Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Mengecek SMTP Port 587 Tidak Diblokir

2 min read

cara mengatasi smtp port 587

Port 587 adalah port yang digunakan untuk pengiriman email di internet. Faktanya, sebagian besar koneksi SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) menggunakan port 587.

Nah, ketika mencoba melakukan setup SMTP email seperti Outlook atau Thunderbird, Anda perlu memastikan bahwa koneksi melalui jaringan Anda tidak diblokir.

Dalam tutorial kali ini kami akan membahas cara mengecek port default ini dibuka atau tidak, pada jaringan Anda.

Apa Itu Port 587?

Port 587 adalah port default untuk mengirim email menggunakan protokol SMTP. SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol merupakan protokol standar untuk mengirim dan menerima email di internet dan mendukung semua tipe transmisi data SMTP.

Port 587 telah didukung oleh hampir semua server. Sehingga banyak digunakan untuk mengatur pengiriman email. Selain itu, port ini juga dikombinasikan oleh TLS encryption untuk memastikan email telah terkirim dan sampai dengan aman.

Untuk mengirim email, disarankan untuk menggunakan SMTP port 587 sebagai protokol default. Namun jika terjadi kesalahan seperti port 587 terblokir, Anda dapat mengubah pengaturannya ke port lain yang tersedia, kok.

Yuk simak cara mengecek SMTP Port 587 tidak terblokir!

Bagaimana Cara Mengecek SMTP Port 587 Tidak Diblokir?

Inilah beberapa cara untuk memeriksa port 587 SMTP tidak diblokir.

1. Buka Console atau Terminal pada Komputer Anda

Langkah pertama buka console atau terminal pada komputer Anda. Proses membuka console maupun terminal dapat berbeda, tergantung sistem operasi yang Anda gunakan. Berikut kami berikan langkah demi langkah membuka console maupun terminal pada sistem operasi Windows, Linux, dan MacOS.

1.1. Windows

Silakan tekan tombol Windows+R pada keyboard (terletak antara tombol CTRL dan ALT). Selanjutnya akan tampil jendela bernama Run seperti gambar di bawah ini.

cek smtp port 587

Silahkan ketikkan “cmd” tanpa tanda petik, kemudian klik OK. Setelah itu, Command Prompt akan tampil dengan tampilan warna hitam, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

command prompt windows

Setelah Command Prompt tampil, silakan untuk dilanjutkan ke Langkah 2 untuk menjalankan perintah Telnet.

1.2. Linux

Untuk membuka terminal pada Linux, silakan tekan tombol CTRL+ALT+T secara bersamaan. Selanjutnya Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.

terminal linux

Setelah muncul jendela seperti tampilan di atas, silakan langsung ke Langkah 2.

1.3. MacOS

Pertama-tama, Anda perlu membuka MacOS Launchpad dengan menekan tombol F4.

Pada kolom search Launchpad silakan ketikkan “terminal” tanpa tanda petik, kemudian tekan ENTER.

terminal mac os

2. Gunakan Telnet Command

Sekarang, setelah terminal berhasil dibuka, silakan ketikkan code di bawah in, kemudian tekan Enter:

telnet domainanda.com 587. “domainanda.com” pada pada contoh tadi Anda ganti dengan nama domain yang Anda miliki.

cara cek port 587 tidak diblokir

Jika berhasil, Anda akan melihat pesan seperti di bawah ini. Pesan ini menunjukkan bahwa port SMTP 587 telah terbuka.

220-srv21.niagahoster.com ESMTP Exim 4.87 #1 Tue, 14 Mar 2017 10:03:41 +0700
220-We do not authorize the use of this system to transport unsolicited,
220 and/or bulk e-mail.
smtp port 587

Bagaimanapun juga, apabila Anda melihat pesan Unable to Connect atau Connection Refused, ini berarti port tersebut diblokir. Dalam kasus ini, kami menyarankan Anda untuk mencoba menonaktifkan firewall atau menghubungi pihak penyedia layanan internet.

Nah itu dia beberapa cara mengecek SMTP Port 587. Sebagai info tambahan, bagi Anda pengguna WordPress, Anda bisa mengatur konfigurasi plugin SMTP WordPress. Dengan begitu, email yang Anda kirimkan kecil potensinya untuk masuk ke folder spam.

Cek SMTP Port 587 Sekarang!

Sekarang Anda sudah mengetahui apakah SMTP terblokir atau tidak, bukan? Jika terblokir, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, bisa karena anti virus pada komputer atau masalah koneksi.

Cara memeriksanya mulai dari membuka terminal komputer sesuai dengan sistem operasi komputer Anda. Setelah terminal terbuka, lakukan telnet command.

Nah, jika Anda ingin memiliki alamat email bisnis yang terbebas dari masalah pengiriman pesan. Anda bisa menggunakan layanan email Niagahoster  terbaik dan terpercaya dari Niagahoster. 

Ini dia kelebihan email hosting Niagahoster:

  • Bebas gunakan domain pribadi
  • Bagus untuk branding personal ataupun bisnis
  • Proses pengiriman email cepat dan aman
  • Keamanan mailbox terjamin penuh
  • Backup email otomatis setiap minggu

Hanya dengan harga mulai dari Rp80.000/bulan, Anda sudah mendapatkan seluruh keuntungan di atas. Jadi tunggu apa lagi? Yuk coba email hosting sekarang!

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *