Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Sukses Menjadi Food Blogger dengan 4 Langkah Ini

4 min read

cara menjadi food blogger

Dalam dunia blogging terdapat berbagai niche populer, dari niche teknologi, lifestyle, otomotif, hingga niche kuliner atau food blogging. Blog kuliner atau food blog adalah salah satu contoh niche yang tidak hilang ditelan masa. Hidupnya blog tentang makanan karena aktifnya perilaku konsumen kuliner yang terbiasa untuk mencari review kuliner atau resep makanan. Bagaimana cara menjadi food blogger?

Sebelum membahasnya ada beberapa hal dasar yang wajib dimiliki oleh food blogger sejak pertama karir nya dimulai yaitu:

  • Memotret dan menulis. Perdalam kemampuan menulis agar mendapatkan gaya tulisan yang cocok untuk Anda. Dengan penulisan yang baik, maka setiap konten yang Anda terbitkan bakal menarik perhatian orang. Anda tidak perlu memiliki skill memotret yang jago untuk menjadi food blogger, pastikan Anda memiliki variasi dan sudut pandang memotret agar foto yang dihasilkan manarik atau malah menggugah selera pembaca. Pastikan Anda sering melakukan update konten secara rutin agar tidak kehilangan pembaca.
  • Manajemen keuangan. Semakin sering Anda membuat konten berarti semakin sering Anda berkunjung ke tempat-tempat tertentu untuk berburu makanan. Jika Anda merupakan food blogger pemula, biasanya makanan yang akan direview didapatkan dengan dana pribadi, maka haruslah pandai-pandai dalam mengatur keuangan dan juga menentukan makanan yang akan direview agar tidak merugikan Anda.

4 Cara Menjadi Food Blogger Sukses

1. Riset

Sebelum memulai membuat konten blog kuliner, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah riset. Ada dua tahap dalam riset ini. Pertama, tentukan sub-niche yang cocok dengan Anda. Tidak hanya sekedar website resep makanan saja, terdapat banyak pilihan sub-niche dalam blog kuliner, dari resep, review makanan, review restoran, atau super niche. Anda bebas memilih sub-niche mana saja yang paling cocok dengan minat Anda.

Sub-niche resep adalah blog kuliner yang isinya adalah resep-resep makanan. Blog resep makanan kontennya harus lengkap dari bahan-bahan yang diperlukan sampai cara memasak suatu makanan. Setelah itu, ada sub-niche review makanan dan restoran. Sub-niche ini berisi konten ulasan mengenai makanan dan restoran tertentu. Anda menilai makanan dan restoran yang Anda cicipi.

cara menjadi food blogger

Ada juga blog tentang makanan yang memiliki super niche. Sub-niche terakhir ini adalah blog yang tidak hanya membahas soal makanan, tetapi juga mengenai lifestyle. Jadi lebih banyak topik yang bisa Anda bahas di blog, tetapi masih berkaitan dengan kuliner. Misalnya, Anda bisa membahas bagaimana cara diet Keto atau diet vegetarian.

Tahap kedua di langkah riset adalah menemukan keunikan yang bisa Anda tampilkan. Riset ini diperlukan agar Anda bisa membuat blog kuliner yang unik dan berbeda dari blog kuliner lainnya. Blog yang unik akan lebih disukai dan cenderung bisa bertahan lebih lama di tengah persaingan food blogger. Jika perlu buat branding yang kuat sehingga mudah diingat orang.

2. Buat Blog Profesional

Jika ingin sukses menjadi food blogger, Anda harus menjalankannya dengan profesional. Salah satu cara untuk menunjukkan profesionalitas Anda adalah dari blog yang Anda buat. Bagaimana membuat blog yang profesional?

cara menjadi food blogger

Pertama, pilih platform terbaik. Terdapat berbagai macam platform pembuatan blog, dari Blogger, Wix, sampai WordPress. Lalu mana platform terbaik untuk membuat blog kuliner profesional? Bisa dibilang WordPress adalah platform terbaik untuk semua jenis website dan blog. Saat ini lebih dari 30 persen website di dunia ditenagai oleh WordPress. Berikut panduan Cara Membuat Blog dengan Langkah Mudah.

Perlu diingat bahwa WordPress menyediakan dua layanan, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Bagi Anda yang ingin menunjukkan citra sebagai food blogger profesional, WordPress.org adalah pilihan yang paling tepat. Mengapa? Sebab WordPress.com memiliki banyak batasan, dari tidak bisa bebas memilih nama domain, tema terbatas, sampai tidak bisa memasang plugin. Jadi sebaiknya gunakan WordPress.org agar Anda lebih bebas berkreasi.

Kedua, pilih nama domain yang unik. Nama domain ini menjadi identitas Anda di dunia maya yang akan mengantarkan orang-orang ke blog Anda. Pilihlah nama domain yang singkat, mudah dieja, dan mudah diingat orang sehingga memudahkan orang-orang untuk mengetik nama domain blog kuliner Anda.

Ketiga, pilih web hosting terpercaya. Untuk menggunakan WordPress.org Anda membutuhkan web hosting. Web hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file, konten, dan gambar di blog kuliner Anda.

Keempat, pilih tema yang sesuai dengan niche Anda, yaitu blog kuliner. Anda bisa memilih berbagai tema gratis atau berbayar di WordPress.org. Jika dana Anda terbatas, menggunakan tema gratis pun tidak masalah. Tersedia banyak tema gratis dengan kualitas terbaik di WordPress.

Kelima, install plugin-plugin penting. Salah satu kelebihan WordPress.org dibanding WordPress.com adalah bisa memasang plugin. Plugin memudahkan Anda untuk menambahkan berbagai fitur penting di blog kuliner, dari plugin SEO sampai plugin galeri. Plugin apa saja yang Anda butuhkan? Simak penjelasan lengkapnya di artikel Plugin Wajib WordPress Terbaik untuk Anda Install.

3. Buat Konten

Elemen paling penting di blog Anda adalah konten. Konten tidak harus selalu artikel, Anda juga bisa membuat konten berbentuk foto, infografik, video, podcast, atau ilustrasi. Jangan memaksakan diri Anda untuk membuat semua jenis konten. Mulailah membuat jadwal konten yang tidak membebani Anda, bisa seminggu sekali atau seminggu dua kali.

cara menjadi food blogger

Ada dua hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat konten untuk blog kuliner. Pertama, konten Anda harus original. Misalnya, Anda ingin membuat konten blog tentang ayam goreng. Anda bisa berkreasi membuat resep ayam goreng yang belum dicoba oleh banyak orang. Jangan sekali-kali mengandalkan copy-paste dari blog lain. Konten plagiat akan merugikan Anda, dari bermasalah dengan pemilik konten asli sampai kehilangan kepercayaan dari pembaca.

Hal lain yang penting dalam blog kuliner adalah foto. Pembaca ingin melihat foto-foto makanan yang bagus untuk meyakinkan mereka untuk mencoba resep Anda atau mencoba makanan yang Anda review.

Sebelum membuat konten, ada baiknya untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu. Riset keyword membantu Anda untuk menemukan kata kunci populer di topik kuliner. Anda bisa melakukan riset keyword menggunakan berbagai platform, dari Ubersuggest, Google Trends, sampai Ahrefs.

Baca juga: Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

4. Promosi

cara menjadi food blogger

Membuat konten saja tidak cukup. Anda perlu mempromosikan konten di blog kuliner Anda agar dibaca oleh banyak orang. Ada beberapa cara promosi efektif untuk blog Anda.

Baca juga: 10+ Cara Mempromosikan Blog untuk Meningkatkan Pengunjung

Optimasi SEO

Sebelum melakukan kegiatan promosi lainnya, Anda perlu mengoptimasi SEO blog kuliner Anda terlebih dahulu. Optimasi SEO ini perlu dilakukan agar blog Anda lebih mudah ditemukan di hasil pencarian. Jadi ketika orang mencari kata kunci tertentu yang berkaitan dengan kuliner, blog Anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian. Berikut panduan SEO lengkap yang dapat Anda pelajari di Belajar SEO Pemula : On Page dan Off Page.

Bagikan di Media Sosial

cara menjadi food blogger

Cara termudah untuk membagikan konten blog kuliner Anda adalah dengan membagikannya di media sosial. Pilihan media sosial pun beragam, dari Facebook, Instagram, sampai Twitter. Gunakan hashtag yang berkaitan dengan konten Anda agar lebih mudah ditemukan para pengguna media sosial. Anda juga perlu bergabung dengan grup yang berkaitan dengan kuliner supaya konten yang Anda bagikan langsung sampai kepada orang-orang yang relevan.

Baca juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing 2019

Buat Guest Posting

Guest posting adalah Anda menulis artikel, tetapi Anda menerbitkannya di blog atau website lain. Biasanya guest posting diterbitkan di website atau blog yang lebih populer dari blog penulis karena tujuannya adalah untuk publikasi. Anda bisa bekerja sama dengan media online, blog kuliner terkenal, atau food blogger lainnya.

Bangun Relasi dengan Sesama Food Blogger

cara menjadi food blogger

Dalam dunia blogging, apa pun niche-nya, membangun relasi dengan sesama blogger dalam satu niche adalah langkah penting. Manfaat dari relasi dengan sesama food blogger ini tidak terbatas pada saling berbagi konten saja, tetapi juga berbagi informasi dan update tentang hal-hal yang berkaitan dengan kuliner. Jadi Anda tidak akan ketinggalan update terbaru tentang perkembangan industri kuliner.

Kirimkan Email Marketing

Jika Anda sudah mengumpulkan banyak subscriber blog, Anda bisa mengirimkan email marketing berisi artikel-artikel terbaru Anda kepada para subscriber. Dengan begitu, para pembaca setia Anda tidak akan ketinggalan konten-konten terbaru blog kuliner Anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Email Marketing Efektif

Kesimpulan

Demikian empat cara menjadi food blogger sukses. Mengelola blog, apa pun niche-nya, membutuhkan dasar yang sama, yaitu niat dan kerja keras. Selain itu, kreativitas Anda juga sangat dibutuhkan dalam membuat konten agar konten selalu original dan unik. Dengan begitu, orang-orang akan lebih mudah mengingat Anda sebagai food blogger yang kreatif. Selamat membuat blog kuliner!

1
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + nine =