Tutorial

Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

Sudah Install SSL untuk keamanan, tapi website masih berupa HTTP? Padahal ekspektasi Anda mungkin website sudah berubah jadi HTTPS.

Nah, Anda mungkin belum meredirect HTTP ke HTTPS. Jadi, website tidak berubah ke HTTPS ketika diakses.

Lalu bagaimana cara redirect HTTP ke HTTPS? Tenang, kami punya tutorialnya di artikel ini. Setidaknya ada tiga cara yang bisa Anda pilih, yaitu cara manual, menggunakan plugin, dan yang terakhir dengan satu kali klik Force HTTPS.

Langsung saja simak penjelasannya berikut!

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa:

  • Anda memiliki akses ke dashboard admin WordPress
  • Anda memiliki akses ke control panel hosting
  • Sertifikat SSL/TSL sudah terinstal (untuk menginstal SSL silakan mengikuti tutorial berikut jika hosting Anda menyediakan SSL gratis dari Let’s Encrypt)

Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

Berikut ini beberapa cara mengubah HTTP menjadi HTTPS yang bisa Anda ikuti!

1. Redirect HTTP ke HTTPS Secara Manual

Kami menyarankan cara ini digunakan untuk blog WordPress yang baru diinstalasi. Sebab mungkin dapat mengubah struktur link pada blog akibat melakukan perubahan pada file .htaccess. Langsung saja simak pembahasan berikut.

1. Pertama, login dashboard admin WordPress menggunakan username dan password Anda. Setelah login, klik Settings > General.

2. Ubah http://domainanda.com menjadi https:domainanda.com pada kolom WordPress Address(URL) dan Site Address(URL). Pastikan untuk domainanda.com diganti dengan nama domain anda. Setelah itu klik Save Canges.

3. Selanjutnya masuk ke akun cPanel Anda. Setelah login, pilih menu File Manager untuk mengedit file .htaccess.

4. Masuk ke instalasi WordPress Anda, cari folder public_html, klik kanan, lalu edit.  

5. Lalu, copy paste kode berikut di bawah baris #END WORDPRESS. Jika sudah klik Save Changes.

RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteRule ^(.*)$ https://www.domainanda.com/$1 [R,L]

Anda harus mengubah www.domainanda.com dengan nama domain yang Anda miliki.

6. Nah, Anda telah menyelesaikan cara redirect HTTP ke HTTPS. Sekarang Anda bisa coba akses website Anda.Nah, apabila terjadi error, jangan ragu untuk menghubungi bagian support hosting Anda guna mendapatkan bantuan, ya.

Baca juga: Panduan Lengkap Redirect Menggunakan .htaccess

2. Menggunakan Plugin WordPress

Jika Anda ingin cara yang lebih mudah dan tidak terlalu berisiko mengedit file .htaccess, Anda bisa pakai plugin HTTPS redirection saja, seperti plugin Really Simple SSL.

1. Login dashboard admin WordPress menggunakan email dan password. Setelah login, klik Plugin > Add New. Kemudian, cari plugin Really Simple SSL, lalu klik Install Now > Activated.

2. Setelah aktif, klik menu Settings > SSL.

3. Pada bagian atas halaman Anda akan melihat pesan jika redirect ke HTTPS belum aktif. Untuk mengatasinya, silakan klik tombol Go ahead, activate SSL!

4. Refresh browser Anda. Jika berhasil, Anda akan melihat pesan sukses yang berarti SSL di blog WordPress Anda sudah aktif.

5. Setelah SSL aktif, pastikan website Anda dapat diakses dengan baik dengan mengakses postingan dan halaman satu per satu.

Di tahap ini Anda sudah berhasil mengaktifkan HTTPS pada blog WordPress. Jika berhasil dengan baik, Anda akan melihat gembok berwarna hijau di samping nama domain Anda.

3. Menggunakan Fitur Force HTTPS WordPress

Selain dua cara di atas, ada cara yang lebih mudah dilakukan, caranya tinggal sekali klik saja lho! Langkah ini hanya bisa Anda gunakan jika Anda menggunakan layanan dari Niagahoster. Nah, begini caranya.

1. Login ke Member Area Niagahoster Anda.

2. Pilih menu WordPress Management > Sites. Kemudian, klik menu Force HTTPS untuk mengaktifkannya.

3. Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi seperti ini:

4. Klik Kembali dan coba akses website beberapa menit kemudian untuk mengeceknya.

Baca juga: Panduan Melakukan Force HTTPS .htaccess

Ubah Website Anda jadi HTTPS Sekarang!

Itu tadi tiga langkah berbeda mengenai cara redirect HTTP ke HTTPS di WordPress telah selesai kami ulas. 

Protokol HTTPS lebih aman dari ancaman hacker jika dibandingkan dengan HTTP.

Di samping itu, website yang menggunakan HTTPS dinilai lebih baik oleh algoritma Google. Efeknya, website Anda akan terlihat lebih terpercaya di mata pengunjung sehingga ranking di mesin pencari dapat meningkat.

Nah, untuk bisa merubah HTTP ke HTTPS WordPress tadi, pastikan Anda sudah menginstall sertifikat SSL terlebih dulu ya. Harganya cukup terjangkau, kok. Bahkan Anda bisa dapat gratis jika memakai hosting Niagahoster.

Apakah Anda mengalami kesulitan? Sampaikan segala pertanyaan Anda pada kolom komentar di bagian akhir halaman ini.

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

10 Website Buat CV Online Gratis, Bikin HR Jatuh Hati! [Bonus Tips]

Sudah sebar Curriculum Vitae (CV) ke banyak perusahaan, tapi tak pernah lolos? Jangan minder dulu. Belum tentu karena pengalaman Anda…

2 days ago

Cara Upload File Nuxt.js di Hosting

Nuxt.js adalah framework yang kian populer untuk membuat aplikasi website. Salah satu kelebihan framework ini adalah SEO Friendly.  Anda sedang…

3 days ago

Produk & Fitur Update September 2021

Setiap harinya kami terus melakukan perbaikan kualitas produk & layanan demi kemudahan para pelanggan Niagahoster. Nah, apa saja update selama…

4 days ago

Cara Membuat Website dengan PHP

Anda ingin membuat website sendiri, tapi bingung mulai dari mana? Tenang, ada cara membuat website dengan PHP dari awal yang…

4 days ago

Denny Triana: A Day in the Life of Engineering Manager

Belum banyak orang tahu kalau di balik website yang hebat, ada peran web engineer.  Web engineer lah yang bertanggungjawab atas…

5 days ago

Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian dan Cara Mengukurnya

Kepuasan pelanggan bukan hanya dari produk, lho! Total ada enam indikator kepuasan pelanggan yang harus Anda ketahui. Yuk, simak selengkapnya.

6 days ago