counter easy hit
Cara Membuka Email di cPanel - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Cara membuka email di cPanel dapat dilakukan melalui tiga cara. Pada tutorial ini akan dibahas bagaimana caranya mengakses akun email yang Anda miliki di cpanel hosting Anda.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan Anda memiliki:

  • OPTIONAL (Anda dapat mencoba cara No. 3) mengakses melalui cPanel langsung
  • Detail login akun Email Anda

Cara 1: Cara Membuka Email Melalui Alamat IP Server

Salah satu cara membuka email, dalam hal ini Webmail, adalah dengan menggunakan alamat IP server dari hosting yang Anda gunakan. Sebagai contoh: https://ip_server:2096 (port HTTPS) atau http://ip_server:2095 (port tanpa HTTPS) (untuk IP server adalah IP Address akun hosting Anda). Apabila Anda tidak mengetahui detail dari IP Server, silakan tanyakan hal ini pada tim support hosting yang Anda gunakan.

Anda juga dapat menggunakan URL http://ip_server/webmail. Dari keduanya akan mengarah ke halaman login webmail, dimana Anda perlu untuk memasukkan alamat email dan password untuk akun email Anda di cPanel. Halaman login dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.Cara Membuka Email

Cara 2: Cara Membuka Email Melalui Nama Domain Anda

Cara sederhana dan tentunya mudah untuk diingat ketika akan mengakses email adalah melalui nama domain Anda sendiri (domainanda.com/webmail). Sebagai contoh, jika Anda memiliki nama domain namaanda.com, berarti yang harus diakses adalah namaanda.com/webmail. Anda juga dapat mengakses webmail melalui nomor port selain /webmail, seperti: namaanda.com/2095/.

cara membuka email di cpanel

Cara 3: Cara Membuka Email Melalui Akun Email di cPanel

Silakan masuk ke cPanel dan pilih menu Email Accounts.

cara membuka email cpanel

Setelah berada di dalam Email Accounts, silkan klik More pada akun email yang ingin dibuka, kemudian pilih Access Webmail:

cara membuka email di webmail

Setelah itu akan tampil pilihan untuk memilih email klien yang akan digunakan, silakan untuk memilih salah satunya. Anda juga dapat memilih Set As Default supaya ketika membuka webmail nantinya langsung masuk ke mail client yang ingin digunakan.

cara membuka email roundcube

Kesimpulan

Dalam tutorial ini Anda telah belajar cara membuka email di cPanel dengan mengakses Webmail. Anda juga dapat mengakses Webmail melalui tiga email klien berbeda, serta menentukan client email sebagai default.

Untuk mempermudah Anda, kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan mail client Roundcube. Pengoperasian yang mudah tentu akan menyederhanakan kerja Anda, bukan?

Apakah Anda memiliki pertanyaan? Jangan ragu menyampaikannya di kolom komentar berikut ya 😊

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.