Tutorial

Cara Setting Yoast SEO (Praktis & Mudah!)

Ingin website Anda muncul di halaman pertama pencarian Google? Kalau begitu, upaya SEO Anda haruslah tepat. Salah satu caranya, memanfaatkan plugin Yoast SEO. Nah, bagaimana cara setting Yoast SEO terbaru?

Anda berada di halaman yang tepat nih! Di artikel ini, Anda akan mempelajari banyak hal tentang Yoast SEO. Mulai dari apa itu Yoast SEO, cara installnya, cara setting Yoast SEO terbaik, sampai cara menggunakan SEO Yoast di postingan.

Yuk, langsung saja simak artikel selengkapnya!

Apa Itu Yoast SEO?

Yoast SEO adalah salah satu plugin WordPress yang digunakan untuk meningkatkan SEO website. Sejak kehadirannya di tahun 2008, Yoast SEO telah membantu banyak website untuk meraih peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.

Dengan Yoast SEO, Anda bisa membuat konten yang ramah SEO berkat penggunaan keyword yang tepat. Bahkan, Anda juga akan tahu apakah sebaran kata kunci itu sudah merata di dalam artikel. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat hasil analisis SEO dengan berbagai parameter. Sebagai contoh, meta title dan meta description yang nantinya tampil di hasil pencarian apakah sudah sesuai ketentuan Google.

Masih ada lagi fitur Readability Analysis yang bisa membantu Anda membuat konten yang bisa dibaca dengan nyaman oleh banyak orang. Akan ada informasi penggunaan kalimat penghubung, hingga kalimat pasif yang bisa membuat penjelasan terlalu panjang.

Kalau tertarik menggunakannya, Yoast SEO memiliki 2 versi, yaitu: free dan premium. Untuk penggunaan dasar, versi gratis mereka sudah menawarkan fitur utama yang bermanfaat, kok. 

Berikut ini fitur gratis yang bisa Anda nikmati pada plugin Yoast SEO :

  • Focus keyword
  • Konfigurasi meta robot
  • Konfigurasi RSS
  • Pengaturan permalink
  • Pengaturan Breadcrumbs
  • XML Sitemaps
  • File editor untuk .htaccess dan robots.txt
  • Bantuan verifikasi Google Search Console, Yahoo Site Explorer dan Bing Webmaster Tools
  • Import setting dari plugin SEO lain

Bukan hanya fiturnya lengkap, cara menggunakan SEO Yoast juga mudah. Nah, sebelum masuk ke cara  setting Yoast SEO terbaik dan terbaru, mari  mulai dengan proses instalasi dulu!

Cara Install Plugin Yoast SEO

1. Langkah pertama setting SEO yoast adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO di dashboard admin WordPress. Bagi pengguna Niagahoster, Anda bisa mengakses halaman admin WordPress langsung melalui Member Area pada menu WP Management berikut ini:

2. Di halaman admin WordPress, klik menu Plugins > Add New untuk menambah plugin baru.

3. Kemudian, ketikkan yoast pada kolom pencarian. Kalau plugin Yoast SEO sudah muncul, klik tombol Install Now.

4. Tunggulah beberapa saat hingga proses instalasi selesai dilakukan. Jika sudah, klik Activate.

5. Nah, kalau plugin sudah berhasil diaktivasi, menu SEO akan muncul pada sidebar menu WordPress. Masuklah ke menu tersebut, maka Anda akan diarahkan ke halaman General Setting seperti ini:

6. Pada halaman tersebut, Anda bisa melakukan setting SEO Yoast. Mari baca lebih lanjut!

Cara Setting Yoast SEO Terbaru dengan Workout [Pemula]

Untuk memudahkan setting SEO Yoast bagi pemula, Yoast menyediakan cara cepat untuk konfigurasi cara setting SEO Yoast terbaik yaitu melalui fitur Configuration workout

Fitur ini bisa Anda akses langsung pada submenu Workout ataupun melalui General Setting dengan cara klik link Yoast SEO Configuration workout sebagai berikut:

Anda akan diarahkan ke halaman SEO Workouts berikut ini:

Selanjutnya, klik tombol Start workout! Anda akan melihat beberapa langkah konfigurasi Yoast SEO dalam satu halaman.

1. Optimize SEO data

Langkah pertama cara setting Yoast SEO untuk pemula adalah melakukan optimasi SEO.

Pada tahap ini akan dilakukan optimasi SEO pada website Anda. Yoast akan memberikan tips SEO untuk meningkatkan performa technical SEO-nya.

Lama proses optimasi ini bergantung banyaknya data yang dioptimasi. Pun demikian, Anda tetap bisa langsung melanjutkan ke langkah berikutnya, walaupun proses optimasi belum selesai.

2. Site Representation

Anda bisa memilih 2 opsi tipe website, yaitu Organization atau Person

Pilih Organization jika website yang Anda adalah website bisnis ataupun lembaga organisasi. Pilih Person jika website tersebut merupakan personal blog.

Kemudian, isilah nama organisasi/pemilik website, pilih logo website dan masukkan tagline website. Kalau semua data sudah dilengkapi, klik tombol Save and continue.

3. Social Profiles

Pada tahap ini, Anda bisa memasukkan link media sosial dimiliki. Jika sudah, klik tombol Save and continue untuk melanjutkan ke langkah keempat.

4. Help Us Improve Yoast SEO

Di langkah ini, Yoast SEO meminta izin untuk menggunakan data website Anda. 

Jika Anda mengizinkan, pilih Yes, you can track my site data. Tapi jika tidak mengizinkan, pilih No, I don’t want to allow you to track my site data.

5. Sign Up for Our Newsletter

Langkah terakhir cara setting Yoast SEO terbaru ini adalah memasukkan alamat email untuk berlangganan Yoast newsletter. Bisa dilewati kalau Anda tidak menginginkannya.

Nah, kalau semua langkah sudah dilakukan dan proses optimasi data SEO sudah selesai, klik tombol Finish this workout.

Kalau fitur Configuration Workout tidak bisa digunakan, Anda bisa melakukan cara setting Yoast SEO terbaru secara manual.

Cara Setting SEO Yoast secara Manual

Dengan cara manual, Anda bisa lebih rinci melakukan pengaturan umum, tampilan, tools sampai social media. 

Bagi Anda yang lebih tertarik menonton video, Anda bisa cek video cara menggunakan SEO Yoast berikut ini:

Jika Anda ingin tahu cara setting SEO Yoast terbaik secara manual, inilah langkahnya:

1. Transfer Data SEO

Langkah pertama cara setting Yoast SEO secara manual adalah transfer data SEO. Jika Anda baru pertama kali menginstal plugin SEO,  Anda bisa melewati langkah ini. 

Tapi, jika Anda sudah pernah menggunakan plugin SEO selain Yoast SEO, seperti All in One SEO Pack atau Rank Math, Anda perlu mentransfer data SEO dari plugin sebelumnya. Dengan begitu, Yoast bisa menggunakan metadata-nya dan Anda tidak perlu memulai lagi dari awal.

Transfer data settingan SEO bisa Anda lakukan melalui menu Tools > Import and Export > Import from other SEO plugins di Yoast SEO.

Oiya, kalau Anda sudah mentransfer data SEO, Anda bisa menonaktifkan plugin sebelumnya agar Yoast bisa bekerja secara optimal.

2. Cara Setting Yoast SEO terbaru pada Menu General

Pada menu General Yoast SEO, ada empat tab untuk melakukan konfigurasi, yaitu: tab Dashboard, Features, Integrations dan Webmaster Tools.

2.1 Tab Dashboard

Halaman dashboard menampilkan link untuk melakukan konfigurasi SEO workout, problem terkait SEO dan notifikasi yang berisi saran untuk meningkatkan SEO. Lakukan pengaturan yang belum Anda optimasi.

2.2 Tab Features

Yoast SEO memiliki 10 fitur utama yang bisa Anda aktifkan/nonaktifkan dengan mudah di halaman ini, yaitu:

  • SEO analysis : Menampilkan skor dan melakukan analisa SEO terhadap konten Anda.
  • Readability analysis : Menampilkan skor dan melakukan analisa readability (keterbacaan) konten Anda.
  • Cornerstone content : Membantu mengelola konten utama (pilar content) website Anda.
  • Text link counter : Menampilkan jumlah internal link pada artikel.
  • XML sitemaps : Membuat XML sitemaps untuk website Anda.
  • Admin bar menu : Menampilkan menu Yoast SEO pada toolbar WordPress admin.
  • Security: no advanced settings for authors : Menyembunyikan pengaturan SEO advanced untuk author.
  • Usage tacking : Mengizinkan plugin author untuk melacak penggunaan data.
  • REST API: Head endpoint : Mengizinkan Anda atau developer WordPress mengambil data SEO secara spesifik pada suatu post atau halaman.
  • Enhanced Slack sharing : Menambahkan baris author by dan estimasi waktu membaca ke snippet artikel ketika dibagikan melalui Slack.

Kalau Anda sudah memutuskan fitur mana saja yang akan aktif atau tidak aktif, jangan lupa klik tombol Save changes.

2.3 Tab Integrations

Untuk mengoptimalkan konten di website Anda, Yoast SEO menawarkan integrasi dengan produk dari pihak ketiga, yaitu SEMRush dan Ryte.

SEMRush memungkinkan Anda untuk mencari related keyword yang sesuai dengan focus keyword yang Anda gunakan. Sedangkan Ryte adalah tools yang membantu Anda menganalisa situs untuk pengindexan mesin pencari.

Baik SEMRush maupun Ryte adalah tools yang bisa meningkatkan SEO konten website Anda. Oleh karena itu, kami rekomendasikan untuk mengaktifkan keduanya. Lalu, klik tombol Save changes untuk menyimpan perubahan.

2.4 Tab Webmaster Tools

Agar website lebih mudah ditemukan di mesin pencari, Anda bisa melakukan verifikasi website dengan memasukkan kode dari berbagai tools search engine webmaster seperti: Baidu, Bing, Google ataupun Yandex.

3. Cara Setting Yoast SEO terbaru pada Menu Search Appearance

Pada menu ini, Anda bisa mengubah tampilan website di halaman hasil pencarian. Ada tujuh tab konfigurasi di menu Search Appearance, yaitu: General, Content Types, Media, Taxonomies, Archives, Breadcrumbs dan RSS.

3.1 Tab General

Di tab General, Anda bisa memilih simbol yang digunakan sebagai separator pada judul Anda. Biasanya, simbol separator ini ditempatkan diantara judul konten dan nama website.

Selanjutnya, Anda akan masuk ke pengaturan Homepage. Disini, Anda bisa membuat SEO title dan meta description yang akan terlihat oleh audiens di mesin pencari. 

Berikutnya, Anda bisa mengatur tampilan pratinjau di social media jika link homepage dibagikan. Anda bisa menambahkan gambar, judul yang akan digunakan di social media dan deskripsi website.

Kalau pengaturan Homepage sudah selesai, scroll ke bawah, maka Anda akan melihat pengaturan Knowledge Graph & Schema.org. Pada bagian ini, Anda harus memilih jenis website Anda: website yang mewakili organization atau personal blog

Kemudian, masukkan nama organisasi/nama pemilik website dan tambahkan logo website Anda.

Jika semua konfigurasi sudah diatur dengan benar, klik tombol Save changes untuk menyimpan perubahan.

3.2 Tab Content Types

Di tab ini, Anda dapat memilih atau membuat SEO title dan meta description yang bisa digunakan sebagai default atau template untuk setiap konten website Anda. 

Pada tutorial ini, kami menyarankan Anda hanya menyesuaikan bagian SEO title-nya saja. Sedangkan untuk bagian meta description lebih baik dikosongkan agar nantinya Yoast SEO bisa men-generate meta description sendiri dari paragraf pertama artikel Anda.

3.3 Tab Media

Pada tab ini, Anda tidak perlu mengubah apapun. Biarkan saja seperti pengaturan defaultnya, yaitu Yes.

3.4 Tab Taxonomies

Di tab taxonomies, Anda bisa melakukan konfigurasi title dan meta untuk categories, tags dan formats. Pada tutorial ini, kami menyarankan Anda untuk mengaktifkan hanya pada bagian categories saja.

Kemudian, aturlah kolom SEO title dan meta description sesuai dengan keinginan Anda. Lalu, klik Save changes.

3.5 Tab Archives

Tab Archives merupakan tempat untuk mengatur tampilan halaman arsip di website Anda. Di WordPress sendiri ada tiga jenis halaman arsip, yaitu: Author archives, Date archives dan Special pages.

Secara default, Yoast SEO mengaktifkan Author archives dan Date archives

Tapi, konfigurasi tersebut tidak disarankan pada website yang memiliki single author. Alasannya, halaman author archives akan sama persis dengan date archives. Akibatnya, konten akan terduplikasi dan berpengaruh buruk pada ranking SEO Anda. 

Oleh sebab itu, untuk website dengan single author, kami sarankan untuk menonaktifkan salah satunya. 

Sedangkan untuk Special Pages, Anda bisa memodifikasinya ataupun membiarkannya dengan pengaturan default dari Yoast SEO.

3.6 Tab Breadcrumbs

Sebuah website yang menggunakan breadcrumbs dinilai sebagai website berkualitas dan berpengaruh baik terhadap SEO. Oleh karena itu, plugin Yoast SEO memiliki fitur breadcrumbs untuk ditambahkan pada website Anda.

Tapi, sudah ada beberapa theme website yang memiliki fitur breadcrumbs bawaan. Jadi, Anda bebas memilih ingin menggunakan breadcrumbs bawaan theme atau dari plugin Yoast.

Anda bisa mengubah konfigurasi breadcrumbs di Yoast ataupun membiarkannya dengan pengaturan default seperti ini:

Pastikan Anda mengaktifkan breadcrumbs untuk tema website Anda dengan memindahkan toggle menjadi Enabled.

3.7 Tab RSS

RSS feed seringkali digunakan pencuri konten untuk menyalin konten dari website dan tidak memberikan backlink ke konten yang asli. Hal ini akan mempengaruhi peringkat SEO karena akan ada konten yang identik dari dua web yang berbeda.

Nah, Yoast SEO memiliki fitur setting RSS yang akan menambahkan backlink di awal atau akhir setiap postingan RSS feed. Sehingga, Anda akan mendapat backlink dari website pencuri konten, dan Google pun akan tahu bahwa konten Anda-lah yang asli. 

Ada beberapa opsi yang bisa Anda tambahkan, seperti: author link, post link, blog link atau blog description link.

4. Cara Setting Yoast SEO terbaru pada Menu Social

Yoast SEO memiliki fitur untuk mengintegrasikan website Anda dengan social media, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dll. Di menu Social ini, Anda bisa melakukan konfigurasinya pada empat tab, yaitu: Account, Facebook, Twitter dan Pinterest.

4.1 Tab Accounts

Pada tab ini, masukkan URL profile social media yang Anda miliki. Kalau sudah, klik Save changes untuk menyimpan perubahan.

4.2 Tab Facebook

Di tab Facebook, pastikan Anda mengaktifkan Open Graph meta data agar Facebook bisa menampilkan preview berupa gambar ataupun text ketika Anda membagikan link website.

Selanjutnya, pilihlah gambar pada bagian Default image, gambar tersebut akan digunakan jika konten website yang Anda bagikan di Facebook tidak memiliki gambar. Kalau sudah, klik tombol Save changes.

4.3 Tab Twitter

Twitter menggunakan Open Graph metadata seperti Facebook. Oleh sebab itu, untuk mengoptimasi website di Twitter, Anda harus pastikan Open Graph meta data di pengaturan tab Facebook sudah aktif.

Kemudian, aktifkan Twitter card meta data dengan menggeser toggle ke arah Enabled. Lalu, pilih default tipe card yang digunakan untuk menampilkan preview konten website di Twitter.

Pada tutorial ini, kami memilih tipe card Summary with large image yang akan menampilkan ringkasan dan gambar pada preview yang ditampilkan.

4.4 Tab Pinterest

Untuk melakukan konfigurasi Pinterest, pastikan Open Graph meta data di tab Facebook sudah aktif. Setelah itu, masukkan kode verifikasi Pinterest pada kolom yang tersedia.

Kode verifikasi ini berupa meta tag yang bisa Anda dapatkan di akun Pinterest Business > Settings >  Claim

5. Menggunakan Menu Tools [Opsional]

Menu tools bisa membantu Anda dalam cara setting Yoast SEO terbaru. Yoast SEO menyediakan fitur yang canggih untuk membantu Anda mengerjakan task yang advanced, seperti: import and export, file editor, bulk editor dan optimize SEO data.

5.1 Tools Import and Export

Sebelumnya, Anda disarankan untuk mentransfer data setting SEO dari plugin SEO lain, bukan? Nah, langkah tersebut bisa dilakukan pada fitur import and export di menu Tools berikut ini:

Anda bisa mengimport settingan SEO dari plugin lain ataupun mengekspor settingan Yoast SEO ke plugin lain di WordPress yang berbeda.

5.2 Tools File Editor

Di WordPress, ada dua file konfigurasi yang memiliki pengaruh besar pada SEO website, yaitu: file .htaccess dan file robots.txt

Yoast SEO memudahkan Anda untuk mengedit kedua file tersebut langsung melalui halaman admin WordPress seperti berikut ini:

5.3 Tools Bulk Editor

Yoast SEO mengizinkan Anda untuk mengedit SEO title dan SEO description secara cepat pada semua blog post dengan memakai fitur Bulk Editor.

Caranya, masuklah ke tab Title dan tulis SEO title yang baru pada kolom yang tersedia. Lalu, klik Save untuk menyimpan perubahan.

Begitu pula jika Anda ingin mengubah meta description, Anda hanya perlu masuk ke tab Description dan tulis meta description yang baru di kolom yang tersedia. Lalu, klik Save.

6. Beralih ke Yoast Premium [Opsional]

Plugin Yoast SEO yang gratis sudah cukup baik dalam menjalankan fungsi optimasi SEO. Namun, agar lebih optimal, Anda bisa menggunakan versi berbayar (premium).

Di versi premium, Anda akan mendapatkan tambahan fitur seperti: Redirect manager, Synonyms & related keyphrases, Social previews dan Premium support.

Untuk beralih ke Yoast SEO Premium, silakan akses menu Premium dan klik tombol Buy Yoast SEO Premium.

Cara Menggunakan SEO Yoast pada postingan

Setelah cara setting Yoast SEO terbaru selesai, saatnya menggunakan Yoast pada setiap postingan. Caranya, cek panel analysis di bagian bawah halaman editor, lalu lakukan langkah berikut:

1. Masukkan Keyword

Cara menggunakan SEO Yoast yang pertama adalah memasukkan keyword yang sesuai setelah artikel selesai ditulis. Jadi, artikel bisa menempati peringkat tinggi di Google sesuai pencarian topik dengan keyword tertentu.

Sebelum menambahkan keyword ke panel Yoast SEO di artikel Anda, lakukanlah riset keyword dengan bantuan tools seperti Google Trends atau Ubersuggest.

Kemudian, masukkan keyword pada kolom Focus Keyphrase.

2. Atur Google Preview

Pada tahap ini, Anda bisa mengatur bagaimana artikel Anda terlihat di halaman pencarian baik di perangkat mobile atau desktop. Ada tiga hal yang bisa Anda atur:

  • SEO title : Beri judul yang menarik dan sisipkan focus keyword. Jangan gunakan judul yang terlalu pendek atau panjang dengan indikator SEO berwarna hijau.
  • Slug : Tentukan permalink artikel Anda. Jangan terlalu panjang dan usahakan slug tidak memakai angka.
  • Meta description : Buatlah meta description menarik dengan panjang kata yang sesuai dan masukkan kata kuncinya. Buatlah indikator SEO berwarna hijau.

3. Masukkan Keyword di H2/H3

Periksa lagi artikel Anda dan pastikan terdapat minimal satu keyword pada sub judul di postingan Anda. Pada contoh ini, kami menambahkan keyword pada subjudul H2:

4. Perhatikan Keyword Density pada bagian Analysis

Yoast SEO adalah plugin yang menyediakan informasi analisis SEO, seperti analisis banyaknya keyword yang digunakan di artikel.

Jadi, cek keyword density pada postingan, yaitu perbandingan jumlah keyword dengan jumlah kata artikel. Pastikan keyword density berwarna hijau. 

Selain keyword density, usahakan juga indikator SEO lainnya berwarna hijau. Jika masih ada yang berwarna merah atau orange, lakukanlah perbaikan sesuai saran yang diberikan Yoast SEO.

Jangan lupa menambahkan internal link, yaitu link ke salah satu postingan Anda yang ada di website. Internal link penting untuk membangun konteks penjelasan dan struktur blog, seperti contoh yang mengarah ke artikel plugin SEO berikut:

6. Tambahkan Keyword pada Alt Tag Gambar

Cara menggunakan SEO Yoast yang terakhir adalah dengan selalu menambahkan keyword pada Alt tag gambar, minimal pada salah satu gambar. Caranya, klik pada gambar di artikel Anda dan tambahkan Alternative text di bagian Image setting.

Baca Juga : Belajar SEO Baru untuk Pemula

Yuk, Gunakan Yoast SEO di Website Anda!

Demikianlah panduan setting SEO Yoast terbaik untuk Anda. Yoast SEO adalah plugin SEO populer dengan banyak keunggulan dan fitur canggih yang bisa membantu website menduduki peringkat atas di Google. 

Bagi pemula, gunakanlah cara setting Yoast SEO terbaik dan terbaru melalui fitur SEO Workout. Sedangkan, untuk Anda yang ingin konfigurasi lebih detail, ada cara manual yang lebih lengkap.

Selanjutnya, Anda bisa menerapkan cara menggunakan SEO Yoast pada setiap menu dan fitur yang sudah kami jelaskan.

Langkah optimasi sudah selesai. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan web hosting yang memiliki performa baik untuk mendukung optimasi SEO Anda. 

Nah, layanan Unlimited Hosting Niagahoster bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hosting Niagahoster menggunakan LiteSpeed web server yang membuat website Anda lebih cepat diakses. Tak hanya itu, teknologi keamanan yang canggih dari Imunify360 juga akan melindungi website dari berbagai serangan malware berbahaya.

Yang tak kalah penting, hosting Niagahoster menyediakan SSL gratis pada setiap paket layanan yang ditawarkan. Penggunaan SSL terbukti bisa meningkatkan ranking di mesin pencari.

Menariknya, semua keunggulan tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga hosting mulai dari Rp10rb/bulan saja. Harga yang sangat murah untuk berbagai kelebihan yang akan Anda dapatkan, kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, tingkatkan SEO website menggunakan Yoast SEO dan gunakan web hosting dengan performa terbaik untuk website Anda sekarang juga!

Nida Regita F

SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Share
Published by
Nida Regita F
Tags: seoWordpress

Recent Posts

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang sedang memilih layanan hosting, shared hosting mungkin menjadi pilihan. Akan tetapi, sudah tahukah Anda apa saja kelebihan…

2 days ago

SpamAssassin: Solusi Jitu untuk Mencegah Email Spam

Sebelumnya, Anda sudah belajar mengelola email spam dengan SpamExperts. Nah, ternyata ada tool lain yang tak kalah mumpuni untuk menghalau…

2 days ago

10 Contoh Nama Domain Bisnis Inspiratif [Lengkap dengan Tips Memilihnya!]

Salah satu langkah awal untuk memulai usaha bisnis adalah dengan memilih nama domain website bisnis.  Namun, menentukan nama domain bisnis…

3 days ago

Cara Membuat Link Download Menggunakan Hosting Sendiri di Website

Bingung mencari cara membuat link download menggunakan hosting sendiri? Tenang, yuk simak cara membuat link download di website sekarang!

3 days ago

Cara Mengembalikan IP Address yang Diblokir Server Hosting

Ketika IP address Anda diblokir server hosting, Anda akan kehilangan akses login ke cPanel dan admin website. Ini tentu menjadi…

4 days ago

Apa Itu ZMOT? Lihat Contoh Penerapannya di Niagahoster!

Pernahkah Anda cek review di internet sebelum memutuskan membeli sesuatu? Kalau iya, itu berarti Anda pernah mengalami Zero Moment of…

4 days ago