Annisa Fauziyyah Customer Support Group Niagahoster. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Cara Migrasi Blogger ke WordPress Tanpa Kehilangan Google Ranking

4 min read

Blogger merupakan platform blogging yang mudah digunakan untuk memulai blog pertama Anda. Fitur yang ramah pengguna berikut kemudahan menambahkan konten membuat Blogger berhasil mejaring banyak pelanggan. Akan tetapi, bagi sebagian pengguna, fitur yang ditawarkan Blogger saja tidak cukup. Banyak dari mereka yang kemudian melakukan migrasi Blogger ke WordPress.

Mengapa WordPress?

Alasannya sebenarnya sederhana. WordPress.org menawarkan keleluasaan yang lebih dibandingkan Blogger, baik dari sisi tampilan, kelengkapan fitur, bahkan SEO. Selengkapnya, berikut adalah beberapa poin keunggulan utama WordPress dibandingkan Blogger.

  • Display
    Blogspot memiliki theme dan wallpaper terbatas. WordPress memiliki ribuan theme serta beragam widget untuk membuat website Anda semakin menarik.
  • Kontrol Website
    Apabila Anda menggunakan website WordPress Hosting, Anda dapat lebih leluasa dalam melakukan pengaturan website. Anda dapat menetapkan apapun yang Anda inginkan.
  • Pengelolaan Mudah
    Pada dasarnya, WordPress memiliki kemudahan dan kenyamanan dalam mengelola website melalui dashboard Admin Area yang telah disediakan.
  • Plugin dengan Berbagai Fitur Tambahan
    Jika Anda menggunakan WordPress, Anda akan mendapatkan kemudahan melakukan apapun dengan plugin. Misalkan Anda ingin memperbaiki keamanan WordPress atau membuat website dengan builder. Semuanya dapat dengan mudah Anda lakukan.
  • Akses Website Lebih Cepat
    Seluruh file HTML Blogspot terdapat dalam satu tempat. Sedangkan pada WordPress terdapat di berbagai file database. Sehingga ketika  akses akan lebih cepat, file tertentu yang dipanggil oleh browser langsung muncul tanpa load seluruh file HTML.

Bagaimana Cara Memindahkan Tanpa Merusak Ranking Google?

Tentu akan sangat disayangkan apabila Anda kehilangan peringkat teratas Google hanya karena memutuskan untuk migrasi ke WordPress. Padahal, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir. Berikut kami rangkum panduan mudah cara migrasi Blogger ke WordPress untuk Anda.

Psst, nantinya Anda bahkan dapat memindahkan semua postingan, halaman, hingga komentar pada blog Anda!

1. Hosting WordPress untuk Website Anda

Anda memerlukan hosting WordPress untuk menampung data website Anda. Pertama, pilihlah layanan hosting yang menyediakan layanan WordPress seperti Niagahoster. Anda juga perlu menyiapkan nama domain untuk blog WordPress baru Anda. Setelah Anda mengaktifkan hosting, instal WordPress di hosting melalui cPanel. Jika Anda belum mengetahui cara instal WordPress silakan ikuti panduan berikut ini.

2. Export Data Blogger

Sebelum Anda migrasi  blogger ke WordPress baru. Ambil seluruh data Blogger Anda dan backup ke kompter dengan formal XML.

  • Masuk ke admin Blogger > Setelan > Lainnya.
    Pada menu Impor & cadangan klik tombol Cadangkan Konten.

Migrasi Blogger ke WordPress

Setelahnya akan muncul kotak dialog seperti berikut ini. Klik Simpan ke komputer untuk melanjutkan. Data Anda akan terunduh pada komputer/laptop dengan format XML.

Migrasi Blogger ke WordPress

3. Import Blogger ke WordPress

Setelah download data Blogger berhasil, silakan beralih ke WordPress Anda. Pastikan domain dan hosting Anda aktif dan telah terinstal WordPress.

  • Masuklah ke admin area kemudian klik Tools > Import. Kemudian pilih Blogger.

Migrasi Blogger ke WordPress

  • Pilih Install Now di dashboard WordPress Anda. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Anda memerlukan plugin Blogger Importer untuk memindahkan file XML Anda ke website WordPress.

Migrasi Blogger ke WordPress

  • Aktifkan plugin dengan klik tautan Activate Plugin & Run Importer di bawah ini sebelum Anda mulai memindahkan data WordPress.

Migrasi Blogger ke WordPress

  • Jika aktivasi plugin telah Anda lakukan, selanjutnya unggah file XML yang sudah Anda unduh di komputer.
Catatan: Jika ukuran file XML yang akan diunggah lebih besar dari batas yang ditetapkan, maka Anda perlu meningkatkan kapasitas upload WordPress terlebih dahulu. Pada contoh ini batas maksimal ukuran file adalah 8 MB.

Migrasi Blogger ke WordPress

Selesai! Kini Blogger Anda telah berpindah ke WordPress. Namun Anda harus pastikan Anda tidak kehilangan Google Ranking setelah berpindah ke WordPress. Selanjutnya lakukan setting Permalink dan Redirection agar Anda tidak kehilangan pengunjung Anda.

4. Pengaturan Permalink

Setelah Anda berhasil melakukan migrasi Blogger ke WordPress, jangan lupa lakukan pengaturan Permalink di WordPress. Anda tentu tidak ingin kehilangan index Google yang telah dibangun sebelumnya di Blogger, bukan?

Migrasi Blogger ke WordPressPermalink merupakan struktur SEO. Sekarang Anda perlu mengaturnya menyerupai struktur SEO pada Blogger sebelumnya di WordPress baru.

  • Langsung saja masuk ke menu Settings > PermalinksPilih Month and name, kemudian klik Save.

Migrasi Blogger ke WordPress

5. Pengaturan Redirection

Ini adalah langkah terpenting untuk menjaga agar website Anda tidak kehilangan Google Ranking saat dipindahkan dari Blogger ke WordPress.

  • Pilih kembali ke template klasik.

Migrasi Blogger ke WordPress

  • Setelah Anda klik button Kembali ke template klasik maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini lengkap dengan tampilann editor HTML.

Migrasi Blogger ke WordPress

  • Masukkan script di bawah ini sebagai pengganti script yang ada di halaman editor HTML Anda, kemudian ubah nama domain sesuai nama domain yang Anda gunakan.
<html>
 <head>
  <title><$BlogPageTitle$></title>

   <script>
    <MainOrArchivePage>
    window.location.href="http://niagahosting.xyz/"
    </MainOrArchivePage>
    <Blogger>
     <ItemPage>
     window.location.href="http://niagahosting.xyz/?blogger=<$BlogItemPermalinkURL$>"
     </ItemPage>
    </Blogger>
   </script>

   <MainPage>
   <link rel="canonical" href="http://niagahosting.xyz/" />
   </MainPage>

   <Blogger>
    <ItemPage>
    <link rel="canonical" href="http://niagahosting.xyz/?blogger=<$BlogItemPermalinkURL$>" />
    </ItemPage>
   </Blogger>
 </head>

 <body>
  <MainOrArchivePage>
   <h1><a href="http://niagahosting.xyz/"><$BlogTitle$></a></h1>
  </MainOrArchivePage>
  <Blogger>
   <ItemPage>
    <h1><a href="http://niagahosting.xyz/?blogger=<$BlogItemPermalinkURL$>"><$BlogItemTitle$></a></h1>
    <$BlogItemBody$>
   </ItemPage>
  </Blogger>
 </body>
</html>

Setelah edit nama domain menjadi nama domain Anda, masukkan script tersebut ke editor pada Blogger dan klik Save. Sekarang Anda sudah me-redirect Blogger, sekarang saatnya Anda melakukan pengaturan redirect di WordPress Anda.

  • Masuk ke dashboard WordPress, Anda perlu menambahkan kode HTML di Theme Functions. Silakan pilih Appearance > function.php dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Migrasi Blogger ke WordPress

  • Tambahkan kode HTML berikut ini pada editor HTML WordPress, tepatnya pada file functions.php, silakan klik menu Appearance > Editor.
    function blogger_query_vars_filter( $vars ) {
      $vars[] = "blogger";
      return $vars;
    }
     
    add_filter('query_vars', 'blogger_query_vars_filter');
     
    function blogger_template_redirect() {
      global $wp_query;
      $blogger = $wp_query->query_vars['blogger'];
      if ( isset ( $blogger ) ) {
        wp_redirect( get_wordpress_url ( $blogger ) , 301 );
        exit;
      }
    }
     
    add_action( 'template_redirect', 'blogger_template_redirect' );
     
    function get_wordpress_url($blogger) {
      if ( preg_match('@^(?:https?://)?([^/]+)(.*)@i', $blogger, $url_parts) ) {
        $query = new WP_Query ( 
          array ( "meta_key" => "blogger_permalink", "meta_value" => $url_parts[2] ) );
        if ($query->have_posts()) { 
          $query->the_post();
          $url = get_permalink(); 
        } 
        wp_reset_postdata(); 
      } 
      return $url ? $url : home_url();
    }
  • Setelah Anda menambahkan kode HTML tersebut, maka proses redirect Blogger ke WordPress telah selesai. Kini ketika ada pengguna yang mengakses Blogger Anda, mereka akan secara otomatis diarahkan ke website baru dengan nama domain baru Anda. 😊

Masih ada satu langkah yang tidak boleh Anda lewatkan di cara migrasi blogger ke WordPress, yaitu  memastikan bahwa gambar dari Blogspot berpindah sempurna ke library WordPress Anda. Silakan gunakan plugin Import External Images. Instal dan Aktifkan.

Migrasi Blogger ke WordPress

Setelah plugin terinstal, masuk pada menu Media dan pilih Import Images > Import Images Now seperti gambar di bawah ini.

Nah, sekarang Blogger Anda sudah sepenuhnya berpindah ke website WordPress baru Anda.


Apabila Anda masih ragu untuk menggunakan maupun melakukan migrasi ke WordPress, Anda dapat menyimak artikel berikut ini. Ulasan kami kali ini mengungkap alasan mengapa Anda juga harus menggunakan WordPress untuk website.

Apabila Anda memiliki masukan, tanggapan, dan maupun ingin berdiskusi mengenai cara migrasi Blogger ke WordPress, Anda dapat langsung menyampaikannya pada kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat 😊

0
Annisa Fauziyyah Customer Support Group Niagahoster. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

100 Replies to “Cara Migrasi Blogger ke WordPress Tanpa Kehilangan Google Ranking”

        1. Migrasi dari blogspot dengan domain tld ke wordpress dengan domain tld yang sama, bagaimana ya, caranya?

          Sepemahaman saya membaca artikel ini, caranya adalah dengan:
          1. membeli hosting dan memasang wordpress
          2. memasang domain tld blogspot ke hosting wordpress
          3. membenahi redirect dari blogspot ke wordpress

          Apakah demikian? Masih ada rasa khawatir jika website blogger dengan domain tld tersebut akan berkurang traffic nya yang berdampak pada berkurangnya jumlah pengunjung.

          Mohon pencerahannya.

  1. Mas, Akun Blogspot saya kan di Banned, apakah bisa saya migrasi dari Blogspot Ke WordPress? soalnya saya tidak memiliki akses lagi untuk mengunjungi akun blogspot saya

    Terima kasih mas

    1. Tidak bisa, jika tidak memiliki akses ke akun Anda, solusinya dapat mengambil konten blog anda dari cache Google, caranya >> http://prntscr.com/ffynri (jika index postingan blog anda masih ada) atau dapat mengeceknya melalui archive.org, setelah kontennya didapat, kemudian anda mempostingnya secara manual di WordPress. 🙂

    1. Di WordPress bisa, silakan login ke dashboard WordPress kemudian pilih Settings > Permalinks > pada bagian Common Settings pilih "Post name", kemudian simpan.

  2. Mohon tanggapannya!
    blog toko online dg menggunakan template toko online blogspot dan dengan domain tld apakah bisa migrasi ke wordpress selfhosting ?
    – template toko online
    – domain tld
    Jika bisa, apakah caranya sama dg migrasi blog personal,mengingat struktur template toko online yg sedikit rumit tidak seperti blog personal?
    Terima kasih .

    1. Untuk toko online, jika struktur template tidak sama dengan template Anda di WordPress, maka tampilannya akan berantakan. Untuk memastikan hal tersebut, silakan lakukan percobaan terlebih dahulu dengan melakukan migrasi konten blogspot Anda ke WordPress di localhost, caranya:
      1. Instal server localhost, salah satunya XAMPP: https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-instal-xampp/
      2. Instal WordPress di localhost: https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-install-wordpress-di-xampp/
      3. Import konten blogspot Anda ke WordPress di localhost seperti tutorial ini.

  3. Blog saya terdaftar sbg blog dg konten dewasa di blogspot.com
    Apakah setelah migrasi ke ws akan ada juga halaman pertama yg menyatakan konten dewasa seperti di blogspot? Mhn penjelasannya. Tq

  4. "Setelah edit nama domain menjadi nama domain Anda, masukkan script tersebut ke editor pada Blogger dan klik Save."

    Mau tanya pak, Itu Script nya diletakkan di mana ya (apakah setelah kode <!– End #footer –>) ?

  5. Tanya lagi mas… blog saya ada 3 untuk 1 akun blogger. Jika hanya 1 blog saja yg saya pindahkan ke wp apa bisa mas? Apa 2 blog saya yg lain ga ngaruh thd traffiknya dan posisinya di google…

  6. Mbak Annisah sedikit tambahan sebagai pelengkap tutorial mbak yang sudah lengkap. Harusnya di bagian import konten Blogspot ke WordPress menggunakan plugin Blogger Importer disediakan pula cara perbesar batasan file upload. Karena ditahap ini sering mentok biasanya webhosting membatasi maksimal besarannya file dapat di upload 10MB sedangkan file Blogspot bisa lebih besar. Tambahan dari saya disertakan pula cara ngubah maksimal besaran upload di php.ini. Terima kasih tutornya.

    1. Halo,

      Terimakasih atas masukkannya, kami sudah menambahkan cara mengubah maksimal besaran upload. Jika memiliki saran lain jangan ragu untuk menyampaikannya melalui kolom komentar.

  7. Siang mas,
    saya sudah mencoba migrasi dari blogger ke wordpress, namun data2 nya kok belum muncul diwordpress ya.
    kemudian saya coba tulis post baru diblog, dan itu muncul diwordpress

  8. Jika saya punya akun blogspot dan sudah mempunyai adsense yang full approved lalu saya ingin pindah ke wordpress maka apakah akun adsense saya hilang atau harus daftar lagi? Tolong dijawab kak, terima kasih

  9. kalau hosting sama domain beda tempat kan harus ubah name servernya dulu Mind. apakah setelah di ubah name servernya domain msh bisa diakses di blogspot domain tld nya

  10. kok saya mengalami waktu klik link di dalam postingan tidak ke redirect ke domain bar, tapi ke 'page not found' nya blogger. minta solusinya

    1. Silakan Anda cek terlebih dahulu apakah postingan tersebut ada di postingan WordPress, terkadang ketika Migrasi Blogger ke WordPress beberapa postingan tidak terkirim semua.

  11. Mas saya mau tanya, saya kan mau pindah ke WP dari blogger. saya udh install WPnya di hostingnya
    waktu saya mau masuk admin WPnya malah page not found setelah itu langsung ngeredirect ke bloggernya.
    Gimana cara ngatasinnya ya mas ? apa saya harus hapus custom domain dulu yg diblogger, baru bisa kebuka ? atau gimana ?

  12. mohon maaf dan mohon bantuannya, setelah saya edit function.php kok malah wordpress saya rusak ya. ada tulisan source code dari function.php pada setiap menu di cms wordpressnya. mohon bantuannya…

    1. Untuk tutorial ini khusus domain baru, jika menggunakan domain yang sama, jangan lupa untuk mengarahkan domain Anda ke nameserver hosting dan menghapus pengaturan DNS untuk Blogger.

  13. Malam Pak, apakah bila kita mengubah permalink di wordpress akan berpengaruh terhadap postingan kita sebelumnya yg telah kita pindahkan ke wordpress itu pak? makasih

    1. Jika sebelumnya Anda sudah menerbitkan artikel di WordPress dan permalink diubah, maka permalink dari postingan Anda akan mengikuti permalink yang baru.

  14. Setelah melakukan migrasi apakah ada beberapa waktu mengalami penurunan traffic mas? kalopun iya apakah akan kembalilagi dalam waktu yang cepat? Berapa Lama?

    1. Untuk penurunan traffic biasanya tidak ada jika setiap postingan berhasil teredirect dengan baik. Oleh karena itu silakan cek satu persatu setiap postingan, untuk memastikan teredirect ke domain baru.

  15. struktur urlnya setelah tanggal apakah akan tetap sama? kalau misalnya setelah menggunakan wordpress kita tidak lagi menggunakan subfolder tahun dan bulan pada url apa akan berpengaruh pada ranking?

  16. terima kasih sudah diberikan ilmu yang bermanfaat tadinya saya bingung banyak feature di blogspot yang saya kurang menguasai tetapi dengan kemudahaan migrasi ke wordpress saya bisa bersaing dengan blogger lainnya…

    1. Selama dilakukan redirect tidak akan ada konten yang duplikat dikarenakan jika melakukan akses ke blogspot nanti akan diarahkan ke wordrpress dengan permalink yang sama.

  17. Gimana kalo permalinknya postname saja? Karna salah satu alasan sy ingin pindah ke WP adalah struktur permalink yg clean, apa cukup di redirect?

  18. Min, kalau mau redirect dengan blogspot yang artikelnya sudah mencapai hampir 1000 postingan, kira2 butuh hosting kapasitas berapa? Thanks

    1. Terkait dengan kapasitas tersebut bisa menggunakan hosting pelajar dari kami, atau lebih aman menggunakan hosting personal kami.

  19. maaf gan ane mau nanya… misalkan kita punya blogger dengan domain TLD… akan tetapi kita maw migrasi ke wordpress self host.. dan kita akan menggunakan domain yang sama. hanya ingin migrasi tanpa kehilangan artikel dan juga domainnya.. mohon di jawab gan !

  20. Maaf, saya sudah melakukan pemindahan, namun halaman yang ada di blogger tidak ada yang ikut terpindah. Bagaimana solusinya?
    Terima kasih

    1. Mohon maaf baru menanggapi. Apakah masalah tersebut belum terselesaikan?
      Jika belum, bisa dicoba dengan menggunakan plugin Import Article yang ada di WordPress.
      Gunanya untuk meng-export artikel dari blogger.

  21. hallo gan…informasi lengkap dan mudah dipahami. Namun apakah bisa menggunakan sub domain wordpress untuk mengimport blogspot…
    terimaksih…

    1. Halo. Apakah yang dimaksud adalah melakukan import dari Blogspot ke WordPress?
      Jika seperti itu yang dimaksud, maka jawabannya adalah bisa. Anda dapat menggunakan plugin yang tersedia di WordPress.

  22. Hallo mas saya ingin nanya, Saya sudah ada website menggunakan blogger beserta domain berbayar dan hosting berbayar, Apabila ingin migrasi ke wordpress apakah saya masih bisa tetap minggunakan domain yg sama tersebut tanpa harus membeli baru ? kalau bisa apa saj alangkah langkah untuk kasus saya seperti ini mas, Terimakaish 😉

    1. Jika ingin migrasi tinggal diinstall saja WordPress pada hosting kemudian domain diarahkan ke hosting WordPress tersebut tanpa membeli kembali.

  23. Bisa dibantu gan, masalah saya ketika pengunjung dari mobile / hp tetap pada domain blogspot ?m=1 artinya tidak terjadi redirect. Kalau pengunjung dari pc/ laptop lancar sesuai dengan tutorial diatas.
    terima kasih.

    1. Terkadang di dalam browser masih ada cache sehingga masih menyimpan aturan yang lama. Jadi dapat dicoba untuk melakukan clear cache atau mencoba menggunakan browser yang lainnya.

    1. CMS Blogger dan WordPress tentu saja berbeda, untuk melakukan perubahan template dari blogger tentu harus mencari develover yang bisa membantu yang kita inginkan.

  24. Sepertinya Plugin “Import External Images” sudah tidak tersedia lagi di wordpress. Apakah ada solusi lain untuk mengimport images yang berlum terimport sempurna?

  25. Wah cocok sekali mas, terima kasih kebetulan saya cari informasi ini.
    Saya ada blog di blogspot mau pindah ke WP, tapi ngga tau caranya.

    Sekalian tanya 2 hal mas.

    1. Setelah sukses pindah ke WP, kan permalink artikel lama tetep pake permalink bawaan blogger pake date and month post.

    Nah, apakah untuk NEW artikel yang baru di blog WP yang baru, bisa pakai permalink tanpa date and month mas?

    Atau tetep ngikut bawaan blogger terus ?

    2. Apakah panduan ini bisa dipakai untuk blogspot yang sudah custom domain blogspot?

    Misal saya punya website http://www.abcde.com tapi hostingnannya masih blogspot.

    saya beli hosting buat wordpress, terus apakah cara pindah kontennya sama dengan langkah diatas?

    Terima kasih bantuannya =)

    1. 1. Tergantung pengaturannya. Di WordPress terdapat pengaturan untuk mengatur permalink agar langsung keredirect ke yang baru.
      2. Iya sama, cara pindahnya sama dengan melakukan export konten kemudian melakukan import ke domain yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + five =