Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

2 min read

Cara Redirect HTTP ke HTTPS

Sudah Install SSL untuk keamanan, tapi website masih berupa HTTP? Padahal ekspektasi Anda mungkin website sudah berubah jadi HTTPS.

Nah, Anda mungkin belum meredirect HTTP ke HTTPS. Jadi, website tidak berubah ke HTTPS ketika diakses.

Lalu bagaimana cara redirect HTTP ke HTTPS? Tenang, kami punya tutorialnya di artikel ini. Setidaknya ada tiga cara yang bisa Anda pilih, yaitu cara manual, menggunakan plugin, dan yang terakhir dengan satu kali klik Force HTTPS.

Langsung saja simak penjelasannya berikut!

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa:

  • Anda memiliki akses ke dashboard admin WordPress
  • Anda memiliki akses ke control panel hosting
  • Sertifikat SSL/TSL sudah terinstal (untuk menginstal SSL silakan mengikuti tutorial berikut jika hosting Anda menyediakan SSL gratis dari Let’s Encrypt)

Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

Berikut ini beberapa cara mengubah HTTP menjadi HTTPS yang bisa Anda ikuti!

1. Redirect HTTP ke HTTPS Secara Manual

Kami menyarankan cara ini digunakan untuk blog WordPress yang baru diinstalasi. Sebab mungkin dapat mengubah struktur link pada blog akibat melakukan perubahan pada file .htaccess. Langsung saja simak pembahasan berikut.

1. Pertama, login dashboard admin WordPress menggunakan username dan password Anda. Setelah login, klik Settings > General.

settingan redirect ssl

2. Ubah http://domainanda.com menjadi https:domainanda.com pada kolom WordPress Address(URL) dan Site Address(URL). Pastikan untuk domainanda.com diganti dengan nama domain anda. Setelah itu klik Save Canges.

redirect wordpress ke https

3. Selanjutnya masuk ke akun cPanel Anda. Setelah login, pilih menu File Manager untuk mengedit file .htaccess.

file manager

4. Masuk ke instalasi WordPress Anda, cari folder public_html, klik kanan, lalu edit.  

edit file htaccess

5. Lalu, copy paste kode berikut di bawah baris #END WORDPRESS. Jika sudah klik Save Changes.

RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteRule ^(.*)$ https://www.domainanda.com/$1 [R,L]

Anda harus mengubah www.domainanda.com dengan nama domain yang Anda miliki.

script https di file htaccess

6. Nah, Anda telah menyelesaikan cara redirect HTTP ke HTTPS. Sekarang Anda bisa coba akses website Anda.Nah, apabila terjadi error, jangan ragu untuk menghubungi bagian support hosting Anda guna mendapatkan bantuan, ya.

Baca juga: Panduan Lengkap Redirect Menggunakan .htaccess

2. Menggunakan Plugin WordPress

Jika Anda ingin cara yang lebih mudah dan tidak terlalu berisiko mengedit file .htaccess, Anda bisa pakai plugin HTTPS redirection saja, seperti plugin Really Simple SSL.

1. Login dashboard admin WordPress menggunakan email dan password. Setelah login, klik Plugin > Add New. Kemudian, cari plugin Really Simple SSL, lalu klik Install Now > Activated.

redirect http ke https di wordpress

2. Setelah aktif, klik menu Settings > SSL.

cara redirect http ke https

3. Pada bagian atas halaman Anda akan melihat pesan jika redirect ke HTTPS belum aktif. Untuk mengatasinya, silakan klik tombol Go ahead, activate SSL!

redirect ke https

4. Refresh browser Anda. Jika berhasil, Anda akan melihat pesan sukses yang berarti SSL di blog WordPress Anda sudah aktif.

cara redirect http ke https di wordpress

5. Setelah SSL aktif, pastikan website Anda dapat diakses dengan baik dengan mengakses postingan dan halaman satu per satu.

Di tahap ini Anda sudah berhasil mengaktifkan HTTPS pada blog WordPress. Jika berhasil dengan baik, Anda akan melihat gembok berwarna hijau di samping nama domain Anda.

redirect ke https pada wordpresss

3. Menggunakan Fitur Force HTTPS WordPress

Selain dua cara di atas, ada cara yang lebih mudah dilakukan, caranya tinggal sekali klik saja lho! Langkah ini hanya bisa Anda gunakan jika Anda menggunakan layanan dari Niagahoster. Nah, begini caranya.

1. Login ke Member Area Niagahoster Anda.

Login Member Area Niagahoster

2. Pilih menu WordPress Management > Sites. Kemudian, klik menu Force HTTPS untuk mengaktifkannya.

Cari Tombol Force Management

3. Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi seperti ini:

Force HTTPS Berhasil Diaktifkan

4. Klik Kembali dan coba akses website beberapa menit kemudian untuk mengeceknya.

Baca juga: Panduan Melakukan Force HTTPS .htaccess

Ubah Website Anda jadi HTTPS Sekarang!

Itu tadi tiga langkah berbeda mengenai cara redirect HTTP ke HTTPS di WordPress telah selesai kami ulas. 

Protokol HTTPS lebih aman dari ancaman hacker jika dibandingkan dengan HTTP.

Di samping itu, website yang menggunakan HTTPS dinilai lebih baik oleh algoritma Google. Efeknya, website Anda akan terlihat lebih terpercaya di mata pengunjung sehingga ranking di mesin pencari dapat meningkat.

Nah, untuk bisa merubah HTTP ke HTTPS WordPress tadi, pastikan Anda sudah menginstall sertifikat SSL terlebih dulu ya. Harganya cukup terjangkau, kok. Bahkan Anda bisa dapat gratis jika memakai hosting Niagahoster.

Apakah Anda mengalami kesulitan? Sampaikan segala pertanyaan Anda pada kolom komentar di bagian akhir halaman ini.

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

51 Replies to “Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress”

  1. Wah ini nih ilmu baru, sepertinya bisa meningkatkan kepercayaan pengunjung/pembeli di toko online.

  2. Apakah dengan cara pertama tidak perlu merubah name server?
    Lebih bagus menggunakan cara pertama atau dengan Cloudflare?

    Terima kasih.

    1. Halo,

      Untuk artikel ini membahas mengenai redirect http ke https di WordPress, jadi untuk redirect tidak perlu merubah nameserver. πŸ™‚

  3. Untuk cara pertama apakah kita harus membeli SSL dulu dari penyedia hosting seperti goddady?

    1. Jika hosting Anda menyediakan SSL gratis seperti di layanan Niagahoster, tidak perlu membeli lagi. Anda hanya perlu melakukan instalasi SSL terlebih dahulu. πŸ™‚

  4. udah lebih setahun aku ngeblog…baru kali ini saya mengetahui apa itu HTTPS … dulu saya kira sama saja dengan http … namun semua itu telah selesai berkat bantuan dan support dari Niagahoster tentunya…

    Namun saya mau lihat ngaruh yah bagi blog kita setelah meredirec httpnya ?

  5. Saya sudah setting wordpress saya dri http ke https, semua link sudah berubah ke https. Tapi kok di address bar ga keluar tanda Gembok Ijo nya ya, masih ada tanda warning "Your connection not secure"?
    Gimana gan cara mengatasinya?

    1. Jika ssl sudah terinstal dan di WordPress sudah di setting, silakan ditunggu 1×24 jam atau dapat dicoba di browser lain.

  6. alhamdulilah saya coba berhasil. kalau setelah di rubah dari http ke https terus apakah ada yang harus di rubah juga di webmaster tools nya pak?
    Makasih

      1. jadi maksudnya url yang http://namadomainanda.com di hapus dl pak dari webmaster tools dan di gantikan dengan url https://namadomainanda.com, betulkah/?
        mohon penjelasannya. Terima kasih

  7. Saya sudah coba menggunakan ssl gratis dari niagahost dan berhasil. Yg ingin saya tanyakan, Apakah indeks google dan peringkatnya secara otomatis tergantikan oleh urls baru (https) atau harus mulai optimasi dr awal lagi?

    1. Akan secara otomatis terindex ulang untuk url https website Anda, mengenai peringkat, yang menentukan adalah alogritma Google, πŸ™‚

  8. saya coba pakai cara pertama kok gak nemu go head ssl active ya pak? apakah karena saya blm instal ssl? lalu gimana cara instalnya? saya pakai hosting di niagahoster pak

    1. Untuk menginstal SSL di Niagahoster silakan ikuti tutorial berikut: https://www.niagahoster.co.id/kb/cara-mendapatkan-ssl-gratis-selamanya

  9. tadi saya langsung ke setting -> general, trus di wordpress addres (url) dan site addres (url) langsung saya ganti dari http menjadi https, setelah di save malah web saya not secure, saya tidak bisa login, malah ada peringatan "SORRY, If you are the owner of this website, please contact your hosting provider: dst.. gimana solusinya ya?? makasih

    1. Pastikan Anda sudah menginstall sertifikat SSL / TLS pada hosting untuk mengaktifkan protokol SSL. Anda dapat mengecek apakah SSL sudah aktif atau belum dengan mengakses https://domainanda.com. Beberapa penyedia hosting sudah menyediakan SSL secara gratis. Jika hosting Anda di Niagahoster, silakan ikuti tutorial beirkut: https://www.niagahoster.co.id/kb/cara-mendapatkan-ssl-gratis-selamanya

      1. sy mengalami msalah yg sama :
        1. tidak bisa login ke wp setelah rubah url name di wp setting-general dari http:// menjadi https://
        2. web sudah berubah menjadi https:// tapi simbol masih tanda seru belum menjadi simbol gembok spt biasanya utk https://

        Note :
        Web saya sudah aktif SSL nya dan sudah redirect ke https melalui edit file .htaccess di cpanelnya
        Tks

        1. 1. Untuk tidak bisa login, apakah ada notifikasi atau error yang tampil? untuk solusinya, silakan nonaktifkan semua plugin terlebih dahulu melalui file manager cPanel Anda, dengan mengubah nama folder plugins menjadi nama lain, (caranya bisa mengikuti langkah di Pilihan 2 melalui tutorial berikut: https://www.niagahoster.co.id/blog/mengatasi-white-screen-wordpress/)
          kemudian ubah kembali ke nama folder sebelumnya, yaitu plugins, silakan aktifkan plugin satu persatu,
          2. Mengenai simbol gembok yang belum muncul dapat disebabkan karena masih terdapat URL di website yang masih menggunakan http, Anda dapat mengeceknya melalui https://www.whynopadlock.com
          Jika Anda sudah menemukannya, silakan ubah URL tersebut menjadi https.

          Semoga membantu, πŸ™‚

  10. Sudah saya ikut tutorial diatas, namun mengapa https hanya berjalan baik di WP Adminnya?
    Yang lain tidak muncul ijo2 itu hehe

    1. Coba dilakukan pengecekan disini kak https://www.whynopadlock.com
      Kemungkinan ada url yang masih menggunakan http biasa

  11. Terima kasih atas informasinya. Kalau website kita sudah redirect ke https tapi tidak ada simbol lock hijaunya apa masih ada yang salah dalam pengaturan mas?

    1. Apakah sudah dilakukan instalasi SSL pada website tersebut?
      Jika belum Anda bisa melakukan instalasi terlebih dahulu

  12. kalau saya punya 10 website, apakah dibagian RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
    RewriteRule ^(.*)$ https://www.domainanda.com/$1 [R,L] harus diketikkan nama websitenya satu persatu?

  13. akhirnya berhasil.. mengubah http ke https, maklum baru belajar pake hosting sendiri di niaga hoster

  14. Pada browser, url halaman muka saya sudah tertulis https…. Tetapi tidak ada simbol gembok hijaunya. Untuk halaman lainnya, termasuk wp-admin dll, sudah normal. Apa yang harus saya periksa?

    1. Kemungkinan ada link di website anda yang belum terredirect ke https, Anda bisa mencoba melakukan pengecekan pada website whynopadlock dengan mengetikan alamat domain anda

  15. Dari info di atas, saya dapet kesimpulan.

    1. Untuk cek apa blog kita bisa redirect ke https, cek terlebih dahulu. Misal alamat blog http://abc.com, kita coba akses jadi https://abc.com. Kalau laman blog bisa di akses, berarti hosting blog kita sudah terinstall ssl. Jadi kita tidak usah mengaktifkan ssl lagi dan tinggal redirect saja.
    2. Kalau blog kita termasuk berumur dan punya postingan banyak, lebih baik pakai plugin. Dan kalau blog kita termasuk baru, jumlah postingan hanya beberapa atau bahkan belum ada lebih baik pakai cara manual.

    Benar begitu ya?

    1. 1. Untuk memastikan kembali bisa dicoba melakukan akses menggunakan url dengan https. Jika tidak ada masalah maka ssl sudah berhasil diinstall.
      2. Sebenarnya tidak berbeda jauh, hanya lebih aman dan enaknya lebih baik menggunakan plugin.

  16. Saya coba pakai ssl gratis niagahoster untuk addon domain.
    Setelah install sesuai instruksi di blog ini, dan saya coba akses blog pke https, muncul error.
    Sertifikat expired katanya.
    Trus saya coba ganti settingan di wordpress di menu general (untuk address), dari http ke https, klik save, langsung error, gak bisa akses wp admin jadinya.
    Koneksi tidak aman.
    Akhirnya saya remove lagi ssl nya.
    Ada yg klewat kah langkah2 saya?
    Apakah ssl gratis dari niaga masih bisa dipakai saat ini? Tidak expired?
    *addon domain yg saya coba pakai ssl adalah toko online parfummewah.com

    1. SSL Gratis biasanya harus diperbaharui setiap 3 bulan, jadi tinggal di re-issue saja

  17. d
    berhasil…. akan tetapi untuk sub domain (webmail, cpanel, webdisk) ketika di centang selalu
    "HTTP error 502
    The server received a bad response while acting as a proxy."
    kenapa ya ?

  18. Blog saya sudah saya rubah di Cpanel Niagahoster dari Http ke Https, apakah berpengaruh terhadap indeks di google? apakah indeksnya akan mengarah otomatis ke https atau ada yang perlu diubah di webmaster googlenya? Terimakasih

    1. Jika sebelumnya menggunakan http dan kemudian diganti menjadi http biasanya akan ada informasi untuk melakukan penyesuaian pada webmasternya. Jadi webmaster diarahkan ke url dengan menggunakan https.

  19. Terima kasih admin sudah share tutorialnya. Melihat banyak komentar dari teman-teman blogger diatas, saya juga masih penasaran dan ingin bertanya.

    1. kalau alamat baru blog yang sudah menggunakan https di submit di webmaster tools, apakah tidak terjadi duplikat konten nantinya jika tidak dihapus. Apakah memang harus dibiarkan saja dua-duanya terdaftar disana ya pak…

    2. Untuk kode verifikasi dari google analytics-nya bagaimanya, kita perlu buat baru atau menggunakan yang lama dan dihubungkan dengan blog baru yang sduah menggunakan https di webmaster tools?

    Mohon dijawab pertanyaannya, soalnya saya sampai saat ini belum menemukan panduan tentang artikel yang membahas hal ini.

    1. Jika di google analytics bisa mendaftarkan salah satu, sedangkan untuk webmaster harus mendaftarkan untuk yang https-nya

    1. Coba dilakukan pengecekan pada halaman https://www.whynopadlock.com untuk melakukan pengecekan apakah konten sudah HTTPS atau belum.

  20. Terimakasih banyak admin. Dengan panduan anda dari awal pembelian hingga settingan semua lengkap dijelaskan di NiagaHoster.
    Saya merasa sangat terbantu karena masih buta tentang website. Ternyata SSL sangat berguna πŸ˜€

    Terimakasih lagi ya admin. Good Job *like

  21. Sepertinya saya harus berani mencoba nih…gara gara belum setting https blog Wp saya trafiknya turun separuhnya. Baca tutorialnya jadi jelas langkah-langkahnya

  22. Terima kasih banyak atas pengetahuan cara setting http ke https yang telah d sampaikan, sangat bermanfaat banget bagi kami untuk pemula, Good Job

  23. Setelah saya rubah di General Urlnya dari Http ke https dan saya save kemudian tidak bisa masuk lagi ke wp-admin. webnya menjadi your connection not private. Dan saya tidak bisa menemukan file .htaccess di cpanel tapi saat di search ketemu pada saat di double klik tidak muncul, mohon penjelasannya, terimakasih

  24. Kalau seumpama yang kita pakai buat backlink itu alamat yang dulu, terus setelah di redirect ini, apa masih mengarah ke halaman yang sama?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *