Tutorial

Cara Update CyberPanel ke Versi Terbaru

CyberPanel adalah panel kontrol hosting yang bisa diandalkan. Namun, kalau Anda masih menggunakan versi lama, bisa saja muncul error atau performa yang kurang optimal. Itulah kenapa CyberPanel update perlu dilakukan.

Dengan upgrade CyberPanel ke versi terbaru, Anda akan mendapatkan panel kontrol yang lebih baik. Sebab, sudah ada perbaikan pada bug, peningkatan keamanan dan penambahan fitur baru. 

Lalu, bagaimana cara update CyberPanel, ya? Yuk, langsung saja simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Cara Update CyberPanel

Sebelum update dilakukan, sebaiknya backup data CyberPanel untuk mengantisipasi jika terjadi kendala saat proses berlangsung.

Anda hanya perlu melakukan dua langkah mudah saja untuk melakukan upgrade CyberPanel ke versi terbaru, yaitu :

  1. Login SSH
  2. Upgrade CyberPanel ke Versi Terbaru

Tak usah berlama-lama lagi, langsung saja ini dia langkah-langkahnya :

1. Login SSH

Langkah CyberPanel update yang pertama adalah login SSH ke server menggunakan aplikasi remote server. Pada tutorial ini, kami menggunakan PuTTY.

Jika PuTTY telah terinstall, buka aplikasi PuTTY dan masukkan alamat server pada kolom Host Name. Selanjutnya klik tombol Open.

Jangan lupa, klik tombol Open untuk membuka jendela terminal SSH.

Pada terminal SSH, masukkan detail login Anda. Ketik root pada kolom Login as, lalu masukkan password akun Anda.

Jika detail SSH yang dimasukkan sudah benar, Anda akan terhubung dengan server.

Catatan : Anda dapat melihat detail SSH pada panel VPS Niagahoster melalui member area.

Baca Juga : Cara Menggunakan SSH untuk Koneksi Server

2. Upgrade CyberPanel ke Versi Terbaru

Setelah berhasil login ke SSH, cara update CyberPanel bisa Anda lakukan dengan menjalankan satu baris perintah berikut :

sh <(curl https://raw.githubusercontent.com/usmannasir/cyberpanel/stable/preUpgrade.sh || wget -O - https://raw.githubusercontent.com/usmannasir/cyberpanel/stable/preUpgrade.sh)

Tunggu prosesnya beberapa saat hingga menampilkan output seperti ini :

Jika Anda sudah melihat pesan yang menyatakan CyberPanel Upgraded, itu artinya Anda sudah berhasil melakukan CyberPanel update ke versi terbaru.

Siap Update CyberPanel Terbaru?

CyberPanel update menawarkan Anda performa, fitur dan keamanan panel yang lebih optimal. Di atas, Anda sudah belajar cara upgrade CyberPanel ke versi terbaru. Cukup mudah bukan? 

Anda hanya perlu menjalankan satu baris perintah saja melalui Terminal SSH,  dan proses update akan berjalan dengan baik. 

Melakukan update itu penting. Namun, pastikan juga memilih layanan hosting CyberPanel yang bisa diandalkan, ya!

CyberPanel VPS Hosting Niagahoster bisa menjadi pilihan Anda. Dengan berbagai fitur lengkap seperti LiteSpeed dan Cloud System dengan SSD untuk kecepatan, serta PureFTPD dan Embedded Security untuk menjamin keamanan, website Anda akan memiliki performa terbaiknya

Menariknya, Anda juga mudah untuk melakukan upgrade resource seperti CPU, RAM atau storage untuk mendukung update CyberPanel yang dilakukan. Sebab, langkah update tentu membutuhkan sumber daya yang lebih tinggi.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera berlangganan CyberPanel VPS Niagahoster sekarang!

Nida Regita F

SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Share
Published by
Nida Regita F
Tags: cyberpanel

Recent Posts

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang sedang memilih layanan hosting, shared hosting mungkin menjadi pilihan. Akan tetapi, sudah tahukah Anda apa saja kelebihan…

2 days ago

SpamAssassin: Solusi Jitu untuk Mencegah Email Spam

Sebelumnya, Anda sudah belajar mengelola email spam dengan SpamExperts. Nah, ternyata ada tool lain yang tak kalah mumpuni untuk menghalau…

2 days ago

10 Contoh Nama Domain Bisnis Inspiratif [Lengkap dengan Tips Memilihnya!]

Salah satu langkah awal untuk memulai usaha bisnis adalah dengan memilih nama domain website bisnis.  Namun, menentukan nama domain bisnis…

3 days ago

Cara Membuat Link Download Menggunakan Hosting Sendiri di Website

Bingung mencari cara membuat link download menggunakan hosting sendiri? Tenang, yuk simak cara membuat link download di website sekarang!

3 days ago

Cara Mengembalikan IP Address yang Diblokir Server Hosting

Ketika IP address Anda diblokir server hosting, Anda akan kehilangan akses login ke cPanel dan admin website. Ini tentu menjadi…

4 days ago

Apa Itu ZMOT? Lihat Contoh Penerapannya di Niagahoster!

Pernahkah Anda cek review di internet sebelum memutuskan membeli sesuatu? Kalau iya, itu berarti Anda pernah mengalami Zero Moment of…

4 days ago