Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Optimasi Database MySQL dengan phpMyAdmin

1 min read

Cara Optimasi Database MySQL

Cara optimasi database MySQL perlu Anda ketahui karena berbagai macam alasan. Yang paling penting adalah cara ini berfungsi untuk meningkatkan kecepatan database dalam menampilkan data. Pada umumnya, pengoptimalan akan terasa efektif ketika digunakan untuk ukuran database website yang terbilang besar. Sebagai contoh, database dengan jumlah 7500 baris, atau jika ukurannya melebihi 350-500 MB.

Ukuran database website dapat bertambah besar dari waktu ke waktu, terutama pada sebuah website dengan banyak konten. Oleh karena itu, optimasi suatu database dapat meningkatkan performa website secara signifikan.

Pengoptimalan dapat dilakukan menggunakan phpMyAdmin yang merupakan manajemen database MySQL gratis yang tersedia di hampir semua layanan hosting.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:

  • Memiliki akses ke phpMyAdmin

Langkah 1: Akses Database

Untuk mengakses database yang ingin Anda optimasi, pastikan bahwa Anda memiliki akses ke cPanel dari akun hosting tempat website Anda berada. Silakan akses phpMyAdmin terlebih dahulu. Anda dapat mengaksesnya dengan login ke cPanel dan memilih menu phpMyAdmin. Kemudian klik pada database yang ingin Anda optimalkan.

Cara Optimasi Database MySQL

Langkah 2: Cara Optimasi Database MySQL

1. Silakan pilih tab Structure, kemudian centang Check All dan klik menu drop down Optimize Table seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

2. Setelah itu, Anda akan melihat gambar seperti berikut ini.

Dalam tahap ini optimasi database MySQL telah berhasil dilakukan. Jika Anda menemukan error atau permasalahan lain ketika proses berlangsung, silakan hubungi layanan hosting Anda untuk bantuan lebih lanjut.

Kesimpulan

Kini Anda telah mengetahui cara optimasi database MySQL dengan phpMyAdmin. Perlu diingat, proses optimasi ini  dapat dilakukan setelah periode waktu tertentu atau ketika database Anda sudah memiliki ukuran yang besar untuk memaksimalkan performa website Anda.

Jika memiliki pertanyaan atau masukan yang berhubungan dengan ulasan ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia di bawah ini. Jika Anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog Niagahoster, silakan untuk melakukan Subscribe pada form yang telah disediakan. Kami akan mengirimkan artikel terbaru langsung ke alamat email Anda. 🙂

0
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + eighteen =