Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Mengubah URL WordPress di Database MySQL via PhpMyAdmin

2 min read

Cara Mengubah Url WordPress Melalui PhpMyAdmin

Saat memindahkan website WordPress ke folder atau domain yang berbeda, Anda harus mengubah URL WordPress di beberapa tabel database MySQL melalui phpMyAdmin.

Hal ini penting, karena WordPress menggunakan database MySQL untuk menyimpan semua data seperti postingan, halaman, dan konfigurasi website. Jadi, Anda harus mengupdate informasi URL yang ada di dalamnya juga.

Pada tutorial kali ini, kami akan menjelaskan cara lengkap mengubah URL WordPress melalui database MySQL di PhpMyAdmin. Yuk disimak!

Baca juga: Cara Mengganti Username WordPress

Cara Mengubah URL WordPress di phpMyAdmin dalam 6 Langkah Mudah

Langkah 1: Tentukan Nama Database MySQL dari WordPress Anda

Anda dapat melewati langkah ini jika hanya memiliki satu database MySQL. Akan tetapi, bagaimanapun juga jika Anda memiliki lebih dari satu database dan tidak mengetahui dengan pasti database mana yang digunakan, silakan lakukan pengecekan terlebih dahulu.

WordPress menyimpan nama dan detail database MySQL pada file wp-config.php. Silakan akses file wp-config.php pada direktori WordPress Anda. Untuk mengaksesnya, Anda dapat menggunakan File Manager atau FTP client.

cara mengubah url wordpress

Silakan buka file wp-config.php, dengan cara klik kanan kemudian pilih Edit dan cari baris ‘DB_NAME’.

mengubah url wordpress

Pada contoh ini, untuk nama database MySQL adalah niagahos_wp702.

Baca juga: Cara Login ke phpMyAdmin Dengan dan Tanpa cPanel

Langkah 2: Buka phpMyAdmin

Anda dapat menemukan phpMyAdmin pada bagian Databases di kontrol panel hosting Anda.

php myadmin di cpanel

Langkah 3: Tentukan Database yang Sesuai di wp-config.php

Pada bagian menu sebelah kiri di phpMyAdmin, Anda dapat melihat database untuk website. Silakan pilih database yang sama pada file wp-config.php, pada contoh ini adalah niagahos_wp702.

mengubah url blog

Langkah 4: Ubah URL WordPress dengan Memformat Query SQL

Klik menu SQL pada phpMyAdmin dan masukkan kode di bawah ini pada kolom yang tersedia. Pastikan tabel prefix wp_ sesuai dengan yang Anda miliki, pada contoh ini tabel prefix menggunakan wpcr_. Keterangan lebih lengkap bisa Anda lihat pada kode di bawah ini.

UPDATE wp_options SET option_value = replace(option_value, 'urllama.com', 'urlbaru.com') WHERE option_name = 'home' OR option_name = 'siteurl';
UPDATE wp_posts SET guid = replace(guid, 'urllama.com', 'urlbaru.com');
UPDATE wp_posts SET post_content = replace(post_content, 'urllama.com', 'urlbaru.com');
UPDATE wp_postmeta SET meta_value = replace(meta_value, 'urllama.com', 'urlbaru.com');

Kode ini akan menggantikan semua instances dari urllama.com ke urlbaru.com. Sebagai contoh, jika alamat WordPress pada tabel saat ini adalah urllama.com, akan diubah menjadi urlbaru.com.

PENTING – Jangan lupa ganti urllama.com dengan alamat website WordPress sebelumnya dan urlbaru.com dengan alamat website WordPress baru.

update url wordpress

Terkadang untuk tabel prefix berbeda pada setiap layanan hosting, tidak selalu menggunakan wp_. Jika Anda mendapatkan pesan error wp_options, wp_posts, wp_postmeta cannot be found, silakan cek kembali tabel prefix dan update code SQL query.

Anda dapat melihat tabel prefix di bagian kiri pada phpMyAdmin, dalam database WordPress. Pada contoh ini, tabel prefix menggunakan wpcr_.

tabel prefix

Langkah 5: Jalankan Query SQL

Setelah Anda mengganti URL dan tabel prefix, Anda dapat menjalankan query. Untuk menjalankannya, silakan klik tombol GO yang berada di bagian kanan bawah.

klik go

Baca juga: Cara Mengatasi Syntax Error

Langkah 6: Cek Perubahan URL pada Tabel

Jika query sudah berhasil dieksekusi, Anda akan melihat pesan berhasil berwarna hijau.

pesan sukses

Nomor baris akan berbeda untuk setiap website WordPress.

Untuk mengecek perubahan, silakan buka tabel wp_options dan cek baris home serta siteurl. Anda akan melihat URL WordPress baru dari query SQL.

ubah url wordpress

Jika terjadi kesalahan dan query tidak dapat dieksekusi, cek kembali kode untuk syntax yang error dan pastikan Anda menggunakan tabel prefix yang benar. Jika masih mengalami error, silakan hubungi staf support dari hosting Anda berada.

Baca Juga : Cara Membuat Hak Akses User WordPress

Kesimpulan

Setelah menyelesaikan tutorial ini, Anda telah mengetahui cara mengubah URL WordPress melalui database MySQL menggunakan phpMyAdmin.

Dengan begitu, Anda bisa mengubah URL dengan mudah saat melakukan perubahan nama domain. Di samping itu, Anda juga dapat mengetahui informasi nama database yang digunakan untuk website WordPress Anda.

Nah, apakah Anda tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang cara mengelola website WordPress? Yuk download ebook gratis Niagahoster yang berisi panduan pengelolaan website WordPress untuk pemula:

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

5 Replies to “Cara Mengubah URL WordPress di Database MySQL via PhpMyAdmin”

  1. saya menggunakan plugin Yoast. Jika saya ingin merubah kata pada judul artikel dan judul pada Yoast kode apa yang harus saya ketik. Misalkan saya ingin merubah kata “Mei” menjadi “Juni”. Namun tidak merubah kata yang ada didalam artikel. Mohon solusinya terimakasih

    1. Jika ingin merubah judul bisa ditambahkan pada snippet menu yoast,
      Biasanya menu tersebut ada di bagian bawa artikel yang sedang ditulis

  2. ” PENTING – Jangan lupa ganti urllama.com dengan alamat website WordPress sebelumnya dan urllama.com dengan alamat website WordPress baru. ”

    ada sedikit salah ketik sepertinya,

  3. bang misalnya saya salah memasukan url (website orang lain). dan saya editnya di wp-admin,, ternyata skrg tidak bisa di akses lagi wp saya mas…
    apakah itu bisa di perbaiki, meskipun saya edit nya di wp-adminnya langsung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *