Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

7 Cara Mendapatkan Uang dari Google [Terbaru!]

5 min read

cara mendapatkan uang dari google

Menghasilkan uang dari internet itu bukan bualan semata. Banyak orang yang sudah mengantongi ratusan juta rupiah dari internet. Memangnya, bagaimana sih cara mendapatkan uang dari Google?

Di artikel ini, kami akan membocorkan beberapa cara menghasilkan uang dari Google yang paling ampuh. Yuk simak caranya sampai tuntas!

7 Cara Mendapatkan Uang dari Google

Di bawah ini, kami akan bahas tujuh cara meraup keuntungan dari Google serta kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah beberapa cara menghasilkan uang dari Google yang bisa Anda coba:

1. Mendapat Penghasilan Iklan dari Google AdSense

cara mendapatkan uang dari google adsense

Google AdSense merupakan salah satu layanan pemasangan iklan dari Google yang dapat membantu Anda menjalankan cara menghasilkan uang dari Google. Layanan ini menggunakan space di website Anda untuk menampilkan iklan. Penyedia iklan akan menawar space tersebut.

Semua iklan yang tampil di website Anda akan menyesuaikan audiens dan niche website. Maka dari itu, Anda tak perlu khawatir iklan-iklan aneh yang muncul di website.

Cara mendapatkan uang dari Google AdSense sebetulnya sangatlah mudah. Anda tinggal mengisi formulir yang untuk mendaftar ke Google AdSense. Di sana akan ada kolom isian alamat website serta email yang bisa dihubungi.

Kemudian, pihak Google akan mereview website yang Anda miliki. Asal memenuhi semua persyaratan, seharusnya kabar baik menanti Anda dalam waktu seminggu. (Baca: pengajuan AdSense diterima dan Anda bisa mendapatkan uang dari Google).

Kelebihan Google AdSense:

  • Anda bisa mendapatkan uang ketika iklan diklik pengunjung.
  • Iklan dengan harga tertinggi lah yang akan ditampilkan.
  • Anda bisa memilih tampilan iklan yang ingin ditampilkan.
  • Tampilan iklan responsif dalam berbagai gadget dan layar.
  • Terdapat statistik untuk menilai performa iklan.

Kekurangan Google AdSense:

  • Anda perlu memiliki trafik berjumlah besar untuk mendapatkan pendapatan signifikan.
  • Pendapatan otomatis berhenti ketika Anda kehilangan iklan atau trafik.
  • Anda bisa dengan mudah dipenalti Google ketika tak sengaja mengklik iklan.

2. Mengiklankan Produk Lewat Google Ads

cara mendapatkan uang dari google ads

Google Ads memberikan Anda opsi untuk menampilkan bisnis Anda di hasil pencarian teratas. Hal ini tentunya sangat menguntungkan.

Alih-alih memulai kehadiran online dari nol, sistem ini bisa mempermudah langkah Anda membangun reputasi online. Anda bisa baca lebih banyak soal iklan pencarian di tutorial AdWords.

Anda hanya perlu membayar sejumlah orang yang mengklik iklan Anda. Dengan kata lain, Google Ads menerapkan sistem Pay-Per-Click atau PPC. Anda boleh bayangkan sistem iklan Google Ads ini seperti iklan selebaran pinggir jalan ─ tetapi berada di medium online.

Namun, alih-alih membayar untuk semua ‘pamphlet yang dicetak’, Anda hanya mengeluarkan kocek sejumlah ‘pamphlet yang diminta calon pelanggan’.

Kelebihan Google Ads:

  • Promosi yang mudah dan efektif bagi bisnis.
  • Memakai sistem PPC; membuat Anda hanya perlu bayar sesuai dengan seberapa banyak orang yang mengklik website bisnis yang dimiliki.
  • Fitur lengkap untuk memanajemen iklan dari satu tempat.
  • Dilengkapi berbagai resources dan informasi untuk mendukung kampanye iklan yang dibuat.

Kekurangan Google Ads:

  • Kurang cocok untuk seseorang yang tidak memiliki bisnis pribadi.
  • Untuk dapat menggunakan Google Ads, Anda perlu mengeluarkan modal terlebih dulu.

3. Menarik Pelanggan dari Hasil Penelusuran Google

cara mendapatkan uang dari google search

Search Engine Optimization atau SEO lebih dikenal sebagai cara untuk mendulang trafik organik ke sebuah website. Cara ini kerap dipakai pemilik website dan blogger untuk menjadikan situsnya tampil di halaman pertama hasil pencarian Google.

Anda bisa memanfaatkan skill SEO yang Anda miliki untuk mendapatkan uang dari Google. Setidaknya ada dua macam hal yang bisa dilakukan. Pertama, menggunakan keterampilan untuk mendulang penghasilan sendiri. Atau kedua, menawarkan keterampilan tersebut untuk orang lain.

Untuk cara pertama, Anda bisa membuat banyak website dengan berbagai niche. Kemudian Anda bisa mengoptimasinya dan memasangkan AdSense di website tersebut. Dari cara mendapatkan uang dari Google ini Anda bisa mengantongi keuntungan.

Kalaupun Anda bisa bosan, website yang dibuat pun bisa dijual secara online. Lalu untuk cara kedua, Anda bisa membuka jasa konsultasi SEO atau bekerja di agensi sebagai SEO specialist.

Kelebihan Organic Google:

  • Kemampuan optimasi SEO banyak diminati dan bisa dibayar mahal.
  • Sekali berhasil, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.
  • Kesempatan monetasi untuk keterampilan SEO begitu luas dan beragam. Misalnya seperti, jasa konsultasi, flipping, monetasi website, toko online, dsb.

Kekurangan Organic Google:

  • Butuh waktu yang tidak sebentar untuk dapat menguasai SEO.
  • Algoritma SEO Google selalu berubah ─ Anda perlu selalu update dengan perkembangan terbaru.

4. Mendapat Penghasilan dari YouTube

cara dapat uang dari google youtube

YouTube sangat diminati oleh masyarakat Indonesia secara luas. Oleh karena itu, kesempatan Anda untuk mendapatkan uang dari YouTube juga semakin besar.

Bagaimana caranya? Tentu saja dengan membuat konten berbasis video di platform ini. Anda tinggal tentukan target audiens mana yang ingin disasar. Lalu, Anda bisa menggarap konten secara serius di niche tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa menerapkan cara mendapatkan uang dari Google dengan daftar YouTube AdSense, mengikuti program afiliasi, bekerja sama dengan brand, menjadi pembicara, atau bahkan artis. Contohnya seperti Ria Ricis, Bayu Skak, dan Tasya Farasya yang memulai kesuksesannya lewat YouTube.

Kelebihan YouTube:

  • Kesempatan monetasi yang sangat fleksibel: AdSense, program afiliasi, kerja sama dengan brand, menjadi ambassador, hingga menjadi pembicara di events.
  • Kesempatan untuk berjejaring dengan banyak content creator.
  • Eksposur dan pengaruh lebih luas ke khalayak.

Kekurangan YouTube:

  • Butuh modal besar (waktu dan teknis) untuk menghasilkan video berkualitas.
  • Butuh waktu lama untuk membangun penonton setia.
  • Persaingan content creator YouTube semakin tinggi ─ sulit bagi creator baru untuk menyaingi YouTuber yang sudah eksis lebih dulu.

5. Menampilkan Bisnis di Google My Business

cara dapat uang dari google bisnisku

Lewat Google Bisnisku atau Google My Business, Anda bisa membuat profil soal bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa menambahkan keterangan lengkap soal bisnis. Jadi, Google Bisnisku bisa menjadi tools yang membantu Anda dalam menjalankan cara mendapatkan uang dari Google.

Mulai dari nama bisnis, jam buka, update menu (jika ada), media sosial dan website, foto, dan review. Semua informasi ini akan Google tampilkan dalam bentuk snippet menarik di sebelah kanan hasil pencarian.

Cara mendapatkan uang dari Google Bisnisku ini memang takkan bekerja secara langsung. Anda takkan serta merta dapat uang dengan memanfaatkan platform ini. Tapi setidaknya, Anda bisa memperbesar peluang dipercayai calon pelanggan. Untuk bisa memaksimalkan kehadiran online Anda, coba baca 10 Tips Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda.

Kelebihan Google Bisnisku:

  • Sangat mudah digunakan dan diatur tampilannya.
  • Mendukung kehadiran bisnis Anda secara online.
  • Terdapat fitur website gratis dan insight lengkap yang bisa digunakan untuk memajukan usaha Anda.
  • Jauh lebih praktis dibandingkan harus membangun reputasi dari organic traffic.

Kekurangan Google Bisnisku:

  • Fitur sangat lengkap mungkin dianggap sedikit rumit oleh pengusaha kecil.
  • Reputasi bisnis bisa memburuk ketika informasi yang disampaikan kurang tepat.
  • Anda dituntut untuk responsif menanggapi review atau pertanyaan pelanggan. 

6.  Menjual Aplikasi di Google Play Store

cara menghasilkan uang dari google play

Cara menghasilkan uang dari Google Play tak lain dan tak bukan adalah lewat aplikasi. Melihat trend saat ini, peluang untuk membuat aplikasi dan menjadikan cara mendapatkan uang dari Google Play Store masih sangatlah besar. Untuk itu, jika Anda punya kemampuan mengembangkan aplikasi dan gaes, cara ini jangan sampai dilewatkan.

Ada beberapa skema yang bisa dipakai untuk menjalankan cara mendapatkan uang dari Google Play, yaitu:

  1. Menjual aplikasi – Anda perlu mendesain aplikasi dengan fitur lengkap dan tampilan apik hingga pengguna mau mengeluarkan uang untuk menggunakan aplikasi yang Anda buat.
  2. In-app purchases – Pengguna aplikasi masih bisa mendapatkan dan menggunakan aplikasi yang dibuat secara gratis. Akan tetapi, Anda bisa menjual berbagai fitur atau elemen tambahan seperti gem, karakter, pakaian, dan sebagainya. 
  3. In-app advertising – Skema ini membebaskan pengguna untuk memakai aplikasi. Namun untuk mendapatkan bonus atau fitur tambahan, pengguna harus rela untuk menonton iklan atau berbagi layar dengan banner iklan.
  4. Subscription – Pengguna perlu membayar sejumlah biaya untuk dapat menggunakan aplikasi dalam kurun waktu tertentu.

Kelebihan Google Playstore:

  • Ada banyak skema monetisasi untuk aplikasi di Google Play: direct sales, in-app purchases, in-app advertising, dan subscription.
  • Pesaing monetisasi di Google Playstore masih belum sebanyak di platform Google lainnya.

Kekurangan Google Playstore:

  • Sangat terbatas untuk developer atau orang dengan kemampuan membuat aplikasi.
  • Butuh waktu cukup lama untuk mengembangkan aplikasi. 
  • Butuh waktu dan modal promosi hingga aplikasi bisa mendapatkan audiens.

7. Menampilkan Bisnis di Google Maps

cara dapat uang dari google maps

Google Maps membuka kesempatan bagi pengguna Google, siapa saja, untuk berkontribusi mengembangkan platform geo-location miliknya. Kontribusi ini diwujudkan dalam bentuk mengisi konten untuk peta itu sendiri.

Dengan Google Maps, Anda bisa mereview lokasi, menilai lokasi, menambahkan foto lokasi, menjawab pertanyaan tentang sebuah lokasi, dan mengubah informasi yang salah soal lokasi. 

Dari setiap kontribusi di atas, Anda akan mendapatkan poin yang berbeda. Contohnya saja, Anda bisa mendapatkan poin yang lebih tinggi untuk foto dibandingkan dengan mengecek fakta tentang suatu lokasi.

Nantinya, Anda bisa mendapatkan berbagai insentif berdasarkan poin yang dikumpulkan. Beberapa insentif yang sering diberikan ialah voucher hotel, diskon untuk tiket bus, bonus kapasitas Google Drive hingga 1TB, dan mendapat kesempatan untuk menjajal fitur terbaru dari Google.

Kelebihan Google Maps:

  • Cara mudah untuk menjajal berbagai fitur baru dan mendapatkan insentif dari Google.
  • Cara kerjanya seperti game di mana Anda mendapatkan poin untuk setiap goals atau kegiatan yang ditetapkan. 
  • Ada banyak opsi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan poin.
  • Poin yang didapatkan tidak akan hangus (kecuali jika ada kecurangan atau pelanggaran).

Kekurangan Google Maps:

  • Insentif yang diberikan bukan merupakan uang.
  • Insentif yang diberikan akan berhenti ketika Anda tidak aktif mereview di Google Maps.

Baca juga: Cara Menambahkan Google Maps di WordPress

Siap Mendapatkan Uang dari Google?

Selamat! Kini Anda tahu bahwa setiap layanan Google bisa menjadi cara dapat uang dari Google. Mulai dari dengan menggunakan Google AdSense, Google Ads, Google Bisnisku, hingga Play Store.

Semoga Anda menemukan satu, dua, atau beberapa cara menghasilkan uang dari Google yang cocok untuk menambah isi dompet Anda.

Tapi meskipun Anda bisa cari uang online tanpa membangun website, memiliki website sendiri tetap merupakan pilihan terbaik. Tidak hanya terkait reputasi, namun juga kemudahan dalam mengelolanya sesuai keinginan Anda. 

Nah, supaya website Anda tidak lambat, sulit diakses, serta rentan diserang hacker, gunakanlah paket hosting yang mumpuni.

Memangnya apa saja kriteria layanan hosting yang baik? Di antaranya, server hosting Anda harus cepat dan stabil, sumber dayanya harus besar, dan menawarkan proses upgrade paket hosting yang mudah.

Layanan hosting Niagahoster memenuhi kriteria-kriteria tersebut lho.. Jadi, tunggu apa lagi?

Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *