Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Cek Kecepatan Website Anda dengan 10 Tools Gratis Ini!

4 min read

tools cek kecepatan

Kecepatan adalah isu yang selalu jadi prioritas bagi para pemilik website. Baik blog, toko online, website company profile, website forum, maupun jenis website lainnya selalu dituntut untuk loading cepat.

Sebagai pemilik website tentu Anda harus selalu mengecek kecepatan website (hosting) secara reguler agar mengetahui apakah website Anda sudah cukup cepat atau belum. Artikel ini akan membahas 10 tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kecepatan hosting Anda.

Mengapa Website Harus Cepat?

Sebelum mengecek kecepatan akses website, Anda juga perlu tahu mengapa website Anda harus cepat. Apa yang terjadi jika website Anda loading terlalu lama? Berikut penjelasannya:

Pengunjung Tidak Sabar

Pengguna internet tidak sabar untuk mendapatkan yang mereka inginkan, baik itu mendapatkan informasi maupun membeli produk. Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

Pengunjung Tidak Kembali ke Website yang Lambat

Sekali pengunjung tahu kalau website Anda loading lama, kemungkinan besar mereka tidak akan kembali mengunjungi website Anda. Berdasarkan survey KissMetric, 79 persen pengunjung tidak akan kembali mengunjungi website yang mereka anggap lama loading-nya.

Website Cepat, Ranking Semakin Tinggi di Google

Untuk menentukan ranking di hasil pencarian, Google menggunakan berbagai faktor. Salah satu faktor utamanya adalah kecepatan loading website Anda. Semakin cepat loading website, semakin bagus nilai website Anda di penilaian Google. Faktor ini berlaku untuk hasil pencarian di desktop dan mobile.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Website

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penentu kecepatan akses website, yaitu:

  • Lokasi dan Spesifikasi Server hosting yang sedang digunakan
  • Kecepatan koneksi internet
  • Ukuran file gambar, video atau file multimedia lainny
  • Penggunaan plugin yang terpasang di website
  • Source Code yang digunakan tema meliputi HTML, CSS, JavaScript dan lain sebagainya.

10 Tools Cek Kecepatan Website Gratis

Terdapat berbagai cara untuk mengecek kecepatan website. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa tools di bawah ini untuk mengecek kecepatan website Anda. Berikut 10 tools untuk cek kecepatan website gratis:

1. Pingdom

pngdom

Pingdom adalah salah satu tools monitoring website paling terkenal saat ini. Kliennya pun berasal dari perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Spotify, Twitter, dan Pinterest. Salah satu fitur gratisnya adalah cek kecepatan website.

Pingdom menilai kecepatan website menggunakan skala 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai yang didapatkan menunjukkan kualitas kecepatan website Anda sudah baik. Namun, jangan terlalu terobsesi untuk memperoleh nilai 100. Sebab yang paling penting dari cek kecepatan hosting di Pingdom adalah saran-saran apa saja yang perlu Anda terapkan untuk meningkatkan nilai kecepatan website.

2. Google PageSpeed Insight

google pagespeed insight

Sejak 2010, Google secara resmi memasukkan kecepatan website sebagai salah satu indikator penilaian untuk SEO. Pada tahun yang sama Google juga merilis Google PageSpeed Insight untuk membantu para penggunanya mengecek kecepatan website untuk perangkat desktop dan perangkat mobile.

Google akan menilai kecepatan loading website Anda menggunakan skala persen. Nilai 0 sampai 49 persen menunjukkan website Anda lambat. Nilai 50 sampai 89 persen menunjukkan kecepatan website Anda sudah mencapai rata-rata. Terakhir, nilai 90 sampai 100 persen menandakan website Anda cepat. Google PageSpeed Insight juga akan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas user experience di perangkat mobile.

3. Google Mobile Website Speed Testing Tool

tools cek kecepatan google

Menurut Google, pengunjung akan lebih cepat meninggalkan website yang tidak mobile friendly. Atas dasar tersebut, Google merilis Google Mobile Website Speed Testing Tool. Tool ini didukung oleh teknologi dari Google PageSpeed Insight, tetapi lebih fokus untuk penilaian website di perangkat mobile.

Google Mobile Website Speed Testing Tool juga menilai kecepatan website dalam skala 0 sampai 100 dan memberikan saran-saran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website di perangkat mobile. Anda bisa mendapatkan laporan kecepatan website melalui email atau langsung dikirimkan ke developer webmaster.

4. Geek Flare

geek flare

Site Relic adalah tool kecepatan website gratis yang termasuk baru. Software ini memungkinkan Anda untuk mengecek kecepatan website baik di perangkat mobile maupun di perangkat desktop. Dalam laporannya, Geek Flare hanya menyediakan informasi di detik ke berapa konten di website Anda mulai loading dan di detik berapa halaman website Anda sudah loading secara penuh.

5. GTMetrix

gtmetrix

Selain Pingdom, GTMetrix juga merupakan salah satu tools gratis kecepatan website yang layak Anda gunakan. Cara penggunaannya yang mudah dan gratis cocok untuk pemula. Tool ini menyediakan analisis lengkap kecepatan website berdasarkan rekomendasi dari Google PageSpeed Insight dan YSlow.

GTMetrix menampilkan ringkasan analisis kecepatan website di bagian atas halaman sehingga mudah dibaca. Ringkasan tersebut berisi page size, jumlah request, dan total waktu loading. GTMetrix juga menyediakan analisis untuk mengidentifikasi masalah apa yang Anda hadapi dan rekomendasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Anda bisa menyimpan analisis kecepatan hosting di GTMetrix dengan membuat akun secara gratis. Akun gratis GTMetrix memungkinkan Anda menyimpan hingga 20 tes kecepatan terakhir.

Baca Juga : Cara Mudah Menggunakan GTMetrix

Download E-Book Gratis: 20+ Tips Membuat WordPress Super Cepat

6. KeyCDN Website Speed Test

keycdn tools kecepatan

Tool cek kecepatan website gratis milik KeyCDN menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk menganalisis kecepatan website Anda. KeyCDN menampilkan ringkasan analisis beserta preview halaman yang Anda periksa.

Anda bisa menjalankan baik pemeriksaan umum maupun private yang bisa Anda bagikan atau bookmark. KeyCDN memberikan analisis dari metode request (GET/POST), status kode HTTP, tipe file, ukuran konten, waktu tunggu/terima, total waktu download, dan lain-lain.

7. Load Impact

load impact

Load Impact adalah salah satu tool kecepatan website yang menyediakan layanan gratis dan berbayar. Untuk layanan cek kecepatan website gratis, Anda perlu sign up dan mendapatkan kuota tes kecepatan website gratis maksimal lima kali dalam sebulan. Layanan premiumnya dibandrol dengan harga 89 US Dollar per bulan.

8. WebPageTest

webpage test

WebPageTest dikembangkan oleh Patrick Meenan, teknisi Chrome (Google). Software yang bersifat open source ini memungkinkan Anda untuk melakukan tes kecepatan website dari beberapa lokasi di seluruh dunia menggunakan browser secara gratis.

WebPageTest bahkan menyediakan fitur tambahan seperti capture video, pemblokiran konten, perbandingan first view dengan repeat view, mengubah kecepatan koneksi, dan banyak lagi. Kelebihan dari WebPageTest adalah sudah mendukung HTTP/2 sehingga Anda bisa melakukan uji coba kinerja dari hosting WordPress termurah dengan mengikutsertakan SSL dan parallelism dalam penilaian.

9. Web Page Analyzer

Web Page Analyzer adalah tool gratis yang sangat direkomendasikan untuk memeriksa kecepatan website dan komposisi website. Tool ini akan memberitahu Anda kecepatan website Anda pada kecepatan koneksi yang berbeda-beda. Web Page Analyzer juga menyediakan penilaian berdasarkan 11 aspek indikator di mana Anda bisa mendapatkan rekomendasi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website.

10. Chrome DevTools

Chrome DevTools merupakan bagian dari browser Google Chrome. Tool ini cukup populer di kalangan para developer karena kemudahan aksesnya dan efektivitasnya untuk melakukan debugging dan uji coba.

Anda bisa secara mudah menjalankan Chrome DevTools di Google Chrome dengan menekan Command+Option+I (Mac) atau Control+Shift+I (Windows dan Linux). Kemudian Anda bisa melakukan cek kecepatan website situs Anda dan mendapatkan laporannya.

Salah satu fitur terbaik Chrome DevTools adalah kemampuannya untuk memblokir request. Fitur ini sangat berguna untuk menentukan berapa banyak overhead dari layanan dari pihak ketiga di website Anda. Selain itu, tool ini juga terintegrasi dengan LightHouse. LightHouse adalah software open source untuk meningkatkan kualitas halaman website.

Kesimpulan

Cek kecepatan website adalah kegiatan yang perlu dilakukan secara teratur oleh para pemilik website. Hal ini untuk mengetahui secara akurat seberapa cepat website Anda. Setelah mengetahui seberapa cepat website Anda, Anda bisa melakukan perbaikan-perbaikan berdasarkan rekomendasi dari tool kecepatan website.

Ohiya ngomongin yang gratis-gratis, Niagahoster juga punya program bagi-bagi hosting gratis loh. Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan bisnis, eksperimen website atau bisa untuk bahan belajar, yuk ikuti cek Program Hosting Gratis Niagahoster ini.

Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *