Categories: Dev

Cara Upload Laravel ke Hosting

Di artikel sebelumnya, Anda telah belajar cara install Laravel di hosting. Selanjutnya hal yang perlu Anda pelajari ialah cara upload Laravel ke hosting. Dengan panduan ini, Anda bisa melakukannya secara cepat & mudah. Jika Anda sudah memiliki file website yang telah dibuat dengan Laravel, simak panduannya berikut ini.

Hal-hal yang perlu Anda siapkan di antaranya:

  • Akses ke cPanel hosting
  • Pastikan hosting Anda mendukung Laravel.
  • File Laravel

Catatan! Ada dua cara upload Laravel ke hosting: (1) Menggabungkan folder “publik” dengan folder “laravel”. (2) Memisahkan folder “public” dengan folder “laravel”. Supaya mudah, kami menggunakan cara yang pertama.

Cara Upload Laravel ke Hosting

Pada panduan ini kami akan memindahkan file dari akses localhost ke domain https://duniakaktus.com/public. Cara upload Laravel ke hosting sendiri terdiri dari enam langkah, yaitu:

Time needed: 5 minutes.

  1. Arahkan Rute ke Folder Laravel

    Secara default, Laravel akan mengakses folder root Laravel dan tidak langsung mengakses folder public miliknya. Sehingga perlu dibuatkan rute agar ketika mengakses domain, akses langsung diarahkan ke file index.php di folder “public”.

    Caranya? Buat file index.php di dalam folder root Laravel.



    Kemudian isi dengan script berikut:

    <?php header(‘Location: public/’);

    Simpan dan pastikan ketika mengakses domain atau localhost langsung mengarah ke halaman Laravel. Cara ini adalah salah satu cara yang dapat dipakai. Cara lainnya adalah dengan memodifikasi file .htaccess pada root folder Laravel di hosting.

  2. Compress Seluruh File Laravel

    Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan seluruh file Laravel menjadi satu buah file dengan cara di-compress. Agar dapat di ekstrak di cPanel, gunakan ekstensi .zip pada file.

  3. Akses Halaman cPanel Hosting

    Langkah cara upload file Laravel ke cPanel selanjutnya adalah melakukan akses ke cPanel. Anda dapat membuka cPanel dengan mengakses URL: https://namadomain/cpanel.

    Namun, jika menggunakan layanan Niagahoster, Anda bisa langsung akses login cPanel melalui member area.

  4. Klik Fitur “File Manager”

    Gunakan kolom pencarian untuk mencari fitur File Manager kemudian akses fitur tersebut.

  5. Upload File Laravel

    Arahkan navigasi ke folder root yang ingin digunakan untuk penyimpanan Laravel.

    Catatan! Pada contoh menggunakan folder utama public_html sehingga file zip dari lokal diunggah di folder tersebut. Anda dapat mengunggah file zip ke public_html atau folder lain yang ingin digunakan untuk mengakses file Laravel.

    Jika file zip sudah terupload, klik kanan file itu dan “Extract”. Setelah itu susunan file dan folder akan sesuai dengan yang di atas.

  6. Tes Hasil Upload File Laravel

    Pengecekan dapat dilakukan dengan mengakses domain atau subdomain yang digunakan untuk menyimpan file Laravel. Hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.

Selesai! Anda sudah berhasil mengunggah file Laravel ke hosting!

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara upload Laravel ke hosting. Temukan insight dan tutorial Laravel lainnya di artikel-artikel ini:

Jangan lupa untuk subscribe Blog Niagahoster agar tidak ketinggalan update terbaru tentang hosting, website, dan programming lainnya!

Annisa Fauziyyah

Customer Support Group Niagahoster. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Share
Published by
Annisa Fauziyyah

Recent Posts

7 Cara Menulis Deskripsi Produk yang Jitu dan Menjual

Ketika berbisnis online, entah di marketplace atau website, banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjang penjualan. Salah satunya, menulis…

4 hours ago

Panduan Lengkap Facebook Shop untuk WooCommerce Bagi Pemula (2020)

Anda sudah memiliki website WooCommerce, tapi belum memanfaatkan platform lain untuk memasarkan bisnis? Kami sarankan Anda untuk menggunakan Facebook Shops. …

1 day ago

Ingin Menjadi WordPress Developer? Ini Dia Tipsnya!

WordPress dikenal sebagai salah satu CMS (Content Management System) terbaik. Lebih dari 34 persen seluruh website di internet saat ini…

2 days ago

10 Rekomendasi CSS Framework Terbaik untuk Developer

Desain front-end menjadi bagian yang sangat penting di website atau aplikasi. Bukan cuma untuk meningkatkan impresi positif suatu brand saja.…

3 days ago

Ingin Punya Blog Keren Tanpa Ribet? Bikin di WordPress Aja!

Pernahkah Anda mengunjungi blog dengan tampilan yang memukau dan konten yang menarik? Saking bagusnya blog tersebut, Anda jadi terinspirasi untuk…

3 days ago

Rahasia Sukses UMKM Go Online: Siapkan 4 Hal Ini!

Tahukah Anda? Persentase UMKM di Indonesia yang sudah go online baru sekitar 15% saja. Atau lebih tepatnya, hanya 9,4 juta…

4 days ago