Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Cara Menjadi Dropshipper Sukses untuk Pemula [Terlengkap!]

7 min read

dropshipper adalah

Dropshipper adalah orang yang menghubungkan penjual dan pembeli dalam bisnis jual beli produk, alias dropship. Bisnis dropship iminati oleh mereka yang ingin memulai bisnis online dengan modal kecil.

Kenapa bisa begitu, ya? Apakah Anda penasaran dan ingin menjadi seorang dropshipper juga?

Tenang, di artikel kali ini kami akan membahas cara menjadi dropshipper pemula dengan mudah, dan berbagai keuntungan menjalankan bisnis ini. 

Jadi, simak terus sampai akhir, ya!

Apa Itu Dropshipper?

Dropshipper adalah orang yang menjual produk dari satu atau beberapa supplier sekaligus, tanpa harus membeli produk yang akan dijual terlebih dahulu. 

dropshipper adalah

Anda tidak salah dengar, kok.  Ide bisnis ini memang memungkinkan Anda menjalankan usaha tanpa perlu modal besar. Bahkan, Anda tak perlu menyimpan stok dagangan dan tak usah repot memikirkan pengiriman barang ke pelanggan. 

Jadi, tugas dropshipper sekadar memasarkan barang dari pemasok ke calon konsumen. Di dalam bisnis ini, metode dan media pemasarannya tidak dibatasi, kok. Anda bebas jualan online menggunakan website toko online, media sosial, atau marketplace.

Cara Kerja Dropshipper

Pada bisnis dropship, Anda hanya perlu mendaftar ke supplier dan membayar biaya administrasi. Selebihnya, Anda cukup mengeluarkan dana untuk memasarkan produk melalui website atau platform e commerce lainnya.

Jika diurutkan, cara kerja dropshipper yaitu:

  1. Anda memasang beberapa produk dari supplier yang siap dijual
  2. Calon konsumen yang tertarik, bertransaksi untuk membeli produk
  3. Setiap kali ada pembayaran dari pembeli, Anda menghubungi pemasok barang yang bekerjasama dengan Anda
  4. Supplier akan menyiapkan produk, mengemas dan mengirimkan pesanan ke pembeli tersebut. 

Di dalam proses bisnis dropship tersebut, supplier akan selalu menuliskan nama toko Anda sebagai pengirimnya. Meskipun sebagai perantara, Anda tetap akan dikenali sebagai penjual produk tersebut oleh konsumen.

Cara Kerja Dropshipping Adalah Menawarkan Produk Dari Supplier Untuk Konsumen
Barang dari supplier akan dikirimkan atas nama dropshipper. Sumber gambar: Unsplash

Bisa dibilang menjalankan usaha sebagai dropshipper adalah sebuah bisnis tanpa modal. Alasannya, Anda tak membutuhkan modal awal untuk membeli barang, menyewa gudang untuk menyetok barang, dan mengelola pengiriman pesanan. 

Pada bisnis dropshipping, Anda hanya perlu mendaftar ke supplier dan membayar biaya administrasi. Selebihnya, Anda cukup mengeluarkan dana untuk memasarkan produk melalui website atau platform e commerce lainnya.

Nah, setelah tahu apa itu dropshipper dan cara kerjanya, mari cermati cara menjadi dropshipper pemula.

Cara Menjadi Dropshipper Pemula

Lima cara menjadi dropshipper yaitu:

  1. Memilih produk yang sesuai target konsumen
  2. Menentukan supplier
  3. Meningkatkan nilai jual
  4. Membuat website toko online
  5. Mempromosikan toko Anda

Yuk, simak penjelasan cara jadi dropshipper satu per satu!

1. Memilih Produk yang Ingin Dijual

Cara jadi dropshipper yang utama adalah menentukan produk yang ingin dijual. Nah, apa produk yang bisa Anda tawarkan ya?

Nah, kelebihan menjadi dropshipper adalah Anda bebas memilih jenis produk dan kualitas barang yang ingin dijual. Sebab, supplier dropship pada umumnya menawarkan beragam pilihan dagangan, mulai dari pakaian hingga perabotan.

Namun, sebaiknya Anda hanya memilih satu-dua jenis produk. Kalau bisa, produk tersebut saling berkaitan. Tujuannya, agar Anda bisa fokus melayani kebutuhan target konsumen. 

Sebagai contoh, jika membidik kalangan perempuan muda, Anda bisa menjual produk-produk kecantikan, seperti kosmetik dan skincare.

Selain membantu Anda fokus, menjual beberapa produk yang relevan akan memudahkan Anda untuk membangun brand. 

Beda halnya jika Anda berusaha menawarkan berbagai jenis produk sekaligus. Kalau seperti itu, identitas toko Anda tidak akan mudah diingat para pelanggan.

2. Menentukan Supplier

Kunci kesuksesan dropshipper adalah baik tidaknya supplier Anda. Oleh karena itu, cara menjadi dropshipper pemula harus dimulai dengan memilih pemasok produk yang tepat.

Tentunya, Anda tidak hanya menggaet supplier yang menawarkan produk yang ingin Anda jual. Anda juga harus memastikan bahwa supplier tersebut memiliki barang yang berkualitas agar pelanggan puas berbelanja di toko Anda.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus Anda pastikan saat menentukan supplier dropship, yaitu:

  • Biaya administrasi
    Biaya yang ditawarkan tiap supplier pasti berbeda. Nah, sebaiknya Anda memilih yang biaya administrasinya tidak terlalu tinggi agar Anda bisa mendapatkan cukup keuntungan dari setiap pembelian.
  • Transparansi stok produk
    Supplier yang Anda pilih harus memberitahukan stok produknya dengan jelas. Jika tidak, kredibilitas toko Anda bisa tercoreng. Bayangkan jika konsumen sudah melakukan pembayaran, tetapi produk yang ia beli ternyata kosong.
  • Jasa pengiriman yang digunakan
    Kualitas jasa pengiriman berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan supplier yang Anda pilih menggunakan jasa pengiriman yang cepat dan memiliki customer service yang baik.
  • Kebijakan pengembalian barang
    Sebaik-baiknya pelayanan supplier, kesalahan bisa saja terjadi. Misalnya, salah ukuran atau cacat produksi. Nah, agar pembeli tidak kecewa jika ada kesalahan pengiriman, pilihlah supplier yang menawarkan kebijakan pengembalian barang dengan syarat yang mudah.
  • Kebijakan kustomisasi kemasan
    Salah satu celah branding untuk dropshipper adalah menambahkan keterangan toko Anda di kemasan produk. Oleh karena itu, Anda perlu bekerja sama dengan supplier yang bersedia mengkustomisasi kemasan produknya dengan identitas toko Anda. Contohnya, dengan menyelipkan kartu ucapan terima kasih untuk konsumen.

3. Meningkatkan Nilai Jual

Selain menentukan produk dan supplier yang sesuai, cara menjadi dropshipper adalah menentukan harga.

Umumnya, Anda ingin menawarkan harga murah agar bisa menarik konsumen. Namun, sebaiknya Anda menghindari strategi bisnis tersebut. Mengapa demikian?

Pertama, banyak penjual yang menjajakan produknya dengan nilai jual rendah. Jika ikut melakukan cara itu, Anda akan menghadapi persaingan yang sangat ketat.

Kedua, persaingan itu mendorong Anda untuk menurunkan harga. Padahal, semakin murah dagangan Anda, semakin sedikit pula keuntungan yang Anda dapatkan. Akhirnya, Anda harus berusaha mendapatkan lebih banyak pembeli agar bisa meningkatkan pendapatan.

Supaya tidak terjebak dalam situasi seperti itu, cara jadi dropshipper adalah meningkatkan harga secara wajar. 

Strateginya, dengan menambahkan unique selling point atau nilai jual. Jika bisa memberikan hal lebih, Anda tetap bisa menarik perhatian konsumen meski dagangan Anda mirip dengan yang ada di toko lain.

Menentukan Harga Yang Tepat Merupakan Skill Dari Dropshipper
Dropshipper boleh menentukan harga jual dari produk. Sumber gambar: Unsplash

Sebagai perantara jualan, cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan nilai jual dari segi produk memang terbatas. Namun, Anda bisa menaikkan kualitas pelayanan atau customer experience. Contohnya, dengan menawarkan customer service yang responsif dan program customer reward.

4. Membuat Website Toko Online

Anda sebenarnya bebas menjajakan dagangan dropship di platform apa saja. Namun, tempat berjualan yang paling disarankan untuk dropshipper adalah website.

Sebabnya, dibandingkan dengan marketplace dan media sosial, website menawarkan beberapa keunggulan bagi bisnis, termasuk:

  • Anda yang menentukan tampilan dan fiturnya
    Di website, Anda bebas mengatur tampilan dan fitur toko. Hal itu memudahkan Anda untuk melakukan branding melalui tampilan. Selain itu, Anda jadi bisa menambahkan fitur untuk meningkatkan customer experience. Misalnya, filter harga dan perbandingan produk. 
  • Tidak ada produk pesaing
    Kalau berjualan di website, hanya produk-produk Anda yang tampil di hadapan konsumen. Otomatis, perhatian konsumen hanya akan tertuju pada dagangan Anda.
  • Anda bebas dari biaya administrasi platform
    Platform marketplace umumnya mengenakan biaya administrasi untuk tiap transaksi. Di website, Anda tidak akan menemui hal itu, sehingga keuntungan Anda bisa bertambah.

Terlepas dari beberapa kelebihan tersebut, membuat website toko online itu hal yang mudah. Anda cukup membeli domain dan hosting, lalu menginstal platform WordPress. Di platform tersebut, Anda bisa memilih tampilan website dan menambahkan fitur melalui plugin yang tersedia.

5. Mempromosikan Toko Anda

Cara menjadi dropshipper pemula selanjutnya yaitu mempromosikan toko Anda dengan upaya digital marketing. 

Menariknya, ada beberapa jenis digital marketing yang hanya bisa Anda manfaatkan jika memiliki website:

Pertama, Anda bisa melakukan upaya SEO atau search engine optimization. Dengan penerapan SEO yang baik, website Anda bisa memiliki peringkat tinggi di hasil pencarian Google dan mendapatkan banyak pengunjung. Hal itu penting karena 53% pengunjung website berasal dari hasil pencarian Google.

Kedua, Anda bisa memanfaatkan SEM atau search engine marketing. Tujuan SEM juga menampilkan website di hasil pencarian Google, tetapi sebagai iklan berbayar.

Ketiga, Anda bisa menggunakan cara email marketing untuk mengirimkan promo kepada konsumen. Untuk melakukannya, Anda perlu membangun email list. Salah satu caranya, Anda menawarkan kupon diskon di website yang bisa didapatkan dengan mendaftarkan email konsumen.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Nah, keuntungan Anda dari bisnis dropship berasal dari selisih harga jual ke konsumen dan harga beli dari supplier. Bisa dikatakan margin keuntungan Anda terbatas sesuai kualitas produk yang dijual. Namun, potensi penjualannya besar. Sebab, Anda bisa menjual produk dari beberapa pemasok sekaligus. 

keuntungan menjadi dropshipper

1. Tidak Perlu Modal Besar

Keuntungan utama menjadi dropshipper adalah tidak harus menyiapkan biaya awal untuk mulai berbisnis. 

Alasannya, Anda hanya memasarkan barang supplier melalui website dan sarana online lainnya. Alhasil, Anda tidak perlu bangunan untuk gudang maupun toko yang sewanya hingga puluhan juta per bulan.

Tak hanya itu, seorang dropshipper online bisa menjalankan bisnis tanpa perlu menggunakan karyawan. Jadi, Anda tidak perlu menggaji siapapun, cukup memanfaatkan berbagai tools yang menunjang bisnis.

2. Tidak Menghadapi Risiko Besar

Setiap jenis bisnis pasti memiliki risiko. Namun, risiko yang dihadapi dropshipper kecil dibandingkan jenis bisnis lainnya. Mengapa demikian?

Kelebihan dropshipper adalah tidak perlu menstok dagangan. Dengan begitu, modal Anda tidak akan terbuang sia-sia jika produk yang dijual tidak laku.

Sebagai dropshipper, cara meminimalkan risiko terkait produk pun terbilang mudah. Anda cukup memilih supplier yang kualitasnya baik agar kondisi barang dan pelayanan terhadap pelanggan terjaga.

3. Ada Banyak Pilihan Produk

Jika Anda ingin menjajal industri tertentu tetapi belum bisa menciptakan produk sendiri, menjadi dropshipper bisa jadi solusi. Ada banyak supplier dengan beragam pilihan produk, sehingga Anda bisa mewujudkan bisnis yang diinginkan.

Berbagai Pilihan Produk Pada Bisnis Dropshipper
Banyak pilihan produk yang bisa dijual dropshipper sekaligus. Sumber gambar: Unsplash

Meski opsi produk yang bisa Anda jual berbagai macam, mulailah dengan beberapa produk yang satu kategori. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah membangun brand.

4. Bisa Menjalankan Bisnis dari Mana Saja

Menjadi dropshipper adalah pekerjaan yang bisa Anda lakukan dari mana saja. Alasannya, Anda cukup mengelola toko online dan menghubungi supplier agar bisa melayani konsumen. Untuk melakukan itu, Anda hanya perlu dukungan koneksi internet dan perangkat komputer yang mumpuni.

Kekurangan Menjalankan Usaha Dropshipper

Meskipun kelebihan bisnis dropshipping lebih banyak, Anda perlu tahu tentang kekurangan dropshipper, antara lain:

kekurangan dropship

1. Margin Keuntungan Terbatas

Sebagai pelaku bisnis dropship, Anda tentu tidak akan memiliki sebuah item jualan yang unik. Sebab, supplier Anda bisa saja memiliki partner lain dalam pemasaran produk mereka. 

Dengan kondisi seperti itu, Anda tidak dapat leluasa menentukan harga jual barang. Sebab, tidak akan menarik konsumen yang menemukan penjual lain dengan harga lebih murah.

Pada akhirnya, harus diterima bahwa keuntungan dari bisnis dropshipping ini memang terbatas. Pun demikian, Anda bisa menjual produk dalam jumlah banyak karena bisa bekerja sama dengan banyak vendor bisnis manapun bersamaan. 

2. Ketersediaan Produk Tidak Terjamin

Anda bisa saja mampu menarik konsumen untuk beli produk yang ditawarkan. Namun, kalau ternyata barangnya tidak ada, repot juga, kan?

Sebagai perantara, Anda memang tidak bisa mengontrol ketersediaan barang dagangan. Sebab, itu semua berada di kendali pemasok barang. Anda hanya bisa melakukan negosiasi dan komunikasi yang baik. Namun, itu tidak menjamin stokΒ  akan selalu tersedia.

Pertanyaan Lain Tentang Apa Itu Dropshipper

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan lain tentang bisnis dropship.

1. Apakah Susah Menjadi Dropshipper?

Bisnis dropship itu gampang-gampang susah. Ada banyak tantangan, terutama dalam memilih supplier dan meningkatkan reputasi brand. Tapi, semua itu bisa diusahakan dengan berbagai tips cara menjadi dropshipper.

2. Apakah Dropship Harus Pakai Modal?

Dropshipping adalah bisnis yang tidak membutuhkan modal. Alasannya, bisnis dropship memungkinkan Anda membeli barang dari supplier dengan uang yang sebelumnya sudah disetorkan oleh pelanggan Anda.

3. Apa Perbedaan Reseller dengan Dropshipper?

Perbedaan dropship dan reseller yaitu, dropshipping adalah perantara dari supplier kepada pelanggan. Sedangkan reseller biasanya perlu membeli suatu produk dari supplier untuk menjual barang kembali ke pelanggan.

Sudah Tahu Apa Itu Dropshipper, Kan?

Dropshipper adalah orang yang menjual produk ke konsumen sebagai perantara. Bisnis ini menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal karena tidak perlu memiliki produk dulu di awal.

Untuk mewujudkannya, Anda bisa memulai dengan mengikuti lima cara menjadi dropshipper pemula, yaitu:

  1. Memilih produk yang ingin dijual
  2. Menentukan supplier
  3. Meningkatkan nilai jual
  4. Membuat website toko online
  5. Mempromosikan toko Anda

Untuk bisa menjual produk dengan baik, idealnya Anda menggunakan situs web agar mendapatkan keuntungan lebih baik. Selain lebih kredibel di mata konsumen, website toko online Anda akan membantu Anda selalu siap melayani calon pembeli kapan saja. 

Namun, pastikan Anda menggunakan web hosting yang bisa diandalkan untuk membuat website Anda bisa diakses terus 24 jam, ya.

Nah, layanan hosting Niagahoster adalah pilihan yang tepat. Sebab, Niagahoster menawarkan server berkecepatan tinggi LiteSpeed Enterprise dan memberikan jaminan uptime 99,95%. Dengan begitu, website Anda senantiasa siap diakses dengan cepat.

Selain itu, hosting Niagahoster dilengkapi fitur-fitur unggulan, termasuk:

  • Imunify360 untuk mendeteksi dan menghapus malware dari file situs web Anda
  • Backup otomatis agar Anda selalu memiliki duplikat data website yang bisa dipulihkan
  • WordPress Management untuk memudahkan pengelolaan website berbasis WordPress
  • Gratis domain dan SSL untuk durasi pembelian tertentu
  • Bantuan customer support 24 jam melalui beberapa channel, termasuk live chat dan telepon

Semua keunggulan tersebut bisa Anda dapatkan mulai dari Rp9.900/bulan saja. Jadi, tunggu apa lagi? Segera pilih paket hosting Anda!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

2 Replies to “Cara Menjadi Dropshipper Sukses untuk Pemula [Terlengkap!]”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *