Categories: Bisnis Online

3 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Google Maps memudahkan pengguna untuk menemukan lokasi apa saja di internet, dari kantor, rumah, restoran, hingga lokasi bisnis. 

Coba cek, apakah lokasi bisnis Anda sudah muncul di Google Maps? Jika belum, Anda sudah menemukan artikel yang tepat. Artikel ini akan memandu Anda menambahkan lokasi bisnis di Google Maps. 

Sebelum masuk ke tiga cara menambahkan tempat di Google Maps, simak ulasan tentang mengapa Anda harus mendaftarkan Bisnis Anda ke Google Maps. Simak ya!

Mengapa Anda Harus Menambahkan Tempat Bisnis Anda di Google Maps?

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menambahkan lokasi bisnis Anda di Google Maps. Apa saja itu? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Konsumen Anda Akan Mudah Menemukan Lokasi Bisnis Anda

Orang Indonesia saat ini banyak yang mengandalkan Google Maps  sebagai penunjuk arah. Berdasarkan data Google, ada lebih dari 140 juta pengguna aktif Google Maps di Indonesia. Tentu angka tersebut terlalu besar untuk Anda abaikan. Lebih dari setengah penduduk Indonesia menggunakan Google Maps untuk mencari tahu tempat yang akan mereka tuju. 

Bayangkan ketika konsumen Anda ingin menuju lokasi bisnis Anda dan tidak menemukannya di Google Maps. Tentu mereka akan kesulitan, bukan? Jadi mau tidak mau Anda harus menambahkan lokasi bisnis Anda di Google Maps agar konsumen lebih mudah menemukan lokasi Anda.

Apalagi dengan pilihan fitur untuk rute beberapa transportasi mulai dari jalan kaki hingga transportasi umum seperti bus dan kereta, konsumen Anda akan dengan mudah bisa menemukan lokasi Anda. 

Memberikan Titik Lokasi yang Akurat kepada Konsumen 

Selain mudah, Google Maps juga memberikan petunjuk lokasi yang akurat melalui fitur Google Street View. Google Street View adalah fitur penunjuk arah dengan gambar 360 derajat. Melalui fitur ini pengguna bisa melihat foto situasi sekitar lokasi tujuannya secara nyata. 

Fitur Google Street View memungkinkan konsumen Anda untuk menemukan lokasi bisnis Anda dengan patokan yang sangat jelas. Mereka bisa melihat detail lokasi dari gang sampai bangunan-bangunan di sekitar lokasi bisnis Anda. Dengan begitu, konsumen Anda bisa lebih yakin bahwa toko offline Anda memang benar ada dan bisa untuk dijangkau. 

Anda Juga Akan Mendapatkan Fitur Google Bisnisku

Pernahkah Anda mencari informasi tentang salah satu lokasi bisnis lalu muncul kotak berisikan informasi tentang bisnis tersebut di bagian kanan layar pencarian Anda? Kotak berisi informasi itu adalah fitur Google Bisnisku yang disediakan oleh Google Maps. 

Dengan menambahkan tempat bisnis di Google Maps, Anda sebagai pemilik bisnis akan mendapatkan fitur sama seperti itu dari Google. Menarik sekali, bukan?

3 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Ada tiga cara untuk mendaftarkan lokasi bisnis Anda ke Google Maps dengan mudah. Berikut langkah-langkah menambahkan lokasi bisnis di Google Maps:

1. Melalui Website Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah fitur dari Google Maps yang mampu mempermudah calon konsumen untuk menemukan lokasi sekaligus informasi bisnis Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1- Masuk ke situs Google Bisnisku

Pilih “Start Now” untuk memulai proses pendaftaran Google Bisnis 

Langkah 2- Tuliskan nama bisnis Anda 

Langkah 3- Anda harus memilih “Yes” jika ingin alamat dan informasi bisnis Anda muncul di halaman pencarian. 

Langkah 4- Tuliskan alamat bisnis Anda dengan lengkap agar Google mampu melacaknya dengan baik

Langkah 5- Selanjutnya, Google akan melakukan pengecekan apakah bisnis Anda sudah terdaftar atau belum. Jika list yang keluar bukan bisnis Anda, pilih “None of these”

Langkah 6- Langkah selanjutnya adalah menentukan titik lokasi bisnis Anda. 

Langkah 7-  Pilihan ini adalah untuk Anda memilih apakah akan melayani konsumen di luar kantor? Jika iya, pilih pilihan pertama, yaitu “Yes, I also serve them outside my location”. Selanjutnya Google akan memberitahukan kepada konsumen Anda tentang lokasi kantor selain yang telah terdaftar.

Langkah 8-  Pilih kategori bisnis Anda Kategori ini memudahkan Google untuk merekomendasikan penggunanya ketika mencari bisnis yang serupa dengan bisnis Anda. 

Langkah 9- Setelah itu lengkapi  informasi seperti nomor telepon dan website bisnis Anda. 

Langkah 10- Setelah semua proses pengisian informasi terpenuhi, Google akan meminta izin Anda untuk mengirimkan notifikasi dan beberapa informasi terkait rekomendasi terkait bisnis Anda. Jika Anda tidak berkenan, silahkan pilih “No”. Jika berkenan, silahkan pilih “Yes”

Langkah 11- Setelah semua proses selesai, Google akan mengirimkan surat fisik ke alamat bisnis Anda untuk memastikan bahwa alamat yang Anda daftarkan bukan fiktif. Setelah itu, alamat dan akun Google Business Anda telah aktif. Proses pengiriman akan memakan waktu kurang lebih empat hari.

2. Mendaftarkan Langsung Melalui Google Maps

Selain memberikan petunjuk arah lokasi, Google Maps juga bisa memfasilitasi bagi yang ingin menambahkan lokasi secara langsung. Berikut langkah-langkah untuk mendaftarkan lokasi bisnis Anda:

Langkah 1- Masuk ke Google Maps lalu Anda akan menemui tampilan peta dan temukan tanda garis tiga di sisi kiri atas. 

Langkah 2- Pilih tanda garis tiga tersebut. Lalu pilih “Add your business”.

Langkah 3- Langkah selanjutnya adalah Anda harus memasukkan informasi tentang bisnis Anda. Tahapannya sama dengan tahapan ketika mendaftarkan lokasi bisnis Anda ke Google Bisnisku. 

3. Klaim Lokasi Bisnis Melalui Google Maps

Cara ini dipilih ketika bisnis Anda telah didaftarkan oleh pihak yang tidak Anda kenal. Dengan kata lain, terjadi duplikasi lokasi bisnis. Google akan memfasilitasi masalah ini dengan cara klaim bisnis melalui Google Bisnisku. Berikut caranya:

Langkah 1- Lakukan pencarian bisnis Anda di Google. Lalu, pilih pilihan “Pemilik bisnis ini?”

Langkah 2- Selanjutnya Anda diminta untuk melakuklan pengelolaan terhadap bisnis tersebut.

Langkah 3- Anda harus melakukan verifikasi laporan. Ada tiga pilihan melalui panggilan telepon, email ataupun kirim melalui surat fisik. Pilihan mengirim surat fisik dipilih ketika dua pilihan lainnya tidak mencantumkan tentang identitas Anda. 

Langkah 4- Tuliskan alamat pengiriman dengan benar agar surat dari Google sampai di tujuan. Proses pengiriman ini memakan waktu kurang lebih empat hari. Setelah itu, lakukan verifikasi lokasi bisnis Anda yang telah diduplikasi. 

Kesimpulan

Kini Anda telah mengetahui tiga cara menambahkan tempat di Google Maps. Anda bisa memilih cara yang sesuai dengan kondisi Anda. Tidak rumit bukan? Ada baiknya untuk menambahkannya sekarang juga agar konsumen Anda bisa menemukan bisnis Anda dengan mudah. 

Jika Anda memiliki pertanyaan dan komentar tentang artikel ini, silakan langsung tuliskan di kolom komentar. Jika Anda menginginkan artikel baru setiap harinya, silakan langsung subscribe saja ya!

Gatari

I am working in Niagahoster as a SEO Content Writer. Growing is important, but be grounded also the key to be a good writer.

Share
Published by
Gatari
Tags: google maps

Recent Posts

4 Cara Membuat Email Bisnis Profesional

Email bisnis berbeda dengan email personal yang digunakan kebanyakan orang. Anda tidak bisa menggunakan layanan email personal untuk kepentingan bisnis.…

14 hours ago

11+ Penyedia Email Gratis dan Berkualitas

Jika berbicara soal layanan email gratis, mungkin yang pertama kali muncul di pikiran Anda adalah Yahoo Mail dan Gmail. Memang…

2 days ago

Cara Melihat IP Address di Komputer dan Android

Sedang mencari alamat IP address komputer, smartphone, atau perangkat lainnya yang Anda gunakan? Anda telah menemukan artikel yang tepat. Artikel…

3 days ago

Tutorial PrestaShop: Panduan Membuat Toko Online

Pada artikel sebelumnya, kami sempat membahas Shopify. Namun, sayangnya platform tersebut berbayar. Nah, di artikel ini kami akan mengulas cara…

3 days ago

6 Strategi Sukses Jadi Dropshipper 2019

Indonesia diprediksi menjadi pasar ecommerce terbesar di Asia. Pada tahun 2021, pendapatan dari bisnis online akan mencapai $14,47 miliar. Angka…

6 days ago

15+ Bahasa Pemrograman Terpopuler di Kalangan Developer

Bahasa pemrograman dikenal juga dengan nama bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah kumpulan sintaks yang berfungsi untuk memerintahkan…

7 days ago