Categories: Tutorial

Cara Mengganti Template WordPress

Apabila Anda memiliki website WordPress, mungkin Anda berkeinginan mengubah template (sering juga disebut theme) agar tampil lebih menarik. Salah satu kemudahan yang ditawarkan WordPress adalah Anda dapat dengan mudah berganti template. Dan ini dapat Anda lakukan dengan beberapa klik saja. Berikut kami hadirkan cara mengganti template WordPress.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:

  • Memiliki akses ke dashboard WordPress
  • Menggunakan blog WordPress Self-Hosted

Baca juga: Penjelasan Dasar WordPress untuk Pemula

Cara Mengganti Template WordPress Baru

Ada dua cara mengganti tema WordPress yang akan dibahas pada tutorial kali ini.

Cara 1 – Menginstal template WordPress melalui dashboard

Jika Anda akan menginstal atau mengganti template dengan versi gratis, dapat melalui dashboard langsung.

1. Silakan login ke admin area WordPress, kemudian pilih menu Apperance > Themes > Add New.

2. Pilih template yang ingin Anda instal. Anda dapat mencarinya melalui kolom pencarian. Setelah menemukan template yang ingin Anda gunakan, silakan klik Install. Tentu, jangan lupa mengaktifkannya.

3. Setelah proses instalasi selesai, silakan untuk aktifkan template dengan menekan tombol Activate.

Pada langkah ini, template Anda telah berubah sesuai dengan tampilan yang baru. Anda dapat mengeceknya dengan cara mengakses domain Anda.

Cara 2 – Instal Template WordPress dengan Upload File .zip

Cara ganti template wordpress selain instalasi langsung dari daftar direktori template yang ada di dashboard, Anda juga dapat menginstal template dalam bentuk file .zip.

Hal ini berguna ketika Anda ingin mengganti template WordPress dengan versi berbayar. Daftar template yang ada di dashboard sejauh ini hanya tersedia untuk versi gratis. Oleh karena itu, jika Anda akan menginstal template berbayar perlu mengunggahnya sendiri dalam bentuk file .zip.

PENTING – Pastikan template yang akan Anda instal berasal dari sumber terpercaya. Kami tidak menyarankan Anda menggunakan template bajakan karena sangat rawan dari segi keamanan, misalnya lebih rawan terkena malware.

1. Silakan mengunduh template yang ingin Anda instal. Setelah file .zip selesai diunduh, silakan unggah melalui dashboard WordPress pada menu Apperance > Themes dan klik tombol Add New.

2. Selanjutnya, silakan pilih tombol Upload Theme > Browse dan pilih template yang sudah Anda unduh dalam bentuk file .zip, kemudian klik tombol Install Now.

3. Setelah proses instalasi selesai, aktifkan template dengan menekan Activate

Pada langkah ini, cara mengganti template WordPress dengan hasil unduhan telah berhasil dilakuan. Tampilan website Anda pun sudah berubah dengan tampilan baru.

Baca Juga : 50 Template WordPress Gratis dan Terbaru

Kesimpulan

Setelah berhasil menyelesaikan langkah pada tutorial cara mengganti template WordPress ini, kami harap tutorial ini dapat membantu proses instalasi blog WordPress Anda dengan template baru.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Sampaikan pertanyaan Anda melalui kolom komentar pada bagian akhir halaman ini. Kemudian, jangan lupa klik Subscribe untuk selalu mendapatkan artikel terbaru kami langsung dari inbox Anda ??

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto
Tags: Wordpress

Recent Posts

Modal Promosi Dapat Komisi 70%? Cuma di Program Afiliasi Niagahoster! Ini Buktinya..

Apakah Anda sedang mencari cara mencari uang di internet yang paling mudah dan menguntungkan? Jika iya, gabung di program afiliasi…

16 hours ago

Jelang Black Friday 2020, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Black Friday 2020 akan segera tiba. Event belanja tahunan ini, selalu menawarkan diskon menarik. Anda tentu tak ingin ketinggalan, kan?…

2 days ago

Harbolnas: Momen Bisnismu Menutup 2020 dengan Mengesankan!

Tidak disangka ternyata Desember sebentar lagi. Dan waktunya Harbolnas tiba! Angin segar bagi bisnis online Anda, karena event belanja online…

3 days ago

API: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa yang terjadi jika sebuah aplikasi dapat dikembangkan tanpa membuat setiap komponennya dari nol? Tentunya, pekerjaan developer bisa lebih mudah…

4 days ago

Web Cache: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Adanya web cache memungkinkan loading website bisa lebih cepat. Jadi, Anda bisa menarik banyak pengunjung sekaligus membuat mereka betah di…

5 days ago

Tambah Penghasilan dengan Program Referral Karyawan Niagahoster

Mau tambah penghasilan dengan mudah? Coba ikut aja Program Referral Karyawan dari Niagahoster! Apa itu Program Referral Karyawan Niagahoster? Program…

5 days ago