Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

13 Tips dan Cara Mempromosikan Produk Paling Efektif!

5 min read

cara promosi

Bingung bagaimana cara mempromosikan produk yang efektif di tengah tren pemasaran yang terus berkembang ini? Tenang, kemungkinan Anda tidak sendirian. Banyak kok, pemilik bisnis yang belum menemukan strategi pemasaran produk yang cocok.

Meskipun sudah mencoba berbagai strategi untuk menarik calon konsumen, angka penjualan bisnis Anda tak kunjung meningkat. Sebagai pelaku usaha yang tentunya ingin cepat-cepat meraih untung, Anda pun bertanya-tanya, bagaimana sih cara promosi produk yang tepat? 

Nah! Di artikel ini, kami akan membocorkan berapa tips promosi produk yang praktis dan sudah pasti ampuh untuk membantu Anda meraih lebih banyak keuntungan. Langsung saja, yuk simak sampai tuntas!

13 Tips dan Cara Mempromosikan Produk Paling Efektif

Promosi produk yang direncanakan dengan hati-hati akan membawa keuntungan yang besar bagi bisnis. Makanya, Anda wajib mengetahui berbagai cara mempromosikan produk untuk menemukan strategi pemasaran yang efektif

Agar bisa mencapainya, Anda perlu mengimplementasikan strategi cara promosi produk yang efektif, seperti berikut ini:

  1. Jalankan Social Media Marketing
  2. Promosikan Produk Melalui Blog
  3. Adakan Live Shopping
  4. Berikan Diskon
  5. Tarik Minat Konsumen dengan Sistem Pre-Order
  6. Buat Program Referral
  7. Fokus pada Manfaat Produk
  8. Kirim Push Notifications
  9. Perkenalkan Program Loyalty
  10. Promosi Produk dengan Bantuan Influencer
  11. Terapkan Strategi Email Marketing
  12. Lakukan Cross Selling dan Upselling
  13. Gunakan Media Visual yang Menarik

Kami akan menjelaskan poin-poin di atas secara lebih mendetail di bawah ini.

1. Jalankan Social Media Marketing

Melakukan pekerjaan sebagai social media manager bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet

Social media marketing adalah cabang ilmu digital marketing yang penting untuk mempromosikan barang atau jasa. Strategi promosi produk dengan cara ini adalah pilih platform yang tepat. Alasannya, setiap media promosi memiliki audiens yang unik. 

Bahkan, beberapa platform media sosial hanya digemari oleh kalangan yang lebih muda. Ada pula platform yang mayoritas audiensnya para pebisnis. Nah, media promosi yang tepat adalah platform di mana target pasar Anda berada.

2. Promosikan Produk Melalui Blog

blog Niagahoster

Membuat blog merupakan cara promosi produk secara online yang tidak membutuhkan modal banyak. Dengan membidik keyword yang tepat dan relevan, Anda bisa memanjat tangga ranking di hasil pencarian dan menjaring traffic yang besar.

Menulis artikel di blog akan membantu Anda memberitahukan segala detail dan keunggulan produk yang Anda tawarkan.

Manfaat blog yang lain adalah menggiring pelanggan melakukan transaksi. Caranya, sisipkan call to action (CTA) di setiap artikel blog untuk mengarahkan traffic ke landing page produk Anda.

Namun, manfaat upaya pembuatan blog tak akan ada artinya jika tak disertai dengan kemudahan akses pada website. Performa yang buruk hanya akan membuat audiens tidak betah saat menjelajahi website. Itulah mengapa, memilih paket web hosting yang andal merupakan salah satu aspek penting yang tak bisa dilewatkan.

CTA banner web hosting

3. Adakan Live Shopping

Cara mempromosikan produk dengan live shopping

Sejak pandemi, popularitas event virtual mulai menanjak. Live shopping memang merupakan contoh cara mempromosikan produk yang efektif untuk menawarkan produk atau jasa Anda ke konsumen.

Kalau dipikir-pikir, mengadakan live shopping adalah cara lama yang sudah dilakukan oleh channel TV home shopping. Konsepnya memang sama, yang berbeda hanya media promosinya. 

Live shopping memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk atau jasa dan konsumen bisa membelinya secara in real-time. Biasanya, yang membuat cara promosi dagangan ini menarik adalah banyaknya potongan harga dan voucher promo khusus yang ditawarkan. 

4. Berikan Diskon

promosi produk dengan menawarkan diskon

Harga masih menjadi faktor utama bagi konsumen saat melakukan transaksi pembelian produk. Oleh karena itu, promo khusus, flash sale, dan potongan harga selalu ditunggu-tunggu oleh konsumen.

Itulah mengapa, menawarkan potongan harga menjadi salah satu cara mempromosikan produk yang bisa menarik perhatian konsumen. 

Agar calon konsumen semakin tertarik, tambahkan batasan waktu diskon produk. Hal ini akan memunculkan kesan urgensi untuk segera membeli produk karena takut kehabisan.

5. Tarik Minat Konsumen dengan Sistem Pre-Order

Cara mempromosikan produk yang selanjutnya adalah membuat sistem pre-order (PO). Strategi yang satu ini dapat membantu Anda menciptakan gebrakan sebelum perilisan produk. 

Seringkali, brand memberikan benefit kepada pembeli yang mengikuti PO. Misalnya saja, free sample, potongan harga, hingga merchandise terbatas. 

Salah satu contoh brand yang menggunakan teknik ini adalah majalah Bobo. Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-50, Bobo ini merilis edisi terbatas dengan sistem PO. 

Yang membuat edisi ini viral adalah penggunaan “edisi koleksi terbatas” yang membuat konsumen berbondong-bondong melakukan pembelian. Selain itu, konsumen yang ikut PO juga akan mendapatkan sejumlah bonus, seperti akses seluruh majalah digital Grid Network.

cara mempromosikan produk dengan sistem pre-order

6. Buat Program Referral 

program referral niagahoster

Program referral bekerja seperti halnya promosi mulut ke mulut. Dengan referral, konsumen akan mempromosikan sebuah produk atau layanan ke teman, saudara, atau kerabat. Sehingga produk yang dipromosikan bisa dikenal lebih luas.

Namun di program ini, konsumen akan mendapat imbalan berupa uang, poin, atau pun diskon saat orang lain bergabung dengan menggunakan referral code miliknya. Kode referral adalah kode unik yang digunakan untuk mengajak orang membeli suatu produk atau bergabung ke dalam keanggotaan suatu platform. 

Salah satu contohnya adalah Program Referral Niagahoster yang bisa diikuti oleh seluruh audiensnya terlepas bidang yang digeluti. Di program ini, Niagahoster akan memberikan komisi hingga 20% per transaksi yang dilakukan dengan kode referral. 

7. Fokus pada Manfaat Produk

fokus pada manfaat yang produk Anda tawarkan

Banyak marketer yang lupa bahwa konsumen tidak peduli dengan produk. Konsumen hanya peduli dengan masalah yang mereka alami. 

Makanya, konsumen hanya mau membeli produk yang jelas memiliki keunggulan dan memberikan berbagai manfaat. Jadi, fokuslah pada benefit yang Anda tawarkan, value yang akan didapat konsumen, dan bagaimana produk Anda bisa menyelesaikan masalah mereka.

8. Kirim Push Notifications

Cara lain untuk membangun ketertarikan konsumen adalah dengan mengirimkan push notifications tentang perilisan produk atau fitur baru. Cara mempromosikan produk secara online yang satu ini patut dicoba bagi Anda yang menawarkan produk digital.

Anda bisa menggunakan push notifications untuk menyoroti promo terbaru di aplikasi atau website Anda. Contohnya yang dilakukan oleh BNI Mobile Banking berikut ini. 

contoh push notifications sebagai salah satu cara mempromosikan produk

9. Perkenalkan Program Loyalty

Loyalty program adalah program khusus untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menawarkan reward menarik guna memicu pembelian berulang. Cara promosi produk yang satu ini dapat berupa program berbayar atau pun gratis.  

Contoh program loyalti berbayar ialah Tokopedia Plus. Member yang berlangganan program ini akan memperoleh voucher gratis ongkir lebih banyak dan kesempatan mendapat promo khusus.

cara promosi produk dengan program loyalty oleh tokopedia

Sedangkan contoh gratisnya adalah program daily check-in di MyTelkomsel. Melalui program ini, Telkomsel akan memberikan hadiah kepada pelanggan setia yang sudah check-in di aplikasinya dalam jangka waktu tertentu.

cara promosi produk dengan program loyalty oleh telkomsel

10. Promosi Produk dengan Bantuan Influencer

mempromosikan produk dengan bantuan influencer

Masih mencari cara mempromosikan barang lainnya? Coba saja influencer marketing. Influencer adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat. Contohnya, selebgram, YouTuber, dan lain-lain. 

Meski masih tergolong baru, teknik marketing ini semakin populer di dunia promosi produk. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu pilih influencer yang sesuai dengan niche bisnis Anda, kemudian hubungi mereka untuk menjalin kerja sama.

Dengan tips promosi produk yang efektif ini, Anda bisa memperkenalkan barang dagangan ke audiens yang lebih luas. 

11. Terapkan Strategi Email Marketing

strategi email marketing untuk promosi produk

Email marketing adalah cara mempromosikan produk yang memungkinkan Anda menyebarluaskan informasi tentang produk dengan cepat. Anda bisa mengirimkan newsletter mingguan, penawaran menarik, informasi perilisan produk baru, dan lain-lain dengan email marketing.

Namun, Anda harus membuat mailing list terlebih dahulu. Nah, bagaimana Anda bisa mendapatkan alamat email pelanggan? Salah satu metodenya adalah melalui formulir yang ada di website Anda. 

cara membangun mailing list

Email marketing menjadi contoh promosi secara online yang paling ampuh. Sebab, audiens yang dituju memang memiliki ketertarikan pada informasi promo yang Anda sampaikan. Makanya, banyak pebisnis yang berinvestasi di layanan email hosting yang berkualitas untuk terus menjalin hubungan dengan pelanggan. 

12. Lakukan Cross Selling dan Upselling

Cross selling dan upselling adalah, tips promosi produk yang tujuannya untuk menggiring konsumen agar mau membeli lebih banyak produk atau barang yang harganya lebih mahal. 

Dengan pendekatan ini, Anda tidak hanya dapat meningkatkan penjualan, tapi juga memberitahukan ada opsi yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Cara promosi barang ini sudah diterapkan oleh brand Barenbliss di toko onlinenya, yaitu mengadakan paket diskon untuk melakukan upselling. 

cara promosi barang dengan cross selling dan up selling

13. Gunakan Media Visual yang Menarik

Media visual adalah salah satu aspek penting yang harus Anda perhatikan ketika mempromosikan produk atau jasa. Faktanya, postingan Facebook yang dilengkapi dengan gambar akan mendatangkan engagement 2,3 kali lipat lebih banyak. 

Hindari penggunaan foto stok dan konten visual yang umum untuk mempromosikan produk. Curahkan kreativitas Anda dan cari taktik lain untuk bisa membuat konten yang eye-catching. Selain itu, jangan lupa soroti produk Anda dengan mengganti background foto yang lebih simpel dan minimalis. 

gunakan media visual produk yang menarik minat konsumen

Yuk Mulai Promosikan Produk Secara Online!

Di artikel ini, Anda sudah mengetahui berbagai cara mempromosikan produk, yaitu:

  1. Jalankan Social Media Marketing
  2. Promosikan Produk Melalui Blog
  3. Adakan Live Shopping
  4. Berikan Diskon
  5. Tarik Minat Konsumen dengan Sistem Pre-Order
  6. Buat Program Referral
  7. Fokus pada Manfaat Produk
  8. Kirim Push Notifications
  9. Perkenalkan Program Loyalty
  10. Promosi Produk dengan Bantuan Influencer
  11. Terapkan Strategi Email Marketing
  12. Lakukan Cross Selling dan Upselling
  13. Gunakan Media Visual yang Menarik

Daftar strategi promosi produk di atas tak hanya cocok diterapkan untuk bisnis yang baru merintis, tetapi juga pemain lama yang ingin produknya tetap jadi top-of-mind di pasaran. 

Salah satu cara mempromosikan produk secara online adalah dengan membuat website. Dengan website, pelanggan potensial dapat mengenal produk atau jasa Anda lebih dalam. 

Yang perlu diingat, pastikan website Anda mudah diakses agar calon pelanggan bisa menjelajahinya dengan nyaman. Sebab, website yang loading-nya lelet sudah pasti akan membuat konsumen kabur dan tak mau kembali lagi. 

Untungnya, Niagahoster punya layanan Unlimited Hosting yang bisa menjadi pilihan yang tepat. Didukung oleh LiteSpeed Web Server, loading website dijamin akan selalu super gesit. 

Tak cuma itu, Uptime 99.99% juga memastikan website Anda selalu online dalam kondisi apa pun. Menariknya lagi, seluruh keunggulan Unlimited Hosting bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau, mulai dari Rp9.900/bulan saja! 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk promosikan produk di website bersama Unlimited Hosting Niagahoster!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *