platform ini lebih dikhususkan untuk web developer atau pengguna yang sudah paham dunia teknologi informasi.

Kelebihan:

  • Memberikan kebebasan admin untuk melakukan kustomisasi CMS.
  • Mempunyai banyak plugin untuk membuat forum online.
  • Menawarkan fitur keamanan yang powerful.

Kelemahan:

  • Pengguna awam kemungkinan akan mengalami kesulitan karena penggunaan yang cukup rumit.

Baca juga: CMS Toko Online

3. Drupal

drupal

Drupal adalah salah satu CMS forum terbaik yang dikhususkan untuk pengguna yang sudah mahir mengelola website. Fitur default Drupal lebih lengkap dibandingkan dengan WordPress. Hanya saja fitur tambahan ini membat penggunaan Drupal menjadi lebih kompleks dan tidak sesederhana WordPress. Inilah yang membuat Drupal tidak disarankan bagi pengguna yang belum terlalu familiar dengan website.

Drupal memiliki berbagai pilihan modul dan tema yang dapat diubah sesuai dengan keinginan. Untuk membuat forum online di Drupal, Anda tidak perlu ekstensi karena platform ini sudah dibekali dengan fungsionalitas bawaan. Jika Anda ingin memodifikasi opsi default, gunakan Advance Forum untuk melakukannya.

Kelebihan:

  • Drupal menawarkan fungsionalitas bawaan yang sudah tersedia forum online di dalamnya.
  • Ada banyak opsi kustomisasi.
  • Menyediakan beragam modul dan tema untuk membuat dan mengedit forum.

Kelemahan:

  • Pengelolaan dan pengoperasian Drupal lebih susah dibandingkan dengan CMS lainnya.

4. phpBB

phpbb

CMS forum terbaik selanjutnya adalah phpBB. phpBB adalah CMS forum terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuat forum online. Anda dapat menghubungkan pengguna dengan ketertarikan yang sama ke dalam sebuah forum yang unik.

phpBB menyediakan fitur yang mengandung ribuan paket gaya dan image untuk mengkustomisasi board Anda. User yang terdaftar dapat menulis dan memberikan komentar pada board yang sudah dibuat.

Dengan menggunakan layanan hosting berkualitas, Anda dapat menggunakan phpBB untuk menangani ribuan user. Selain menawarkan fungsionalitas dasar, Anda juga dapat menambahkan berbagai fitur dengan menambahkan ekstensi secara gratis.

Kelebihan:

  • User dapat mengkustomisasi postingan dan profil.
  • CMS yang powerful dan sudah dilengkapi dengan berbagai opsi hirarki.
  • Menyediakan ekstensi dan tema yang cukup lengkap.
  • Sangat responsif.

Kelemahan:

  • Terkadang update tidak dilakukan secara berkala atau lambat.

Baca juga: CMS Laravel Terbaik

5. MyBB

mybb

MyBB mempunyai banyak fitur yang mirip dengan phpBB. Sama halnya dengan phpBB, platform ini juga menyediakan plugin dan tema yang powerful. Kelebihan lainnya adalah adanya komunitas yang masih aktif.

Sayangnya koleksi ekstensi yang dimiliki MyBB tidak sebanyak phpBB. Meskipun begitu, pilihan tampilan yang tersedia di MyBB lebih lengkap dibandingkan dengan phpBB.
MyBB memberikan opsi tampilan yang lebih modern sehingga user akan lebih nyaman dan mudah untuk menggunakannya.

Kelebihan:

  • MyBB merupakan platform open source yang bisa digunakan secara gratis dan Anda dapat memodifikasinya.
  • Mempunyai berbagai macam fitur dasar untuk membangun komunitas online.
  • Terdapat fitur kalender dan user reputation.

Kelemahan:

  • Masih kalah dengan CMS yang mirip dengannya, yaitu phpBB.

6. Vanilla

vanilla

Vanilla adalah CMS untuk forum terbaik yang menyediakan versi berbayar dan juga gratis. Versi gratis Vanilla sudah cukup lengkap dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkan.

Vanilla menyediakan berbagai fitur untuk membuat board pesan dengan tampilan menarik dan menawan. Anda juga memperoleh akses untuk menggunakan tema dan plugin yang dimilikinya. Hanya saja jumlah plugin yang ditawarkan tidak banyak sehingga Anda harus puas menggunakan tema dan plugin yang tersedia terbatas.

Kelebihan:

  • Terdapat berbagai tema dan plugin dasar yang digunakan untuk membuat forum online.
  • Terdapat opsi untuk membuat grup private.
  • Terdapat fitur advance user editor yang dilengkapi dengan berbagai opsi.

Kelemahan:

  • Plugin dan tema gratis tidak banyak dan terbatas.

7. Simple Machines Forum

simplemachine

Sebelumnya kami sudah membahas mengenai phpBB di bagian atas. Simple Machines Forum ini mirip dengan phpBB, hanya saja Simple Machines Forum lebih fleksibel dibandingkan dengan phpBB.

Anda dapat menggunakan package manager untuk memasang memperbarui modul.

Simple Machines Forum juga menyediakan berbagai macam tema dan plugin. Di samping itu, platform ini juga menyediakan versi berbayar bagi anggota di dalam forum.

Kelebihan:

  • Memiliki banyak pilihan modul dan tema untuk membuat situs forum.
  • Anda dapat memilih bahasa yang diinginkan.
  • Instalasi dan pengaturan dapat dilakukan dengan mudah.

Kelemahan:

  • Tema banyak yang belum diperbarui.
  • Versi gratis membatasi opsi kustomisasi.

8. FluxBB

fluxbb

Jika Anda menginginkan CMS yang lebih sederhana, FluxBB merupakan CMS forum terbaik yang cocok untuk Anda. Anda hanya perlu sedikit menyesuaikan pengaturan dan sudah mempunyai forum online sendiri.

FluxBB fokus pada kecepatan dan performa website sehingga hanya menyediakan fitur yang terbatas dan simpel. Namun bukan berarti CMS ini minim dengan fitur. Anda bisa menemukan plugin dan tema di sini meskipun jumlahnya tidak banyak.

Kelebihan:

  • Memiliki performa yang cepat.
  • Ada kustomisasi advance pada profil pengguna.
  • Tersedia plugin dan tema meskipun terbatas.

Kelemahan:

  • Terdapat banyak batasannya: plugin, tema, dan kustomisasi.

9. Codoforum

codoforum

Codoforum fokus pada user experience. Berbasis PHP dan MySQL, Codoforum menawarkan kemudahan dan tampilan yang menarik dengan berbagai fitur unggulan lainnya.

Codoforum mendukung SSO & Integration. Pengguna dapat login ke dalam forum menggunakan akun website yang sudah dimiliki atau menggunakan akun sosial media populer seperti Facebook, Google, atau Twitter.

Proses instalasi Codoforum menggunakan script yang bisa Anda dapatkan melalui halaman websitenya. Anda dapat menginstall di server mana pun yang mendukung PHP dan MySQL secara gratis.

Kelebihan:

  • Tersedia versi gratis.
  • Terdapat artikel dan panduan.
  • Proses instalasi dapat dilakukan dengan mudah.
  • Tampilan rapi dan simpel.

Kelemahan:

  • Versi berbayar Codoforum cukup mahal.

Penutup

Demikianlah beberapa pilihan CMS untuk membuat forum terbaik yang dapat Anda gunakan. CMS forum terbaik di atas dapat membantu Anda untuk membuat layanan forum online dengan mudah. Anda hanya perlu memilih forum yang andal dan terpercaya. WordPress adalah CMS forum terbaik yang menjadi favorit menurut kami. Namun, Anda dapat menyesuaikan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

CMS forum terbaik tidak dapat menemukan performanya yang terbaik jika hosting web yang digunakan biasa-biasa saja. Pastikan CMS untuk forum menggunakan hosting yang terbaik agar website dapat beroperasi lancar.

Baca Juga: 10+ Trik SEO untuk Menggenjot Trafik ke Website Komunitas Anda

Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

One Reply to “9 CMS Forum Terbaik”

  1. Ternyata banyak juga ya CMS selain WordPress, bisa jadi materi research ini kedepannya. Karena consultant kreatif seperti saya, sering di challange ide menggunakan WordPress kalau ada pilihan CMS lain oleh client

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *