Categories: Dev

Cara Menghapus Cache WordPress

Mungkin Anda pernah melakukan perubahan pada blog WordPress namun tidak menemukan perubahan yang tampil sesuai harapan. Sebagai contoh, Anda yakin telah melakukan perubahan dengan menambahkan gambar baru, edit template, maupun memperbaiki kesalahan penulisan pada postingan blog. Hanya saja, setelah blog diakses Anda tidak melihat adanya perubahan.

Besar kemungkinan permasalahan ini disebabkan oleh cache. Cache yang tersimpan dapat berpengaruh pada perubahan tampilan sebuah website. Nah, melalui tutorial ini Anda akan mengetahui cara menghapus cache WordPress berbekal tiga plugin cache berbeda.

Plugin yang kami gunakan di sini dapat menurunkan waktu loading dengan cara generate cache pada sisi server blog WordPress.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

Berikut ini adalah cara menghapus cache WordPress …

Pilihan 1: Menghapus Cache dengan WP Super Cache

WordPress Super Cache adalah salah satu plugin cache WordPress yang paling banyak digunakan. Digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna WordPress. Ikuti langkah di bawah ini untuk menghapus cache dengan WP Super Cache:

1. Login ke dashboard admin WordPress blog Anda.

2. Silakan pilih menu Settings > WP Super Cache.

3. Setelah itu, silakan tekan tombol Delete Cache yang berada pada bagian Delete Cached Pages.

Pada langkah ini Anda sudah berhasil menghapus cache pada pada blog WordPress Anda.

Pilihan 2: Cara Setting Plugin W3 Total Cache untuk Menghapus Cache WordPress

W3 Total Cache termasuk plugin yang memiliki banyak pengguna. Blog populer seperti Mashable turut menggunakan plugin ini. Untuk menghapus cache dengan plugin W3 Total Cache, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Silakan login ke dashboard admin WordPress Anda.

2. Pilih Performance > Dashboard.

3. Setelah itu, klik tombol emplty all caches yang berada pada bagian atas halaman.

4. Hingga langkah ini semestinya Anda telah berhasil menghapus cache menggunakan plugin W3 Total Cache.

Pilihan 3 – Menghapus Cache Melalui WP Fastest Cache

WP Fastest Cache merupakan plugin yang lebih sederhana namun tetap mudah digunakan. Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk menghapus cache dengan WP Fastest Cache.

1. Login ke dashboard admin WordPress.

2. Setelah itu, silakan akses WP Fastest Cache.

3. Silakan pilih tab Delete Cache dan klik tombol Delete Cache.

4. Selamat! Di sini Anda telah berhasil menghapus cache blog WordPress menggunakan plugin WP Fastest Cache.

Kesimpulan

Cache yang sudah kadaluwarsa dapat cukup merepotkan karena update/perubahan pada website Anda tidak tersimpan dengan baik. Dengan menyelesaikan tutorial ini, Anda telah belajar mengetahui cara menghapus cache WordPress dengan tiga jenis plugin berbeda. Jika tetap tidak ada perubahan berarti, Anda dapat mencoba untuk menghapus cache pada browser Anda.

Sampaikan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bagian bawah halaman ini! Jangan lupa klik Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan seputar dunia online terbaik, langsung melalui email Anda ?

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Google WebP: Format Gambar Digital yang Bisa Mempercepat Website

Kalau Anda ingin meningkatkan kecepatan website, ukuran gambar adalah salah satu kuncinya. Kenapa? Karena semakin besar ukuran gambar, semakin lama…

8 hours ago

Apa itu Spoofing? Pahami Jenis-Jenis dan Cara Pencegahannya

Spoofing adalah salah satu bentuk kejahatan dunia maya atau cyber crime yang perlu Anda waspadai.  Menurut Indonesia Computer Emergency Response…

1 day ago

Cara Memasukkan dan Mengatur Gambar di HTML

Website tanpa gambar ibarat sayuran tanpa garam, akan terasa hambar. Sebab, kemungkinan  website akan terasa membosankan, sulit dipahami, dan tidak…

2 days ago

5+ Rekomendasi Tools Google Gratis untuk Digital Marketer

Untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis online, Anda perlu melakukan upaya pemasaran dengan tepat. Untungnya, saat ini ada banyak tools Google…

2 days ago

Apa itu Blogwalking? Perlukah Setiap Blogger Melakukannya?

Blogwalking tentu bukan hal asing bagi blogger. Namun, tahukah Anda kalau sebenarnya blogwalking merupakan istilah yang hanya ada di Indonesia?…

3 days ago

Panduan Blogging Terlengkap yang Wajib Anda Baca!

Membuat blog saat ini sudah semakin mudah. Tak heran, banyak pihak membangun blog untuk berbagai tujuan, baik untuk pribadi maupun…

3 days ago