David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Cara Mengubah Hostname pada VPS Ubuntu

2 min read

cara merubah hostname

Mengubah hostname pada VPS hosting sangat disarankan karena tujuannya supaya user mudah mengingat hostname tersebut. Caranya pun cukup mudah. Jika Anda menggunakan sistem operasi Ubuntu, mengubah hostname VPS dapat dilakukan dengan empat metode berbeda. Nah, di artikel ini kami akan membahas sampai tuntas cara mengubah hostname pada VPS Ubuntu.

Cara Mengubah Hostname pada VPS Ubuntu

Pada tutorial ini kami akan menjelaskan empat cara mengubah hostname VPS di Ubuntu. Empat cara tersebut adalah:

  • Mengubah hostname melalui member area Niagahoster
  • Menggunakan perintah hostnamectl
  • Menggunakan perintah hostname
  • Mengubah hostname secara manual

Kami akan menjelaskan satu per satu metode di atas. Pilih salah satu metode yang paling mudah menurut Anda.

1. Mengubah Hostname Melalui Member Area  Niagahoster

Cara  paling mudah untuk mengubah hostname pada server adalah menggunakan member area Niagahoster. Berikut adalah cara mengubah hostname melalui member area Niagahoster:

1. Login Panel Niagahoster

 Masukkan username dan password Anda lalu klik login

2. Pilih Menu VPS

Setelah login ke member area Niagahoster, Anda bisa cari menu VPS dan klik tombol kelola.

3. Cari Menu Hostname

 Setelah masuk dashboard panel VPS, cari menu hostname dan klik kelola.

4. Masukkan Hostname Baru

Kemudian masukkan nama hostname yang Anda inginkan.

5. Klik Ubah Hostname

Setelah selesai memasukkan hostname baru, klik ubah hostname untuk menyimpan perubahan.

Setelah itu,  sistem panel akan melakukan reload browser dan hostname Anda berhasil diubah. .

2. Menggunakan perintah hostnamectl

Sebelum mengubah hostname menggunakan hostnamectl, Anda harus menginstall systemd terlebih dahulu. Sebab hostnamectl adalah bagian dari systemd. Untuk menginstall systemd, masukkan perintah berikut:

# apt-get install systemd

Setelah systemd terinstall, Anda bisa masukkan perintah berikut untuk melihat informasi sistem dan informasi hostname.

# hostnamectl

Perintah di atas akan menghasilkan keterangan hostname seperti ini:

Untuk mengubah hostname menggunakan hostnamectl, masukkan perintah berikut.

# hostnamectl set-hostname niagahoster

Di tutorial ini kami mengganti hostname dari iCrowdblog menjadi niagahoster. Anda bisa mengganti niagahoster sesuai hostname yang Anda inginkan. Perintah di atas tidak akan menghasilkan output apa pun. Untuk memastikan nama host sudah berubah, Anda bisa re-login server atau menggunakan perintah di bawah ini:

# hostnamectl

Gambar di atas adalah hasil perubahan hostname dari iCrowdblog menjadi niagahoster menggunakan metode hostnamectl.

3. Menggunakan perintah hostname

Cara kedua untuk mengubah hostname pada VPS Ubuntu adalah menggunakan perintah hostname. Metode ini biasanya digunakan ketika Anda hanya ingin mengubah hostname untuk sementara, bukan permanen. Menggunakan perintah hostname untuk mengubah nama host hanyalah bersifat sementara. jika Anda me-reboot sistem, nama host akan dikembalikan ke nama yang semula. perintah hostname berguna dalam situasi dimana Anda memiliki tugas kecil yang memerlukan perubahan sementara dan tidak ingin membuat perubahan permanen.

Untuk memulai metode ini, masukkan perintah hostname yang akan menghasilkan keterangan seperti di bawah ini:

Bisa dilihat pada keterangan di atas hostname VPS-nya adalah niagahoster. Untuk mengganti hostname tersebut, masukkan perintah di bawah ini:

# hostname Niagaweb

Ganti perintah niagaweb dengan nama host yang Anda inginkan. Perintah di atas tidak akan memberikan output apa pun. Untuk melihat perubahan  nama host, Anda dapat masukkan perintah berikut.

# hostname

4. Mengubah Hostname dengan cara manual

Metode ketiga mengubah hostname adalah dengan cara manual. Untuk mengubah hostname secara manual, Anda harus masuk ke direktori etc dan cari file etc/hostname dan etc/hosts. Anda bisa memulai proses mengubah hostname menggunakan perintah berikut:

# nano /etc/hostname

Kemudian akan muncul output seperti di atas. Pada gambar di atas, hostname VPS-nya adalah niagahoster. Anda bisa langsung menghapus hostname tersebut dan menggantinya dengan hostname baru.

Setelah itu, klik CTRL+X > klik y > klik ENTER untuk menyimpan perubahan hostname yang Anda lakukan.

Selanjutnya, Anda perlu mengubah file di /etc/hosts. Masukkan perintah di bawah ini untuk masuk ke file hosts.

# nano /etc/hosts

Output perintah diatas adalah tampilan dari IP server, nama domain sistem, dan hostname. Di tutorial ini nama domain sistem dan hostname yang ada adalah niagahoster, jadi setiap tampilan file hosts berbeda-beda tergantung dari hostname dan nama domain sistem server Anda. Setelah itu, klik CTRL+X > klik y > klik ENTER untuk menyimpan perubahan hostname yang Anda lakukan. 

Selanjutnya setelah perubahan hostname selesai Anda bisa melakukan relogin server, untuk melihat hasil perubahan dari hostname.

Kesimpulan

Mengubah hostname di VPS Ubuntu cukup mudah. Sekarang Anda bisa melakukannya baik melalui panel Niagahoster maupun terminal Ubuntu. Demikian cara mengubah Hostname pada VPS Ubuntu. Jika masih ada pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan di kolom komentar. Jangan lupa juga subscribe untuk mendapatkan informasi VPS dan WordPress dari kami.

0
David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 4 =