Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Ingin Mengetahui Tema WordPress Orang Lain? Gunakan Cara Ini

3 min read

Ingin-Mengetahui-Tema-WordPress-Orang-Lain-Gunakan-Cara-Ini

Tema adalah salah satu bagian penting dalam website berbasis WordPress. Tema yang dipakai dalam sebuah website bisa menentukan impresi pengguna dan keseluruhan user experience. Kedua hal yang nantinya berpengaruh ke reputasi website di mata pengguna sekaligus juga indeksasi Google. Itu mengapa Anda perlu memilih tema yang tepat dan sesuai dengan niche.

Ketika proses mencari tema, ada kalanya Anda menemukan tema apik yang dipakai orang lain di websitenya. Anda pun ingin menggunakan tema yang sama untuk website Anda sendiri. Website WordPress memungkinkan Anda menggunakan tema yang sama dengan yang dipakai orang lain.

Untuk itu, Anda hanya perlu mencari nama tema yang dipakai. Beberapa website memuat nama tema yang digunakan di bagian footer. Seperti halnya contoh di bawah:

1.-tema-wordpress-orang-lain

Jika kasusnya seperti ini, Anda dapat dengan mudah mencari tema yang dimaksud dan menginstalnya untuk website Anda sendiri.

Namun, sering kali pemilik website menyembunyikan nama tema yang dipakai. Ini dilakukan untuk menghindari temanya dipakai oleh orang lain. Selain itu, nama tema yang disembunyikan membuat sebuah website tampak lebih profesional.

Jika Anda kadung menyukai sebuah tema dan ingin menggunakannya untuk website Anda, artikel ini akan memberikan solusinya. Di bawah ini kami mengulas enam cara mengetahui tema wordpress orang lain.

Cara Mengetahui Tema WordPress

Di internet, ada begitu banyak cara untuk mengetahui tema sebuah website. Anda bisa gunakan beberapa di antaranya sekaligus untuk memastikan performa dan ketepatan deteksinya.

Di bawah ini, kami mengulas enam alternatif yang bisa Anda gunakan.

What Theme

2.-tema-wordpress-orang-lain-tool

What Theme adalah salah satu online tool untuk mendeteksi tema WordPress. Alat ini mampu mendeteksi URL tema, pembuat tema beserta URL websitenya, versi tema, lisensi, dan deskripsi mengenai tema WordPress itu sendiri.

Selain mendeteksi tema website berbasis WordPress, What Theme juga mampu mendeteksi tema dari Content Management System (CMS) lain seperti Joomla, Drupal, Blogger, Shopify, Tumblr, Magento, dan lainnya.

IsItWP

3.-tema-wordpress-orang-lain-plugin

IsItWP adalah alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengetahui tema website. Alat ini tidak hanya mampu mendeteksi tema, tetapi juga informasi mengenai di mana hosting website beserta informasi mengenai pemilik website.

Jika kebetulan tema yang dicari berada di website WordPress, IsItWP juga akan memperlihatkan plugin yang digunakan oleh web. Di bagian bawah, setelah keterangan soal tema, terdapat deskripsi singkat mengenai plugin, tautan unduh, dan review performa plugin yang dimaksud.

4.-tema-wordpress-orang-lain-enfold

Untuk menggunakan tool ini, Anda cukup memasukkan alamat website dan biarkan ia bekerja. Dalam waktu sekian detik, WordPress Theme Search akan membuat informasi lengkap mengenai tema. Mulai dari nama tema, pembuatnya, website resmi dan sekaligus website pembuat tema, sampai dengan screenshot tema.

Sesuai namanya, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mendeteksi tema di WordPress. Ketika tema yang dimaksud bukan berasal dari WordPress, WordPress Theme Search akan memberi notifikasi berbunyi “(nama website) does not appear to be a WordPress site.”

WP Theme Detector

5.-tema-wordpress-orang-lain-wptd

WP Theme Detector tidak hanya memiliki kemampuan untuk mendeteksi tema pada umumnya. Alat ini juga mampu mendeteksi child theme yang digunakan sebuah website.

Selain itu, WP Theme Detector juga memuat statistik mengenai popularitas tema. Misalnya, berapa ranking tema yang dicari dibandingkan keseluruhan tema yang ada, berapa kali tema yang sama dicari oleh WP Theme Detector, dan perbandingan seberapa banyak tema tersebut dipakai oleh pengguna WordPress. Alat ini juga membantu pengguna mengecek reputasi penyedia tema.

Seperti alat-alat lainnya, WP Theme Detector juga bisa mendeteksi daftar plugin yang dipakai sebuah website. Di samping itu, ia juga memuat ranking plugin yang dideteksi.

Scan WP

6.-tema-wordpress-orang-lain-scan-wp

ScanWP membantu Anda mendapatkan informasi lengkap mengenai tema dan plugin yang sebuah website gunakan. Tidak hanya menampilkan informasi umum seperti nama dan website resmi, ScanWP juga menunjukkan harga serta tags yang berhubungan dengan penggunaan tema.

ScanWP juga menunjukkan daftar website yang menggunakan tema yang dicari. Dengan begini, Anda bisa mendapat inspirasi dari website-website lainnya. Menggunakan alat ini, Anda juga dapat melihat sejauh mana tema yang ingin digunakan fleksibel untuk kustomisasi.

WordPress Theme Detector by Satori Studio

Dibandingkan semua tools yang kami ulas, WordPress Theme Detector yang satu ini memiliki tampilan yang bersih dan elegan. Ia hanya terdiri dari dua kolom. Bagian kiri merupakan isian alamat website. Sedangkan, di bagian kanan adalah temuan dan tautan menuju tema website yang dideteksi. Tidak seperti tools lainnya pula, WordPress Theme Detector tidak banyak memberikan informasi mengenai tema di websitenya sendiri.

Di bagian bawah, WordPress Theme Detector juga merekomendasikan beberapa tema WordPress untuk digunakan.

Cek Juga: Harga Hosting Terbaru

Kesimpulan

Terinspirasi oleh tema website lain adalah hal yang wajar. Menggunakan tema website lain untuk website sendiri juga tidak salah. Malah, itu adalah praktik yang wajar di kalangan pengguna WordPress. Apalagi pada kasus tema-tema WordPress yang beredar gratis.

Di artikel ini, kami mengulas cara mengetahui tema wordpress yang digunakan website lain. Di antara keenam cara yang kami ulas, terdapat tiga yang menjadi unggulan:

  • WP Theme Detector ⎼ tool ini cocok untuk mendeteksi tema sekaligus mencari tahu popularitasnya di antara pengguna WordPress.
  • ScanWP ⎼ baik digunakan untuk mengetahui tema yang sesuai dengan niche website dan juga harga tema (jika berbayar).
  • WordPress Theme Detector by Satori Studio ⎼ memuaskan pengguna WordPress dengan desain yang bersih dan fitur yang straightforward.

Semoga cara-cara yang kami sebutkan berhasil memuaskan rasa penasaran Anda. Selamat bereksplorasi!

Ingin tahu tips dan trik menarik lainnya seputar WordPress? Kami membagi strategi pengembangan website dan digital marketing eksklusif untuk Anda! Mulai berlangganan artikel kami sekarang. Gratis!

Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *