Cara Menghilangkan Spam di Blog Wordpress - Niagahoster Blog

Cara menghilangkan spam di WordPress ada beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan, salah satunya menggunakan plugin. Secara default, website WordPress memungkinkan pembaca untuk meninggalkan komentar di bawah postingan. Komentar adalah cara terbaik untuk berinteraksi dengan pembaca dan mendapatkan umpan balik dari mereka.

Sayangnya, komentar pada WordPress seringkali menjadi target spammer. Mereka menggunakan software otomatis untuk berkomentar dan meninggalkan back link ke halaman website mereka. Serbuan spam ini tidak hanya menyerang website populer. Bahkan blog WordPress yang belum populer bisa mendapatkan ribuan komentar spam.

Komentar-komentar tersebut akan cukup mengganggu blog WordPress yang Anda miliki, seperti meningkatkan penggunaan bandwidth dan resource. Bahkan, dalam jangka panjang dapat berefek buruk pada posisi di search engine. Ulasan berikut akan membahas bagaimana cara melakukan setup pada wordpress dengan proteksi anti spam dan menghentikan para spammer. Cara menghilangkan spam dengan langkah ini dinilai cukup efektif.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah-langkah di bawah ini, pastikan Anda dapat mengakses dashboard WordPress.

Langkah 1: Cara Menghilangkan Spam dengan Instalasi & Konfigurasi Plugin Akismet

Plugin yang cukup populer untuk menghentikan komentar spam adalah Akismet. Plugin ini mengirimkan semua komentar pada website ke server Akismet, yang mana mereka akan melakukan pengecekan menggunakan algoritma kompleks. Jika komentar tersebut dianggap sebagai spam, maka Akismet akan menyaringnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi plugin Akismet:

1. Login ke dashboard WordPress.

2. Pilih menu Plugins > Installed Plugins kemudian klik Activate.

akismet cara menghilangkan spam

3. Kemudian Anda akan melihat pesan berwarna hijau. Klik tombol Activate your Akismet account.

4. API key diperlukan supaya Akismet dapat berjalan dengan baik. Silahkan klik tombol Get your API key untuk memprosesnya. Jika Anda sudah memiliki API key, silakan langsung masukkan pada form yang sudah tersedia kemudian klik tombol Use this key.

5. Anda akan diarahkan ke halaman website milik Akismet. Klik tombol Get An Akismet API Key.

6. Selanjutnya, Anda perlu untuk mendaftar akun Akismet. Silakan masukkan email, username dan password untuk akun Akismet Anda kemudian klik tombol Sign Up.

7. Silakan pilih Basic plan dan klik tombol Get Started.

8. Silakan gunakan slider dan arahkan pada $0/year, masukkan informasi kontak Anda dan klik tombol Continue.

9. Anda akan dialihkan ke halaman akun Akismet. API key dapat ditemukan pada bagian atas di halaman tersebut. Silakan klik ikon berbentuk mata dan copy API keynya.

10. Silakan kembali ke dashboard WordPress Anda, pilih menu Settings > Akismet untuk membuka halaman seting Akismet dan paste API key yang sebelumnya telah di Copy. Klik tombol Use This key.

11. Anda akan melihat pesan dengan blok berwarna hijau pada bagian atas halaman dashboard WordPress.

Selamat, Anda telah berhasil menginstal plugin Akismet. Sekarang semua komentar yang berupa spam secara otomatis akan masuk ke dalam Folder Spam dan akan dihapus setelah 15 hari. Cara menghilangkan spam dengan plugin ini banyak diterapkan oleh para pemilik website.

Langkah 2: Gunakan Google ReCaptcha untuk Menghentikan Komentar Spam pada WordPress

Cara menghilangkan spam yang cukup efektif untuk melawan spammer pada blog WordPress adalah dengan menggunakan ReCaptcha. Menggunakan auto generate sebuah gambar dari karakter dan visitor Anda dapat membuktikan jika mereka adalah manusia dengan mengetikkan karakter sesuai gambar yang muncul ke dalam kolom yang tersedia.

ReCaptcha adalah cara yang cukup bagus untuk menghentikan komentar spam jika spamer menggunakan software otomatis untuk berkomentar pada website WordPress. Sayangnya, jika spam yang dikirimkan secara manual tidak cukup efektif untuk menyaringnya.

Meskipun cukup banyak plugin berupa ReCaptcha yang tersedia untuk WordPress, kami merekomendasikan untuk menggunakan WordPress ReCaptcha Integration by Jörn Lund, karena cukup  mudah digunakan dan user friendly. Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk menginstall dan melakukan konfigurasi plugin tersebut:

1. Silakan akses dashboard admin WordPress website Anda dan buka menu Plugins.

2. Silakan search plugin WordPress ReCaptcha Integration kemudian lakukan instalasi dengan mengklik tombol Install Now.

3. Ketika proses instalasi sudah berhasil, silakan pilih menu Settings > ReCaptcha

4. Untuk menyeting ReCaptcha, Anda memerlukan Site key dan Secret key dari Google. Silakan klik Google reCAPTCHA admin page dan Anda akan diarahkan ke Google halaman admin Google ReCaptcha. Sebagai info, diperlukan akun Google untuk menuju halaman tersebut.

5. Pertama tama, Anda perlu untuk mendaftarkan blog Anda dengan memasukkan nama domain pada kolom Label dan Domains, kemudian klik tombol Register.

6. Site key dan Secret key akan digenerate untuk blog Anda seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

7. Silakan copy keduanya (Site key dan Secret key) dan buka kembali halaman seting plugin ReCaptcha pada dashboard admin WordPress website Anda.

8. Silakan Paste kedua key tersebut pada kolom yang tersedia kemudian klik tombol Save Changes.

9. Sekarang Anda akan melihat melihat menu pengaturan. Silakan aktifkan ReCaptcha untuk komentar website dengan menekan tombol Comment Form.

10. Pada bagian bawah silakan klik tombol Save Settings.

Pada tahap ini Anda telah berhasil menginstal dan mengaktifkan Google ReCaptcha. Saat ini user dari website Anda harus melengkapi ReCaptcha terlebih dahulu sebelum mengirimkan sebuah komentar.

Kesimpulan

Komentar spam tentunya akan cukup merugikan untuk website WordPress Anda dan bahkan hosting dimana website Anda berada. Komentar spam akan meningkatkanp penggunaan bandwidth dan resource, bahkan juga berefek negatif terhadap posisi ranking di search engine. Dengan menyelesaikan tutorial cara menghilangkan spam komentar, Anda dapat mempelajari bagaimana melindungi blog WordPress dari komentar spam.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Scroll Up