Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Optimasi Blog Melalui cPanel dengan Tool Optimize Website

1 min read

Cara Optimasi Blog Melalui cPanel dengan Tool Optimize

Cara optimasi blog dapat cukup mudah dilakukan melalui cPanel. Dalam tutorial kali ini, kami akan membahas langkah menggunakan fitur pada cPanel untuk melakukan optimasi pada website. Cara pptimasi website yang kami maksud di sini adalah soal meningkatkan kecepatan website. Ya, website dapat Anda percepat hanya dengan klik tombol Optimize Website pada cPanel. Fitur ini nantinya akan mengkompresi beberapa file tertentu sehingga performa website Anda meningkat.

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum Anda memulai langkah yang ada pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:

  • Memiliki akses ke cPanel
  • mod_deflate pada hosting Anda aktif

Langkah 1: Akses Tool Optimasi Website

Perhatian: Pastikan Anda melakukan backup website terlebih dahulu

1. Silakan login ke cPanel Anda, setelah itu gunakan fitur pencarian dengan mengetikkan “optimize” kemudian pilih Optimize Website.

cara optimasi blog

2. Setelah tool optimasi terbuka, Anda akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

cara optimasi blog di cpanel

Langkah 2: Cara Optimasi Blog Menggunakan Tool Optimize Website

Sesuai dengan gambar di atas, Anda dapat mengikuti petunjuk di bawah ini.

1. Berikut adalah pilihan kompresi yang bisa Anda pilih.

  • Disabled – Untuk menonaktifkan fitur tool Optimize.
  • Compress All Content – Pilihan ini akan mengkompres semua konten pada website Anda (yang kami pilih pada tutorial ini).
  • Compress the specified MIME types – Untuk memilih konten tertentu untuk dikompres.

2. Kolom MIME types memungkinkan Anda untuk menentukan file yang akan dikompresi secara spesifik. Masukkan konten yang ingin dikompresi, kemudian pisahkan dengan spasi.

3. Setelah selesai, silakan klik Update Settings untuk menyimpan pengaturan yang Anda lakukan. Selanjutnya Anda akan melihat pesan notifikasi seperti di bawah ini.

cara optimasi website

PENTING: Jangan tambahkan tipe gambar ke dalam kolom MIME types, misalnya .jpg atau .png. Tipe file tersebut sudah dikompres secara default.

Setelah menyelesaikan langkah ini Anda telah mengaktifkan fitur Optimize Website pada cPanel untuk website Anda, sehingga performa dari website Anda diharapkan akan meningkat.

Kesimpulan

Cara optimasi blog menggunakan fitur Optimize Website pada cPanel cukup efektif membuat website Anda diakses lebih cepat. Konten website akan dikompresi terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke browser pengunjung, sehingga hal ini akan mengurangi waktu loading. Semakin cepat website Anda diakses, tentunya para pengunjung akan semakin betah berada di website Anda.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Sampaikan pada kolom komentar di akhir halaman ini! Kemudian, jangan lupa klik tombol Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan terhangat seputar dunia online langsung dari email Anda 🖐

1
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

6 Replies to “Cara Optimasi Blog Melalui cPanel dengan Tool Optimize Website”

    1. Halo,

      Untuk blogger.com tidak support, hanya untuk blog yang menggunakan hosting dengan cPanel, 🙂

    1. Iya gan, itu ada GZip compression yang disediakan oleh Apache dan Litespeed server, kurang lebih itu mempercepat loading website agan sampe 30%

    1. Berpengaruh untuk tema tertentu, pastikan melakukan backup terlebih dahulu jika akan melakukan optimasi dengan cara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − five =