9 Cara Menambah Viewer YouTube Paling Ampuh

Memiliki channel YouTube dengan konten keren, tapi penontonnya sedikit tentu menyebalkan. Padahal, upaya yang Anda lakukan sudah cukup banyak. Nah, Anda ingin tahu cara menambah viewer YouTube?

Di artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai strategi menambah view YouTube. Jadi, tujuan Anda membangun channel tersebut, baik untuk mendapatkan uang atau membangun branding, bisa tercapai.

Penasaran? Langsung saja simak caranya berikut ini.  

9 Cara Menambah Viewer YouTube yang Bisa Anda Coba!

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah viewer di YouTube. Kira-kira apa saja itu? Berikut ini 9 cara memperbanyak view YouTube yang bisa Anda coba.

1. Buat Konten yang Menarik

Konten merupakan daya tarik utama penonton YouTube. Jadi, membuat konten yang menarik merupakan cara menambah viewer YouTube yang paling penting.  

Konten yang baik tidak hanya akan banyak dilihat, tapi juga dapat mendatangkan respon yang positif dari penonton. Misalnya berupa like, comment, share, dan juga subscribe. Semakin tinggi engagement di video Anda, semakin besar kesempatan video tersebut muncul di timeline dan berada di paling atas halaman pencarian.  

Sajikanlah konten yang memiliki nilai tersendiri dan relevan dengan tujuan Anda membuat channel YouTube. Misalnya, berupa konten edukasi, tutorial, atau konten-konten yang sifatnya menghibur. 

Kalau Anda bisa konsisten membuat konten yang menarik, penonton video YouTube Anda pasti akan meningkat. Bahkan, tak jarang mereka akan membagikan video ke media sosial lainnya. Sehingga viewer YouTube Anda akan semakin banyak. 

Contoh channel Youtube yang memiliki konten yang berkualitas adalah CR Cook. Tak heran subscribernya lebih dari 1,6 juta. Apa istimewanya? 

Sebagai channel memasak, koleksi videonya sangatlah lengkap. Mulai dari masakan nusantara, kue, roti, bahkan makanan dan sedang viral. Tak hanya itu, hasil videonya pun sangat detail sehingga dapat diikuti dengan mudah. 

Salah satu videonya yang memiliki viewers terbanyak adalah video tutorial membuat roti jabrik. Viewersnya mencapai lebih dari 1,8 juta dalam 2 bulan saja! Selain memiliki visual yang menarik, makanan ini juga sedang viral. 

Membuat makanan yang sedang viral atau tren juga akan membantu mendapatkan lebih banyak viewers. 

Bila memungkinkan, Anda juga bisa mengajak YouTuber lain untuk berkolaborasi dengan Anda. Berkolaborasi dengan YouTuber lain bisa jadi cara menambah viewer YouTube paling ampuh. Sebab, langkah ini bisa menjadi upaya mempromosikan channel YouTube Anda lebih baik. 

2. Lakukan Riset Kata Kunci

Biasanya pengunjung akan mengetik kata tertentu di kolom pencarian. Kalau video Anda relevan dengan kata tersebut, video bisa muncul di paling atas. Kemungkinan video diklik pun semakin besar. 

Nah, untuk dapat mencapai hasil tersebut, Anda perlu melakukan riset kata kunci. Strategi ini juga bisa menjadi cara menambah viewer YouTube. 

Dengan riset kata kunci, Anda bisa menentukan kata kunci yang tepat untuk konten YouTube Anda. Jadi, ranking video Anda di hasil pencarian bisa meningkat sesuai kata kunci yang relevan. 

Anda bisa menggunakan tools seperti Google Keyword Planner untuk membantu Anda melakukan riset kata kunci. 

Dengan Google Keyword Planner, Anda akan tahu kata kunci yang sedang banyak dicari orang. Tak hanya itu, Anda bahkan bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat video selanjutnya berdasarkan volume atau tingkat kesulitan kata kunci tertentu. 

Hasilnya, video Anda akan ramai pengunjung. Kenapa? Karena konten video yang Anda miliki sesuai dengan apa yang dicari oleh penonton. 

Nah, kalau Anda sudah menemukan kata kunci yang sesuai, Anda akan gampang membuat deskripsi video dan tag. (Pembahasan mengenai deskripsi dan tag ini akan dibahas di poin lain).  

3. Optimasi Judul Konten Video Anda

Judul konten juga penting untuk menambah view YouTube . Hal ini pun juga telah dikonfirmasi oleh YouTube, bahwa judul dapat mempengaruhi pengguna untuk mengklik video. 

Tipsnya, buatlah judul yang sesuai dengan konten YouTube Anda. Jangan clickbait, ya? Selain dapat mengecewakan pengguna, judul yang tidak sesuai dengan isi juga akan membuat reputasi channel YouTube Anda buruk. 

Nah, ada beberapa cara yang lebih ampuh untuk membuat judul yang baik sehingga mendatangkan banyak klik. 

Pertama, tambahkan frasa dengan tanda kurung pada akhir kalimat judul Anda. Tidak percaya? Faktanya, menambahkan tanda kurung pada judul ternyata dapat meningkatkan klik hingga 33 persen.

Kedua, tambahkan angka pada judul Anda. Angka tersebut dapat berupa:

  • Tahun saat ini
  • Jumlah cara atau langkah untuk video tutorial
  • Jumlah list untuk video listicle
  • nomor lain yang masih berhubungan dengan konten video Anda.

Ketiga, buat judul dengan 40-50 karakter. Menurut studi dari Justin Briggs, video dengan judul kurang dari 50 karakter mendapatkan ranking yang bagus di pencarian YouTube.  

Cobalah menerapkan ketiga cara ini untuk mendapatkan ranking lebih baik dan klik lebih banyak. 

4. Tulis Deskripsi Video dengan Tepat

Menulis deskripsi video dengan tepat juga menjadi salah satu cara untuk menambah viewer YouTube. Alasannya, penjelasan tentang video akan membantu penonton memastikan video tersebut sesuai keinginan. Selain itu, menurut YouTube, deskripsi video akan memudahkan algoritma mereka. 

Nah, untuk membuat deskripsi video yang baik, ada tiga langkah yang bisa Anda lakukan. 

Pertama, buat intro deskripsi yang kuat dan menarik. Anda bisa memberitahu tentang apa video Anda pada bagian ini. Tak perlu terlalu panjang. Buatlah 2-3 kalimat saja pada bagian ini. 

Kami juga menyarankan untuk memasukkan target kata kunci konten Anda pada bagian ini. Kenapa? Sebab, nantinya baris awal deskripsi ini akan muncul pada halaman hasil pencarian YouTube.  

Kedua, buat deskripsi ringkasan video Anda. Buatlah setidaknya dengan 150 kata atau lebih. Buatlah dengan jelas supaya penonton YouTube dapat memahami isi konten video Anda. 

Pada bagian ini, pastikan juga Anda menyisipkan kata kunci agar terbaca oleh algoritma YouTube. Tujuannya, untuk meningkatkan ranking di hasil pencarian. 

Ketiga, masukkan link pada deskripsi video Anda. Link yang dimasukkan bisa mengarahkan ke website, blog hingga akun media sosial Anda. Tujuannya, untuk mengajak penonton untuk mengunjungi link tersebut. 

5. Gunakan Formula MVC pada Tag Video

Mengisi tag video merupakan salah satu bagian dari optimasi SEO YouTube. Tag akan membantu YouTube memahami topik video Anda. Penggunaan tag yang tepat juga membuat video YouTube mendapatkan ranking yang lebih bagus. 

Langkah ini merupakan cara memperbanyak view di YouTube. Pertanyaannya, bagaimana cara menggunakan tag dengan tepat?

Jawabannya adalah dengan menggunakan formula MVC, yaitu “main keyword”, “variation”, dan “category”. 

  • Main keyword: kata kunci utama sebagai tag pertama atau kedua
  • Variation: kata kunci sekunder atau LSI keyword
  • Category: kategori konten video YouTube Anda.

Dengan mengisi kolom tag dengan formula MVC, YouTube dapat lebih mudah mengetahui topik dan kategori video Anda.  

6. Gunakan Custom Thumbnail

Selain judul, thumbnail juga berpengaruh dalam meningkatkan jumlah viewer. Alasannya, thumbnail inilah yang terlihat pertama kali dilihat pengguna saat melakukan pencarian. Untuk itu, Anda perlu mengoptimasinya. 

Optimasi thumbnail bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan fitur custom thumbnail. Bahkan faktanya, 9 dari 10 video yang banyak ditonton ternyata menggunakan custom thumbnail. Jadi, bisa dikatakan cara ini cukup efektif. 

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat custom thumbnail yang bagus. 

  • Pastikan thumbnail sesuai dengan konten video Anda.
  • Buat thumbnail yang unik dengan warna dominan, seperti biru, orange, merah, atau hijau.
  • Masukkan judul pada thumbnail Anda

Contoh custom thumbnail bisa dilihat seperti di bawah ini:

Untuk membuat thumbnail lebih mudah, Anda bisa pakai platform desain online seperti Canva. Berbagai template sudah disediakan, jadi Anda tak perlu membuatnya dari awal. 

7. Buat Playlist Video

Membuat playlist merupakan salah satu strategi untuk menambah jumlah viewer YouTube  Anda. Sebab, dapat meminimalkan penonton pindah ke channel lain ketika selesai menonton video tertentu. 

Untuk membuat playlist, ada tips yang cukup efektif, yaitu menggunakan layout horizontal. 

Kenapa horizontal? Sebab, tampilan playlist horizontal dapat membuat thumbnail video Anda terlihat lebih jelas dan menarik.

Ini dia cara melakukannya: 

  1. Klik tombol Customize Channel pada YouTube channel Anda
  2. Klik ikon pensil pada playlist Anda
  3. Pilih Layout
  4. Pilih Horizontal Row
  5. Klik Done untuk menyimpan perubahan

Sangat simpel bukan? Cobalah lakukan penggantian layout playlist dan lihat perubahan yang terjadi dari sisi viewer channel Anda.

8. Giring Trafik Menggunakan Cards dan End Screens

Selain playlist, cards dan end screen juga merupakan fitur YouTube yang dapat membantu pengguna untuk klik video Anda lainnya. Inilah cara menambah viewer YouTube yang tak kalah ampuh. 

Cards merupakan fitur yang menampilkan list video lain. Fitur ini berbentuk tombol di pojok kanan atas serta dibuat clickable supaya tidak mempengaruhi jalannya video berlangsung. 

Sementara itu, end screen merupakan fitur yang menampilkan thumbnail video lain, channel, dan website di akhir video.    

Nah, dengan kedua cara tersebut, penonton dapat digiring untuk menonton video lainnya. Sehingga, jumlah viewer pun bertambah. 

9. Promosikan Video YouTube di Media Sosial

Selain membuat konten video yang menarik Anda juga perlu share konten tersebut di media sosial lain. Kenapa? Semakin banyak orang yang tahu, peluang video Anda ditonton akan semakin besar. Apalagi, pengguna media sosial di Indonesia saat ini mencapai 3,8 milyar.  

Akan tetapi, membagikan video YouTube di media sosial memerlukan cara khusus, mengingat durasinya cukup terbatas. Nah, caranya, lakukan posting teaser atau cuplikan video YouTube Anda. Lalu, tambahkan link dan sedikit deskripsi pada caption postingan. 

Di mana sebaiknya Anda memposting video YouTube? Di semua platform yang Anda miliki. Baik Instagram, Facebook, Twitter, dan juga LinkedIn. Tentunya, sesuaikan dengan strategi promosi Anda.

Baca juga: 15 Cara Mempromosikan Video YouTube Paling Efektif! 

Tingkatkan Viewer YouTube Anda, Sekarang!

Itu dia beberapa cara menambah viewer YouTube yang bisa Anda coba. Cukup banyak ya? Mulai dari membuat konten, riset kata kunci, hingga mempromosikan di media sosial.

Jika Anda bisa menerapkannya dengan tepat, jumlah viewer Anda pasti akan meningkat. 

Dengan mempunyai banyak viewers, tujuan YouTube Anda pun dapat terwujud. Baik untuk tujuan bisnis seperti branding atau tujuan pribadi seperti berbagi ilmu hingga mendapatkan uang dari YouTube. Menarik, bukan? 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menambah viewer video YouTube Anda. 

Nah, apabila Anda ingin tahu cara meningkatkan trafik untuk website Anda juga, pelajari lebih lanjut lewat ebook 20+ Cara Mendapatkan Traffic Website Secara Gratis.

Putri Aprilia

Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Cara Import Database dari Localhost ke Web Hosting [Terbaru]

Apakah Anda ingin memindahkan database website dari komputer ke hosting agar bisa diakses online? Anda sudah datang ke tempat yang…

3 hours ago

Perkembangan Teknologi di Indonesia: Apa Saja Manfaat Bagi Bisnis Anda?

Cukup sekali sentuh, Anda kini bisa ngobrol lewat video call dengan sanak saudara di luar kota. Padahal, dulu untuk melakukannya…

1 day ago

Apa itu Bug dan Berbagai Penyebabnya? [Terlengkap]

Bug adalah istilah bahasa Inggris yang artinya serangga. Namun, tentu bukan serangga di kehidupan nyata yang akan kami bahas di…

2 days ago

Load Balancing: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya pada Server

Website marketplace seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee melayani ratusan pelanggan setiap harinya. Pengunjung website mereka bahkan melonjak secara drastis saat…

3 days ago

Ingin Bisnis Anda Sukses di Bulan Ramadhan? Perhatikan 5 Tren Berikut!

Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Selain menjadi momentum untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya. Banyak usaha yang mendapat rezeki melimpah dari…

3 days ago

Fungsi VPS: Ketahui Hal ini Sebelum Menggunakan VPS

Dibandingkan dengan shared hosting, VPS memang kurang populer. Kebanyakan orang menggunakan shared hosting terlebih dahulu karena biayanya lebih terjangkau dan…

3 days ago