Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

5+ Cara untuk Menjadi Beauty Blogger yang Sukses

10 min read

cara menjadi beauty blogger sukses

Mendapatkan banyak uang, dapat produk make up gratis dan diundang ke berbagai event tersohor. Yah, itulah beberapa alasan yang mendasari mayoritas orang yang ingin menjadi beauty blogger. Dan mungkin, Anda adalah salah satunya?

Kalau memang benar begitu, berarti Anda datang di tempat yang tepat. Sebab, artikel ini memang ditujukan buat siapapun yang membutuhkan tips untuk mengawali profesinya sebagai beauty blogger. 

Tanpa berlarut-larut, yuk langsung simak tips lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Beauty Blogger?

Seperti namanya, beauty blogger adalah pemilik blog yang mempunyai wawasan luas tentang berbagai produk kecantikan (beauty). Mulai dari tren produk, tren kecantikan, tips kecantikan, dan masih banyak lainnya.

Umumnya, kerjaan beauty blogger adalah mengulas produk-produk kecantikan. Baik produk dalam negeri, maupun luar negeri. Sehingga para pengunjung paham plus dan minus produk tersebut sebelum membelinya.

Tips Menjadi Beauty Blogger yang Sukses

Sebelum terjun ke pembahasan soal tips, kami ingatkan lagi nih kalau menjadi beauty blogger itu butuh banyak effort untuk bisa dibilang berhasil. Langkahnya bukan hanya sekedar menulis dan posting saja. Tetapi banyak perbekalan yang harus Anda persiapkan. Apa saja? Langsung simak tipsnya di bawah ini, ya!

1. Ciptakan Nilai Sesuatu yang Unik

Apa yang mendasari seseorang memutuskan untuk membeli pakaian dari brand A, dibanding brand B, brand C, brand D dan seterusnya? Jawabannya adalah style atau keunikan. Ya, dengan menciptakan sesuatu yang unik alias berbeda, suatu brand akan jauh lebih mudah dalam menggaet pembeli. 

Begitupun di dunia blogging. Dari sekian banyaknya beauty blogger kenamaan, Anda harus memiliki spesialisasi tersendiri. Mudahnya adalah dengan cara mencari tahu bidang apa yang paling Anda kuasai.

Misalnya kalau Anda suka dengan segala tentang kosmetik, Anda bisa membuat konten tutorial make up dengan banyak macam topik. Bisa make up untuk sehari-hari, ke pesta, atau make up dengan style Korea. 

Atau kalau Anda merasa memiliki banyak pengetahuan soal rambut, bahaslah konten-konten terkait hal itu. Seperti tentang tips merawat rambut rontok, menebalkan rambut, hair styling dan sebagainya.

Sesekali, boleh saja kok untuk membahas konten lain di luar dari spesialisasi Anda. Tetapi, pastikan untuk tetap fokus ke satu topik besar agar blog Anda bisa memiliki ciri khas.

Salah satu contohnya seperti blog Lippielust yang lebih fokus membahas produk-produk makeup untuk bibir.

Dari awal berdiri, blog Lippielust sudah banyak mereview brand-brand lipstik lokal hingga internasional dengan informasi lengkap. Mulai dari swatches warna dan ingredients-nya.  Tetapi meskipun sudah populer sebagai blog khusus produk makeup bibir, Lippielust juga beberapa kali pernah membahas konten seputar skincare dan K-beauty. 

2. Tentukan Target Pembaca

Menentukan target pembaca juga tak kalah penting, supaya penentuan topik konten bisa lebih mudah. Misal, target pembaca Anda adalah seorang remaja dengan rentang usia 17-23 tahun. Jadinya, topik Anda bisa membahas tips skin care yang pas untuk remaja atau review produk skin care yang low budget.

Sedangkan, kalau Anda menargetkan wanita dewasa usia 25 tahun ke atas. Topiknya bisa seputar soal skin care anti-aging atau rekomendasi produk skin care dengan biaya yang sedikit lebih tinggi. Tetapi, seimbangkan juga dengan produk-produk drugstore dan high end agar bisa menjangkau semua kalangan.

Selain itu, memikirkan siapa pembaca Anda juga perlu dicocokkan dengan style penulisan, pemilihan tema, dan layout blog. Kalau remaja adalah target Anda, buatlah style penulisan yang ringan dengan gaya bahasa sehari-hari. Lalu, gunakan layout dan tema dengan nuansa girly seperti pink, atau warna-warna ceria.

Sedangkan, kalau Anda menargetkan usia dewasa, sampaikan dengan gaya bahasa yang sederhana, dengan menggunakan pilihan tema dan layout yang simple dan elegan.

Contohnya Sasyachi, salah satu beauty blogger yang cenderung menargetkan para wanita remaja pecinta Korea. Sehingga di dalam situsnya, ia banyak membagikan tips make up ala girl band Korea dengan menggunakan produk-produk lokal berkualitas, tapi tetap terjangkau.

3. Bekali dengan Visual yang Menarik

Tulisan memang nomor satu. Tetapi, ada yang tidak kalah penting ketika Anda membuat blog, yaitu visual yang menarik! 

Visual ini bisa berupa foto dan video, tergantung tulisan apa yang Anda buat. Sama dengan tulisan, visual yang Anda pakai juga harus terjamin kualitasnya. Hampir setiap beauty blogger kenamaan tentu memikirkan hal ini. 

Contoh Andra Alodita, yang selalu menyajikan foto produk dengan kualitas kontras yang kuat dan highlight yang cerah. Sehingga membuat tampilan produk yang ia review pun akan terlihat berkelas. Sayang kan, kalau tampilan blog Anda sudah bagus-bagus, tapi kualitas gambar masih rendah?

Masalah kualitas, memang jauh lebih baik kalau menggunakan bantuan kamera. Namun, jika budget Anda masih terbatas, sebenarnya menggunakan smartphone pun tidak masalah. Selagi Anda bisa pintar-pintar mengambil angle yang pas, dan mahir memolesnya dengan aplikasi editor.

Banyak sekali aplikasi foto editor yang bisa Anda unduh secara cuma-cuma. Seperti Vscocam, Afterlight, Snapseed dan Adobe Lightroom. Sisanya, Anda tinggal mengasah skill editing dengan mengikuti berbagai tips yang ada di internet atau YouTube.

4. Perluas Networking

Ke depannya, Anda pasti punya impian blog Anda bisa diajak kolaborasi dengan brand-brand ternama. Atau banjir endorsement supaya dapat banyak pemasukan. Iya, ini memang menjadi banyak tujuan di kalangan blogger.

Tetapi, bagaimana caranya? Perluas networking. 

Networking bisa menggiring Anda untuk meraih banyak followers dan kedua hal di atas. Anda bisa memulainya dengan mampir ke blog-blog sejenis dan mengirimkan komentar yang positif. Ini juga biasanya efektif untuk mengawali proses link building.

Kemudian, ikuti berbagai acara, komunitas, dan forum yang bergelut di dunia kecantikan. Misalnya komunitas ID Skincare Indonesia, Beauty Collab, atau Beauty House Squad. Dari sanalah Anda bisa mengenal banyak blogger, mengenalkan blog Anda dan mendapat banyak pengalaman baru yang pastinya bermanfaat.

Intinya, jangan batasi diri untuk membangun jaringan seluas-luasnya. Supaya, popularitas Anda dan blog bisa cepat melejit!

5. Perhatikan Kualitas, Bukan Kuantitas

Blog yang sukses itu akan mengutamakan kualitas dibanding kuantitas. Mau sebanyak apapun jumlah artikel Anda, kalau isinya biasa saja, ya… jangan berharap blog Anda bisa ramai. Sebab hakikatnya, tujuan utama blogger adalah untuk berbagi.

Soal uang dan endorsement adalah tujuan kesekian. Jadi, pastikan Anda selalu mengupayakan kualitas sebagai prioritas ketika menulis. Ulas sedalam mungkin topik Anda dan lakukan riset sebanyak-banyaknya. Supaya, konten Anda bisa mengungguli blog lain yang sekedar mengejar kuantitas dengan kualitas isi yang umum saja.

Ambil contoh Lizzie Parra, influencer dan pelaku bisnis digital sukses ini dulunya mengawali karir sebagai seorang beauty blogger. Berkat konten-konten blognya yang berkualitas, namanya pun semakin melejit berkat banyaknya pembaca setia.

Padahal, kalau kita flashback isi blognya di tahun 2015-2016, Lizzie tidak terlalu rutin memposting artikel, lho. Malahan ia hanya mengisi blognya sebulan sekali atau dua kali saja. Tetapi, karena setiap ulasannya yang selalu lengkap dan menarik, tak heran kalau blognya pun selalu ramai pengunjung.

Ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk mempelajari kebiasaan blogger sukses untuk Anda terapkan, ya.

Cara Menjadi Beauty Blogger dari Nol

Kalau Anda sudah menyiapkan segala perbekalan soal konten, sekarang waktunya kami menjelaskan cara menjadi beauty blogger dari nol. Di sini kami akan membahas hal-hal seputar teknis, yang nantinya pun akan mendukung profesi Anda dalam jangka panjang. 

Misalnya kecepatan website, maintenance, domain authority dan sebagainya. Tentu, dengan website yang berperforma baik, otomatis pembaca Anda pun akan selalu betah saat berkunjung. Biar tidak makin penasaran, yuk langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Tentukan Platform Blog Terbaik

Pertama-pertama, cara menjadi blogger adalah memilih platform blog terbaik. Ibarat kendaraan, platform ini seperti mobil. Setiap brand mobil dilengkapi dengan kualitas mesin dan spare part berbeda yang memberikan kualitas saat berkendara. 

Begitu pun dengan platform, yang masing-masingnya mempunyai bekal fitur tersendiri untuk memudahkan pengelolaan blog.

Dari sekian banyak pilihan platform — sebut saja Drupal, Joomla, Wix, Medium, WordPress — kami menyarankan Anda untuk menggunakan WordPress.

Mengapa WordPress? WordPress sudah dikenal sebagai CMS (Content Management System) yang paling banyak digunakan. Apalagi, ada lebih dari 32% website di internet yang juga didukung dengan platform ini, termasuk kalangan blogger. Hal ini dikarenakan beberapa alasan yaitu:

  • Mudah digunakan bagi pemula – sebagai CMS yang ramah pengguna, WordPress bisa menciptakan blog impian Anda tanpa harus bisa coding. Ditambah, ia juga menyediakan ragam jenis tema dari yang gratis hingga berbayar. Serta ratusan plugin yang bisa diinstal untuk menambahkan fitur-fitur di blog.
  • Punya tim support yang besar – mendapati kendala di tengah penggunaan? Tak usah khawatir. WordPress memiliki forum besar yang siap memandu Anda mengatasinya. Apalagi, semakin banyak juga pengguna lain yang kini membagikan tips mengatasi berbagai isu WordPress di internet.
  • Keamanan yang terjamin – mengingat banyaknya celah website / blog untuk diserang hackers dan spammers, keamanan menjadi faktor terpenting. Beruntungnya, WordPress sudah termasuk sebagai CMS yang relatif aman. Sekalipun masih ada kemungkinan mendapat serangan, banyak cara yang bisa Anda lakukan. Seperti mengikuti tips artikel kami di sini

Oh iya, satu hal lagi yang perlu Anda tahu — kami juga menyarankan Anda untuk memakai WordPress.org, bukan WordPress.com. Terutama bila Anda ingin memiliki domain dengan TLD (Top Level Domain) seperti .com, .id, .net, .org dan lain-lain. Sedangkan di WordPress.com, nama domain Anda hanya bisa mengikuti TLD bawaan yaitu “www.namadomain.wordpress.com”.

Selebihnya, masih banyak keunggulan lain dari WordPress.org yang bisa Anda baca di 10 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org.

2. Tentukan Nama Domain Blog

Bisa dibilang, nama domain adalah aset berharga yang sebaiknya tidak dibuat asal-asalan. Sebab, ialah yang akan mewakili identitas personal Anda selama berada di jagad maya. 

Sebagian besar, Anda mungkin sering melihat banyak beauty blogger Indonesia yang memakai nama mereka untuk nama domain blog. Seperti www.lizzieparra.com, www.alodita.com, www.stellalee.net dan masih banyak lagi.  

Itu bukan masalah, karena sebetulnya memang tidak ada batasan tertentu untuk membuat nama domain. Namun minimal, ketika memilih nama domain, Anda masih pertimbangkan beberapa aspek penting berikut, yaitu:

  • Mudah diingat dan dieja – memilih nama yang unik itu perlu, agar lebih berkesan. Tetapi pastikan juga nama tersebut mudah diingat dan dieja.
  • Hindari penggunaan simbol – hindari pemakaian simbol, karena selain menyulitkan pengguna untuk mengingat, simbol juga sering dianggap sebagai website spam. 
  • Selipkan kata kunci – akan lebih baik jika menyertai kata kunci yang berkaitan dengan niche blog Anda. Supaya pengguna bisa mudah menebak apa yang dibahas dalam blog Anda. Di samping itu, cara ini juga cukup efektif untuk menunjang branding blog secara keseluruhan.

Kira-kira, itulah beberapa poin yang harus diperhatikan saat membuat nama domain. Namun, untuk menambah referensi soal nama domain, bisa juga dengan mengikuti beberapa tips kami di Strategi Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda.

Meskipun isinya diperuntukkan untuk domain bisnis, poin-poin yang dibahas masih sangat relevan kok untuk nama domain blog.

Baca juga: Ingin Menjadi Travel Blogger? Simak & Ikuti Cara Ini

3. Pilih Layanan Web Hosting

Setelah menemukan nama domain yang pas, selanjutnya Anda perlu memilih layanan web hosting. 

Bagi Anda yang pemula, istilah hosting mungkin masih terdengar asing. Intinya, web hosting adalah layanan yang berfungsi untuk menyimpan data blog Anda. 

Lalu, apa layanan hosting yang cocok untuk membuat beauty blog? Salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda coba adalah Simple WordPress Niagahoster.

Sebab, layanan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengelola website profesional tanpa perlu keahlian teknis.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati jika menggunakan layanan Simple WordPress:

  1. Gratis domain. Jadi, Anda bisa memasang alamat website sesuai yang Anda inginkan.
  2. Kemudahan dalam membuat konten. Anda bisa mengatur dan mengelola konten sesuka hati menggunakan Elementor.
  3. Ramah mesin pencari. Layanan Simple WordPress sudah terintegrasi dengan plugin Yoast SEO. Jadi, potensi blog Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian Google semakin tinggi.
  4. Kecepatan loading yang ngebut. Dengan dukungan web server tercepat di dunia (LiteSpeed web server), blog Anda akan lebih mudah diakses karena waktu loadingnya super singkat.
  5. Aman dari serangan hack. Layanan Simple WordPress sudah diperkuat fitur keamanan seperti Antivirus protection Imunify360, Premium DNS, dan gratis SSL. Jadi, blog Anda akan sulit ditembus hacker!
  6. Gratis tema, sehingga Anda bisa menggunakan tema blog yang sesuai dengan style Anda.
  7. Toleransi downtime 30 menit dalam setahun. Dengan kata lain, blog Anda dapat dikunjungi 24 jam tanpa jeda!
  8. Dashboard yang ramah pengguna. Salah satu fitur spesial dari Simple WordPress adalah dashboard khusus yang dapat membantu Anda mengelola website secara lebih efisien. Jadi, Anda bisa login, backup, dan mengecek status blog Anda di satu tempat saja. Praktis banget, kan?
dashboard simple wordpress

Singkatnya, dengan menggunakan layanan Simple WordPress, blog Anda akan lebih mudah untuk dikelola, kecepatan loadingnya kencang dan stabil, juga aman dari serangan hack.

Anda juga tak perlu repot-repot menginstal WordPress secara manual, karena websitenya sudah terinstal secara otomatis saat pengaktifan paket. Sehingga, Anda bisa langsung fokus mengelola dan mengisi websitenya saja.

Dengan fitur sebanyak itu, berapa biaya yang harus Anda keluarkan? Tak usah khawatir, Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp32.100 per bulan:

Jika Anda tertarik, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pembelian hosting di Niagahoster.

4. Install Plugin 

Blog atau website belum bisa dikatakan optimal tanpa adanya bantuan plugin. Jadi, apa itu plugin? Singkatnya, plugin merupakan aplikasi tambahan untuk menambahkan fitur-fitur WordPress.

WordPress hadir dengan fitur-fitur yang minim saat pertama kali diinstall. Itulah mengapa, plugin hadir untuk memperkaya fitur WordPress agar kualitas dan kinerja keseluruhan blog Anda bisa berjalan lebih maksimal. 

WordPress sendiri menyediakan lebih dari 40.000 plugin dengan membawa fungsi berbeda-beda. Tetapi, kami akan merekomendasikan beberapa plugin WordPress terbaik yang wajib dimiliki para beauty blogger yaitu:

  • Plugin lazy load – berfungsi untuk membantu blog Anda semakin cepat.
  • Yoast SEO – berguna supaya SEO situs Anda bisa teroptimasi secara maksimal. 
  • Plugin forum – Anda bisa menambahkan kolom diskusi di blog supaya meningkatkan engagement dengan para pembaca.
  • Plugin mobile-friendly –  bertujuan agar blog Anda selalu bekerja optimal di segala perangkat, khususnya mobile. 
  • Plugin email marketing – tidak cuma berlaku untuk website bisnis saja. Plugin email marketing juga cocok digunakan blogger agar bisa menginfokan setiap update-an konten baru ke pembaca melalui newsletter. 
  • Plugin social media – berfungsi untuk menghubungkan blog Anda ke berbagai platform media sosial.
download-ebook-membuat-website

5. Buat Konten Pertama Anda

Yeay! Tadi Anda sudah berhasil melewati banyak langkah dalam membuat blog. Sekarang, waktunya Anda membuat tulisan pertama Anda. Caranya pun gampang, tinggal ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Login ke akun WordPress Anda.
  • Arahkan kursor ke menu sidebar kiri yaitu Posts. Kemudian, klik Add New.
  • Saat membuat tulisan, Anda bisa menggunakan berbagai blocks (fitur text editor) untuk membuat Headings, menambahkan bullet points, media (video atau gambar), tabel, widgets, mengatur layout dan lain-lain. Caranya tinggal arahkan kursor Anda pada simbol plus (+) seperti ini.
  • Kemudian scroll ke bawah untuk memilih blocks yang ingin digunakan.
  • Anda bisa mengklik Preview di pojok sebelah kanan atas layar untuk meninjau konten Anda sebelum diterbitkan. Atau Save draft jika ingin menyimpan konten di draft. Dan klik Publish jika sudah siap dibagikan ke pembaca.

Mengingat banyaknya persaingan konten seputar kecantikan di mesin pencari, akan lebih baik kalau Anda mengikuti tips kami tentang menulis artikel SEO friendly.Supaya, blog Anda bisa mendapatkan peluang ranking di tiga besar dan mengantongi banyak traffic.

6. Terapkan Optimasi SEO

Butuh perjuangan yang tidak kecil untuk bisa memenangi kompetisi di hasil mesin pencari. Syaratnya bukan saja hanya menulis konten yang berkualitas, tapi juga optimasi di tiga jenis SEO yaitu: On-page, Teknikal, dan Off-Page. 

Apa saja perbedaan ketiganya?

  • SEO On-page, mengutamakan segala hal yang ada di dalam blog Anda. Dari kualitas konten, penggunaan keyword, penulisan judul, optimasi gambar atau video, panjang artikel dan lain-lain. Selengkapnya, Anda bisa baca artikel cara optimasi SEO On Page untuk tahu proses optimasi dari A-Z. 
  • Teknikal SEO, yang memang sesuai namanya — ia berkaitan dengan hal-hal teknis di website. Aspeknya cukup banyak, mulai dari aspek mobile-friendly, kecepatan loading, sampai dengan keamanan website
  • SEO Off-Page. Beda dari kedua hal sebelumnya, SEO Off-Page lebih berkaitan kepada faktor-faktor di luar blog Anda. Tujuannya, jelas tidak jauh-jauh dari peningkatan traffic dan visibilitas di mesin pencari. 

Contoh Beauty Blogger Indonesia Terbaik untuk Inspirasi Anda

Berikut beberapa contoh beauty blogger Indonesia yang bisa Anda jadikan inspirasi. Siapa saja?

1. Risa Stellar

contoh beauty blogger indonesia lippielust

Bagi Anda penggila lipstik, pasti tak asing lagi dengan nama Lippielust. Blog besutan Risa Stellar ini telah menjadi sumber nomor satu untuk menemukan review mendalam tentang lipstik. Tak peduli apakah lipstik lokal atau mancanegara, semua ada di Lippielust. Ini jugalah yang membuatnya berhasil bekerjasama dengan berbagai brand kosmetik dunia.

2. Elin Ivana

contoh beauty blogger elin ivana

Siapa sangka, blog yang sudah eksis sejak tahun 2010 saat Elin berumur 14 tahun ini awalnya bercerita tentang kesehariannya. Namun,  karena merasa apa yang ia ceritakan sebelumnya tidak berguna dan tidak membantu, Elin perlahan mulai rutin mengisi blognya dengan topik kecantikan.

3. Stella Lee

contoh beauty blogger stella lee

Stella Lee adalah penggemar hal-hal berbau Jepang. Maka dari itu, beauty blogger yang satu ini sering membahas dan review berbagai skincare dan makeup asal Jepang. Bahkan, tak jarang juga ia membahas tentang tutorial dan tips traveling ke Jepang, lho. 

4. Andra Alodita

contoh beauty blogger andra alodita

Alodita tak hanya menulis tentang berbagai produk kecantikan di blognya. Akan tetapi, juga mengenai fashion and lifestyle. Bahkan, ia juga sering mengutarakan pemikiran atas suatu kejadian atau fenomena di kehidupannya. 

Gaya tulisannya sendiri sangat santai dan mudah dipahami. Tak heran ia berhasil menyabet berbagai penghargaan selama berkarir sebagai beauty blogger.

5. Harumi Sudrajat

contoh beauty blogger harumi sudrajat

Kisah awal mula blog Harumi cukup unik, yaitu dari akun Twitter yang sering memposting tentang kecantikan. Tujuannya dulu hanya ingin berbagi info singkat kepada perempuan seumurannya. 

Namun ternyata, respon publik sangat bagus. Hingga akhirnya lahirlah blog tersebut. Di blognya, Harumi bisa membahas berbagi topik kecantikan dengan mendalam dan tak dibatasi oleh karakter selayaknya di Twitter.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Siap Menjadi Beauty Blogger?

Menjadi beauty blogger di zaman sekarang merupakan pilihan yang tepat. Beauty blogger saat ini bukan hanya sebuah hobi, tapi bisa menjadi profesi dengan pendapatan yang menggiurkan.

Sumber pendapatannya bisa dari kerjasama brand, Adsense, afiliasi, webinar, dan lainnya. Jadi, pastikan untuk membangun identitas online yang baik melalui blog dengan performa optimal, ya!

Sebagai permulaan, Anda bisa mulai dengan menentukan nilai unik dari blog Anda, dan juga menentukan target pembacanya. Lalu, Anda bisa langsung membangun blog Anda dengan berlangganan layanan Simple WordPress hosting di Niagahoster.

Selain harganya terjangkau (mulai dari Rp32.100/bulan), Anda akan menikmati berbagai kemudahan, seperti:

  • Kecepatan loading yang singkat – Tak akan ada pengunjung yang mengeluh karena kecepatan loading blog yang lambat. Dengan dukungan LiteSpeed web server dan fitur optimasi seperti WordPress Accelerator, loading blog Anda akan semakin kencang.
  • Aman dari serangan hack – Anda tak perlu lagi overthinking karena takut blognya dijebol hacker. Karena, Simple WordPress sudah dilengkapi fitur keamanan terbaru seperti Imunify360, Premium DNS, dan SSL Sectigo.
  • Pengelolaan website yang super mudah – Dengan dashbord khusus Simple WordPress, Anda bisa mengelola blog beauty Anda dari satu tempat! Mulai dari login, mengecek status blog, melakukan backup, hingga mengakses knowledge base.
  • Pelayanan yang profesional – Bagaimana jika website Anda mengalami masalah? Tenang, karena ada tim CS yang akan melayani Anda 24/7 melalui berbagai channel, seperti live chat, WhatsApp, telepon dan email

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk klik tombol di bawah untuk membuat beauty blog yang profesional sekarang juga!

Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *