Tutorial

Cara Remote Database MySQL di cPanel (Terupdate)

Dalam mengelola database, Anda ternyata juga bisa melakukan remote database MySQL, lho! Hal ini memungkinkan Anda untuk mengakses database walau tak berada pada server yang sama.

Langkah ini dapat cukup berguna bagi Anda. Terlebih apabila Anda bekerja sama dengan pihak lain untuk mengelola website. Anda hanya cukup memberikan akses databasenya tanpa perlu memberikan seluruh akses ke cPanel.

Nah, di artikel ini, kami akan membahas cara lengkap remote database MySQL dengan beberapa langkah. Langsung saja simak pembahasannya berikut.

Cara Remote Database MySQL di cPanel dengan Langkah Mudah

Berikut ini langkah-langkah melakukan remote MySQL cPanel. Di tutorial ini, aplikasi remote database yang kami pakai ialah Navicat. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Login ke cPanel

Langkah pertama, login ke akun cPanel Anda terlebih dulu.

2. Buka Fitur Remote MySQL

Setelah login, buka fitur Remote MySQL di tab Databases cPanel.

3. Masukkan IP Address

Berikan akses database dengan memasukkan host name atau alamat IP dari website maupun server lain ke dalam kolom Host. Lalu klik Add Host.

Jika Anda ingin mengakses database lewat komputer, silakan masukkan alamat IP public Anda. Cek IP Address Public komputer di http://whatismyipaddress.com/.  

Setelah memberikan akses, Anda akan melihat pesan seperti berikut.

PENTING – Anda dapat memasukkan nama domain atau alamat IP dari server Anda. Anda juga dapat menggunakan karakter persen (%). Sebagai contoh, untuk mengizinkan akses dari semua alamat IP yang diawali dengan 192.68.0, Anda dapat menuliskan 198.68.0.%.

4. Download dan Install Aplikasi Remote MySQL Navicat

Download aplikasi Navicat terlebih dulu. Lanjutkan dengan melakukan instalasi di komputer Anda. Setelah selesai install, buka aplikasi Navicat lalu klik menu Connection > MySQL.

5. Hubungkan Navicat dengan Database MySQL

Masukkan detail database Anda di kolom yang tersedia, username dan password.

6. Lakukan Uji Coba Koneksi

Untuk memastikan Anda sudah terhubung dengan database, coba lakukan pengujian dengan klik Test Connection.

7. Mengatur Tabel pada Database

Anda bisa coba untuk melakukan pengaturan tabel pada database, Caranya, pilih nama koneksi, dalam tutorial ini bernama “Test”.

Pada langkah ini Anda sudah dapat melakukan remote database MySQL.

8. Cara Menghapus Akses Remote Database

Anda juga bisa menghapus akses remote database yang bocor ke pihak “tak diundang”. Caranya, klik Delete pada host name atau alamat IP yang ingin Anda hapus di fitur Remote MySQL.

Lalu, klik tombol Remove Access Host.

Selanjutnya Anda akan melihat notifikasi seperti berikut jika berhasil menghapus akses.

Baca juga: Cara Mempercepat Akses Database MySQL

Kesimpulan

Setelah mengikuti langkah pada tutorial ini, Anda sudah mengetahui cara remote database MySQL di cPanel melalui aplikasi desktop. Dengan cara ini, Anda dapat melakukan pengaturan database website.

Oya, kalau Anda ingin mengetahui lebih mendalam tentang MySQL, silakan baca beberapa artikel berikut:

Jika ada pertanyaan atau saran yang berhubungan dengan artikel ini, jangan ragu untuk berkomentar melalui form yang tersedia di bawah ini. 

Putri Aprilia

Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Apa Itu Error 404 Not Found dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Error 404: Not Found adalah salah satu error yang paling sering dikeluhkan oleh para pemilik website. Munculnya error ini tentu…

4 hours ago

Valuasi: Pengertian, Cara Menghitung, dan Berbagai Levelnya

Ketika bicara valuasi, yang terlintas pertama di pikiran Anda mungkin sebuah startup. Padahal, valuasi adalah faktor yang menjadi penanda kesuksesan…

1 day ago

Apa itu Cloudflare? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Keamanan dan kecepatan merupakan faktor utama dalam mengelola website. Untungnya, ada beberapa langkah mudah untuk memastikan website cepat dan aman.…

2 days ago

Marketing Mix: Definisi, Fungsi, dan Contoh Penerapannya

Tak punya latar belakang pendidikan di bidang marketing bukan berarti Anda tidak bisa tahu tentang dunia marketing. Dengan bantuan internet,…

3 days ago

Bagaimana Cara Membuat Blog? Ikuti 8 Langkah Mudah Ini

Cara membuat blog tidak eksklusif untuk orang-orang yang paham coding saja. Dengan bantuan platform CMS, cara membuat blog pribadi menjadi…

4 days ago

Panduan Install Nginx SSL di Ubuntu 20.04

Anda ingin menginstall SSL pada VPS dengan web server Nginx? Inilah artikel yang tepat untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara…

5 days ago