Categories: Website & Blog

Cara Membuat, Mengedit, dan Menghapus Database di phpMyAdmin

phpMyAdmin adalah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan pada database MySQL. phpMyAdmin memiliki fungsi untuk mengakses serta mengatur database website dengan mudah. Anda bisa mengatur database website dengan mudah melalui phpMyAdmin, dari membuat, mengedit, hingga menghapus database. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan dari bagaimana cara membuat database hingga cara menghapus database di phpMyAdmin

1. Cara Membuat Database di phpMyAdmin

Sebelum Anda membuat database, pastikan Anda sudah login ke phpMyAdmin. Ikiuti panduan di artikel ini untuk login ke phpMyAdmin. Setelah berhasil login, ikuti langkah di bawah ini. 

1.1. Pilih Tab Database

Setelah Anda berhasil login pada phpMyAdmin, cari menu Databases seperti pada gambar di bawah ini.

1.2. Masukkan Nama Database

Selanjutnya masukkan nama database. Dalam membuat nama database, usahakan jangan menggunakan spasi. Apabila ingin menggunakan pemisah, gunakan tanda -. Setelah  memasukkan nama database, klik Create untuk membuat database. 

1.3. Cek Database

Apabila proses membuat database berhasil,  akan ada nama database baru dalam phpMyAdmin Anda. Contoh seperti pada gambar di bawah ini.

2. Cara Mengedit Database di phpMyAdmin

Setelah  berhasil membuat database, Anda juga bisa melakukan proses edit pada database yang telah dibuat. Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk mengedit database.

2.1. Pilih Tab Databases

Untuk memulai edit database,  masuk ke menu tab Databases.

2.2. Pilih Database

 Setelah  masuk ke dalam menu Databases, pilih database yang ingin diedit.

2.3. Pilih Tab Operations

Setelah itu, pilih menu  Operations untuk mengedit nama database.

2.4. Pilih Menu Rename Database to

Kemudian Setelah Anda masuk menu Operations cari tab menu Rename Database to, lalu masukkan nama database yang ingin Anda rubah dan klik Go untuk menyimpan perubahan.

Pada tutorial ini kami menggunakan nama database niagahoster-admin dan diubah menjadi niagahoster-user.

2.5. Cek Database

Berikut ini adalah tampilan database yang berhasil diubah dari nama database niagahoster-admin menjadi niagahoster-user.

3. Cara Menghapus Database di phpMyAdmin

Berikut ini adalah tutorial cara menghapus database di phpMyAdmin:

3.1. Tampilan Dashboard phpMyAdmin

Langkah pertama dalam menghapus database di phpMyAdmin adalah login phpMyAdmin. Setelah login akan muncul tampilan dashboard phpMyAdmin.

3.2. Pilih Database

Setelah Anda berhasil masuk ke dashboard phpMyAdmin, selanjutnya adalah pilih database yang ingin Anda hapus, klik pada database tersebut.

3.3. Pilih Tab Operations

Kemudian klik menu Operations,untuk menghapus database.

3.4. Pilih Menu Drop the database

Setelah masuk menu Operations cari pilihan Drop the database (DROP), lalu klik maka akan muncul pop up apakah anda yakin akan menghapus database tersebut klik OK.

Kemudian tunggu hingga proses hapus database selesai. Setelah proses selesai otomatis database Anda sukses dihapus.

Baca Juga: Panduan Lengkap Belajar phpMyAdmin

Kesimpulan

Demikian tutorial cara menghapus isi database di phpMyAdmin Jika Anda memiliki cara lain, tidak ada salahnya untuk berbagi melalui kolom komentar. Jika masih ada pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan di kolom komentar. Jangan lupa juga subscribe untuk mendapatkan informasi seputar cloud VPS server dan WordPress tutorial dari kami langsung di inbox email Anda.

David Kurniawan

A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Share
Published by
David Kurniawan

Recent Posts

Ini 21+ Trik Google Search yang Mungkin Belum Anda Ketahui!

Tahukah Anda kalau rata-rata sesi Googling itu perlu waktu sampai 10 menit? Bahkan, bisa lebih lama lagi kalau hasil yang…

24 hours ago

Sudah Punya Usaha di Marketplace? Lanjutkan dengan Website! Ini Alasannya..

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia di awal tahun 2020, mulai banyak pebisnis yang beralih ke online. Tercatat di pertengahan tahun…

2 days ago

MVC: Pengertian Dasar, Manfaat, dan Contohnya dalam Pengembangan Website

Jika Anda sedang belajar coding, Anda pasti sudah tak asing dengan yang namanya framework. Saat ini hampir semua framework populer,…

3 days ago

Cara Setting CDN QUIC.cloud di WordPress

Ingin punya pengunjung website dari seluruh dunia tapi tidak tahu caranya? Coba dulu setting CDN QUIC.cloud di WordPress dan gaet…

4 days ago

Cara Instal SSL di Hosting | Gratis dan Berbayar

Apa kabar website Anda? Sudah aman? Pastikan keamanan website dengan cara instal SSL di hosting. Di artikel ini, Anda akan…

5 days ago

SIT Al Fatih: Punya Pelayanan Pendidikan Jempolan Berbekal Website E-Learning

Membangun website e-learning tak hanya akan mempermudah proses belajar mengajar. Bahkan, bisa meningkatkan profesionalitas instansi pendidikan dan kepercayaan orang tua…

6 days ago