Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Setting Email Default di cPanel

2 min read

Cara Setting Email Default di cPanel

Pada tutorial kali ini, kami mengulas cara setting email default dengan nama domain di cPanel. Untuk melakukan pengaturan ini Anda dapat menggunakan fitur Default Address pada cPanel. Fitur ini digunakan untuk menerima semua email yang masuk, jika pengirim menuliskan alamat email yang salah.

Baca Juga: Panduan Forward Email di cPanel dengan Mudah & Cepat

Sebagai contoh, di sini kami memiliki alamat email admin@thomvtutorials.com. Akan tetapi pengirim salah menulisnya jadi administrator@thomvtutorials.com. Ketika alamat email tidak ada, dengan menggunakan fitur Default Address, email akan tetap bisa diterima dan masuk ke email default di cpanel yang sudah dibuat sebelumnya misalnya: default@thomvtutorials.com.

PENTING: Fitur ini hanya berfungsi jika pengirim menuliskan nama domain dengan benar, yang dalam contoh ini adalah thomvtutorials.com. Selain itu, untuk alamat email default harus dibuat terlebih sebelum dikonfigurasikan pada fitur Default Address.

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum memulai langkah pada pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:

  • Memiliki akses ke cPanel dari akun hosting Anda.

Langkah 1: Buka Menu Default Address

Setelah login ke cPanel, silakan cari menu Default Address. Anda dapat melakukan pencarian melalui kolom search atau menemukannya secara manual pada kolom Email.

cara setting email

Langkah 2: Cara Setting Email Default

Setelah masuk ke menu Default Address, akan tampil halaman seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

cara setting email default cpanel

  1. Managing – Silakan pilih nama domain yang ingin Anda gunakan. Anda dapat memilih antara domain/sub-domain/add-on domain atau semua domain dengan memilih All Domains. Hal ini memungkinkan semua email, yang dikirim ke alamat email yang salah, masuk ke email default.
  2. Send all unrouted email for the following domain  Silakan isi domain yang sama seperti nomor 1.
  3. Discard the email while your server processes it by SMTP time with an error message  Pilihan ini memungkinkan Anda untuk menolak email masuk dan mengirimkan pesan balasan ke pengirim sesuai keinginan Anda pada kolom Failure Message. Pesan default di sini biasanya berisi: “No such person at this address.”
  4. Forward to Email Address – merupakan kolom yang wajib Anda isi. Di sini Anda harus memasukkan alamat email default untuk menerima email yang memiliki kesalahan alamat penulisan. Pada contoh ini kami menggunakan alamat email default@thomvtutorials.com.
  5. Forward to your system account  Dengan menandai pilihan ini, Anda akan memforward email yang hilang ke sistem akun cPanel. Kami tidak menyarankan pilihan ini, karena kebanyakan penyedia layanan hosting tidak mengaktifkan fitur ini.
  6. Pipe to a Program – Pilihan ini akan memforward email ke script Anda. Ini termasuk pengaturan lanjutan dan kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakannya, terutama jika Anda masih awam.
  7. Discard – Sebaiknya Anda tidak memilih pilihan ini karena akan menghapus semua email yang salah alamat, tanpa mengirimkan pesan pemberitahuan ke pengirim.
  8. Apabila semua pengaturan sudah selesai, silakan klik tombol Change untuk menyimpan.

Baca juga: Cara Membuat Signature di Email Anda

Selanjutnya akan muncul pesan seperti pada gambar di bawah ini.

pesan sukses cara setting email

Kesimpulan

Selamat, Anda telah berhasil menyelesaikan tutorial cara setting email default di cPanel. Dengan menerapkan tips ini, semua email salah kirim (asalkan ditulis dengan domain yang benar) tetap akan masuk ke email default. Hasilnya Anda tidak akan kehilangan satu pucuk email pun yang terarah ke domain Anda.

Konfigurasi terkait setting email di Website WordPress juga bisa Anda simak di sini.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan tentang topik di artikel ini atau seputar email hosting? Silakan tuliskan pertanyaan Anda di kolom komentar. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Jangan lupa cek layanan email hosting terbaik dari Niagahoster juga, ya. Layanan email hosting yang terjangkau tapi powerful!

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *