Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Amankan Website WordPress Anda dengan Mengganti URL WP-Admin

1 min read

Amankan URL Login WordPress Anda dengan Cara ini

Anda dapat mengurangi percobaan login ilegal ke panel Admin website Anda dengan mengubah URL login WordPress. Secara default, URL login WordPress berupa namadomain.com/wp-admin. Tentu ini cukup beresiko, karena URL default WordPress sudah diketahui oleh robot, script, dan hacker.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara mengganti wp-admin agar website Anda terhindar dari resiko pembobolan, Selain mengubah URL login, pastikan Anda juga membuat username dan password yang tidak mudah ditebak.

Pada tutorial ini, kami akan membahas cara mengubah URL login WordPress sebagai salah satu tips keamanan website terjitu.

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial cara menyembunyikan wp-admin wordpress ini, Anda memerlukan:

Mengubah URL Login WordPress

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah URL login WordPress, yaitu dengan menggunakan plugin atau melalui pengaturan code pada WordPress.

Mengubah URL login melalui pengaturan code WordPress caranya cukup rumit. Jadi, jika Anda masih pemula, kami sarankan cukup melakukan instalasi plugin saja.

Lalu plugin apa yang bisa Anda gunakan? Dalam hal ini, kami merekomendasikan plugin WPS Hide login.

login wordpress
Hide Wp-admin Blog Anda

Untuk melakukan instalasi, silakan masukkan nama plugin tersebut pada kolom pencarian dengan mengetikkan WPS Hide Login.

Jika Anda belum mengetahui cara melakukan menginstalnya, silakan ikuti tutorial cara instal plugin WordPress.

Plugin ini cukup ringan dan tidak ada perubahan yang dilakukannya pada core dan rewrite rule. Selain itu, plugin ini juga kompatibel dengan plugin bbPress, Limit Login Attempts, BudyPress,  dan User Switching.

Setelah plugin ini diaktifkan, Anda hanya perlu memberikan nama untuk URL login Anda dibagian WPS Hide Login pada kolom Login URL. Silakan pilih menu Settings > General.

mengubah url login wordpress
Hide WP-Admin Anda dengan WPS Hide Login

Catatan: Setelah Anda menyimpan perubahan pada plugin ini, maka secara otomatis URL login WordPress sebelumnya sudah tidak dapat diakses kembali.

Jika Anda tidak dapat mengakses halaman login dengan URL baru, silakan hapus plugin ini melalui FTP client seperti FileZilla.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Login di WordPress

Sudahkah Anda Mengganti URL WP-Admin Anda?

Dengan mengubah URL login WordPress, Anda bisa meningkatkan keamanan website WordPress Anda.

Dengan mengetahui cara mengganti wp-admin, Anda juga dapat mencegah error yang sering muncul seperti error “429 Too Many Request”. Error tersebut biasanya ditampilkan oleh server ketika menerima terlalu banyak request.

Jika Anda memiliki pertanyaan ataupun masukkan mengenai artikel ini, silakan untuk meninggalkan komentar pada kolom di bawah ini. Silakan Subscribe pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda.

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

2 Replies to “Amankan Website WordPress Anda dengan Mengganti URL WP-Admin”

  1. Saya baru saja mengubah URL wordpress melalui Pengaturan umum di bagian dasbor. Tapi masalahnya jadi Error. Blog saya tidak bisa di akses. Dan juga tidak bisa mendapatkan akses login lagi. Mohon pencerahannya.

    1. Halo Ramly,

      Jika tidak bisa melakukan akses melalui halaman URL blog. Anda dapat menonaktifkan plugin yang dipakai terlebih dahulu.
      Caranya? masuk melalui menu admin hosting dan menghapus atau mengganti nama plugin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *