Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Bagaimana Cara Memilih Paket Hosting Niagahoster yang Tepat?

5 min read

paket mana yang tepat untuk saya

Niagahoster menawarkan berbagai pilihan paket hosting yang bisa disesuaikan dengan budget, strategi marketing,  ataupun jenis website Anda. Namun, agar performa website tetap oke, Anda perlu tahu cara memilih hosting Niagahoster yang tepat. 

Nah, kalau Anda ingin membeli hosting di Niagahoster tapi belum tahu harus memilih paket yang mana, di artikel ini kami akan membahas berbagai layanan hosting tersedia di Niagahoster.

Nantinya, Anda pun bisa menentukan mana paket hosting yang cocok untuk proyek website Anda. Langsung saja, mari meluncur ke pembahasannya!

Cara Memilih Paket Hosting yang Tepat

Niagahoster menawarkan berbagai layanan hosting untuk berbagai tujuan dan bisa disesuaikan dengan budget pembeli. Nah, di bagian ini, kami akan memandu Anda sampai menemukan paket hosting yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. 

Pertama-tama, silakan klik salah satu di antara ketiga opsi di bawah ini.

Saya ingin memilih paket yang sesuai isi dompet.Saya ingin membuat website pribadi/toko online/klien.Saya ingin performa website saya maksimal! 
Sesuai Budget Sesuai Tujuan Sesuai Performa

1. Pilih Paket Sesuai Budget

Beli hosting itu memang tak bisa asal pilih. Sebab, harga murah bisa saja malah tak sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mengoptimalkan performa website.

Di bagian ini, kami akan membantu untuk mempertimbangkan paket mana yang cocok dengan dompet, namun tetap mendukung performa website Anda. 

Berikut rekomendasi pilihan paket untuk Anda yang menyesuaikan dengan budget:

A. Budget Minimal dengan Hasil Optimal

ilustrasi cara memilih paket hosting niagahoster sesuai budget

Bicara soal harga, sebenarnya paket Web Hosting Niagahoster sudah sangat ramah di kantong, bahkan ada yang mulai dari Rp24ribuan per bulan. Lebih murah daripada harga kuota internet Anda!

Web Hosting paket Premium memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola hingga 100 website secara bersamaan. Layanan ini adalah opsi yang sangat ekonomis bagi Anda yang ingin menggunakan satu paket untuk meng-online-kan beberapa website.

Jenis paket Premium Web Hosting saja sudah mencakup 100 GB penyimpanan SSD, bandwidth tanpa batas, sertifikat SSL gratis, hingga 100 akun email, dan domain gratis selama satu tahun.

Namun, perlu diingat bahwa ini masih merupakan jenis paket shared hosting. Karena sumber dayanya dibagi-bagi dengan website lain, Premium Web Hosting lebih cocok untuk website dengan angka traffic yang rendah.

Kalau merasa fitur yang ditawarkan paket Premium sudah cukup namun ingin menambah sumber dayanya, Anda bisa memilih paket Business Web Hosting yang memberikan fasilitas lebih baik dengan selisih harga yang tidak begitu jauh.

Biaya super minim dengan fasilitas rampingBiaya minimal dengan hosting optimal
Premium Web Hosting Rp24.900/bulanBusiness Web Hosting Rp45.900/bulan

B. Kantong Lagi Tebal? Pilih yang Paling Maksimal!

ilustrasi hosting sesuai budget dengan performa optimal

Jika punya budget lebih, tidak ada salahnya memilih paket Cloud Hosting. Walau terlihat mahal jika disandingkan dengan paket Web Hosting, tetapi fitur dan fasilitasnya tentu paling mumpuni.

Cloud Hosting adalah inovasi terbaru di dunia teknologi hosting, di mana website Anda tak hanya ditaruh di satu server, tapi tersebar di beberapa server sekaligus. 

Nantinya, semua server tersebut saling terhubung menggunakan jaringan internet. Artinya, jika terjadi masalah di suatu server, maka ada server-server lain yang bisa diandalkan.

Tak hanya itu, Cloud Hosting juga akan menciptakan mesin virtual agar Anda dapat mengakses berbagai server di atas secara ‘cloud’ via internet itu tadi. Makanya, Cloud Hosting menjadi pilihan yang sempurna jika Anda ingin mengelola website bisnis dengan skala besar atau desain lebih kompleks yang perlu sumber daya tambahan agar performanya optimal.

Tak perlu pengetahuan teknis, Niagahoster menawarkan layanan Cloud Hosting yang sepenuhnya dikelola penyedia layanan. Pilihan paket yang tersedia berdasarkan disk space, RAM, dan CPU core:

  • Startup: Dengan harga Rp150ribu per bulan, paket ini menyediakan 200 GB ruang disk, 3 GB RAM, dan 2 inti CPU.
  • Professional: Dengan biaya Rp290ribu per bulan, Anda dapat menikmati 250 GB ruang disk, 6 GB RAM, dan 4 inti CPU.
  • Enterprise: Paket ini, yang biayanya Rp1.090.000 per bulan, menawarkan 300 GB ruang disk, 12 GB RAM, dan 6 inti CPU.
Harga yang sepadan dengan fiturnya
Cloud Hosting

2. Pilih Paket Sesuai Tujuan

Apartemen dapat dipakai untuk tujuan berbeda-beda seperti, menjadi hunian pribadi, menjadi studio content creator, gudang toko, bahkan disewakan kembali.

Sama halnya dengan hosting, Anda bisa memilih paket hosting sesuai tujuan penggunaan yaitu, website pribadi, website toko online, dan developer. 

Berikut cara memilih paket hosting Niagahoster yang cocok dengan jenis website Anda:

A. Website Pribadi 

ilustrasi cara memilih paket hosting niagahoster sesuai dengan tujuan

Mengelola website pribadi adalah pilihan paling fleksibel. Mau membuat website travel, kuliner, review, atau yang lainnya, bebas! 

Ada dua paket yang cocok untuk website pribadi, yaitu paket Web Hosting dan WordPress Hosting. Sebab, biasanya kebutuhan website pribadi belum sebanyak toko online atau jenis website lain, seperti:

  • Traffic belum begitu besar, sekitar 60.000 hingga 135.000 per bulan
  • Limit memory (RAM) juga tidak butuh yang terlalu besar
  • Tidak perlu pengelolaan server yang terlalu teknis

Dengan paket Web Hosting, Anda dapat menikmati fitur AI Website Builder untuk membangun website dalam beberapa langkah saja.

Bagi yang belum tahu, AI Website Builder adalah platform website builder berteknologi AI yang menyediakan template profesional untuk berbagai jenis website, seperti portfolio, blog, dan toko online.

Dengan website builder ini, Anda dapat membangun website sederhana hanya dengan memasukkan nama brand, jenis website, dan mendeskripsikan website dalam beberapa kalimat.

deskripsi AI website builder

Namun, kalau Anda membutuhkan lebih banyak tool untuk membuat website lebih fungsional, Anda bisa memilih WordPress Hosting yang didesain khusus untuk website yang menggunakan CMS WordPress. 

Menariknya, pengguna paket Business dan Cloud bisa memilih platform WordPress AI untuk memudahkan proses membangun website beserta kontennya dengan bantuan kecerdasan buatan. 

plugin wordpress ai assistant

Plugin AI Assistant juga akan otomatis terinstall dan bisa Anda gunakan untuk mempercepat proses pembuatan konten website WordPress.

Desain website tanpa ribet, harga terjangkauPenyesuaian lebih fleksibel dengan CMS WordPress
AI Website Builder Rp24.900/bulanWordPress Hosting Rp24.900/bulan

B. Toko Online atau Website Skala Besar

cara memilih paket hosting untuk toko online

Memang, ada banyak jenis layanan hosting yang bisa Anda pilih untuk membangun toko online. Meski begitu, kami merekomendasikan layanan Cloud Hosting. Sebab, kapasitas layanan ini siap menampung jutaan pelanggan toko online Anda per bulannya. 

Hosting ini juga cocok untuk website toko online karena bersifat fully-managed atau semuanya dikelola oleh penyedia layanan hosting. Dengan begitu, perhatian dan waktu Anda bisa lebih terfokus pada pengelolaan toko online.

Tak cuma itu, keunggulan Cloud Hosting juga terletak pada sumber dayanya. Server paket hosting tidak digunakan bersama-sama seperti pada jenis shared hosting. 

Dengan begitu, akses website Anda akan tetap lancar jaya walaupun ada website lain yang mengalami overload.

Cloud Hosting CTA Button

C. Paling Pas Untuk Developer

Bagi seorang developer, kebutuhan inti yang paling penting adalah fitur-fitur teknis untuk pengelolaan baik server dan website. 

Nah, yang paling menjawab kebutuhan tersebut adalah layanan hosting VPS.

VPS adalah hosting yang servernya dibagi dengan beberapa pengguna. Namun, masing-masing pengguna mendapatkan sumber daya yang terdedikasi, termasuk soal ruang penyimpanan.

Tak hanya itu, kapasitas sumber dayanya juga lebih besar dibanding Cloud Hosting. Sehingga, VPS cocok untuk situs web atau aplikasi yang perlu menyimpan data dalam jumlah banyak dan tetap memiliki performa yang baik.

Berbeda dengan Cloud Hosting, VPS memerlukan pengaturan server secara mandiri. Hal itu membutuhkan keahlian khusus, utamanya pemahaman tentang perintah Linux untuk pengaturan hosting.

Meski begitu, virtual private server memungkinkan Anda lebih bebas dalam menginstal software pilihan untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan hosting. Jadi, kemampuan VPS bisa disesuaikan kebutuhan website atau aplikasi yang Anda kembangkan.

Pengelolaan server dan website yang lebih mudah dan fleksibel
VPS Hosting Rp75.900/bulan

3. Pilih Paket Sesuai Performa

Mengutamakan performa hosting memang sangat penting agar performa website menjadi lebih maksimal. Jika begitu, terdapat tiga pilihan yang dapat menjadi prioritas Anda.

A. Traffic Maksimal dengan Fitur Esensial

Namanya juga esensial, pastinya adalah fitur dasar yang paling penting dan wajib ada di setiap hosting. 

Pada dasarnya, setiap paket hosting di Niagahoster hampir memiliki semua fitur utama yang dibutuhkan untuk membangun website, seperti:

  • Dapat menampung belasan hingga ratusan ribu traffic per bulan
  • Kecepatan CPU tinggi
  • Ruang penyimpanan file
  • Sertifikat SSL
  • Bandwidth

Itu semua dapat Anda nikmati di seluruh layanan hosting Niagahoster.

Tapi kalau soal traffic, paket Web Hosting Business dan Cloud Hosting jauh lebih unggul karena bisa menampung lebih dari 100.000 pengunjung, bahkan 1.000.000 pengunjung per bulan! Hal ini sangat membantu ketika website Anda mulai berkembang dan menjadi website besar.

~180.000 pengunjung website per bulan~1.350.000 pengunjung website per bulan
Web Hosting Business Rp45.900/bulanCloud Hosting Rp150.000/bulan

B. Proteksi Keamanan Paling Lengkap

Seluruh layanan hosting di Niagahoster telah dilengkapi dengan beberapa perlindungan seperti, perlindungan DDoS, firewall aplikasi berbasis web, nameserver yang dilindungi Cloudflare, malware scanner, hingga domain privacy.

Semuanya ampuh untuk melindungi website Anda dari ancaman malware, serangan keamanan cyber, email spam yang berbahaya, dan meningkatkan stabilitas server.

Namun, paket Business memiliki layer keamanan lebih kuat dengan adanya CDN gratis.

Ilustrasi cara memilih paket hosting yang aman

Content Delivery Network (CDN) akan menyimpan konten website dalam cache di server. 

Jadi, ketika pengunjung mengakses website Anda, CDN akan mengambil file dari lokasi server terdekat sehingga bisa mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk loading website.

Hosting murah dengan fitur perlindungan berlapis
Business Web Hosting Rp45.900/bulan

C. Pengelolaan Fleksibel untuk Web Developer

Jika Anda membangun website skala besar dengan bantuan web developer, maka akses SSH sangat penting untuk dimiliki.

paket hosting yang cocok untuk developer

Dengan SSH, Anda dapat mengontrol hosting dari jarak jauh. Misalnya, memantau log server, menginstal atau uninstall aplikasi, transfer data, dan masih banyak lagi. Makanya, pengelolaan website bisa jauh lebih fleksibel.

Selain itu, penggunaan SSH dapat menghindarkan cyber crime dan menambahkan layer keamanan dengan sistem autentikasi. Hal inilah yang akan Anda dapatkan jika menggunakan paket hosting Premium ke atas.

Untuk paket Single Hosting, belum ada akses SSH sehingga harus menggunakan pengaturan default dari server. Jadi, paket ini kurang mendukung untuk pengelolaan website lebih lanjut.

Kontrol penuh keamanan website dan server
VPS Hosting Rp75.900/bulan

Jadi, Apa Paket Hosting Niagahoster yang Anda Pilih?

Memiliki hosting merupakan keharusan jika Anda ingin mengonlinekan website atau aplikasi. Di artikel ini, Anda sudah mengenal berbagai layanan hosting Niagahoster yang bisa disesuaikan dengan budget maupun tujuan Anda.

Yang mana pun pilihan Anda, layanan hosting Niagahoster terbukti mampu menjadi rumah bagi berbagai jenis website dan pastinya tetap memberikan pelayanan terbaik.

Jadi, sudahkah Anda menentukan pilihan yang tepat?

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.