Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

12+ Cara Meningkatkan Keamanan Website Anda [Terlengkap]

6 min read

12+ Tips Lengkap Cara Meningkatkan Keamanan Website Anda [Terbaru]

Keamanan website adalah aktivitas melindungi website dan jaringannya dari berbagai serangan siber. Mulai dari pencurian data pribadi hingga pencurian uang melalui website. Beberapa contoh praktik keamanan website adalah menggunakan password yang kuat dan rutin mengupdate website.

Jika Anda tidak menjaga keamanan website, hacker bisa saja membuat celah keamanan website yang memungkinkan mereka untuk menyerang lagi di masa depan. Mengerikan sekali, bukan?

Untuk itu, kami akan menjelaskan beberapa tips keamanan website untuk melindungi website Anda dari berbagai ancaman siber.

Apa itu Keamanan Website?

Keamanan website disebut juga dengan cyber security. Aktivitas ini bertujuan untuk mencegah atau mengatasi berbagai serangan siber, seperti pencurian data, injeksi malware, juga perusakan software dan hardware.

Beberapa contoh aktivitas untuk meningkatkan keamanan website adalah penggunaan web application security dan VPN (virtual private network).

Untungnya, masih banyak cara lain yang bisa Anda coba untuk meningkatkan keamanan website Anda. Yuk kita bahas lebih dalam di bagian selanjutnya!

12+ Cara Meningkatkan Keamanan Website

Sebelum sampai ke artikel ini, mungkin Anda sudah cek keamanan website terlebih dahulu. Tapi, cek keamanan website saja masih belum cukup. Anda harus tahu cara mengamankan website.

Tak harus punya skill teknis, cara meningkatkan keamanan website bisa dilakukan oleh siapapun. Mari lihat berbagai tips keamanan website berikut!

1. Pastikan Hosting Anda Aman

Tips keamanan situs web pertama ini merupakan cara terpenting yang tak bisa Anda lewatkan. Anda harus pastikan bahwa website sudah memiliki hosting web yang aman. Sebab, langkah-langkah selanjutnya akan sia-sia apabila Anda salah memilih web hosting.

keamanan website dimulai dari hosting

Pastikan Anda memilih hosting terbaik dan mempunyai server web dengan lapisan keamanan ekstra, seperti memiliki teknologi keamanan Imunify360. Teknologi tersebut membuat blog atau situs web Anda terlindung dari hacker, malware, dan virus berbahaya setiap saat.

Jika Anda terlanjur memilih hosting yang tidak memiliki teknologi Imunify360, tak usah khawatir karena Anda bisa melakukan transfer hosting. Sudah banyak penyedia web hosting yang menyediakan fitur ini, salah satunya adalah transfer hosting Niagahoster.

2. Install Plugin Keamanan

Website baru tanpa plugin keamanan itu sama saja dengan rumah tanpa tembok; siapapun bisa masuk dan melakukan hal sesuka hati mereka. Jadi, plugin keamanan ini adalah langkah pertama yang wajib bagi website baru. Berikut beberapa rekomendasi plugin keamanan website yang bisa Anda coba:

  • iThemes Security—tersedia versi gratis dan berbayar. iThemes Security mampu mendeteksi plugin berbahaya, software yang usang, dan password yang lemah.
  • Wordfence Security—sudah digunakan oleh lebih dari dua juta pengguna. Wordfence Security menawarkan firewall, real-time monitoring, scan plugin, dan masih banyak lainnya.
  • SecuPress Free—walaupun gratis, tapi berkualitas tinggi. SecuPress mempunyai fitur seperti blokir IP, malware scan, dan lain segudang fitur lainnya.

Sebenarnya, ada banyak sekali plugin keamanan web yang bisa Anda coba selain tiga di atas. Untuk daftar lengkapnya Anda bisa membaca artikel → Plugin Security WordPress Terbaik dan Gratis

3. Pasang SSL

SSL adalah secure sockets layer. Fitur ini membuat pertukaran data antara website Anda dengan pengunjung menjadi aman. Kenapa secure sockets layer bisa mengamankan website Anda? Kami berikan contoh di bawah ini.

Misalnya, saat pengunjung memasukkan nomor kartu kredit mereka, SSL akan mengenkripsi data tersebut sehingga hacker tak akan bisa membacanya. Karena hacker tersebut tak memiliki “kunci” untuk membuka gembok enkripsi data itu.

pasang ssl untuk meningkatkan keamanan website

Tertarik memasang SSL di website Anda? Tak usah repot-repot mencari SSL terbaik ke sana kemari. Sebab, Niagahoster sudah jual SSL dan menyediakan pilihan SSL yang tak hanya terbaik, tapi juga dengan harga murah.

4. Update Website Anda

Jangan mengabaikan pemberitahuan mengenai versi terbaru WordPress, plugin, hingga tema di dashboard Anda. Update versi terbaru tersebut tak hanya menawarkan fitur-fitur baru, tapi juga peningkatan keamanan website yang lebih baik.

Jika tidak mendapat pemberitahuan atau terjadi error pada dashboard, tak usah khawatir karena Anda tetap masih bisa update website Anda. Bagaimana caranya?

Bagi Anda yang  memiliki website dengan hosting Niagahoster, tak perlu pusing karena terdapat opsi update WordPress secara otomatis. Caranya, masuk ke Member Area Anda dan akses WordPress Management.

Pada sisi kanan dasbor, Anda bisa mengaktifkan konfigurasi auto-update, sehingga versi WordPress diperbarui secara otomatis dan cara meningkatkan keamanan website pun lebih mudah.

member area Niagahoster

Sedangkan untuk cara update WordPress manual, Anda bisa mengikuti panduannya di artikel →Cara Update WordPress Manual

5. Gunakan Username dan Password yang Kuat

Apakah Anda termasuk yang masih menggunakan username ‘admin’ dan password 123456’ untuk login website? Memang kombinasi tersebut sangat mudah diingat, tapi juga mudah untuk ditebak hacker.

Hacker mendapatkan informasi login Anda dengan serangan yang tidak diinginkan. Walaupun terdengar menakutkan, tapi ada satu cara simpel untuk mencegahnya, yakni dengan menggunakan username dan password yang kuat.

Anda bisa mengganti password di WordPress dengan memilih menu Users > Edit Profile di dashboard. Kemudian scroll ke bawah hingga Anda menemukan section Account Management.

gunakan username dan password yang kuat

Klik tombol tersebut dan Anda akan secara otomatis diberikan password baru. Jika tak suka dengan password, tersebut Anda juga bisa menggantinya, kok. Tapi, pastikan bahwa keterangan di bawah kolom penggantian password menunjukkan Strong. 

Jika belum, ganti password tersebut sampai keterangan Strong muncul. Setelah menemukan password yang kuat, scroll ke bawah dan klik tombol Update Profile untuk menyimpan password baru Anda.

Baca Juga : 15+ Tips Keamanan Server VPS

6. Install Plugin Backup

Plugin backup berguna untuk mengembalikan kondisi WordPress Anda sebelum serangan hack terjadi. Dengan begini, website Anda tetap bisa berfungsi dengan normal sembari Anda memperbaiki celah keamanan website yang ada.

Jika penyedia hosting menyediakan fitur backup —seperti Niagahoster yang melakukan backup otomatis seminggu sekali— Anda tetap harus menginstall plugin ini sebagai upaya pencegahan tambahan. Lebih baik mempunyai dua file backup yang berbeda daripada hanya satu, bukan?

backup file website

Nah, beberapa plugin backup WordPress yang kami rekomendasikan adalah:

  • BackupBuddy—sudah lebih dari 1,5 juta pengguna menggunakan plugin ini menunjukkan bahwa orang-orang mempercayai kemampuannya. Beberapa fitur utama BackupBuddy adalah backup otomatis, backup terjadwal, dan masih banyak lainnya.
  • BlogVault—salah satu plugin WordPress terpopuler ini mempunyai fitur-fitur keren. Mulai dari backup otomatis setiap hari, backup manual, dan penyimpanan file backup selama 90 hari.
  • BoldGrid Backup—plugin ini mempunyai fitur sederhana tapi berguna, yakni backup otomatis dan kemudahan restore.

7. Amankan File Website dengan Antivirus Terbaik

Enam tips keamanan website di atas tak akan bekerja optimal jika Anda mengunggah file yang didalamnya terdapat virus atau malware. Maka dari itu, pastikan Anda melakukan scan file-file di komputer menggunakan antivirus terbaik sebelum mengunggahnya ke website.

amankan file website

Di bawah ini beberapa antivirus terbaik yang bisa Anda coba:

  • Kaspersky Total Security—siapa yang tak kenal dengan antivirus yang satu ini? Kaspersky Total Security merupakan paket komplit dari lini produk Kaspersky. Antivirus ini dibekali dengan berbagai perlindungan yang membuat Anda tenang saat mengunggah file ke website.
  • BitDefender Antivirus Plus—salah satu fitur utama dari BitDefender Antivirus Plus adalah scan file dilakukan di dalam cloud-nya. Dengan begitu, memori komputer Anda hampir tidak terpengaruh oleh proses scan tersebut.
  • ESET Smart Security Premium—keunggulan dari ESET Smart Security Premium adalah kemampuannya mendeteksi jenis malware yang belum dikenal. Tak banyak antivirus lain yang punya fitur seperti ini, lho.

Ingin menggunakan antivirus terbaik lainnya? Tenang, kami sudah membuat daftar lengkap yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan di artikel → 8+ Antivirus Terbaik Untuk Amankan File Website

8. Ganti URL Login

Anda pasti sudah tidak asing dengan url berikut: www.websiteanda.com/wp-admin. URL tersebut merupakan URL login default bagi pengguna WordPress—dan hacker juga tahu mengenai celah keamanan ini. 

Biasanya, URL login tersebut rawan diserang oleh brute force attack. Maka dari itu, kami sarankan Anda mengganti URL login tersebut. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti panduan lengkapnya di artikel → Amankan URL Login WordPress Anda dengan Cara ini

9. Terapkan 2-Factor Authentication

2-Factor Authentication (2FA) adalah metode keamanan yang memungkinkan website melakukan verifikasi pengguna secara real-time dengan kode unik yang dibuat saat itu juga. Dashboard WordPress Anda akan diblokir sebelum user memasukkan kode unik tersebut.

2FA ini merupakan metode populer yang sudah diterapkan oleh perusahaan ternama, seperti Gmail, Facebook, Yahoo, dan lain sebagainya. Metode ini mengharuskan pengguna memasukkan username dan kata sandi mereka secara normal. Setelah itu, akan muncul kolom baru dimana Anda harus memasukkan kode OTP (one-time password) yang dikirimkan melalui SMS atau e-mail.

Baca juga: Cara Menghindari Blacklist Google dalam 5 Langkah Mudah [Terbaru!]

10. Batasi Percobaan Login

Brute force attack merupakan upaya membobol web security dengan memasukkan ribuan kombinasi username dan password agar bisa masuk ke dashboard website Anda. Walaupun terdengar menyeramkan, Anda bisa mencegah brute force attack dengan membatasi percobaan login.

Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti panduan mudahnya di → Cara Mengamankan Login WordPress

11. Logout Otomatis

Apakah Anda sering langsung menutup tab browser tanpa logout setelah selesai menggunakan dashboard WordPress? Bagaimana kalau ada orang lain yang menggunakan browser tersebut, lalu masuk ke dashboard tanpa login, membuat akun admin baru, dan kemudian mengutak-atik website tanpa Anda ketahui?

Mungkin ini terdengar paranoid bagi Anda sebagai pemilik website, tapi lebih baik sedia payung sebelum hujan, bukan?

Nah, Anda bisa mencegah hal-hal yang mengancam keamanan web dengan membuat akun user melakukan logout otomatis. Logout otomatis ini akan dijalankan apabila akun tersebut sudah tidak aktif dalam jangka waktu tertentu.

Caranya juga tidak sulit, kok. Pada WordPress, Anda hanya perlu menginstall plugin seperti Inactive Logout dan melakukan konfigurasi pada plugin yang bersangkutan.

Baca Juga: Cara Membuat Custom Login di WordPress

12. Perlindungan DDos

DDos adalah serangan dari hacker yang dilakukan dengan cara membanjiri trafik pada server web sehingga web kelebihan beban (overload). Efeknya, website Anda tak akan bisa diakses sama sekali.

Untungnya, Anda bisa memperketat web security dari serangan DDos dengan menggunakan layanan keamanan dari pihak ketiga seperti CloudFlare. Kami sudah menuliskan panduan pengaturannya di artikel

13. Atur Google Analytics dan Search Console

Google memiliki dua tools yang wajib digunakan oleh semua pemilik website, yakni Google Analytics dan Search Console. Selain bisa mengawasi trafik dan ranking di hasil pencarian, kedua tools ini juga bisa mendeteksi serangan hack, lho.

Misalnya pada serangan SEO Spam Hack. Serangan ini memungkinkan hacker untuk memasukkan link milik mereka dan spam keyword pada halaman Anda yang mendapatkan rangking atas di Google. Efeknya, Anda justru mempromosikan website milik hacker tersebut secara gratis.

Nah, dengan Google Analytics Anda bisa mengetahui serangan SEO Spam Hack jika tiba-tiba terdapat keyword aneh yang sebelumnya tidak Anda masukkan. Sementara pada Google Search Console terdapat fitur yang memungkinkan Anda memantau apabila ada masalah keamanan pada website.

Anda bisa membaca panduan kami dalam mengatur Google Analytics di artikel →Cara Menggunakan Google Analytics (Panduan Lengkap). Sedangkan untuk panduan Google Search Console Anda bisa membacanya di →Panduan Lengkap Google Search Console

Lindungi Keamanan Website Anda dari Hacker dan Malware!

Bisa Anda simpulkan, keamanan website adalah prioritas utama bagi setiap pemilik website. Cara mencari celah keamanan website saja tidak cukup untuk membuat web aman dari berbagai serangan cyber.

Jika Anda belum menerapkan salah satu cara memperketat keamanan web di atas sama sekali, bisa dipastikan bahwa situs  Anda sedang dalam bahaya. 

Memang tidak mungkin untuk membuat website 100% aman dari hacker. Sebab, hacker selalu saja mempunyai cara baru untuk menyerang situs dan melakukan hal-hal yang mereka inginkan. Namun setidaknya, dengan tips keamanan di atas Anda sudah berusaha membuat hacker kesulitan untuk melakukan aksinya.

Jika Anda merasa tips-tips di atas masih kurang, kami juga memiliki ebook gratis yang mengupas tuntas cara meningkatkan keamanan website dengan lengkap, lho. Mulai dari langkah dasar hingga langkah mendalam seperti mengamankan file permission dan database di situs Anda. Tertarik? Klik saja gambar di bawah ini untuk mengunduhnya:

ebook keamanan website

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *