Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Mempercepat Kinerja Database MySQL dengan phpMyAdmin

1 min read

[FI] Cara Membuat Database MySQL di localhostphpMyAdmin

Tahukah Anda bahwa database MySQL yang Anda gunakan juga perlu dioptimasi? Sebab, ukuran database website memang dapat bertambah besar dari waktu ke waktu. Itulah mengapa Anda harus tahu cara mempercepat kinerja database MySQL.

Pada umumnya, upaya ini efektif digunakan pada ukuran database website yang terbilang besar. Sebagai contoh database dengan jumlah 7500 baris atau ukurannya melebihi 350-500 MB.

Cara optimasi database MySQL ini dapat dilakukan menggunakan phpMyAdmin yang merupakan manajemen database MySQL gratis. Fitur ini biasanya juga tersedia di hampir semua layanan hosting.

Nah, di artikel ini kami akan membahas secara detail cara mempercepat kinerja database MySQL. Langsung saja simak pembahasannya berikut!

Cara Mempercepat Kinerja Database MySQL dengan Langkah Mudah

Berikut adalah langkah-langkah untuk mempercepat kinerja query database MySQL:

1. Login cPanel

Langkah pertama, login terlebih dulu ke cPanel Anda. Jika, Anda menggunakan Niagahoster, Anda bisa login lewat Member Area.

Jika sudah login, Selanjutnya klik menu Layanan Anda > Hosting > Kelola Hosting. Lalu pilih All Features untuk masuk ke menu cPanel.

cara mempercepat kinerja database mysql dengan Login cPanel Lewat Member Area Niagahoster

2. Akses Database phpMyAdmin

Setelah login, cari menu PHPMyAdmin. Bisa lewat kolom searching dengan ketik “phpmyadmin”.

Akses Database phpMyAdmin

Setelah itu klik database yang ingin dioptimalkan.

Cara Optimasi Database MySQL

3. Optimasi Database MySQL

Pilih tab Structure, kemudian centang Check All dan klik menu drop down Optimize Table seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

cara mempercepat kinerja database mysql dengan mencentang check all

4. Proses Optimasi Berhasil

Setelah itu, Anda akan melihat gambar seperti berikut ini.

cara mempercepat kinerja database mysql telah berhasil

Dalam tahap ini, Anda telah berhasil mempercepat kinerja query database MySQL website Anda. Jika Anda masih menemukan error atau permasalahan lain ketika proses berlangsung, silakan hubungi layanan hosting Anda untuk bantuan lebih lanjut.

Baca Juga : Cara Membuat Database MySQL

Sudah Siap Mempercepat Database MySQL Website Anda?

Sekarang Anda telah mengetahui cara optimasi database MySQL dengan phpMyAdmin, bukan? Perlu diingat, proses optimasi ini  dapat dilakukan setelah periode waktu tertentu atau ketika database Anda sudah memiliki ukuran yang besar untuk memaksimalkan performa website Anda.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang cara mengelola website WordPress, Anda bisa download ebook gratis Niagahoster yang berisi langkah-langkah panduan mengelola website WordPress. Penasaran? Yuk klik tombol di bawah ini!

banner ebook kelola website wordpress

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.