Categories: Tutorial

Pengertian XAMPP Lengkap dengan Cara Menggunakannya (Terbaru)

XAMPP merupakan solusi bagi Anda yang ingin menjalankan web server dan database di localhost komputer. 

Itu artinya kalau Anda sudah punya website online, XAMPP membantu Anda membuat versi offline dari website. Semisal Anda sedang mengutak-atik website dan ternyata error, Anda tak perlu khawatir error tersebut muncul di website online. 

Bahkan dengan Adanya XAMPP, Anda bisa memiliki website tanpa harus memiliki hosting atau domain lebih dahulu. Jadi Anda bisa fokus mengutak-atik website dalam versi offline. 

Nah, di artikel kali ini kami akan menjelaskan pengertian XAMPP, berbagai komponen XAMPP, cara install XAMPP, dan cara menggunakan XAMPP untuk install website WordPress. Mari simak lebih lanjut.

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah web server open source yang berjalan pada sistem operasi cross-platform (Windows, Linux, MacOS). Semua yang diperlukan untuk mengelola website tersedia di XAMPP seperti Apache, MySQL/MariaDB, PHP, dan Perl. Meski program di dalamnya lengkap, XAMPP tetap merupakan web server yang sederhana dan ringan,

XAMPP dipakai untuk membuat web server lokal di komputer. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengembangkan, mendesain, dan keperluan testing website. 

Biasanya XAMPP digunakan untuk mencoba berbagai tema dan plugin WordPress, menguji fitur-fiturnya, dan mempelajari dasar-dasar WordPress. Dengan XAMPP, Anda tak perlu khawatir mengubah kode inti program. Kalau ada error, itu tidak akan muncul di website online. 

Fungsi XAMPP

Seperti halnya web server lokal lainnya, ada banyak sekali fungsi dari XAMPP. Di sini kami akan menjelaskan beberapa kegunaannya yaitu:

1. Setting Database phpMyAdmin

Dengan menggunakan XAMPP Anda bisa mengakses halaman phpMyAdmin. Sama seperti saat Anda menggunakan hosting atau VPS pasti Anda akan membutuhkan phpMyAdmin untuk mengedit, menghapus, menambah database, dan menambahkan user.

Di XAMPP Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Bedanya di XAMPP Anda tidak perlu khawatir terjadi error database karena semua perubahan yang dilakukan hanya pada server lokal komputer. 

Apabila Anda baru pertama kali menggunakan phpMyAdmin, XAMPP menjadi software yang tepat untuk mempelajari fitur-fitur dari phpMyAdmin dan mempelajari dasar-dasar menggunakan phpMyAdmin.

2. Install WordPress Offline

XAMPP berguna untuk menjalankan Apache, MariaDB, dan PHP pada localhost atau komputer tanpa harus ada koneksi internet. Dengan Adanya XAMPP akan mempermudah pekerjaan frontend dan backend developer. Karena mereka dapat melakukan testing pada program sebelum nantinya akan diupload ke server online website.

Untuk Anda yang baru belajar dasar-dasar WordPress, software XAMPP sangat cocok untuk Anda. Karena Anda bisa mencoba beberapa fitur WordPress seperti menambahkan tema, menambahkan plugin, belajar membuat post, membuat menu dan lain-lain.

3. Menjalankan Laravel Pada Komputer

Laravel adalah salah satu framework php yang dipakai untuk mempermudah developer dalam mengembangkan website. Dengan menjalankan Laravel pada localhost komputer Anda menggunakan XAMPP, Anda jadi lebih mudah untuk memodifikasi script dan membuat fitur baru website tanpa harus takut merusak kode inti website yang ada di server.

Fitur-Fitur di XAMPP

Saat kami menulis artikel ini XAMPP memiliki versi terbaru 7.4.3. Berikut ini adalah komponen yang ada di dalam XAMPP.

ComponentDeskripsiVersion
ApacheSebagai aplikasi web server default2.4.31
MariaDBSebagai sistem manajemen database10.4.11
PHPSebagai server side scripting untuk membuat aplikasi berbasis web7.2.27, 7.3.14, 7.4.2
phpMyAdminSebagai tools untuk menggunakan MySQL berbasis web5.0.1
OpenSSLSebagai protokol keamanan1.1.1d
XAMPP Control PanelUntuk mengatur komponen berbeda pada XAMPP3.2.4
WebalizerSebagai tools analytics untuk user log dan penggunaan2.23-04
Mercury Mail Transport SystemSebagai email server4.63
FileZilla FTP ServerUntuk melakukan transfer file0.9.41
TomcatDigunakan untuk melayani aplikasi Java7.0.99
StrawberryDistribusi perl yang populer untuk Windows5.16.3.1

Cara Download XAMPP

Untuk panduan download dan install XAMPP di Windows Anda bisa cek pada artikel kami yang berjudul Cara Install XAMPP di Windows.

Komponen Penting Pada XAMPP

Setelah Anda berhasil menginstall XAMPP, Anda bisa menggunakan XAMPP untuk berbagai keperluan develop website. Tapi sebelum itu Anda harus tau beberapa menu penting yang akan sering Anda gunakan ketika menjalankan XAMPP.

1. Config

Pada menu Config, Anda bisa melakukan beberapa konfigurasi dasar untuk penggunaan XAMPP seperti mengganti:

  • Editor: yang akan digunakan untuk mengubah default text editor.
  • Browser: browser default yang akan digunakan untuk akses web server.

2. Netstat

Netstat sering digunakan untuk memastikan apakah ada program/aplikasi lain yang menggunakan port default XAMPP.

3. Shell

Menu shell pada XAMPP, digunakan untuk menampilkan command prompt pada Windows. Fungsinya untuk melakukan konfigurasi web server atau memperbaiki error pada web server.

4. Explorer

Explorer merupakan tombol shortcut untuk menuju ke lokasi instalasi XAMPP. Ketika Anda klik icon Explorer maka akan diarahkan ke lokasi file instalasi XAMPP.

Cara Menggunakan XAMPP

Setelah Anda tahu tentang komponen komponen apa saja yang ada di dalam XAMPP, selanjutnya Anda akan belajar cara menggunakan XAMPP di Windows. Berikut langkahnya.

1. Cara Menjalankan XAMPP

Untuk menjalankan XAMPP, pertama buka aplikasi XAMPP yang telah Anda install. Lalu klik Start pada module Apache dan MySQL.

Setelah keduanya berjalan tanpa error, silahkan akses localhost menggunakan link berikut:

http://localhost

Atau

127.0.0.1

Maka Anda akan diarahkan ke halaman dashboard XAMPP, seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah-langkah diatas adalah dasar menggunakan XAMPP, pada langkah berikutnya kami akan memberikan cara menggunakan XAMPP untuk install WordPress dan Laravel.

2. Cara Install WordPress Menggunakan XAMPP

Dalam proses instalasi WordPress menggunakan XAMPP, hal pertama yang harus dilakukan adalah klik start pada module Apache dan MySQL. Karena WordPress membutuhkan web server dan database agar bisa diakses. 

dilanjutkan dengan buat database MySQL, mengunduh WordPress, dan melakukan instalasi WordPress. Berikut ini adalah tutorial cara Install WordPress di Localhost XAMPP.

3. Cara Install Laravel Menggunakan XAMPP

Untuk instalasi Laravel Menggunakan XAMPP di Windows, Anda dapat melihat perintah-perintah instalasi Laravel pada panduan kami yang berjudul cara install Laravel di Windows.

Sudah Siap Menggunakan XAMPP?

XAMPP merupakan software server lokal yang sangat mudah digunakan oleh pemula. Dengan menggunakan XAMPP pada komputer Anda, Anda dapat menjalankan Apache, PHP dan MySQL, tanpa harus menginstalnya satu persatu. Sehingga membuatnya jauh lebih praktis.

Pada artikel diatas kami sudah menjelaskan pengertian XAMPP, fungsi XAMPP, fitur XAMPP, cara download xampp, cara install XAMPP, komponen penting pada XAMPP dan cara menggunakan XAMPP. Jika memiliki kendala saat instalasi XAMPP dan menggunakan XAMPP, beritahu kami di kolom komentar.

David Kurniawan

A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Share
Published by
David Kurniawan
Tags: Websitexampp

Recent Posts

Cara Mudah Membuat QR Code untuk Toko Online Anda

Hanya dengan sekali scan, calon pelanggan toko online Anda bisa langsung mengetahui informasi promosi produk dan membelinya. Praktis, kan? Itu…

14 hours ago

Cyber Security: Panduan Lengkap dan Penerapannya

Mudahnya menyimpan dan mengirim data di era digital bukan tanpa ancaman, lho.  Penyimpanan dan lalu-lintas data digital misalnya, ternyata rentan…

2 days ago

Ingin Punya Website dengan Hosting WordPress Gratis? Ini Caranya!

Anda ingin punya website tanpa mengeluarkan biaya? Anda bisa mewujudkannya dengan hosting WordPress gratis.  Nah, karena ada beberapa pilihan cara…

2 days ago

Benarkah PHP Laravel Framework Kini Kian Diminati?

Website yang cepat dan mudah dikelola kian menjadi kebutuhan. Dan, PHP termasuk bahasa pemrograman terpopuler yang sanggup mewujudkannya.  Saat bertanya…

4 days ago

CRM: Pengertian dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan salah satu kunci sukses dalam sebuah bisnis. Namun, untuk melakukannya dengan baik tentu tidaklah…

5 days ago

Paket Hosting Mana yang Tepat Untuk Saya?

Diantara empat paket unlimited hosting Niagahoster, mana yang Anda pilih? Agar lebih yakin, mari kami bantu Anda untuk menemukan paket…

6 days ago