Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

5 Cara Cek IP Hosting Website [Termudah]

2 min read

hosting ip

Tahukah Anda bahwa selain melihat IP address di laptop dan hp, Anda juga bisa cek IP hosting website?

IP hosting adalah barisan angka sebagai identitas unik dari suatu hosting website. Dengan IP tersebut, website Anda dapat dikenali dan diakses melalui jaringan internet. Sehingga, orang-orang bisa mengunjungi situs Anda.

Saat Anda mengakses website, Anda memang tidak bisa melihat IP secara langsung. Alasannya, IP tersebut sudah diwakili oleh sebuah domain agar lebih mudah diingat. 

Kembali lagi, bagaimana cara mengetahui hosting IP suatu website? Yuk, simak panduan lengkap cara cek IP web hosting di bawah ini!

5 Cara Cek IP Hosting Termudah dan Tercepat

Anda dapat melakukan cek IP hosting dengan berbagai cara, yaitu:

  1. Melihat IP Hosting pada Email Informasi Akun Hosting
  2. Melihat IP Hosting Melalui Member Area Niagahoster
  3. Melihat IP Hosting Melalui cPanel
  4. Mengecek IP Menggunakan CMD
  5. Mengecek IP dengan Web-based Tools

Nah, berikut penjelasan lengkap cara cek IP hosting termudah dan tercepat yang bisa Anda coba:

1. Melihat IP Hosting pada Email Informasi Akun Hosting

Ketika Anda membeli layanan hosting, pihak penyedia hosting akan mengirimkan email berupa informasi detail akun hosting Anda. Pada email ini, Anda bisa cek IP di bagian Informasi Akun seperti ini:

cek ip hosting lewat email informasi akun hosting

Namun, bagaimana jika Anda mungkin tak sengaja menghapus email tersebut? Tenang saja, Anda bisa cek IP web Anda dengan cara berikutnya.

2. Melihat IP Hosting Melalui Member Area Niagahoster

Bagi pengguna Niagahoster, cara yang paling mudah untuk mengecek IP Anda adalah melalui Member Area

Silakan masuk ke Member Area Anda, pilih layanan hosting yang digunakan. Kemudian, pilih WordPress Management.

masuk ke WordPress Management lewat member area Niagahoster

Setelah masuk WordPress Management, Anda bisa melihat alamat IP pada kolom Detail Hosting.

detail hosting pada member area Niagahoster

Baca Juga: Whitelist IP: Pengertian dan Cara Whitelist IP Address

3. Melihat IP Hosting Melalui cPanel

Cara lainnya untuk cek IP web Anda adalah melalui cPanel. Anda bisa login ke cPanel dengan mengakses url https://domainanda/cpanel menggunakan username dan password cPanel Anda.

Untuk pengguna Niagahoster, agar lebih mudah, Anda bisa mengakses menu cPanel di Member Area juga. Tepatnya, pada bagian Quick Shortcut ke cPanel.

quick shortcut to cpanel

Kalau cPanel sudah terbuka, Anda bisa langsung melihat IP Anda pada card General Information yang terdapat di sebelah kanan halaman cPanel seperti pada gambar berikut:

general information pada cPanel

Nah, IP hosting Anda berada pada kolom dengan label Shared IP Address. Jika Anda ingin melihat informasi server secara lebih lengkap seperti server name, versi PHP, sistem operasi dan lainnya, silakan klik Server Information

Baca Juga : Mengatasi cPanel Tidak Bisa Diakses Ketika Login

4. Mengecek IP Menggunakan CMD

Setiap sistem operasi memiliki command prompt yang bisa Anda gunakan untuk melakukan cek IP. Untuk mengakses command prompt, Anda dapat mengikuti cara berikut ini:

  • Mac : Tekan tombol Command + Space bar pada keyboard bersamaan, lalu ketik Terminal
  • Linux : Tekan tombol Ctrl + Alt + T secara bersamaan, maka jendela Terminal akan otomatis terbuka.
  • Windows : Tekan Windows + R, lalu tulis CMD dan tekan Enter. Atau tulis CMD langsung pada kolom pencarian untuk membuka Command Prompt.

Jika jendela Command Prompt sudah terbuka, jalankan perintah ping diikuti dengan nama website. Contohnya, jika Anda akan mengecek domainanda.com, maka jalankan perintah:

ping domainanda.com

Silakan ganti domainanda.com dengan nama domain website Anda dan jangan lupa tekan Enter. Nantinya, Anda akan melihat IP hosting website Anda seperti pada gambar di bawah ini:

perintah CMD untuk cek IP hosting

Baca Juga : 50 Perintah CMD dan Fungsinya

5. Mengecek IP dengan Web-based Tools

Selain keempat cara di atas, Anda juga bisa melakukan cek IP web dengan menggunakan layanan aplikasi web-based tools seperti check-host.net.

Masukkan nama domain website yang ingin Anda cek pada kolom yang tersedia, kemudian tekan Enter. Tunggu beberapa saat hingga informasi website muncul seperti pada gambar berikut ini:

cek IP dengan web based tools

Baca Juga : Cara Melihat IP Address

Sudah Tahu IP Hosting Website Anda?

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengecek hosting IP website. Mulai dari melihat IP pada email yang dikirimkan ketika Anda berhasil melakukan order hosting hingga cek IP hosting dengan bantuan aplikasi website.

IP hosting merupakan deretan angka yang tentu sulit untuk diingat. Itulah kenapa penggunaan domain website bisa solusi terbaik demi kemudahan. Namun, pastikan nama domain terbaik yang digunakan, ya.

Untungnya, Anda bisa membeli domain unik dengan mudah dari penyedia hosting di Indonesia seperti Niagahoster.

Bahkan, di Niagahoster, Anda bisa mendapatkan domain gratis jika berlangganan di hampir semua paket hosting yang ditawarkan dengan durasi tertentu. 

Tak hanya itu, Anda bisa juga menambahkan banyak domain pada akun hosting Anda berkat fitur Unlimited Addon Domain. Itu pun masih ditambah dengan SSL gratis yang bisa digunakan untuk menjaga keamanan website Anda. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, dapatkan domain gratis dengan berlangganan web hosting Niagahoster sekarang!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *