Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Cek Bandwidth Hosting di cPanel dengan Mudah

2 min read

Cek Bandwidht di cPanel

Untuk memastikan website Anda dapat dapat diakses secara optimal, Anda perlu mengetahui cara cek bandwidth hosting Anda secara rutin

Sebab, jika bandwidth habis, website Anda tak dapat diakses. Penggunaan bandwidth biasanya meliputi visitor yang mengakses website Anda, email masuk dan keluar, serta upload file FTP.

Bila penggunaan bandwidth telah mencapai 80% dari kapasitas, biasanya cPanel akan secara otomatis mengirimkan peringatan bandwidth ke alamat email Anda.

Nah, untuk cara cek bandwidth cPanel dapat Anda lihat dengan mudah melalui beberapa cara. Di artikel ini, kami akan membahas beberapa cara cek bandwidth hosting dengan langkah mudah. Yuk disimak!

Bagaimana Cara Cek Penggunaan Bandwidth di cPanel?

Tiga cara cek penggunaan bandwidth di hosting yang bisa Anda coba di cPanel adalah:

  1. Melihat kolom statistics di cPanel
  2. Menggunakan menu bandwidth cPanel
  3. Menggunakan menu AWStats

Mari kita lihat detailnya satu per satu!

1. Cara Cek Bandwidth Melalui Kolom Statistics cPanel

Jika Anda ingin melakukan pengecekan singkat mengenai penggunaan bandwidth, Anda bisa cek melalui kolom Statistics di cPanel.

Caranya cukup mudah, silakan login ke cPanel terlebih dulu. Jika Anda pengguna hosting Niagahoster, Anda bisa login cPanel melalui member area. Di halaman member area, pilih menu Layanan Anda > Hosting > Kelola hosting. Kemudian, klik menu All Features.

Login cPanel Lewat Member Area

Setelah masuk ke halaman cPanel, lihat pada bagian Statistics di sebelah kanan. Anda akan terlihat ringkasan singkat mengenai penggunaan bandwidth.

Cek Bandwidth Melalui Statistics cPanel

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, terdapat jumlah penggunaan bandwidth pada akun hosting. Itu adalah penggunaan bandwidth secara keseluruhan. Jika Anda ingin mengecek penggunaan bandwidth secara spesifik berdasarkan website yang terinstal pada hosting, Anda dapat mengikuti langkah selanjutnya berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengurangi Disk Space Usage cPanel

2. Cara Cek Bandwidth Melalui Menu Bandwidth di cPanel

Detail lengkap penggunaan bandwidth dapat Anda temukan dengan memilih menu Bandwidth pada kolom Metrics di cPanel.

Cek Penggunaan Bandwidth Melalui Menu Bandwidth

Setelah Anda klik menu Bandwidth, Anda akan melihat grafik penggunaan bandwidth website Anda secara bulanan. Penggunaan bandwidth yang tercatat meliputi HTTP (web), FTP, IMAP, POP3, dan SMTP. Berikut ini contoh ringkasan penggunaan bandwidth.

Grafik Pemakaian Bandwidth di Menu Bandwidth

Klik Total – All Service untuk melihat secara detail.

Detail Pemakaian Bandwidth

Anda akan melihat rincian pemakaian bandwidth per hari dalam bentuk grafik maupun tabel.

Baca Juga: Cara Download File Backup Website cPanel

3. Cara Cek Bandwidth Melalui Menu AWStats di cPanel

Cara cek bandwidth hosting cPanel juga bisa Anda lakukan melalui menu AWStats pada kolom Metrics.

Cek Penggunaan Bandwidth di Menu AWStats

Setelah klik menu AWStats, Anda perlu memilih domain website yang ingin Anda cek penggunaan bandwidthnya.

Pilih Domain yang ingin Dicek

Klik View pada kolom Actions di domain yang Anda pilih.

Detail Pemakaian Bandwidth di AWStats

Baca Juga: Cara Membuat Database MySQL di cPanel

Pada bagian Summary, Anda akan melihat pemakaian bandwidth untuk visitor terlihat (Viewed traffic) dan visitor tidak terlihat (Not viewed traffic). Visitor tidak terlihat ini biasanya merupakan robot dari mesin pencari.

Di sini Anda juga akan melihat rincian penggunaan bandwidth secara harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat daftar lokasi negara dan IP Address yang menggunakan bandwidth.

Jika Anda scroll lagi ke bawah, Anda bisa lihat tipe file apa saja yang paling banyak menyerap pemakaian bandwidth.

Tipe File yang Menyerap Pemakaian Bandwidth Terbanyak

Dari data tersebut, file tipe PHP jadi yang paling banyak menggunakan bandwidth.

Baca Juga: Cara Setting DNS

Yuk Cek Bandwidth Hosting Anda!

Selamat, Anda telah belajar cara cek bandwidth di cPanel. Anda bisa mengecek bandwidth melalui Statistics cPanel, Menu Bandwidth, dan menu AWStats di cPanel. Ini akan berguna ketika Anda memerlukan informasi yang menyebabkan bandwidth Anda mencapai limit.

Nah, jika Anda memiliki website dengan trafik yang tinggi, Anda perlu memilih paket hosting dengan resource dan bandwidth yang besar. Sehingga website Anda tetap bisa online dan stabil. Anda bisa pakai paket cloud hosting dari Niagahoster untuk penggunaan resource dan bandwidth unlimited.

FYI, Niagahoster juga menyediakan VPS Cpanel Indonesia terjangkau dengan kualitas yang bisa diandalkan, untuk Anda yang menginginkan resource lebih besar!

Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran yang berhubungan dengan ulasan pada artikel ini, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar.

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *