Categories: Bisnis OnlineStories

CIUSS: Sukses Kelola Bisnis Tema WordPress Seorang Diri

Tema adalah bagian penting dalam pembuatan website. Namun, sebaiknya Anda tidak sekedar memilih berdasarkan tampilannya. Selain terlihat sesuai dengan niche situs Anda, tema juga harus mudah dikustomisasi. Fitur ini umumnya hanya bisa didapatkan dari tema premium.

Tapi, Anda tidak perlu membeli tema buatan luar negeri yang yang mengharuskan Anda untuk membayar dengan Dolar. Developer-developer tema WordPress lokal justru menawarkan opsi yang lebih terjangkau. CIUSS adalah salah satunya.

Penasaran dengan CIUSS dan tema-tema buatannya? Yuk, kenali lebih dekat di artikel ini!

Perkenalkan CIUSS, Developer Tema WordPress Mandiri

Perjalanan bisnis tema CIUSS dimulai pada  2017. Pada saat itu, Yayun, pendiri sekaligus kreator tema-tema CIUSS, menjual tema pertamanya yang ditujukan untuk website sekolah.

Menariknya, ia memulai bisnis ini secara sederhana. Di awal pun pemasarannya belum menggunakan website, melainkan dari mulut ke mulut.

Tiga tahun berselang, bisnis CIUSS berkembang dan menawarkan lebih dari sepuluh pilihan tema yang mayoritas berbayar. Beberapa di antaranya juga dapat Anda beli melalui WordPress Store di Member Area Niagahoster.

Uniknya, Yayun mengaku hingga detik ini Ia masih melakukan semuanya sendiri. Baik itu membuat dan meng-update tema, memasarkan bisnisnya, serta mengelola website CIUSS.

Meskipun berbayar, harga yang Yayun tawarkan untuk karya-karyanya sangat kompetitif. Bagaimana tidak, kebanyakan tema di marketplace tema luar negeri seperti Themeforest dijual seharga $30-$60.

Ditambah kurs mata uang yang naik turun, tentunya tema-tema premium buatan luar negeri tidak selalu terjangkau bagi semua kalangan. Di saat yang sama, CIUSS menjual tema-temanya di kisaran biaya Rp250.000.

Dengan perbedaan harga yang cukup besar, tema CIUSS tentu jauh lebih ekonomis. Namun, bagaimana dengan fiturnya? Mari simak di bagian berikutnya.

Fitur-Fitur Unggulan Tema CIUSS

Seperti yang tadi telah disebutkan, saat ini CIUSS menjual lebih dari sepuluh opsi tema. Kategori tema-tema tersebut beragam, termasuk website dealer kendaraan, company profile, dan agen wisata.

Masing-masing tentunya memiliki fitur yang ditujukan untuk kategorinya. Nah, ada beberapa fitur unggulan CIUSS yang dapat Anda temukan di beberapa temanya.

Jika Anda mencari fitur-fitur ini di marketplace tema luar negeri, harga temanya tidak akan terjangkau seperti yang ditawarkan CIUSS. Apa sajakah itu?

1. Desain Responsive

Kini pengunjung website menggunakan perangkat dengan ukuran layar yang berbeda-beda. Dari layar desktop yang lebar dan berorientasi landscape hingga smartphone dengan layar yang lebih kecil dan memiliki orientasi portrait.

Agar tampilan website Anda tetap terlihat rapi dan mudah dipahami di layar segala ukuran, tema yang mendukung desain responsive sudah menjadi hal wajib.

Nah, semua tema CIUSS sudah mengusung tampilan dengan prinsip ini. Sekali pasang, Anda tinggal menyesuaikan desain website untuk semua ukuran layar.

2. Dasbor Pengaturan Tema yang Lengkap

Salah satu keunggulan tema WordPres premium adalah kemudahan kustomisasi. Memang, Anda tetap dapat memodifikasi tema gratis yang bisa didapatkan di repository CMS tersebut. Namun, kebebasan yang diberikan biasanya sangat terbatas.

Tema berbayar memungkinkan Anda untuk tidak hanya mengubah warna tulisan atau mengganti letak menu saja. Dengan jenis tema ini, Anda dapat memodifikasi aspek-aspek lainnya pada tema.

Tema-tema CIUSS juga menawarkan keunggulan ini. Bahkan, Anda dapat mengakses semua fitur kustomisasinya melalui dasbor pengaturan khusus. Praktis, bukan?

Fitur kustomisasi yang dapat Anda utak-atik di dasbor ini termasuk:

  • Layout website — Layout yang dimiliki masing-masing tema berbeda. Namun, pada intinya, fitur ini digunakan untuk mengubah style halaman. Ditambah juga, Anda dapat mengubah jenis header dan slider halaman utama, jika tema yang digunakan memilikinya.
  • Pengaturan warna — Tidak hanya teks yang warnanya dapat diganti jika Anda menggunakan tema-tema CIUSS. Beberapa opsi juga memungkinkan Anda untuk memilih warna dari elemen-elemen website.
  • Pengaturan halaman profil — Tema tertentu seperti kategori company profile dan agen properti memiliki pengaturan untuk halaman profil. Ini memudahkan Anda untuk menampilkan informasi-informasi umum website. Selain itu, di pengaturan Anda juga dapat mengunggah logo perusahaan dan favicon agar website makin terlihat profesional.
  • Teks custom di halaman utama — Tema-tema CIUSS menambahkan kotak teks di halaman utama situs. Dengannya, Anda dapat menampilkan deskripsi singkat sekaligus menyisipkan kata kunci untuk mendukung on-page SEO website Anda.

Baca Juga: 5 Cara Edit Tema WordPress tanpa Ribet

3. Custom Post Type

WordPress secara default hanya memperbolehkan Anda untuk membuat satu jenis posting. Jika posting Anda ada berbagai macam jenis, tentu lebih baik apabila dapat dibagi menjadi jenis-jenis tersendiri.

Untuk memungkinkannya, Anda perlu membuat pengaturan custom post type. Caranya tidak terlalu rumit, tetapi bagi yang tidak memiliki waktu banyak mungkin akan enggan melakukannya.

Nah, beberapa tema CIUSS seperti tema website desa sudah menyediakan fitur custom post type secara otomatis. Setelah tema diinstall, Anda langsung dapat menggunakan jenis posting yang sesuai dengan kategorinya. Menariknya lagi, kategori-kategori ini dapat ditampilkan di menu navigasi website.

4. Widget Custom

Widget adalah konten yang dapat Anda tampilkan di bagian sidebar atau footer website. Namun, jenis widget bawaan WordPress sangat terbatas, seperti daftar posting, kalender, dan komentar terbaru. Untuk website bisnis, jenis-jenis widget ini mungkin kurang bermanfaat.

Beberapa tema CIUSS memiliki widget-widget yang lebih relevan. Di tema website dealer kendaraan, misalnya, Anda dapat menampilkan lima jenis widget yang menunjukkan daftar produk dan agenda.

Tidak Luput Dari Kendala

Meski awalnya Yayun menjajakan tema WordPress karyanya dari mulut ke mulut, bisnisnya berkembang dan Ia menggunakan website CIUSS sebagai sarana pemasaran. Sayangnya, ini pun tidak luput dari kendala.

Penyedia layanan hosting yang Ia gunakan untuk menjalankan CIUSS berada di luar negeri. Berbeda dengan anggapan bahwa produk atau layanan asal negara lain lebih berkualitas dari milik lokal, Yayun justru mendapati kesulitan dengan layanan hostingnya.

Berhubung perusahaan hosting tersebut berada di zona waktu yang berbeda, Yayun jadi harus memperhitungkan perbedaan waktu setiap ingin menghubungi customer support-nya.

Parahnya, customer support penyedia hosting ini tidak beroperasi 24 jam. Ditambah lagi, mereka tidak mampu melayani dengan bahasa Indonesia.

Padahal, sangat penting bagi Yayun untuk bisa mendapatkan bantuan setiap saat. Meskipun tidak mengecek websitenya selama 24 jam setiap hari, Ia mengharapkan bantuan cepat ketika ada masalah dari sisi hosting. Pelayanan berbahasa Indonesia juga akan menjadi nilai plus.

Berjalan Bersama Niagahoster

Tidak berselang lama, harapan Yayun datang. Ia ditawari untuk bergabung dalam program afiliasi Niagahoster.

Berhubung produk yang perlu ia pasarkan setelah bergabung adalah layanan web hosting, Yayun pun menjajalnya sendiri dan memindahkan CIUSS ke hosting Niagahoster.

Ternyata, kualitas layanan yang ia dapatkan melebihi harapan. Berkat customer success yang siap sedia 24 jam, Yayun bisa mendapatkan bantuan kapanpun. Tentunya pelayanan yang diberikan dalam bahasa Indonesia.

Tidak hanya itu, uptime 99,98% server Niagahoster menjamin stabilitas website Yayun. Karena jarang mengalami down, CIUSS pun siap melayani para pembeli tema. Tiga keunggulan tersebut telah mendukung CIUSS hingga saat ini.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat website untuk berbisnis, ketiga nilai plus tadi tidak cukup. Ada beberapa fitur lain yang perlu Anda perhatikan ketika memilih layanan. Apa saja itu?

1. Kecepatan

Tidak ada pelanggan yang suka membeli atau berbelanja di website yang loadingnya lambat. Bahkan, sebuah riset Google menyatakan bahwa kemungkinan pengunjung meninggalkan website Anda naik 32% jika kecepatan loading di atas satu detik.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan kecepatan server yang dimiliki penyedia layanan hosting.

Kabar baiknya, Anda dapat mempercayakan kecepatan website pada Niagahoster. LiteSpeed web server yang digunakan Niagahoster memastikan bahwa website Anda selalu cepat dan stabil.

Apabila Anda pengguna WordPress, fitur WordPress accelerator juga dapat dimanfaatkan. Dengan satu klik, kecepatan website Anda akan meningkat hingga 40 kali.

Ingin situs WordPress Anda lebih kencang lagi? Download ebook gratis kami. Linknya ada di bawah ini!

2. Keamanan

Ada 30.000 website menjadi korban hacking setiap harinya. Kerugiannya bukan hanya website Anda, tapi pelanggan juga.

Bayangkan jika hacker mendapatkan data para pelanggan. Pastinya mereka akan enggan untuk membeli dari situs Anda.

Oleh karena itu, keamanan layanan hosting perlu dijadikan salah satu aspek pertimbangan ketika memilih tempat meyimpan website Anda.

Di Niagahoster, keamanan merupakan hal yang sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Situs Anda akan terhindar dari hacker dan malware berkat Imunify 360 yang terpasang di setiap server hosting.

Selain itu, Anda juga akan menikmati manfaat CloudFlare protection yang menjaga website dari  serangan DDoS.

Anda pengguna WordPress? Tingkatkan keamanan website Anda dengan tips-tips dalam ebook gratis kami. Linknya ada di bawah ini!

3. Kemudahan Mengelola WordPress

WordPress adalah content management system (CMS) yang digunakan banyak pemilik website karena kemudahannya.

Namun, kemudahan penggunaan ini mungkin tidak cukup jika Anda mengelola website dan menjalankan bisnis secara bersamaan. Apalagi jika Anda belum paham sisi teknis dari WordPress.

Itulah mengapa Anda perlu memilih layanan hosting yang memudahkan pengelolaan WordPress. Ini meliputi instalasi, update, backup, dan keperluan-keperluan lainnya yang biasanya memakan waktu.

Hal tersebut bukanlah masalah jika Anda meng-hosting website di Niagahoster. Dengan WordPress management, mengelola website Anda tidak pernah lebih mudah.

Fasilitas ini sendiri terdiri dari beberapa fitur, yaitu:

  • Instalasi WordPress otomatis
  • Update core, plugin, dan tema otomatis
  • Login WordPress otomatis
  • Backup otomatis (harian dan mingguan)
  • Speed test
  • Import WordPress
  • Cloning
  • Staging
  • Force HTTPS

Ditambah lagi, semua fitur tersebut dapat Anda temukan dan aktifkan dengan mudah di Member Area akun hosting.

4. Harga Terbaik dan Garansi Uang Kembali

Biaya menjadi perhatian penting ketika Anda memilih layanan hosting. Terlebih apabila Anda baru memulai bisnis. Dengan modal terbatas, Anda harus pintar menimbang-nimbang harga dan fitur yang ditawarkan penyedia hosting.

Niagahoster menawarkan harga terbaik untuk layanan hosting dengan semua fitur yang tadi dibahas. Mulai dari Rp 125.000 per bulan, Anda sudah dapat menggunakan paket cloud hosting Niagahoster.

Mengapa paket hosting tersebut? Cloud hosting menawarkan server dengan sumber daya yang besar dan bersifat dedicated. Dengan ini, Anda dapat menjalankan website yang memiliki banyak halaman dan ber-traffic tinggi.

Tidak hanya itu, cloud hosting adalah layanan yang fully managed. Artinya, semua pengaturan dan pengelolaan server dilakukan oleh Niagahoster, dan Anda bisa lebih fokus menjalankan bisnis.

Pun apabila Anda memutuskan bahwa harga layanan ini tidak setara dengan fitur-fitur yang didapat, Anda tidak akan rugi. Dengan garansi kami, Anda dapat meminta refund selama 30 hari setelah pembelian paket hosting.

5. Kemudahan Transfer Hosting

Barangkali Anda juga sudah meng-hosting website di layanan lain seperti CIUSS. Jika penyedia hosting Anda kurang berkualitas, tentunya Anda perlu memilih perusahaan lain.

Namun, penyedia layanan hosting yang Anda incar harus mau membantu Anda mentransfer situs ke servernya. Anda tidak mau harus membuat website dari nol lagi, bukan?

Kabar baiknya, Niagahoster menyediakan fasilitas transfer hosting. Asal penyedia hosting Anda menggunakan cPanel, Anda dapat memindahkan situs ke Niagahoster dengan mudah.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengisi formulir transfer hosting. Setelah tim Niagahoster menerima formulir ini, Anda akan dibantu untuk memindahkan hosting website.

Baca Juga: 6 Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk Website Anda

Apa Yang dapat Dipelajari dari Bisnis Tema CIUSS?

Melalui CIUSS, Yayun menunjukkan bahwa tema-tema WordPress buatan lokal tidak kalah dengan yang dijual oleh developer luar negeri.

Bahkan, karya-karyanya bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan demikian, Anda dapat menyisihkan lebih banyak dana untuk hal-hal yang tidak kalah penting untuk bisnis. Web hosting, misalnya.

Dengan menggunakan layanan hosting berkualitas dan harga yang tepat, Anda dapat memperlancar pengelolaan bisnis seperti CIUSS. Jika sudah demikian, kesuksesan akan lebih mudah Anda raih.

Tertarik untuk mengikuti langkah CIUSS? Segera dapatkan layanan hosting Anda di Niagahoster sekarang!

Aldwin Nayoan

Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Share
Published by
Aldwin Nayoan

Recent Posts

7 Cara Menulis Deskripsi Produk yang Jitu dan Menjual

Ketika berbisnis online, entah di marketplace atau website, banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjang penjualan. Salah satunya, menulis…

15 hours ago

Panduan Lengkap Facebook Shop untuk WooCommerce Bagi Pemula (2020)

Anda sudah memiliki website WooCommerce, tapi belum memanfaatkan platform lain untuk memasarkan bisnis? Kami sarankan Anda untuk menggunakan Facebook Shops. …

2 days ago

Ingin Menjadi WordPress Developer? Ini Dia Tipsnya!

WordPress dikenal sebagai salah satu CMS (Content Management System) terbaik. Lebih dari 34 persen seluruh website di internet saat ini…

3 days ago

10 Rekomendasi CSS Framework Terbaik untuk Developer

Desain front-end menjadi bagian yang sangat penting di website atau aplikasi. Bukan cuma untuk meningkatkan impresi positif suatu brand saja.…

3 days ago

Ingin Punya Blog Keren Tanpa Ribet? Bikin di WordPress Aja!

Pernahkah Anda mengunjungi blog dengan tampilan yang memukau dan konten yang menarik? Saking bagusnya blog tersebut, Anda jadi terinspirasi untuk…

4 days ago

Rahasia Sukses UMKM Go Online: Siapkan 4 Hal Ini!

Tahukah Anda? Persentase UMKM di Indonesia yang sudah go online baru sekitar 15% saja. Atau lebih tepatnya, hanya 9,4 juta…

5 days ago