Tutorial

Cara Remote Database MySQL di cPanel (Terupdate)

Dalam mengelola database, Anda ternyata juga bisa melakukan remote database MySQL, lho! Hal ini memungkinkan Anda untuk mengakses database walau tak berada pada server yang sama.

Langkah ini dapat cukup berguna bagi Anda. Terlebih apabila Anda bekerja sama dengan pihak lain untuk mengelola website. Anda hanya cukup memberikan akses databasenya tanpa perlu memberikan seluruh akses ke cPanel.

Nah, di artikel ini, kami akan membahas cara lengkap remote database MySQL dengan beberapa langkah. Langsung saja simak pembahasannya berikut.

Cara Remote Database MySQL di cPanel dengan Langkah Mudah

Berikut ini langkah-langkah melakukan remote MySQL cPanel. Di tutorial ini, aplikasi remote database yang kami pakai ialah Navicat. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Login ke cPanel

Langkah pertama, login ke akun cPanel Anda terlebih dulu.

2. Buka Fitur Remote MySQL

Setelah login, buka fitur Remote MySQL di tab Databases cPanel.

3. Masukkan IP Address

Berikan akses database dengan memasukkan host name atau alamat IP dari website maupun server lain ke dalam kolom Host. Lalu klik Add Host.

Jika Anda ingin mengakses database lewat komputer, silakan masukkan alamat IP public Anda. Cek IP Address Public komputer di http://whatismyipaddress.com/.  

Setelah memberikan akses, Anda akan melihat pesan seperti berikut.

PENTING – Anda dapat memasukkan nama domain atau alamat IP dari server Anda. Anda juga dapat menggunakan karakter persen (%). Sebagai contoh, untuk mengizinkan akses dari semua alamat IP yang diawali dengan 192.68.0, Anda dapat menuliskan 198.68.0.%.

4. Download dan Install Aplikasi Remote MySQL Navicat

Download aplikasi Navicat terlebih dulu. Lanjutkan dengan melakukan instalasi di komputer Anda. Setelah selesai install, buka aplikasi Navicat lalu klik menu Connection > MySQL.

5. Hubungkan Navicat dengan Database MySQL

Masukkan detail database Anda di kolom yang tersedia, username dan password.

6. Lakukan Uji Coba Koneksi

Untuk memastikan Anda sudah terhubung dengan database, coba lakukan pengujian dengan klik Test Connection.

7. Mengatur Tabel pada Database

Anda bisa coba untuk melakukan pengaturan tabel pada database, Caranya, pilih nama koneksi, dalam tutorial ini bernama “Test”.

Pada langkah ini Anda sudah dapat melakukan remote database MySQL.

8. Cara Menghapus Akses Remote Database

Anda juga bisa menghapus akses remote database yang bocor ke pihak “tak diundang”. Caranya, klik Delete pada host name atau alamat IP yang ingin Anda hapus di fitur Remote MySQL.

Lalu, klik tombol Remove Access Host.

Selanjutnya Anda akan melihat notifikasi seperti berikut jika berhasil menghapus akses.

Baca juga: Cara Mempercepat Akses Database MySQL

Kesimpulan

Setelah mengikuti langkah pada tutorial ini, Anda sudah mengetahui cara remote database MySQL di cPanel melalui aplikasi desktop. Dengan cara ini, Anda dapat melakukan pengaturan database website.

Oya, kalau Anda ingin mengetahui lebih mendalam tentang MySQL, silakan baca beberapa artikel berikut:

Jika ada pertanyaan atau saran yang berhubungan dengan artikel ini, jangan ragu untuk berkomentar melalui form yang tersedia di bawah ini. 

Putri Aprilia

Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Pilih Blogspot atau WordPress? Ini Perbandingannya

Pilih Blogspot atau WordPress, ya? Sebelum memilih, cek dulu perbandingan keduanya di artikel ini.

6 hours ago

Panduan Lengkap CodeIgniter 4

Dibanding pendahulunya, CodeIgniter 4 menawarkan berbagai kelebihan, terutama pada peningkatan performa yang telah didukung PHP versi 7. CodeIgniter 4 juga…

1 day ago

Niagahoster Kembali Adakan Program #NiagahosterSalingBantu untuk yang Terdampak Pandemi

Pandemi COVID-19 di Indonesia memang menunjukkan penurunan tren kasus baru harian dalam beberapa minggu terakhir, namun hal ini tidak kemudian…

1 day ago

Belajar Docker: Definisi, Fungsi, dan Cara Menginstalnya

Mengembangkan sebuah software dengan efisien itu penting. Terutama, untuk dapat dilakukan di berbagai lingkungan pengembangan sekaligus. Nah, Docker adalah salah…

2 days ago

Produk Update Agustus 2021

Selama bulan Agustus, kami telah melakukan beberapa update fitur untuk terus meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mengembangkan produk terbaik. Apa saja…

3 days ago

Cara Memasang Captcha Google di WordPress

Pernahkah Anda melihat postingan blog yang kolom komentarnya dibanjiri oleh komentar spam? Atau mungkin, website Anda sendiri pernah disusupi dengan…

3 days ago