Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

25+ Cara Menghasilkan Uang dari HP, Ini Rekomendasinya!

13 min read

cara mendapatkan uang dari hp

Di zaman yang serba online ini, cara menghasilkan uang dari HP bukanlah hal yang sulit. Banyak program di berbagai platform yang menawarkan cuan untuk Anda yang mau mencari cara mendapatkan uang dari internet.

Namun, dengan begitu menjamurnya website berbahaya, sangat penting bagi Anda untuk berhati-hati dalam menjelajahi dunia online.

Tapi jangan khawatir, karena di artikel ini kami akan membagikan berbagai cara mendapatkan uang dari HP yang terbukti aman dan terpercaya. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak artikelnya!

Cara Menghasilkan Uang dari HP

Bagi Anda yang masih bingung untuk memulai, ada banyak cara mendapatkan uang dari HP yang kami jelaskan di artikel ini termasuk langkah-langkahnya. Bahkan, ada yang bisa Anda lakukan tanpa modal!

Nah, untuk yang baru memulai, berikut cara menghasilkan uang dari HP untuk mendapatkan rupiah hanya dari genggaman tangan:

  1. Membuat Toko Online
  2. Menjadi Dropshipper
  3. Mengikuti Program Afiliasi
  4. Menjadi Freelancer
  5. Membuka Paid Promote di Media Sosial
  6. Jadi Kontributor Foto dan Video
  7. Mengikuti Misi di Aplikasi TikTok
  8. Membaca Artikel
  9. Menjual Barang Preloved
  10. Jadi Joki Game Online
  11. Menawarkan Jasa Kelola Media Sosial
  12. Ikut Giveaway di Media Sosial
  13. Membangun Channel Youtube
  14. Bergabung ke Program Referral
  15. Menjadi Travel Planner

Mau tahu detailnya lebih lanjut beserta opsi lain yang bisa Anda lakukan? Yuk simak cara menghasilkan uang dari HP paling cuan yang bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan!

1. Membuat Toko Online

cara menghasilkan uang dari hp dengan membangun toko online

Membangun toko online adalah salah satu ide yang direkomendasikan untuk menghasilkan uang melalui ponsel pintar.

Dengan adanya akses mudah ke internet dan berbagai platform e-commerce yang tersedia, memulai bisnis online menjadi lebih terjangkau dan menjanjikan. 

Melalui strategi yang tepat, membuat toko online dapat menjadi cara menghasilkan uang melalui smartphone yang efektif untuk Anda. Berikut ini beberapa tips untuk menarik minat dan melibatkan calon pelanggan dalam membangun toko online:

  • Memberikan Pengalaman Berbelanja yang Menarik. Pastikan tampilan toko online Anda menarik dan mudah dinavigasi. Desain yang menarik dan responsif akan memberikan pengalaman berbelanja yang baik kepada calon pelanggan. Selain itu, perhatikan juga deskripsi produk yang jelas, gambar yang menarik, dan informasi harga dan ketersediaan yang akurat.
  • Mempromosikan Melalui Media Sosial. Manfaatkan kekuatan media sosial untuk mempromosikan toko online Anda. Buat akun bisnis di platform media sosial yang relevan dengan target pasar Anda. Lalu, terapkan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik minat pembeli seperti berinteraksi dengan pengguna dan posting konten yang mengikuti tren terkini. 
  • Menawarkan Diskon dan Promosi Khusus. Untuk menarik menjaring calon konsumen, Anda dapat memberikan diskon untuk pembelian pertama, mengadakan flash sale, atau memberikan hadiah gratis dengan jumlah pembelian tertentu.
  • Membangun Kepuasan Pelanggan. Untuk meningkatkan loyalitas konsumen, perhatikan indikator kepuasan pelanggan seperti kualitas dan harga produk. Pastikan juga untuk mencatat ulasan dan feedback dari pelanggan, lalu gunakan informasi tersebut untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan Anda. 
CTA banner web hosting

2. Menjadi Dropshipper

Salah satu cara menghasilkan uang dari handphone tanpa modal adalah menjadi dropshipper. Kalau Anda belum tahu, dropship adalah model bisnis di mana seseorang menjual produk yang dibuat oleh pihak lain.

Namun, untuk menjual barang atau layanan tersebut, dropshipper tak perlu menyimpan stok barang dan mengirimkannya sendiri ke konsumen. Justru supplier lah yang mengirimkan produknya ke konsumen atas nama toko online Anda.

Untuk memulai bisnis dropship, carilah supplier yang menyediakan produk yang ingin Anda jual. Kemudian lakukan kesepakatan terkait komisi, distribusi foto-foto produk, update produk baru, dan hal lainnya. Setelahnya, barulah Anda bisa mempromosikan produk di toko online Anda. 

contoh sukses meraih cuan dari menjadi dropshipper

Meskipun bisa dikatakan margin keuntungannya tidak sebesar berjualan produk sendiri, tapi hasilnya cukup menjanjikan. Salah satu contoh sukses dari bisnis dropship ialah Budi Irawan pemilik Elira yang memulai bisnis dropship hingga sukses memiliki brand sepatu dan toko online sendiri.

Tak heran kalau dropship menjadi salah satu rekomendasi cara menghasilkan uang dari hp tanpa modal yang menjanjikan. 

3. Mengikuti Program Afiliasi

program afiliasi niagahoster

Cara menghasilkan uang dari hp tanpa modal yang selanjutnya adalah bergabung program afiliasi. Afiliasi adalah program yang memberikan komisi kepada setiap orang yang berhasil menjual produk suatu brand. 

Kalau Anda ingin menjadi mencoba cara menghasilkan uang dari smartphone yang satu ini, Anda bisa mendaftar ke sebuah program afiliasi dulu. Di luar negeri, salah satu program yang populer adalah eBay Partner Network.

Nah, di Indonesia ada Program Afiliasi Niagahoster yang membuka pendaftaran tanpa biaya.

Setelah mendaftar, Anda bisa membuat kode kupon atau menyalin link referral yang sudah tersedia. Setiap berhasil menjual produk Niagahoster lewat kode referral atau link tersebut, Anda akan mendapat komisi hingga 70% dari total penjualan.

4. Menjadi Freelancer

cara menghasilkan uang lewat android dengan menjadi freelancer

Cara mendapatkan uang lewat Android lainnya berikutnya yaitu menjadi freelancer. Menjadi freelancer kini sangat mudah berkat adanya platform-platform freelance, seperti Fiverr, Upwork, dan Sribulancer.

Di beberapa platform ini Anda bisa menawarkan keahlian Anda seperti desain, menulis artikel, editing foto, dan lain sebagainya.

Anda hanya perlu menginstall aplikasinya, daftar akun, mengisi profil akun, upload portofolio sesuai skill yang Anda miliki, dan menunggu proses verifikasi. Setelah verifikasi berhasil, Anda tinggal menunggu orderan datang, lakukan kesepakatan dengan klien, dan Anda akan uang setelah proyek selesai.

Kalau Anda ingin sukses menjalankan cara menghasilkan uang dari smartphone yang satu ini, ikuti saja tips-tips dari kami di artikel Cara Mendapatkan Uang dari Freelancer.

5. Membuka Paid Promote di Media Sosial

Cara dapat uang dari HP selanjutnya adalah membuka paid promote di sosial media. Saat ini media sosial merupakan platform yang paling berpengaruh dengan 191 juta orang pengguna aktif di Indonesia. 

Makanya, tak sedikit brand besar yang berpromosi lewat sosial media. Salah satunya dengan menawarkan kerja sama paid promote ke pengguna sosial media yang memiliki banyak follower seperti influencer.

Influencer adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat seperti selebriti, blogger, youtuber, dan public figure lainnya.

Apabila Anda ingin mendapat paid promote, kuncinya ialah akun sosial media Anda harus memiliki postingan menarik, jumlah pengikut yang banyak, dan insight yang tinggi.

Sudah punya poin-poin tersebut? Langsung saja buka jasa paid promote di akun Anda. Caranya, bisa tulis keterangan di bio, langsung mengajukan diri, sampai bergabung ke grup.

Bayaran paid promote untuk setiap akun tentu berbeda, dan ini mengacu pada kesepakatan. Misalnya tergantung pada jumlah followers, jumlah insight, atau jumlah rata-rata like pada setiap postingan. Namun, rata-rata fee paid promote untuk akun Instagram yang masih memiliki followers ribuan adalah Rp25-100ribu. 

6. Jadi Kontributor Foto dan Video

jadi kontributor foto dan video sebagai salah satu cara mendapatkan uang dengan cepat dari hp

Sayang sekali rasanya jika kumpulan foto dan video estetik di galeri HP Anda cuma dijadikan pajangan saja. Tapi jangan salah, Anda bisa mendapatkan uang dari smartphone dengan menjual foto dan video tersebut lho.

Bagaimana sih cara dapat uang dari HP dengan menjual foto atau video? Anda bisa mengunjungi platform tempat jual foto online seperti Shutterstock, Freepik, dan iStockPhoto. Bagi Anda yang ingin menjual karya dalam bentuk video, kunjungi saja situs VideoHive, VideoBlocks, dan Dissolve.

Penghasilan dari cara menghasilkan uang dari HP yang satu ini dihitung berdasarkan jumlah download. Kalau ada pengguna yang mengunduh karya Anda, maka Anda akan mendapatkan copyright fee dari platform tersebut. Yang dimaksud dengan copyright adalah, hak eksklusif untuk menyalin suatu karya.

7. Mengikuti Misi di Aplikasi TikTok

TikTok termasuk salah satu aplikasi yang bisa menghasilkan uang lewat HP. Memang sih, rebahan sambil scroll-scroll video TikTok itu candu. Tapi daripada tidak dapat apa-apa, lebih baik Anda manfaatkan misi untuk mendapatkan uang dari TikTok.

Bagi Anda yang belum tahu, aplikasi TikTok memberikan misi yang bisa Anda selesaikan untuk mendapat cuan. Misi ini bervariasi seperti mengundang teman, membagikan halaman event, menonton video, dan masih banyak lagi.

Setiap berhasil menyelesaikan misi, TikTok akan memberikan hadiah berupa, kupon, uang tunai, atau koin TikTok kepada Anda.

8. Membaca Artikel

Bagi Anda yang gemar membaca, manfaatkan hobi Anda untuk menambah penghasilan hanya dengan bermodalkan ponsel saja.

Caranya, selesaikan misi tertentu yang tersedia di aplikasi seperti BacaPlus, CashZine, NewsPie, dan lain sebagainya. Aplikasi tersebut menawarkan pengalaman membaca yang menyenangkan sambil memberikan imbalan kepada penggunanya.

Ketika Anda membaca artikel di platform ini, Anda akan mendapatkan poin atau koin yang dapat ditukar dengan uang tunai atau hadiah lainnya. Jadi, semakin banyak artikel yang Anda baca, semakin banyak poin atau koin yang dapat Anda kumpulkan.

9. Menjual Barang Preloved 

Ilustrasi jual barang preloved

Punya baju, celana, atau sepatu bekas yang masih layak pakai? Jual saja secara online. Nah, Anda di platform marketplace seperti Prelo, Carousell, OLX, Jualo, ataupun media sosial.  

Menjual pakaian bekas (preloved) dapat menjadi cara yang efektif untuk menghasilkan uang melalui smartphone Anda. Ada beberapa marketplace yang memungkinkan Anda untuk jualan baju online dengan mudah seperti OLX, Shopee, atau Tokopedia. 

Keuntungan dari berjualan di marketplace adalah Anda dapat mencapai audiens yang lebih luas dan mereka juga sudah menyediakan platform yang siap memfasilitasi proses penjualan dan transaksi. Namun, perlu diingat bahwa Anda akan dikenakan biaya admin atau komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan oleh konsumen.

Makanya, membangun website toko online sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan memiliki website, Anda memiliki kendali penuh atas bisnis tanpa perlu mengkhawatirkan biaya admin.

Membuat website juga tak perlu skill teknis yang mendalam, Anda bisa menggunakan platform seperti WordPress yang bisa diakses melalui HP. 

10. Jadi Joki Game Online

jadi joki game online adalah salah satu cara menghasilkan uang dari hp yang menarik

Ada banyak orang yang sibuk atau tidak memiliki waktu untuk bermain game tertentu, tetapi tetap ingin memajukan permainan mereka. Di sinilah joki game online berperan.

Makanya, bagi Anda yang hobi dan memiliki keahlian bermain game, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba cara menghasilkan uang dari HP yang satu ini. 

Tugas joki game online adalah memainkan game dengan akun pengguna jasa Anda sampai target yang telah disepakati. Misalnya, Anda menjadi joki game Mobile Legends. Anda bisa memainkan akun tersebut dari tier Epic hingga mencapai tier Mythic. 

Nah, biaya joki tergantung pada target yang diinginkan, semakin berat dan tinggi target tersebut, maka semakin mahal juga biaya jokinya. Oleh sebab itu, penghasilan joki game online bisa mencapai ratusan ribu rupiah per proyeknya.

Umumnya, jasa joki game online ditawarkan dari mulut ke mulut, media sosial, dan grup-grup “mabar” (main bareng).

11. Menawarkan Jasa Kelola Media Sosial

Skill mengelola akun media sosial bisa menjadi cara menghasilkan uang dari HP tanpa modal lho. 

Media sosial memang berperan penting dalam membangun branding dan meningkatkan penjualan online. Itulah mengapa, banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media manager untuk mengelola akun resmi mereka. 

Sebagai langkah awal, cobalah bergabung ke situs freelance dan tawarkan jasa pengelolaan akun media sosial. Jika ingin tampak lebih profesional, Anda bisa membuat web portofolio dan tunjukkan proyek-proyek yang pernah Anda tangani untuk membangun reputasi Anda sebagai social media manager. 

12. Ikut Giveaway di Media Sosial

mengikuti giveaway jadi salah satu cara menghasilkan uang dari smartphone yang mudah

Bergabung dalam giveaway di media sosial dapat menjadi cara yang menarik untuk menghasilkan uang melalui ponsel pintar Anda. Banyak pengguna media sosial atau perusahaan yang menyelenggarakan giveaway dengan hadiah uang tunai atau voucher yang dapat dimenangkan. 

Untuk berpartisipasi, Anda hanya perlu mengikuti aturan yang ditentukan oleh penyelenggara dan menyelesaikan tugas-tugas yang diminta, seperti mengikuti akun, menyebarkan postingan, mengundang teman atau membagikan komentar sebanyak-banyaknya.

Namun, penting untuk tetap berhati-hati saat akan mengikuti giveaway di media sosial. Pastikan untuk melakukan pengecekan terhadap keabsahan penyelenggara giveaway sebelum berpartisipasi. Pastikan juga untuk tidak memberikan informasi pribadi yang sensitif, ya. 

13. Membangun Channel Youtube

cara menghasilkan uang dari hp dengan membuka channel youtube

Kini membangun channel YouTube dan menjadi YouTuber bukanlah hal yang sulit lagi. Karena, Anda tidak harus memiliki kamera DSLR untuk membuat video yang bagus.

Anda dapat memanfaatkan kamera HP dan aplikasi edit video untuk mendukung proses produksi.

Berikut adalah beberapa tips mendapatkan uang dari YouTube yang bisa Anda praktikkan:

  • Temukan Niche yang Tepat. Pilihlah niche yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Fokus pada topik yang Anda kuasai atau memiliki minat yang tinggi. Ini akan membantu Anda menarik audiens yang tertarik dengan konten yang Anda sajikan. Misalnya, jika Anda mahir memasak, Anda bisa membangun channe YouTube yang berfokus pada resep dan tutorial memasak.
  • Buat Konten Berkualitas. Pastikan konten yang Anda buat memiliki nilai plus bagi penonton. Berikan informasi yang berguna, solusi bagi masalah yang umum dihadapi, atau sebagai sarana hiburan semata. Gunakan kualitas audio dan video yang baik, serta editing yang halus untuk memberikan pengalaman yang memuaskan bagi viewers.
  • Bangun Komunitas dan Interaksi. Berinteraksilah dengan penonton Anda secara aktif. Tanggapi komentar, pertanyaan, dan feedback yang mereka berikan. Anda juga bisa membuat video interaktif, seperti sesi tanya jawab atau konten challenge. Memperkuat hubungan dengan komunitas Anda akan membantu membangun loyalitas dan mendapatkan dukungan yang lebih besar dari penonton. 

Apabila Anda baru pertama kali terjun ke dunia content creator YouTube, dan bingung apa yang harus dipersiapkan, Anda bisa baca beberapa cara menjadi YouTuber pemula yang sudah kami rangkum secara lengkap.

14. Bergabung ke Program Referral

Mengikuti program referral dapat menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari HP tanpa modal yang efektif.

Banyak aplikasi atau platform yang menawarkan program referral di mana Anda dapat mendapatkan imbalan dengan mengajak orang lain untuk bergabung. Biasanya, Anda akan diberikan referral code yang nantinya bisa dibagikan ke orang lain.

Kode referral adalah kode unik yang digunakan untuk mengajak orang membeli suatu produk atau bergabung ke dalam keanggotaan suatu platform. Ketika seseorang menggunakan kode Anda saat mendaftar atau melakukan pembelian, Anda akan menerima hadiah yang bisa berupa uang tunai, poin, diskon, atau yang lainnya.

Di Indonesia, Anda bisa bergabung ke Program Referral Niagahoster. Tak perlu punya channel atau akun media sosial dengan ribuan followers, siapa pun bisa mengikuti program ini.

Nantinya, Anda akan mendapat komisi hingga 20% setiap transaksi yang dilakukan dengan kode milik Anda.

15. Menjadi Travel Planner

cara menghasilkan uang dari hp tanpa modal adalah dengan menjadi travel planner

Menjadi seorang travel planner adalah salah satu cara dapat uang dari HP yang menjanjikan. Sebab, banyak orang yang tidak punya waktu untuk menyusun rencana perjalanan mereka dan mencari bantuan dari seorang travel planner. 

Apabila ingin mencoba cara dapat uang lewat smartphone yang satu ini, berikut adalah beberapa tips memulai bisnis travel planner yang paling efektif:

  • Kenali Tujuan dan Pasar Anda. Pahami tujuan wisata yang populer dan minat pasar target Anda. Fokus pada jenis perjalanan tertentu, seperti perjalanan solo, liburan keluarga, atau petualangan alam.
  • Kembangkan Network. Bangun koneksi dengan pihak-pihak terkait, seperti maskapai penerbangan, hotel, operator tur, atau agen perjalanan lainnya. Menjalin kerja sama ini akan membantu Anda mendapatkan penawaran terbaik untuk klien Anda.
  • Tingkatkan Value Bisnis. Selain merencanakan rute perjalanan dan akomodasi, tambah nilai plus dengan memberi informasi tentang destinasi populer, kuliner lokal, atau pengalaman unik lain yang dapat klien nikmati selama perjalanan.

16. Menjadi Tutor Online Bahasa Asing

tampilan website VerbalPlanet yang menyediakan tutor bahasa asing

Menjadi seorang tutor online bahasa asing adalah salah satu cara menghasilkan uang dari HP yang populer.

Kemajuan teknologi memungkinkan Anda mengajar bahasa kepada siswa dari mana pun tanpa harus bertemu secara fisik. Anda dapat menggunakan aplikasi atau platform pengajaran online yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan siswa melalui video call atau pesan teks.

Di Instagram misalnya, ada akun @boardicle yang menawarkan jasa tutor online bahasa Inggris. Mereka menetapkan harga sesuai dengan paket yang ditawarkan. Misalnya, dihitung dengan per pertemuan atau tiap materi pembelajaran.

Nah, menawarkan jasa ini bukan hanya bisa lewat Instagram saja kok. Anda juga bisa menawarkannya di platform lain seperti website Italki, VerbalPlanet, atau Learn4Good.

Untuk mempromosikan diri Anda sebagai tutor online bahasa asing, gunakan media sosial dan situs web untuk memasarkan layanan Anda. Buatlah konten-konten edukasi, seperti video tutorial atau tips belajar bahasa untuk menunjukkan skill Anda sehingga calon siswa jadi tertarik.

17. Menulis Transkrip Rekaman

mendapatkan uang dari hp dengan menulis transkrip rekaman di transcribeme

Menulis transkrip rekaman adalah salah satu cara menghasilkan uang melalui smartphone yang cocok untuk pemula.

Banyak orang atau perusahaan yang membutuhkan transkrip dari rekaman audio atau video. Pekerjaan ini banyak dicari di website-website penyedia jasanya seperti TranscribeMe. 

Lalu, bagaimana cara bergabung di situs ini? Pertama, Anda bisa mengunjungi situs TranscribeMe lalu ikuti tesnya terlebih dulu. Kalau sudah dinyatakan lolos, Anda akan dimasukkan dalam daftar tunggu proyek transkripsi mereka. 

Berbicara soal penghasilan, Anda akan mendapatkan imbalan dalam kurs dollar yang umumnya berkisar 200-300 ribu dalam Rupiah setiap jamnya. Sistem pembayaran dilakukan melalui PayPal dan nantinya Anda akan mendapat bayaran untuk proyek yang telah Anda kerjakan setiap minggunya.

18. Menulis dan Meramaikan Konten

menambah penghasilan dari hp dengan membuat dan meramaikan konten di platform steemit

Siapa sangka membeli like, komentar, dan vote serta menulis konten bisa menghasilkan cuan? Yap, di situs steemit.com, Anda bisa melakukan tugas ini untuk mendapat sejumlah rewards walau hanya melalui HP saja.

Anda bisa menulis konten menarik apapun di sini. Jika nantinya konten Anda memiliki banyak vote, Anda akan berkesempatan mendapatkan bayaran dengan mata uang kripto seperti STEEM. Jenis mata uang ini sama seperti Bitcoin yang bisa diperjualbelikan di bursa Bittrex. 

Bagaimana dengan Anda yang tidak menyukai kepenulisan? Anda bisa meramaikan konten orang lain dengan memberikan komentar, like, dan vote. Steemit akan memberikan dollar pada penulis komentar yang menarik.

19. Mengisi Survei Online

cara menghasilkan uang lewat android dari mengisi survei online

Cara menghasilkan uang dari HP yang populer berikutnya adalah mengisi survei online. Banyak perusahaan atau lembaga riset yang membutuhkan data dan ulasan dari konsumen untuk pengembangan produk atau pengambilan keputusan.

Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan mengisi survei di platform seperti JakPat, Nusaresearch, dan YouGov.

Imbalan dari pengisian survei sangat beragam. Mulai dari voucher belanja, tiket nonton bioskop, saldo e-wallet, pulsa, dan lain sebagainya. Besaran rewards bergantung pada jenis surveinya, tapi rata-rata partisipan akan mendapat saldo $1-$5 per survei yang dikerjakan.

20. Mengisi Captcha

Cara mendapatkan uang lewat smartphone populer yang selanjutnya yaitu mengisi captcha. Yang dimaksud dengan captcha adalah, tes keamanan yang harus diisi untuk membedakan antara manusia dan bot. 

Beberapa platform seperti 2captcha.com menawarkan kesempatan bagi pengguna untuk mengisi captcha dan mendapatkan imbalan dalam bentuk uang atau poin.

Mekanisme kerjanya terbilang mudah, Anda bisa memasukkan captcha sebanyak yang Anda mampu. Setiap 1000 captcha yang diinput bisa mendapatkan imbalan sejumlah $1 atau setara dengan Rp14 ribu. 

21. Menawarkan Jasa Copywriting 

Salah satu cara menghasilkan uang dari HP tanpa modal ialah copywriting. Bagi Anda yang belum tahu, copywriting adalah ilmu menulis teks persuasif yang dirancang untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan tindakan tertentu. 

Dalam konteks bisnis digital, copywriting sangat penting untuk membuat iklan, materi penjualan, konten website, dan bahkan pesan email yang bisa meyakinkan target audiens untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Mengapa Anda harus mencoba cara mendapatkan uang dari HP yang satu ini? Sebab, saat ini copywriting menjadi salah satu keterampilan yang paling dicari di dunia bisnis online. Banyak perusahaan dan individu yang membutuhkan penulis yang mampu menghasilkan teks-teks persuasif yang efektif. 

Kalau Anda sudah menguasai teknik copywriting dengan baik, Anda bisa langsung mulai menawarkan jasa ini. Bisa dengan mendapatkan klien dari platform freelance atau mempromosikan portofolio yang menampilkan karya copywriting Anda.

Kalau belum, Anda bisa belajar teknik copywriting dulu. Mulai dari cara membuat headline yang menarik hingga menulis body copy yang persuasif.

22. Menjadi Narator Audiobook

Di era digital ini, demand audiobook terus meningkat sehingga banyak penulis dan penerbit yang mencari narator untuk menghadirkan karya mereka dalam format audio.

Itulah mengapa, narator audiobook menjadi salah satu cara dapat uang dari HP yang populer.

menjadi narator audiobook di acx untuk menambah penghasilan dari hp

Salah satu website yang menyediakan jasa ini yaitu acx.com. Website satu ini akan memberikan imbalan uang untuk Anda yang lolos sebagai narator audiobook.

Anda hanya perlu membuat akun dan daftarkan diri terlebih dulu. Biasanya, pemilik project akan meminta Anda memberikan sampel suara saat membaca naskah buku selama beberapa menit.

Jika Anda lolos, maka Anda bisa mulai bekerja sama dengan pemilik project. Sistem pembayarannya berbeda pada tiap project, bisa saja pembayaran penuh di awal atau pembayaran dengan royalti 50% per penjualan audiobook. 

23. Menonton Video 

Tak hanya di TikTok, Anda bisa mendapatkan poin yang dapat ditukarkan dengan uang dengan menonton video di situs semacam Swagbucks. 

Biasanya, perhitungan selesainya tugas Anda akan berupa poin. Nah, poin Swagbucks ini nantinya dapat Anda redeem dalam bentuk saldo PayPal atau produk di Amazon dan Walmart. 

cara menghasilkan uang dari hp yang berikutnya adalah menonton video di swagbucks

Untuk memulainya, Anda hanya perlu membuat akun di Swagbucks. Jika sudah melewati proses verifikasi, Anda bisa mulai menonton video-video yang tersedia.

Jika dikalkulasikan, setiap video berdurasi sekitar 2 menit akan menghasilkan sebanyak 2 SB. Dalam sehari, Anda bisa mengumpulkan hingga 430 SB atau setara dengan 4 dollar. 

24. Menjadi Asisten Virtual

Untuk Anda yang saat ini yang memiliki pengalaman dalam pengelolaan rencana, maka menjadi asisten virtual merupakan pilihan yang tepat. Asisten virtual adalah pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas administratif secara online. 

Tugas asisten virtual sangat beragam tergantung dari kebutuhan yang diminta. Dari membuat pembukuan, mengurus email, membantu riset, menginput data, menghadiri meeting online, membuat perencanaan, sampai menjadi narahubung.

Saat ini sudah banyak platform yang menyediakan wadah bagi Anda yang ingin menawarkan jasa ini seperti Upwork, Fiverr, dan Fastwork.

25. Menjadi Streamer Games

Cara mendapatkan uang lewat HP tanpa modal bisa Anda lakukan dengan menjadi streamer games. Anda sering melihat para content creator yang melakukan streaming di Youtube atau Facebook? Memang, kini menjadi streamer bisa dilakukan meski hanya bermodalkan HP saja.

Cara mendapatkan uang lewat HP tanpa modal bisa dilakukan dengan menjadi streamer games

Sebagai streamer, Anda perlu konsisten dan memiliki pembawaan yang khas untuk menarik perhatian audiens dengan konten streaming Anda. Agar cepat terkenal dan menarik pasar, Anda bisa memainkan game yang sedang populer, seperti Mobile Legends, Free Fire, The Last of Us, Resident Evil, dan sebagainya.

Lantas, bagaimana streamer bisa mengantongi cuan? Nah, salah satu penghasilan streamer yaitu dari hadiah atau “saweran” dari para penggemarnya yang menyaksikan streaming tersebut..

Jika Anda sudah menjadi streamer terkenal, Anda tidak hanya mengandalkan uang dari penonton saja, bisa jadi Anda juga akan mendapatkan sponsor besar dari brand-brand terkenal.

26. Menjadi Voice Over Talent

Cara menghasilkan uang dari HP yang terakhir adalah menjadi voice over talent

Cara menghasilkan uang dari HP yang terakhir adalah menjadi voice over talent. Voice over merupakan pekerjaan yang tugasnya memberikan suara narasi untuk berbagai jenis konten, seperti iklan, video promosi, presentasi, audiobook, dan banyak lagi.

Lantas, mengapa voice over menjadi cara menghasilkan uang dari smartphone yang menjanjikan? 

Meskipun tampak simple, peluang bisnis online ini cukup menjanjikan lho. Sebab, media hiburan dan periklanan sekarang cukup berkembang. Jadi, banyak perusahaan hingga agensi pemasaran yang membutuhkan suara yang berkualitas untuk menyampaikan pesan mereka dengan efektif.

Dengan menjadi voice over talent, Anda dapat menawarkan jasa Anda kepada klien-klien potensial dan mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Kalau Anda tertarik menjadi talent voice over, coba ikuti beberapa tips berikut:

  • Ikuti pelatihan voice acting. Meskipun yang dibutuhkan hanya suara, Anda perlu belajar akting untuk mengetahui intonasi serta gaya berbicara yang sesuai konteks dan karakter media. Selalu dengarkan rekaman suara Anda untuk mengevaluasi hasil latihan;
  • Ikuti audisi pencarian voice over talent. Biasanya, perusahaan merekrut talent melalui audisi tertentu;
  • Unggah portfolio Anda ke berbagai platform digital. Selagi Anda berlatih, perkuat branding Anda sebagai voice over talent. Misalnya, dengan mengunggah video voice over ke TikTok saat Anda meniru berbagai karakter suara. Siapa tahu, ada perusahaan yang menonton video Anda dan tertarik merekrut Anda.

Cari Cuan dengan Cepat Hanya Menggunakan HP!

Nah, itulah 26 rekomendasi cara menghasilkan uang dari HP yang bisa Anda coba. Intinya, mencari uang di zaman sekarang mudah dilakukan karena kecanggihan smartphone yang bisa melakukan berbagai pekerjaan. 

Nah, kalau Anda ingin mendapatkan penghasilan yang besar dari cara cari uang lewat HP. Misalnya, menjadi freelancer, join afiliasi, atau jadi tutor online. Tentu Anda membutuhkan promosi yang lebih gencar dengan personal branding yang baik. 

Salah satu cara mewujudkannya yaitu dengan memiliki website portofolio Anda sendiri. Tentu website Anda tidak boleh dibuat sembarangan, alias website Anda harus memiliki performa yang selalu oke. 

Nah, kalau Anda butuh layanan hosting dengan kualitas jempolan, Web Hosting dari Niagahoster bisa jadi pilihan! Mengapa demikian?

Sebab, Web Hosting Niagahoster memastikan akses website tetap sat-set-sat-set berkat dukungan LiteSpeed Web Server. Selain itu, website Anda juga dijamin selalu online dengan Uptime hingga 99,99%. Yang paling menarik, semua keunggulan tersebut bisa Anda nikmati dengan harga mulai Rp9 ribuan/bulan saja! 

Tunggu apa lagi? Yuk, dapatkan penghasilan tambahan dari HP bersama Web Hosting Niagahoster sekarang!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

2 Replies to “25+ Cara Menghasilkan Uang dari HP, Ini Rekomendasinya!”

    1. Hai, kak. Boleh dicoba dulu dari cara menghasilkan uang yang paling gampang, misalnya ikut survey online, menonton video, atau daftar giveaway di media sosial. Selamat mencoba ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *