Categories: Dev

Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

Apakah Anda ingin mengamankan situs WordPress dan mulai menggunakan protokol HTTPS? Sekarang saatnya beralih ke HTTPS jika website Anda belum pernah menggunakannya. Dalam tutorial kali ini kami akan membahas cara redirect HTTP ke HTTPS pada WordPress. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan.

HTTPS atau Hyper Text Transfer Protocol Secure adalah versi keamanan dari protokol HTTP. Informasi yang dikirimkan melalui HTTPS akan dienkripsi sehingga cukup sulit untuk dicuri ketika berada dalam proses pengiriman. Hal ini membuat protokol HTTP cocok untuk sebuah website e-commerce atau website yang mengharuskan penggunanya mengirimkan data.

HTTPS juga memiliki manfaat untuk website pada umumnya:

  • Situs yang menggunakan HTTPS berkesempatan memiliki peringkat lebih tinggi dibandingkan situs tanpa HTTPS. Beberapa tahun lalu, Google mengumumkan jika HTTPS adalah salah satu faktor rangking sebuah website.
  • Kepercayaan. Pengunjung akan melihat gembok berwarna hijau pada nama domain di browser.

Dengan mengikuti tutorial ini, Anda akan mempelajari dua cara berbeda untuk menambahkan HTTPS pada WordPress.

PENTING – Anda harus sudah menginstall sertifikat SSL / TLS pada hosting untuk mengaktifkan protokol SSL. Anda dapat mengecek apakah SSL sudah aktif atau belum dengan mengakses https://domainanda.com. Beberapa penyedia hosting sudah menyediakan SSL secara gratis.

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa:

  • Anda memiliki akses ke dashboard admin WordPress
  • Anda memiliki akses ke control panel hosting
  • Sertifikat SSL/TSL sudah terinstal (untuk menginstal SSL silakan mengikuti tutorial berikut jika hosting Anda menyediakan SSL gratis dari Let’s Encrypt)

Pilihan 1: Cara Redirect HTTP ke HTTPS dengan Plugin WordPress

Jika situs WordPress Anda memiliki banyak postingan, halaman, dan file-file, disarankan untuk menggunakan plugin HTTPS redirection. Hal ini akan lebih mudah jika dibandingkan dengan mengedit file .htaccess. Terdapat banyak plugin sejenis untuk mengatasi hal ini. Salah satunya adalah Really Simple SSL. Ini adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin mengaktifkan HTTPS tetapi tidak ingin melakukan pengaturan rumit.

Berikut adalah cara menginstal plugin dan mengaktifkan redirect ke HTTPS.

1. Silakan login ke dashboard admin WordPress dan install plugin Really Simple SSL. Aktifkan setelah instalasi selesai.


2. Silakan pilih menu Settings > SSL

3. Pada bagian atas halaman Anda akan melihat pesan jika redirect ke HTTPS belum aktif. Untuk mengatasinya, silakan klik tombol Go ahead, activate SSL!

4. Silakan refresh browser Anda. Jika berhasil, Anda akan melihat pesan sukses yang berarti SSL di blog WordPress Anda sudah aktif.

5. Setelah SSL aktif, pastikan website Anda dapat diakses dengan baik dengan mengakses postingan dan halaman satu per satu.

Di tahap ini Anda sudah berhasil mengaktifkan HTTPS pada blog WordPress. Jika berhasil dengan baik, Anda akan melihat gembok berwarna hijau di samping nama domain Anda.

Pilihan 2: Mengaktifkan SSL pada WordPress Secara Manual

Menggunakan cara ini disarankan untuk blog WordPress yang baru diinstalasi, karena dapat merubah struktur link pada blog. Pastikan Anda sudah mengetahui cara mengakses file melalui File Manager atau FTP untuk mengedit file .htaccess.

Pastikan untuk HTTPS berjalan dengan baik dengan mengakses https://domainanda.com. Jika dapat diakses tanpa masalah, silakan ikuti langkah dibawah ini:

1. Silakan akses dashboard admin WordPress Anda dan pilih menu Settings > General.

2. Ubah http://domainanda.com menjadi https:domainanda.com pada kolom WordPress Address(URL) dan Site Address(URL). Pastikan untuk domainanda.com diganti dengan nama domain anda.

3. Setelah itu silakan klik tombol Save Changes untuk menyimpan.

4. Pada langkah ini Anda telah berhasil mengaktifkan HTTPS. Akan tetapi, jika situs Anda tetap menampilkan http, silakan lakukan redirect ke HTTPS. Proses redirect dari HTTP ke HTTPS dapat Anda lakukan melalui file .htaccess. Di sini kami menggunakan File Manager untuk mengedit file .htaccess. Di samping itu, Anda juga dapat menggunakan FTP client. Silakan akses control panel hosting Anda dan pilih menu File Manager.

5. Silakan masuk ke folder instalasi website WordPress Anda. Jika Anda menginstalnya pada domain utama, silakan akses folder public_html, klik kanan, kemudian pilih pilihan Edit pada file .htacess.

6. Seperti yang dapat Anda lihat, sudah terdapat baris code dalam file .htaccess. Hal ini berfungsi agar blog WordPress dapat diakses dengan baik. Silakan paste code di bawah ini pada baris bawah # END WordPress kemudian klik Save Changes.

RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteRule ^(.*)$ https://www.domainanda.com/$1 [R,L]
PENTING – Anda harus mengubah www.domainanda.com dengan nama domain yang Anda miliki.

Pada tahap ini Anda sudah menyelesaikan cara redirect HTTP ke HTTPS pada WordPress. Jika langkah yang Anda lakukan sudah sesuai dengan langkah pada tutorial ini, website Anda seharusnya sudah dapat diakses dengan baik. Jika terdapat error, Anda dapat menghapus code yang ditambahkan pada file .htaccess tersebut untuk memperbaikinya. Apabila permasalahan masih terjadi, jangan ragu untuk menghubungi bagian support hosting Anda guna mendapatkan bantuan.

Kesimpulan

Protokol HTTPS lebih aman jika dibandingkan dengan HTTP. Di samping itu, website yang menggunakan HTTPS dinilai lebih baik oleh algoritma Google. Efeknya, website Anda akan terlihat lebih terpercaya di mata pengunjung sehingga ranking di mesin pencari dapat meningkat.

Dua langkah berbeda mengenai cara redirect HTTP ke HTTPS di WordPress telah selesai kami ulas. Selanjutnya, Anda dapat mencobanya sendiri.

Apakah Anda mengalami kesulitan? Sampaikan segala pertanyaan Anda pada kolom komentar di bagian akhir halaman ini. Kemudian, terus dapatkan ulasan terhangat seputar dunia online langsung dari inbox Anda dengan klik tombol Subscribe 📩

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto
Tags: PluginTutorialWordpress

Recent Posts

  • Content Marketing
  • Website & Blog
  • WordPress

Ikuti Cara Mudah Membuat Web Portofolio

Kini, banyak orang tergantung pada internet untuk mencari informasi. Bukan hanya soal barang atau review makanan, tapi juga orang. Mencari…

4 days ago
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Website & Blog
  • WordPress

Cara Mudah Menambahkan Schema & Rich Snippet di WordPress

Ketika mencari informasi di Google, sering kali Anda menemukan hasil pencarian dengan tampilan yang unik. Misalnya, saat mencari review, hasil…

5 days ago
  • Design
  • Website & Blog
  • WordPress

Cara Membuat Slider di WordPress

Ketika Anda mengunjungi sebuah halaman website terkadang melihat terdapat gambar bergerak secara otomatis. Bagian itu biasanya menampilkan informasi terkait promo…

6 days ago
  • Dev
  • Website & Blog

Belajar Python Pemula: Pengenalan Dasar

Python adalah bahasa pemrograman yang populer. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Guido van Rossum dan dikenalkan sejak tahun 1991. Sebelum…

1 week ago
  • Website & Blog
  • WordPress

Cara Membuat Website Multibahasa di WordPress

Apa Anda tertarik membuat website dengan banyak pilihan bahasa? Jika iya, selamat! Anda sudah di jalur yang tepat untuk meningkatkan…

1 week ago
  • Website & Blog
  • WordPress

Download Template Bootstrap Gratis Untuk Website Anda

Pernahkah Anda berfikir bagaimana membuat website yang dinamis dengan antarmuka yang modern atau website yang mirip dengan tampilan Twitter? Tidak…

1 week ago