Categories: Search Engine Optimization (SEO)

Tips Mudah Cek Ranking Website di Google

Tahukah Anda bahwa setiap detiknya terdapat 70 ribu pencarian yang dilakukan melalui Google? Dan kebanyakan website mendapatkan pengunjung dari hasil pencarian di Google. Tentu, ini membuat posisi/peringkat artikel di hasil pencarian Google sangat penting untuk diperhatikan.

Jika ingin mengetahui bagaimana cara cek ranking website di Google, ini adalah artikel yang cocok untuk Anda baca sampai selesai. Karena kebanyakan pengguna baru melakukan pengecekan secara manual dengan mencari posisi artikel melalui mesin pencari. Padahal cara itu belum tentu mendapatkan hasil yang akurat pada kata kunci (keyword) yang ditarget.

Pada artikel ini, saya akan mengulas beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah untuk cek ranking website di Google dan memastikan artikel mendapatkan peringkat sesuai dengan kata kunci yang dikehendaki.

Kenapa Harus Melakukan Cek Peringkat Website di Google?

Tujuan dari membuat artikel di blog/website kebanyakan adalah untuk mendapatkan trafik yang banyak. Caranya adalah dengan menyasar salah satu kata kunci (keyword) dan muncul di (minimal) page satu hasil pencarian Google. Artikel atau halaman web dengan performa Search Engine Optimization (SEO) yang baik biasanya akan menempati posisi atas.

Informasi terkait SEO dapat Anda baca pada artikel kami sebelumnya: konsep dasar SEO, optimasi SEO On Page, dan optimasi SEO Off Page.

Tentu saja tidak mudah untuk mendapatkan peringkat pertama di hasil pencarian. Apalagi ketika kata kunci yang ditargetkan mempunyai pesaing yang cukup berat. Namun, itu bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Langkah pertama adalah dengan melakukan cek peringkat website di Google. Langkah ini untuk memastikan posisi terakhir artikel atau website pada hasil pencarian. Proses pengecekan ini bertujuan untuk memantau bagaimana kinerja dari SEO di dalam artikel/website. Jika tidak mendapatkan ranking yang bagus, tentu harus dilakukan beberapa langkah untuk memperbaiki kinerja SEO yang bekerja di halaman website.

Pengecekan yang dilakukan secara manual bisa saja melewatkan beberapa informasi penting yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki ranking SEO dan meningkatkan trafik.

Karena itu, berikut ini beberapa aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk memaksimalkan proses cek peringkat website di Google.

Daftar Aplikasi untuk Cek Peringkat Website di Google

Saat ini ada banyak aplikasi (tools) yang berfungsi untuk melakukan cek peringkat website di Google. Ada aplikasi yang berbayar, ada pula yang gratis.
Pertama, kita akan membahas dulu yang gratis.

a. SERPROBOT

SERPRobot merupakan website yang menyediakan layanan SERP analisis. Pada pengembangan awal, website ini menggunakan Anda dapat menggunakan website ini untuk memantau pergerakan konten dan kata kunci yang ditargetkan. Fitur yang disediakan adalah pengecekan ranking website untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Anda dapat memilih target negara atau lokasi secara spesific. Selain itu juga bisa melihat langsung ranking lebih dari 10 keywords dan SERBLab akan melakukan pengecekan sesuai dengan apa yang Anda kehendaki.

Jadi, kenapa tidak cek ranking peringkat website di Google sekarang juga? Gunakan website ini dan tingkatkan kinerja website Anda pada mesin pencari.

b. What’s My SERP

Tools kedua adalah What’s My SERP. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pengecekan peringkat website di mesin pencarian Google. Anda dapat memasukkan lebih dari 10 kata kunci secara bersamaan untuk melihat peringkatnya.

Cukup masukkan domain yang Anda kelola kemudian masukkan beberapa kata kunci yang menjadi target, kemudian eksekusi. Secara otomatis sistem akan melakukan pencarian dan analisis posisi website pada kata kunci yang sudah dimasukkan tadi. Selain itu, pengguna juga dapat menganalisis peringkat berdasarkan negara yang ditargetkan.

c. SERPChecker

Dibandingkan dengan beberapa aplikasi gratis lain, SERPChecker adalah aplikasi yang menyediakan informasi pengecekan peringkat secara lengkap dan tentu saja gratis. Namun, penggunaan aplikasi ini terbatas. Hanya memperbolehkan user terdaftar melakukan pencarian sebanyak 5 kali sehari.

Proses pencarian dilakukan dengan memasukkan salah satu kata kunci. Kemudian lokasi dan perangkat yang dijadikan target. Anda juga dapat membandingkan dengan pesaing. Kemudian lakukan analisis fitur SERP pada hasil pencarian di Google Search.

c. Google Search Console

Google Search Console atau yang biasa juga disebut dengan Google Webmasters Tools merupakan kumpulan alat yang ditawarkan oleh google untuk membantu webmasters meningkatkan website mereka agar dapat mempunyai performa baik di dalam mesin pencari.

Anda juga dapat melihat performa website pada hasil pencarian, impresi, dan banyaknya klik, peringkat dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga mengizinkan Anda untuk menambahkan XML sitemap yang mana dapat membantu Google untuk mengenali website Anda dengan baik.

Anda dapat langsung masuk ke dalam halaman Google Search Console untuk langsung dapat menggunakannya menggunakan email Gmail. Namun, sebelum Anda menggunakan aplikasi ini diperlukan file HTML yang diunggah ke website kemudian melakukan verifikasi.

Tools yang disediakan secara gratis di atas memang mempunyai beberapa batasan, sehingga terkadang tidak memberikan informasi yang lengkap. Namun dengan mengetahui fungsi-fungsi yang ada di dalamnya, tentu penggunaan dapat dimaksimalkan.

Selain aplikasi gratis, ada beberapa aplikasi berbayar yang bisa Anda coba untuk cek peringkat website di Google. Aplikasi berbayar ini biasanya digunakan oleh perusahaan maupun blogger yang mempunyai komunitas besar untuk mengelola dan menganalisa performa SEO website mereka.

Berikut ini beberapa aplikasi berbayar untuk cek peringkat website di Google.

d. Ahrefs

Ahrefs merupakan aplikasi SEO yang populer lainnya yang digunakan oleh profesional marketer. Aplikasi ini menawarkan interface yang mudah dipahami dan informasi yang ada di dalamnya dapat dimengerti meskipun digunakan oleh user baru.

Proses analisis dapat dilakukan dengan sederhana. Tinggal masukkan domain Anda di dalam kotak pencarian, dan secara otomatis Ahrefs akan melakukan analisis kemudian memunculkan informasi terkait dengan performa dan kualitas website menggunakan diagram dan grafik yang menarik.

Anda dapat menemukan peringkat kata kunci (keyword) di bawah bagian laporan organic keyword. Anda dapat melihat besarnya volume pencarian, posisi ranking kata kunci, keyword density, dan masih banyak lagi.

f. SEMRush

SEMRush adalah salah satu alat untuk melakukan penelitian SEO dan kata kunci populer. Ini adalah kumpulan dari beberapa fitur analisis SEO yang bisa Anda manfaatkan.

Mirip seperti Ahrefs, SEMRush mempunyai banyak fungsi untuk meneliti bagaimana kinerja SEO dari website. Tool ini juga dapat menampilkan peringkat keywords dari berbagai macam website dengan berbagai informasi lainnya. Tentu, Anda dapat menggunakan alat ini untuk metode pemasaran supaya website Anda dapat tampil di peringkat pertama hasil pencarian.

Selain itu, SEMRush juga mempunyai beberapa fitur untuk membandingkan situs Anda dengan beberapa situs lain. Termasuk perkiraan penghasilan dari situs lain, trafik, keyword yang digunakan pemasaran, dan informasi yang berguna lainnya.

Kesimpulan

Ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk cek pengecekan peringkat website di Google. Anda dapat memilih salah satu: tersedia juga pilihan aplikasi berbayar dan gratis. Meskipun aplikasi yang berbayar mempunyai banyak fitur dan menampilkan hasil informasi yang lebih detail, tapi kami sarankan untuk tetap menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Kami berharap artikel ini bisa membantu Anda untuk memastikan artikel WordPress Anda ada di peringkat yang sesuai dengan kata kunci. Anda mungkin ingin membaca beberapa artikel kami terkait dengan WordPress di bawah ini:

Atau juga bisa melakukan subscribe untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Yasin K

Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Share
Published by
Yasin K
Tags: cek peringkat wesitecek ranking websitecek SERP

Recent Posts

  • Content Marketing
  • Website & Blog
  • WordPress

Ikuti Cara Mudah Membuat Web Portofolio

Kini, banyak orang tergantung pada internet untuk mencari informasi. Bukan hanya soal barang atau review makanan, tapi juga orang. Mencari…

3 days ago
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Website & Blog
  • WordPress

Cara Mudah Menambahkan Schema & Rich Snippet di WordPress

Ketika mencari informasi di Google, sering kali Anda menemukan hasil pencarian dengan tampilan yang unik. Misalnya, saat mencari review, hasil…

4 days ago
  • Design
  • Website & Blog
  • WordPress

Cara Membuat Slider di WordPress

Ketika Anda mengunjungi sebuah halaman website terkadang melihat terdapat gambar bergerak secara otomatis. Bagian itu biasanya menampilkan informasi terkait promo…

5 days ago
  • Dev
  • Website & Blog

Belajar Python Pemula: Pengenalan Dasar

Python adalah bahasa pemrograman yang populer. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Guido van Rossum dan dikenalkan sejak tahun 1991. Sebelum…

6 days ago
  • Website & Blog
  • WordPress

Cara Membuat Website Multibahasa di WordPress

Apa Anda tertarik membuat website dengan banyak pilihan bahasa? Jika iya, selamat! Anda sudah di jalur yang tepat untuk meningkatkan…

1 week ago
  • Website & Blog
  • WordPress

Download Template Bootstrap Gratis Untuk Website Anda

Pernahkah Anda berfikir bagaimana membuat website yang dinamis dengan antarmuka yang modern atau website yang mirip dengan tampilan Twitter? Tidak…

1 week ago