Categories: Tutorial

Mempercepat Loading WordPress dengan WP Smush

Cara mempercepat loading WordPress dapat dilakukan melalui beberapa cara. Jika Anda menggunakan WordPress dan ingin meningkatkan performa dari website, cara yang paling mudah adalah dengan melakukan optimasi pada gambar agar ukuran file gambar berkurang dan tidak membebani loading blog atau website. Skala pada gambar dapat Anda ubah sesuai dengan mengikuti tutorial ini. Di samping itu, untuk melakukan optimasi dengan mengubah skala gambar secara otomatis menggunakan plugin image compressor seperti WP Smush.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki:

  • Akses ke dashboard admin WordPress

Langkah 1: Cara Mempercepat Loading WordPress dengan Menginstal Plugin WP Smush

Silakan akses dashboard admin WordPress Anda dan pilih menu Plugin > Add New.

Setelah itu akan tampil halaman instalasi plugin seperti di bawah ini.

1. Silakan ketikkan “Smush” pada kolom pencarian supaya lebih mudah menemukan plugin yang dicari.

2. Setelah itu klik tombol Install Now untuk menginstal plugin WP Smush.

Setelah proses instalasi selesai, silakan klik tombol Activate seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Tombol Activate akan mengaktifkan plugin WP Smush. Setelah plugin aktif, Anda akan diarahkan ke halaman plugin WP Smush.

Langkah 2: Cara Setting WP Smush

Setelah berada di halaman plugin WP Smush, Anda dapat melakukan perubahan pengaturan.

  1. Automatically Smush My Images on Upload. Pilihan ini akan mengoptimasi secara otomatis gambar yang Anda unggah dan gambar pada WordPress.
  2. Preserve Image EXIF Data. Apabila Anda memerlukan informasi tentang gambar (misalnya informasi waktu dan lokasi), Anda dapat mengaktifkan pilihan ini. Fungsinya agar informasi tersebut tidak akan dihapus ketika proses optimasi. Bagaimanapun juga, informasi yang tersimpan membutuhkan space. Anda dapat menonaktifkan pilihan ini semisal tidak diperlukan.
  3. Resize Original Images. Aktifkan pilihan ini untuk menghemat disk space dengan tidak menyimpan gambar berukuran besar di server web hosting. Anda dapat memasukkan nilai maksimum dari ukuran gambar yang diperlukan. Apabila gambar yang Anda unggah melebihi ukuran yang ditentukan, gambar akan secara otomatis menyesuaikan ukuran yang Anda tentukan.

Untuk menyimpan perubahan yang Anda buat, silakan klik tombol Update Settings pada bagian bawah. Plugin WP Smush akan mengecek semua gambar pada website Anda dan melakukan optimasi. Setelah gambar selesai di-resize, Anda akan mendapatkan pesan konfirmasi bahwa semua gambar sudah up-to-date dan berhasil di-Smush.

Pada langkah ini plugin WP Smush Anda sudah dikonfigurasi sehingga semua gambar yang sudah diupload dan gambar yang nanti akan diunggah akan otomatis dioptimasi. Jika Anda ingin mengecek seberapa banyak space yang dihemat oleh plugin ini, data dapat dilihat melalui link Smush Stats.

Kesimpulan

Setelah mengikuti tutorial cara mempercepat loading WordPress dengan plugin WP Smush ini, Anda telah mengetahui langkah meningkatkan performa website melalui optimasi gambar. Ini akan membantu mengurangi penggunaan disk space oleh gambar dan meningkatkan performa website dengan berkurangnya waktu loading halaman WordPress.

Jangan ragu sampaikan komentar Anda pada bagian bawah halaman ini. Setelahnya, klik subscribe untuk terus mendapatkan ulasan terbaru seputar dunia online langsung dari inbox Anda ?

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

SEO Penting untuk Branding. Niagahoster dan DQLab Bagikan Manfaat dan Tips-nya Di Sini!

Mesin pencari atau search engine mengambil peran signifikan bagi performa sebuah website. Data dari Brighthedge Research menyebutkan, 68% pengalaman online…

6 hours ago

10 Isu Keamanan yang Wajib Diwaspadai Toko Online + Solusinya!

Apakah Anda sudah punya toko online? Atau mungkin Anda baru berencana membangunnya? Apapun jawaban Anda, pastikan toko online yang Anda…

15 hours ago

Panduan Lengkap Cara Kirim Email dengan Laravel

Laravel merupakan framework dengan fitur terlengkap. Salah satunya adalah adanya fitur Laravel Mail yang dapat memudahkan Anda mengirim email langsung…

2 days ago

Port 443: Bagian Keamanan Website yang Tak Bisa Diremehkan!

Ancaman kejahatan online terus meningkat. Maka dari itu, jangan bosan untuk terus melindungi website Anda. Salah satunya, dengan selalu mengutamakan…

3 days ago

Cara Menghilangkan Index.php di CodeIgniter

Pada codeigniter, secara default Anda harus menambahkan index.php untuk mengakses url. Contohnya untuk mengakses halaman artikel harus ditulis seperti ini:…

4 days ago

Cara Mengatasi Error phpMyAdmin Access Denied [Terlengkap]

Anda kaget karena tiba-tiba mendapatkan error phpMyAdmin access denied? Padahal sebelumnya tidak pernah muncul error dengan tampilan kotak merah tersebut…

5 days ago