Categories: Dev

Migrasi Hosting dari WordPress.com ke Hosting Sendiri

Jika Anda memiliki blog di WordPress.com dan ingin memindahkannya ke self-hosted WordPress (platform WordPress yang menggunakan hosting sendiri), Anda berada di tempat yang tepat. Melalui tutorial ini kami akan memberikan panduan kepada Anda langkah demi langkah cara pindah hosting dari wordpress.com ke self-hosted WordPress alias hosting milik Anda sendiri menggunakan platform WordPress.

Apa yang Anda Butuhkan?

Di bawah ini adalah dua hal yang Anda butuhkan untuk memindahkan blog dari WordPress.com ke self-hosted WordPress.

  • Hosting dan domain

Berikut adalah Cara Pindah Hosting dari WordPress.com ke Hosting Sendiri …

Langkah 1: Beli Hosting dan Domain

Sebelumnya website Anda disimpan di hosting WordPress.com. Untuk mengubahnya menjadi self-hosted WordPress, Anda memerlukan akun hosting baru.

Langkah pertama cara pindah hosting dari WordPress.com ke hosting sendiri adalah membeli domain dan layanan hosting baru. Jika sudah memiliki nama domain, tentu Anda dapat menggunakannya.

Layanan hosting terbaik bisa Anda dapatkan di Niagahoster. Tersedia mulai dari paket hosting Pelajar gratis pendaftaran serta perpanjangan domain!

Namun, apabila semuanya sudah siap, Anda dapat langsung melanjutkan ke langkah kedua.

Baca Juga: Apa itu Hosting? Berikut Penjelasannya

Langkah 2: Instal WordPress

Setelah menentukan layanan hosting terbaik untuk menyimpan website, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress.

Instalasi WordPress sangatlah mudah, terutama jika Anda menggunakan hosting dengan cPanel seperti di Niagahoster. Ikuti tutorial berikut ini untuk mengetahui cara install WordPress melalui cPanel!

Apabila layanan hosting Anda tidak menyediakan fitur instal WordPress, Anda dapat menginstalnya secara manual. Silakan ikuti tutorialnya di sini.

Langkah 3: Atur Tampilan WordPress Anda

Sebelum memasuki langkah ini, silakan pastikan terlebih dahulu bahwa WordPress Anda sudah berhasil diinstal pada hosting yang Anda miliki. Selanjutnya Anda dapat melakukan pengaturan template WordPress.

Seluruh konten blog dalam WordPress.com dapat Anda pindahkan ke hosting baru. Hanya saja, template dan widget Anda tidak. Karenanya, Anda perlu melakukan pengaturan template baru terlebih dahulu.

Tersedia template versi gratis dan berbayar di WordPress. Silakan unduh template gratis melalui direktori template WordPress.org.

Jika masih belum terbiasa dengan instalasi template WordPress, silakan simak tutorial instal template WordPress yang telah kami sediakan berikut ini.

Langkah 4: Export dan Import Konten

Setelah template berhasil diinstal, langkah selanjutnya adalah melakukan pemindahan konten dari WordPress.com ke website baru Anda.

1. Export Konten

1. Pada dashboard WordPress.com Anda, silakan pilih menu My Site > Settings dan pilih Export yang berada pada Site Tools untuk mengunduh file XML dari seluruh konten Anda.

2. Klik tombol Export All untuk mulai mengunduh semua konten Anda. Kemudian, klik tombol dropdown untuk mengunduh konten tertentu. Setelahnya, klik Download untuk mengunduh file website Anda.

2. Import Konten

1. Silakan masuk ke dashboard admin WordPress Anda di hosting baru. Kemudian, pilih menu Tools > Import dan klik Install Now pada bagian sebelah kiri halaman WordPress Anda. Setelah itu, klik Run Importer untuk mengimpor file XML konten Anda.

2. Silakan klik tombol Choose File untuk memilih file .xml yang sebelumnya diekspor. Klik tombol Upload file and import untuk memulai unggahan.

Langkah 5: Hubungkan Domain dengan Hosting

Jika hosting yang Anda gunakan sudah termasuk domain gratis seperti layanan hosting Niagahoster (paket Pelajar ke atas), langkah ini tidak perlu dilakukan. Tapi jika tidak, silakan untuk menghubungkan domain dengan hosting Anda.

Baca Juga: Cara Install WordPress Manual di Hosting

Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk mengetahui caranya.

Jika blog Anda di WordPress.com sudah menggunakan custom domain seperti namadomainanda.com, ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan.

1. Jika domain Anda terdaftar di WordPress.com, Anda dapat melakukan transfer domain dari WordPress.com ke layanan baru atau update nameserver sesuai dengan nameserver hosting baru Anda.

2. Jika domain terdaftar di layanan lain selain WordPress.com, caranya pun sama. Anda hanya perlu transfer domain maupun update nameserver.

Catatan: Untuk melakukan pengaturan permalink, silakan pilih Day and name pada dashboard WordPress Anda melalui menu Settings > Permalinks.

(Optional) Redirect Blog dari WordPress.com ke Domain Anda

Jika blog Anda belum menggunakan domain dan masih menggunakan subdomain dari WordPress.com seperti namadomainanda.wordpress.com, Anda dapat melakukan redirect ke domain baru.

Redirect dengan domain di WordPress.com ini memakan biaya sebesar $13 tiap tahun. Informasi lebih lengkap bisa Anda lihat dalam referensi berikut ini.

Kesimpulan

Pendeknya, untuk memindahkan blog dari WordPress.com ke WordPress hosting Anda sendiri tidaklah sulit. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki domain dan hosting terlebih dahulu. Selanjutnya Anda hanya tinggal melakukan instalasi WordPress di hosting baru dan mengimpor konten dari blog di WordPress.com.

Sampaikan segala pertanyaan dan masukan Anda pada kolom komentar yang tersedia! Jangan lupa klik Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan menarik kami langsung melalui inbox email Anda!

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto
Tags: hosting Tutorial Wordpress

Recent Posts

  • Hosting & Domain

Apa Itu Apache? Kelebihan dan Kekurangannya

Apache adalah salah satu web server paling populer saat ini. Ingin tahu apa itu Apache Web Server? Di artikel ini…

3 hours ago
  • Company

Dedikasi dan Kolaborasi: Kunci Masa Depan Cerah WordPress

WordPress bukanlah hal asing bagi saya. Saya sudah menjadi pengguna setia WordPress sejak 10 tahun lalu saat awal-awal saya belajar…

3 hours ago
  • Hosting & Domain

Apa Itu Nginx dan Cara Kerjanya

Peran web server sangat penting supaya website dapat berjalan dengan baik. Maka dari itu, pemilihan web server juga harus sesuai…

1 day ago
  • Hosting & Domain

DNS Google dan Cara Menggunakannya

Penyedia lokal Internet Service Provider (ISP) terkadang tidak menyediakan layanan Domain Name Server (DNS) yang cepat seperti DNS Google. Bahkan…

2 days ago
  • Design

9 Template WordPress Company Profile (Gratis)

Anda boleh percaya kata-kata bijak, “Don’t judge a book by its cover”. Jangan nilai buku dari sampulnya. Akan tetapi, kalau…

3 days ago
  • Marketing

5+ Contoh Newsletter untuk Email Marketing Anda

Anda tak bisa terus mengandalkan strategi marketing media sosial untuk promosi bisnis.  Cepat atau lambat, pengikut Anda di Instagram, Twitter…

5 days ago