Categories: Tutorial

Cara Update WordPress Manual dan Otomatis

Update WordPress Itu Penting!

Apakah Anda sedang mencari bagaimana cara update WordPress secara manual dan otomatis? WordPress selalu merilis versi terbaru dengan perbaikan dari versi sebelumnya. Anda harus selalu menggunakan WordPress karena banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Sebelum masuk ke penjelasan mengenai cara update WordPress secara manual dan otomatis, Anda juga perlu tahu bahwa WordPress selalu memberikan pemberitahuan update WordPress melalui dashboard.

Anda bisa klik Dashboard, lalu menuju ke menu update. Di menu update Anda bisa memasang versi terbaru WordPress dengan sekali klik saja.

Cara Update WordPress Manual

Jika terjadi error di dashboard WordPress Anda dan Anda tetap ingin memasang versi terbaru WordPress, tersedia cara lain, yaitu dengan cara update WordPress manual.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk memasang WordPress versi terbaru dengan cara manual:

1. Backup Data

Sebelum memasang versi terbaru WordPress, sebaiknya lakukan backup data website terlebih dahulu sebagai langkah antisipasi jika Anda membuat kesalahan dalam proses update WordPress versi terbaru.

2. Matikan Plugin

Selain backup data, Anda juga perlu mematikan semua plugin di website Anda.

3. Unduh WordPress Versi Terbaru

Anda bisa mengunduh WordPress versi terbaru di situs resmi WordPress.

4. Unzip File WordPress

Setelah mengunduh file dalam bentuk ZIP, Anda perlu unzip file tersebut menggunakan WinRAR atau WinZIP. Anda sudah unzip folder WordPress dan mendapatkan beberapa sub-folder seperti wp-admin, wp-includes, dan wp-content

5. Buka Direktori Root Website

Langkah selanjutnya adalah membuka direktori root website. Langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan FileZilla. Yang perlu Anda lakukan pada langkah ini adalah menghapus folder ‘wp-admin’ dan ‘wp-includes’ yang berada di direktori sebelah kanan.

Klik kanan pada dua folder tersebut dan pilih ‘Delete’

[ecko_button color=”blue” size=”large” url=”https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menggunakan-filezilla/”]Baca Juga: Cara Menggunakan FileZilla[/ecko_button]

6. Upload Versi Baru

Pada langkah sebelumnya Anda telah menghapus ‘wp-admin’ dan ‘wp-includes’. Selanjutnya, Anda perlu mengunggah versi terbaru yang sudah Anda unduh sebelumnya.

Di direktori sebelah kiri Anda bisa menemukan folder WordPress yang sudah Anda unduh sebelumnya. Kemudian upload ‘wp-admin’ dan ‘wp-includes’ versi terbaru.

7. Update WordPress Database

Setelah sukses mengunggah file WordPress versi terbaru, akan muncul notifikasi dari WordPress bahwa update telah berhasil dilakukan dan diperlukan update database. Update database WordPress adalah langkah terakhir dan WordPress Anda sudah diupdate ke versi terbaru!

Cara Update WordPress Otomatis

Bagi Anda yang sibuk dan tidak sempat untuk memasang WordPress versi terbaru secepat mungkin, Anda bisa menggunakan bantuan plugin, yaitu Easy Updates Manager.

Plugin ini akan membantu Anda untuk memasang versi terbaru dari WordPress, template, hingga plugin secara otomatis.

Jika Anda tidak ingin menambahkan plugin ke website, Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan menambahkan kode di bawah ini ke file wp-config.php:

[ecko_alert color=”gray”]define(‘WP_AUTO_UPDATE_CORE’, true);[/ecko_alert]

Baca Juga: Plugin Update WordPress Otomatis

Kesimpulan

Anda telah mempelajari cara update WordPress versi terbaru dengan cara manual (FileZilla) dan otomatis (plugin Easy Updates Manager dan kode).

Update WordPress ke versi terbaru adalah langkah penting dalam memelihara website Anda. Dengan memasang WordPress versi terbaru, Anda telah meningkatkan keamanan dan performa website.

Ilham Mubarok

Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Share
Published by
Ilham Mubarok
Tags: Wordpress

Recent Posts

Wujudkan Customer Obsession, Niagahoster Adakan Customer Meetup Online

Customer obsession adalah nilai utama yang dipegang teguh oleh Niagahoster dalam menjalankan proses bisnis sehari-hari dan pola pikir yang tertanam…

13 hours ago

Apa itu Content Creator dan Kenapa Dibutuhkan untuk Promosi Bisnis?

Setiap bisnis perlu melakukan strategi pemasaran yang tepat. Salah satunya dengan membuat content marketing. Sayangnya, membuat konten untuk promosi perlu…

18 hours ago

Mengenal DHCP Server: Fungsi dan Cara Kerjanya

Dalam dunia internet, ada banyak hal yang bisa memudahkan pengelolaan jaringan. Salah satunya, DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Protokol ini…

2 days ago

Pikat Pembaca Anda dengan 11+ Contoh Copywriting Headline Ini!

Ada banyak cara untuk membuat pembaca jatuh cinta pada pandangan pertama. Salah satunya dengan ramuan copywriting. Pelajari berbagai tipe copywriting…

3 days ago

Backend Developer: 5+ Skill yang Harus Dikuasai untuk Jadi Profesional

Kebutuhan website yang kian besar dan kompleks membuat seorang developer harus memiliki skill mumpuni. Inilah yang mendorong munculnya keahlian khusus…

4 days ago

Belajar Membangun Personal Branding yang Menarik di Niagahoster Lite Bites

Percaya tidak? Setiap orang itu memiliki personal branding. Terlepas mereka sengaja membangunnya atau tidak. Anda perlu menggali sisi yang khas…

5 days ago