Tutorial

Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection pada WordPress

Apakah website Anda tiba-tiba menampilkan layar putih dengan teks “Error Establishing A Database Connection?”. Error tersebut bisa terjadi salah satunya akibat database Anda mengalami corrupt.

Jika error establishing a database connection ini terjadi pada website Anda, Anda tak perlu panik. Sebab, Anda sudah datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini Anda akan mempelajari tentang seluk beluk error Establishing A Database Connection. Mulai dari pengertian, penyebab, hingga cara mengatasinya. Yuk, simak sampai selesai!

Apa Itu Error Establishing A Database Connection?

Establishing A Database Connection adalah error yang terjadi saat PHP tak bisa mengakses data dari database website Anda.

WordPress dibangun menggunakan dua komponen, yaitu PHP dan MySQL. Ketika Anda mengakses halaman website melalui browser, PHP akan menjalankan fungsinya untuk menampilkan data yang ada pada database MySQL dan ditampilkan pada browser. Query PHP diperlukan untuk menampilkan konten berupa judul sebuah postingan, nama author, tanggal, dan sebagainya.

Dalam situasi tertentu, website akan menampilkan pesan error establishing a database connection akibat beberapa kesalahan. Misalnya, kode PHP tidak dapat terhubung ke database MySQL untuk mendapatkan detail yang diperlukan ketika akan menampilkan halaman website.

Penyebab Error Establishing a Database Connection

Penyebab error establishing a database connection WordPress dapat terjadi akibat beberapa hal berikut:

  1. Database Anda Corrupt. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan database WordPress Anda mengalami corrupt. Penyebab yang paling lazim biasanya karena menginstal plugin tertentu.
  2. Login Credential untuk Database Anda Salah. Database WordPress Anda menggunakan login credential (username dan password) berbeda dengan yang disetup di cPanel akun hosting Anda.
  3. Server Hosting Anda Down. Server database kemungkinan down dan menyebabkan masalah ini, atau malah ada masalah lain yang terjadi di hosting Anda. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh terlalu banyaknya pengunjung website Anda sehingga server tidak dapat menampungnya.

Pada tutorial ini Anda akan belajar mencari penyebab error establishing a database connection WordPress dan bagaimana memperbaikinya.

Baca juga: Cara Optimasi Database MySQL dengan PHPMyAdmin

Bagaimana Cara Mengatasi WordPress Error Establishing a Database Connection?

Sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya, pastikan bahwa Anda memiliki:

  • Website WordPress yang berjalan dengan normal
  • Akses ke control panel dari hosting tempat WordPress diinstal
  • Akses ke file instalasi website WordPress Anda
  • Pengetahuan struktur file dasar dari WordPress

1. Menentukan Letak Kesalahan Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan error yang tampil sama ketika Anda mengakses website (domainanda.com) atau mengakses halaman dashboard admin WordPress (domainanda.com/wp-admin). Jika error yang tampil pada keduanya sama: Error establishing a database connection, silakan lanjut ke Langkah 2.

Apabila website Anda down dan mendapatkan pesan error berbeda ketika login seperti ini:

One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired

Artinya, Anda perlu memperbaiki database website.

Sebenarnya WordPress sudah memiliki fitur yang dapat memperbaiki database secara otomatis. Hanya saja, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Pertama login ke cPanel terlebih dulu. Masuk ke halaman member area Niagahoster, lalu klik menu Kelola Hosting. Setelah itu klik File Manager.

Silakan akses file wp-config.php di folder public_html.

Klik kanan file tersebut, lalu klik Edit. Kemudian tambahkan kode berikut pada bagian bawah script.

define(‘WP_ALLOW_REPAIR’, true);

Baris ini memungkinkan Anda untuk melakukan optimasi dan memperbaiki database dengan mengakses URL melalui browser: domainanda.com/wp-admin/main/repair.php (silakan ubah domainanda.com dengan domain dari website Anda).

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, terdapat dua pilihan untuk memperbaiki atau melakukan optimasi pada database. Nah opsi Repair dan Optimasi Database akan memakan waktu yang cukup lama.

Perlu diketahui, untuk halaman repair database ini tidak secure. Ini artinya semua orang dapat mengakses halaman domainanda.com/wp-admin/main/repair.php tanpa harus login terlebih dahulu.

Ketika Anda telah selesai memperbaiki database, pastikan untuk menghapus baris kode yang tadi ditambahkan yaitu baris: define(‘WP_ALLOW_REPAIR’, true); yang ada di wp-config.php. Hal ini akan menonaktifkan akses ke halaman repair dan mencegah orang lain merusak database Anda.

2. Mengecek Pengaturan Koneksi Database di wp-config.php

Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, silakan lakukan pengecekan ke tahap selanjutnya melalui file wp-config.php.

Dalam beberapa kasus, jika terjadi masalah pada koneksi database, terkadang disebabkan oleh berpindahnya layanan hosting Anda. Selain itu, dapat juga disebabkan perubahan nama atau informasi user pada database serta belum diubahnya pengaturan file wp-config.php.

Buka kembali file wp-config.php Anda, kemudian lakukan pengecekan pada bagian pengaturan koneksi ke database.

// ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */define('DB_NAME', 'somuvnet_wp670');

/** MySQL database username */define('DB_USER', 'somuvnet_wp67');

/** MySQL database password */define( 'DB_PASSWORD', 'password_here' );

/** MySQL hostname */define( 'DB_HOST', 'localhost' );

Seperti yang terlihat pada kode di atas, terdapat informasi yang Anda perlukan untuk mengakses database WordPress.

  1. Nama database (DB_NAME)
  2. Username (DB_USER)
  3. Password (DB_PASSWORD)
  4. Database Host (DB_HOST)

Jika terdapat kesalahan pada salah satu nilai, dipastikan WordPress tidak dapat terhubung ke database.

Cara paling mudah untuk memastikan apakah detail tersebut sudah benar adalah membandingkannya dengan detail MySQL Database. Silakan masuk ke cPanel hosting Anda dan pilih bagian MySQL Databases. Sebagai gambaran, berikut adalah tampilan menu yang akan Anda hadapi.

Setelah memilih menu MySQL Databases, silakan masuk ke bagian Current Databases. Di sana terdapat semua database dan user yang digunakan oleh website Anda. Informasi yang Anda cari berada pada kolom Database dan Privileged Users.

Tujuannya adalah mencocokkan kode yang ada pada dua kolom tersebut dengan kode pada DB_NAME dan DB_USER yang berada dalam file wp-config.php. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat gambar di bawah ini:

Anda tidak perlu menyelesaikan semua langkah di bawah untuk memperbaiki koneksi database website. Cukup coba beberapa sampa error establishing a database connection berhasil teratasi. Untuk itu, selalu refresh website Anda untuk mengecek apakah error sudah hilang.

3. Mengecek Nama Databse

Masih pada pengaturan database, cobalah cek nama database. Jika bagian Current Databases tidak sama dengan yang ada pada DB_NAME di file wp-config.php, ini berarti database Anda hilang. Hal ini terjadi ketika Anda berpindah layanan hosting dan database tidak sepenuhnya berpindah.

Kami menyarankan Anda untuk menghubungi bagian support layanan hosting Anda yang baru dan meminta mereka untuk full restore database website Anda. Hal ini dikarenakan perlu membuat database baru dan diisi dengan file backup database website Anda.

4. Mengecek Username Database

Cara mengatasi error establishing a database connection adalah Anda perlu mengecek username database pada kolom Privileged Users.

Pada contoh ini kita dapat melihat kolom Privileged Users untuk usernamenya berbeda seperti yang terlihat pada file wp-config.php. Pada contoh ini kurang angka 0. Untuk memperbaikinya, Anda hanya perlu menambahkannya pada baris DB_USER dari somuvnet_wp67 menjadi somuvnet_wp670. Setelah itu, silakan refresh website Anda.

5. Menambahkan Privileged User yang Kurang

Bagaimapun juga, ketika website WordPress berpindah hosting atau ketika melakukan instalasi secara manual. bisa jadi Anda belum menambahkan user ke database. Masalah ini terlihat pada cPanel hosting. Anda akan melihat kolom Privileged User kosong, seperti pada gambar di bawah ini yang diberi tanda kuning.

Untuk memperbaikinya, gunakan pilihan Add User To Database seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

  1. Pertama-tama, silakan masuk ke bagian Current Users dan pastikan untuk Users sama seperti yang ada pada baris DB_USER di file wp-config.php.
  2. Jika sama, silakan pilih user tersebut pada bagian Add User To Database > User melalui menu dropdown. Untuk database, silakan masuk pada pilihan Database kemudian klik Add. Pilih All Privileges, klik Make Changes, kemudian klik Go Back.
  3. Jika berbeda, Anda harus menambahkannya melalui menu Add New User dengan membuat username MySQL. Berikut adalah detail yang perlu Anda masukkan ke dalam kolom Username. Kami sangat merekomendasikan Password Generator untuk membuat password.
    PENTING: Silakan ubah password pada baris DB_PASSWORD di file wp-config.php dengan password yang baru saja Anda generate. Jika telah berhasil dibuat. silakan lakukan langkah di nomor 2 untuk menambahkan user.

Setelah langkah di atas selesai, refresh website Anda untuk cek apakah error sudah sepenuhnya diperbaiki atau belum. Jika masalah masih saja muncul, silakan coba langkah di bawah ini.

5. Mengecek Host Database

Apabila cara mengatasi error establishing a database connection pada langkah sebelumnya masih juga belum berhasil, bisa jadi ada dua masalah di sini, masalah password atau masalah host database.

Host database biasanya dibuat bersama dengan detail akun hosting Anda. Kami menyarankan Anda meminta informasi ini pada layanan hosting yang Anda gunakan.

Jika memang ada perubahan, silakan ubah baris DB_HOST di file wp-config.php sesuai dengan host dari hosting Anda. Secara default biasanya menggunakan localhost. Apabila sudah selesai, silakan refresh kembali website Anda untuk mengecek error.

6. Mengecek Password Login

Password login dapat diubah melalui MySQL Databases > Current Users di cPanel hosting Anda.

  1. Silakan pilih user database yang ingin Anda ubah pada kolom Users kemudian klik Change Password.
  2. Di sini Anda juga dapat menggunakan password yang ada pada file wp-config.php atau generate password baru menggunakan Password Generator. Jika Anda memilih generate password baru, pastikan Anda telah update password pada baris DB_PASSWORD di file wp-config.php dengan password baru hasil generate.
  3. Klik Change Password.

Semua pengecekan dapat dipastikan sudah selesai melalui file wp-config.php. Refresh website WordPress Anda untuk cek apakah error sudah sepenuhnya terselesaikan. Jika masih terdapat error, silakan coba langkah terakhir di bawah ini.

7. Menghubungi Pihak Hosting

Jika cara mengatasi error establishing a database connection WordPress tadi belum berhasil, kemungkinan ada masalah pada layanan hosting Anda.

Untuk itu, silakan hubungi tim support hosting yang Anda gunakan dan beritahu mereka mengenai detail error. Jelaskan secara rinci tindakan yang telah Anda lakukan, supaya mereka dapat membantu menyelesaikan masalah yang Anda alami dengan baik.

Baca juga: Cara Mengatasi 40+ Error WordPress

Selamat Tinggal Error Establishing a Database Connection!

Error Establishing a database connection adalah notifikasi yang muncul ketika database website Anda mengalami corrupt. Penyebab lainnya juga bisa terjadi akibat adanya kesalahan baris kode untuk koneksi ke database pada file wp-config.php,

Jika website Anda mengalaminya, Anda bisa mengikuti cara mengatasi error establishing a database connection yang telah kami ulas di artikel ini. Dengan menerapkan langkah yang tepat, kami berharap error tersebut dapat teratasi dengan baik.

Semisal Anda menemui error WordPress lainnya, Anda temukan tutorial mengatasi error WordPress di ebook gratis dari Niagahoster berikut ini!

Apakah Anda masih menemui kesulitan? Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kamu akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Marketing Mix: Definisi, Fungsi, dan Contoh Penerapannya

Tak punya latar belakang pendidikan di bidang marketing bukan berarti Anda tidak bisa tahu tentang dunia marketing. Dengan bantuan internet,…

19 hours ago

Bagaimana Cara Membuat Blog? Ikuti 8 Langkah Mudah Ini

Cara membuat blog tidak eksklusif untuk orang-orang yang paham coding saja. Dengan bantuan platform CMS, cara membuat blog pribadi menjadi…

2 days ago

Panduan Install Nginx SSL di Ubuntu 20.04

Anda ingin menginstall SSL pada VPS dengan web server Nginx? Inilah artikel yang tepat untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara…

3 days ago

15+ Contoh Program Python Sederhana yang Bisa Anda Coba

Salah satu cara paling cepat untuk belajar Python adalah mencoba membuat program Python sendiri. Langkah ini bisa melatih kemampuan logika…

3 days ago

Cara Membuat Linktree Gratis dengan Mudah [Terbaru]

Pernah melihat URL Linktree tersemat di bio beberapa akun Instagram atau toko online? Lalu, Anda ingin tahu cara membuat LinkTree…

5 days ago

Anda Pengguna WP Fastest Cache? Segera Update Agar Aman!

Gawat nih, tim security research dari Jetpack menemukan dua celah keamanan di plugin WP Fastest Cache. Hal itu bisa membuat…

5 days ago