Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

10+ Ide Bisnis Tanpa Modal di Tahun 2023

6 min read

Ide Bisnis Tanpa Modal

Siapa bilang modal memulai bisnis itu harus besar? Buktinya, ada banyak bisnis tanpa modal yang bisa Anda coba dan pastinya menjanjikan keuntungan yang besar. 

Cara berbisnis tanpa modal tidak sulit kok. Menjual jasa keahlian Anda, bisa menjadi contohnya. Atau, Anda punya barang bekas pakai yang layak jual? Itu juga bisa jadi potensi cuan, lho.

Masih bingung ingin berbisnis apa nih? Tenang, di artikel ini kami akan memberikan 10+ ide bisnis tanpa modal lengkap dengan tips memulainya. 

Sudah penasaran, ‘kan? Yuk, temukan inspirasi usaha tanpa modal Anda di bawah ini!

10+ Ide Bisnis Tanpa Modal

Inilah 10+ ide bisnis tanpa modal untuk inspirasi Anda:

1. Membuka Toko Baju Preloved

ide bisnis tanpa modal menjual baju preloved

Menjual baju bekas atau preloved bisa menjadi ide bisnis tanpa modal yang menjanjikan, lho. Buktinya, terdapat peningkatan sebesar 53,3% dari 2018 ke 2022 pada pasar barang bekas. Artinya, menjual baju preloved merupakan usaha tanpa modal yang layak dicoba.

Kalau Anda tertarik, memulai bisnis ini cukup mudah kok. Anda bisa menjualnya melalui media sosial. Jadi, hanya perlu ambil foto bajunya semenarik mungkin, tulis deskripsi dan informasi harganya, lalu upload di media sosial. 

Anda bisa mencontoh kesuksesan Skirtizen yang memperoleh omzet Rp 3-5 juta per bulan dengan menjual baju preloved hanya menggunakan Instagram.

Nah, kalau bisnis Anda sudah berkembang, Anda juga bisa mulai membuat toko online untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Buat Toko Online Mulai Dari Rp27ribu per bulan

2. Memulai Bisnis Dropship

cara berbisnis tanpa modal dengan menjadi dropshipper

Menjadi dropshipper juga merupakan salah satu ide bisnis tanpa modal yang menarik. Sebab, Anda hanya perlu menjualkan produk milik orang lain tanpa perlu menyetok barang terlebih dahulu. 

Dengan sistem dropship, saat ada yang membeli produk, Anda menghubungi supplier agar mengirimkan barang ke konsumen. Artinya, Anda tidak perlu membeli produk itu dulu. 

Nah, hasil keuntungan yang Anda peroleh berasal dari selisih harga yang Anda patok dan harga jual produk dari supplier. 

3. Bergabung dengan Program Afiliasi

usaha tanpa modal dengan afiliasi

Usaha tanpa modal yang dapat menjadi inspirasi Anda lainnya adalah afiliasi. Afiliasi merupakan program yang memberi Anda komisi setelah berhasil menjual suatu produk. 

Makin banyak produk yang dijual, makin besar komisi yang diterima. Nah, supaya bisnis afiliasi Anda menghasilkan banyak komisi, Anda harus rajin mempromosikan kode afiliasi Anda sehingga mendorong banyak yang orang beli. 

Nah, promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai membuat review di blog atau mempromosikan di media sosial.

Afiliasi bisa dilakukan dengan promosi lewat media sosial

Salah satu contoh program afiliasi yang bisa Anda coba adalah Program Afiliasi Niagahoster. Di setiap penjualan hosting dan domain yang berhasil, Anda bisa mendapatkan komisi hingga 70%, lho.

Dari usaha tanpa modal ini, Anda bisa meraup keuntungan besar seperti yang dialami oleh Kukuh Aldy, seorang web designer.

4. Membuka Jasa Titip 

usaha tanpa modal dengan membuka jastip

Jika Anda bertanya, modal 50 ribu bisa buat usaha apa, ya? Jawabannya adalah Anda bisa membuka bisnis fashion berbentuk jasa titip (jastip). Sebab, Anda hanya perlu modal untuk ongkos jalan saat membelikan pesanan konsumen. 

Kalau Anda ingin memulai bisnis ini, Anda tinggal mencari event yang sedang berlangsung di kota Anda seperti bazar buku atau diskon brand fashion tertentu. Lalu, Anda bisa mulai mempromosikan bisnis jasa titip Anda melalui media sosial. 

Untuk memperoleh keuntungan, Anda bisa mematok fee untuk tiap barang yang dipesan konsumen.

5. Membuka Usaha Rental Kaset Game

membuka rental kaset game bisa menjadi ide bisnis tanpa modal

Punya tumpukan koleksi kaset game konsol di rumah? Jika iya, hal ini bisa menjadi ide bisnis tanpa modal yang menjanjikan. Sebab, Anda bisa memperoleh keuntungan dengan menyewakan koleksi game Anda.

Saat ini, kaset game konsol harganya semakin mahal. Bagi gamers yang ingin memainkan game-nya sekali saja, harus membeli game seharga ratusan ribu. 

Di sinilah munculnya celah usaha rental kaset game. Anda bisa memulai bisnis tanpa modal ini dengan menyewakan kaset game Anda dengan durasi harian atau mingguan. 

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa menawarkan langsung pada teman dan tetangga sekitar atau mempromosikan usaha Anda di media sosial. 

Ada juga sistem sewa dengan deposit sejumlah uang di luar biaya rental, untuk mencegah kaset tidak kembali setelah dipinjam oleh konsumen. 

6. Menjadi Guru Les Privat

ide usaha menjadi guru les privat

Menjadi guru les privat bisa jadi salah satu ide bisnis tanpa modal untuk Anda. Utamanya, bagi Anda yang memiliki keahlian baik di bidang akademis atau keahlian lain seperti berenang, memasak, dan lainnya.

Salah satu peluang usaha rumahan ini dapat dijalankan secara online maupun offline tergantung sistem bisnis pilihan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa mengajar dengan langsung mengunjungi rumah siswa. Atau, Anda juga bisa menggunakan alternatif lain yaitu aplikasi seperti WhatsApp, Zoom, atau Google Meet.

7. Membuka Usaha Sewa Perlengkapan Bayi

persewaan perlengkapan bayi berpotensi besar meraup untung

Banyak orang tua yang enggan membeli pernak-pernik kebutuhan bayi. Selain karena harganya mahal, masa penggunaannya pun cukup singkat.

Nah, ini bisa menjadi usaha tanpa modal berupa sewa perlengkapan bayi. Utamanya, bagi Anda yang kebetulan punya banyak perlengkapan bayi yang tak terpakai..

Cara berbisnis tanpa modal yang menjanjikan ini layak dicoba, lho. Buktinya, Zaida Rental yang menyewakan tempat tidur bayi, pompa ASI, car seat, hingga stroller bisa mendapat omzet sekitar Rp 30 juta tiap bulannya. Menarik, bukan?

8. Membuka Jasa Pembuatan Website

jasa pembuatan website

Berkembangnya bisnis digital menyebabkan semakin banyak orang membutuhkan website, tapi belum banyak yang mampu membuat website sendiri. 

Itulah mengapa, usaha tanpa modal seperti jasa pembuatan website menjanjikan pendapatan besar. 

Bagi Anda yang memiliki skill programming yang mumpuni, ide bisnis tanpa modal ini patut Anda coba. Apalagi, Anda bisa memulai bisnis jasa pembuatan website terjangkau hanya berbekal laptop dan koneksi internet.

Lalu, bagaimana cara menggaet klien? Promosikan saja jasa pembuatan website Anda melalui media sosial, website, atau situs freelance

9. Menjadi Penulis Lepas

menjadi penulis lepas

Punya skill mumpuni dalam hal tulis-menulis? Kalau iya, menjadi penulis lepas bisa jadi ide bisnis tanpa modal yang pas untuk Anda. 

Ada beragam jenis pekerjaan penulis yang dapat Anda tekuni sesuai minat. Mulai dari penulis artikel, makalah, caption di media sosial, dan lainnya. 

Nah, untuk menjadi penulis lepas, Anda bisa mendaftar sebagai anggota di berbagai situs pekerja lepas seperti Freelancer Indonesia, Upwork, dan Sribulancer. Nantinya, Anda bisa memilih tawaran pekerjaan yang sesuai dengan melakukan bid.

10. Menjadi Translator

translator bisa menjadi potensi cuan

Aplikasi terjemah otomatis seperti Google Translate atau Papago memang sudah banyak tersedia. Walaupun begitu, jasa translator manusia masih banyak diminati lho. 

Sebab, tingkat akurasi Google Translate masih 85%. Sehingga, diperlukan penyempurnaan untuk teks yang memerlukan ketepatan tinggi seperti dokumen legal. Itulah mengapa, translator manusia dibutuhkan untuk menerjemahkan teks dalam konteks yang tepat.

Tak perlu mengeluarkan modal besar, dengan laptop dan koneksi internet saja Anda bisa mulai membangun ide usaha jasa Anda. Lalu, Anda bisa bergabung dengan platform freelance atau menawarkan jasa Anda di media sosial.

11. Menawarkan Jasa Desain Grafis

jasa desain grafis adalah bisnis yang menjanjikan

Jasa desain grafis merupakan salah satu ide bisnis tanpa modal yang paling banyak diminati. Cakupan bisnis ini juga cukup luas. Mulai dari membuat logo, ilustrasi, kemasan produk, desain postingan media sosial, dan masih banyak lagi. 

Tertarik dengan bisnis ini? Mulailah dengan membagikan portofolio secara online dengan membuat website. Untuk upaya promosi, Anda bisa bergabung dengan situs freelance supaya klien bisa dengan mudah menemukan bisnis Anda.

Nah, sudah tahu berbagai ide bisnis tanpa modal, ‘kan? Lalu, bagaimana cara berbisnis tanpa modal yang tepat? Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal

Setelah mendapat ide bisnis tanpa modal, begini tips yang dapat Anda terapkan untuk memulainya:

1. Manfaatkan Apa yang Anda Miliki 

Untuk memulai bisnis tanpa modal, Anda bisa memanfaatkan apa yang Anda punya saat ini. Misalnya, barang-barang tak terpakai yang bisa Anda jual atau sewakan. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan keahlian yang Anda miliki lho. Sebagai contoh, skill seperti menulis, programming, hingga memasak sudah bisa menjadi bekal cara berbisnis tanpa modal sepeserpun.

2. Pertahankan Pekerjaan Utama Anda

Bagi Anda yang sudah memiliki pekerjaan utama, cobalah untuk mempertahankan karir tersebut. Jika Anda berhenti di awal bisnis, Anda justru akan meningkatkan risiko berkurangnya pemasukan bulanan. 

Nah, dengan adanya penghasilan tetap, Anda bisa tepat fokus pada pengembangan bisnis meskipun pemasukan dari bisnis Anda sedang menurun. 

Ibaratnya, pekerjaan utama Anda adalah jaring pengaman yang dapat membantu Anda ketika terjadi krisis pada bisnis Anda.

3. Rela Bersusah Payah

Merintis bisnis dari nol memang bukan hal yang mudah. Namun seperti kata pepatah, berakit-rakit ke hulu, bersenang-senang kemudian. Selama Anda sudah berusaha, Anda akan memetik hasil dari jerih payah tersebut. 

Kisah Dhika dan Haeni yang sukses membangun sebuah web design agency bernama Karya Web Studio bisa menjadi inspirasi.

Awalnya sebagai usaha sampingan untuk karyawan, Karya Web Studio berhasil memberikan untung yang melimpah bahkan di saat bisnis lesu ketika pandemi. Ternyata bisnis digital yang tidak perlu banyak modal bisa sukses ketika dijalankan dengan upaya yang keras.

4. Gunakan Platform Online

Ada banyak cara memulai bisnis tanpa modal, salah satunya ialah dengan menggunakan platform online.  

Keuntungan menggunakan platform online untuk bisnis tanpa modal Anda ada banyak, di antaranya:

  • Jangkauan target pasar lebih luas dengan penggunaan internet. Sebab, 70% orang lebih suka memakai internet untuk mencari tahu produk daripada melalui iklan konvensional
  • Biaya untuk mempromosikan produk relatif lebih murah 
  • Dengan berbagai fitur platform online, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga dibanding melakukan promosi secara offline

Nah, platform online yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan usaha tanpa modal bisa berupa website dan media sosial seperti WhatsApp Business, Instagram, Facebook, dan masih banyak lagi.

Pro tip: Supaya bisnis online Anda terlihat menonjol dan mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah untuk mendaftar nama domain dengan menggunakan ekstensi seperti .online atau .site. Contohnya, buildyourhome.online

Buat Toko Online = Gratis Domain + Diskon 75%

5. Jelajahi Crowdfunding

Crowdfunding merupakan cara mendapatkan dana secara kolektif yang biasa dilakukan oleh UMKM dan startup. Di Indonesia, terdapat beberapa website crowdfunding yang populer seperti Kitabisa dan Ayopeduli.

Crowdfunding bisa membuka jalan Anda untuk memulai bisnis. Namun, produk Anda harus kreatif dan inovatif untuk menarik minat masyarakat supaya bersedia berdonasi untuk bisnis Anda.

Nah, kalau Anda ingin menggunakan crowdfunding, pastikan Anda telah menyusun proposal bisnis yang menarik. Bila perlu, coba hubungi dan meminta saran pada pebisnis yang telah sukses menggunakan crowdfunding. 

Sudah Siap Mewujudkan Ide Bisnis Tanpa Modal Anda?

Bagaimana? Sudah mendapat inspirasi ide bisnis tanpa modal yang pas?

Meskipun ide bisnis tanpa modal di artikel ini bisa dijalankan secara offline, penggunaan platform online tentu lebih baik. Sebab, memudahkan Anda untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

Anda bisa memanfaatkan media sosial maupun website. Namun, untuk tujuan jangka panjang, website merupakan pilihan tepat dengan kredibilitas lebih terjamin. Apalagi kalau didukung hosting yang berkualitas.

Nah, Niagahoster adalah penyedia layanan hosting yang memberikan jaminan uptime hingga 99,9%. Artinya, website Anda akan online 24 jam penuh. 

Apalagi, fitur yang ditawarkan cukup lengkap, mulai dari server LiteSpeed supaya loading website lebih gesit dan Imunify360 untuk melindungi website dari serangan malware. Yang paling menarik, Anda bisa mendapatkan hosting hanya dengan Rp 9900/bulan!

Jadi, sudah siap membangun bisnis Anda? 

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *