Tutorial

Cara Membuat Website di WordPress dalam 9 Langkah Mudah!

WordPress adalah platform yang memudahkan siapapun dalam membuat website. Meski begitu, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat website dengan WordPress.

Padahal, cara membuat WordPress itu cukup sederhana, lho. Bahkan, Anda bisa membuat website WordPress dalam beberapa menit saja. Yang penting, Anda tahu bagaimana langkah-langkahnya yang tepat.

Ini dia sembilan langkah membuat website dengan WordPress:

  1. Pilih Paket Hosting
  2. Tentukan Nama Domain
  3. Install WordPress
  4. Buka Dashboard WordPress
  5. Pilih dan Pasang Tema WordPress
  6. Install Plugin WordPress
  7. Memodifikasi Website
  8. Membuat Postingan Blog Pertama
  9. Optimasi Performa Website

Tidak usah berlama-lama lagi, mari pelajari cara membuat website dengan WordPress di sini!

9 Cara Membuat Website dengan WordPress

Cara membuat website dengan WordPress cukuplah mudah. Tak terkecuali bagi pemula ataupun siapapun yang masih awam dengan website. Ini langkah-langkahnya:

1. Siapkan Hosting

Pertama, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan hosting.

Tapi kalau Anda belum punya, kami akan mencontohkan cara memilih paket hosting di Niagahoster.

Pertama, Anda bisa menuju ke halaman Niagahoster dan memilih hosting yang Anda inginkan. Namun, agar cara membuat website dengan WordPress lebih mudah, kami sarankan Anda memakai WordPress Hosting.

Sebagai info, WP Hosting Niagahoster terdiri dari beberapa paket. Silakan pilih paket yang Anda butuhkan sesuai jenis website:

  • WP Pelajar. Cocok untuk Anda yang ingin membangun jenis blog atau website personal.
  • WP Personal. Kami merekomendasikan hosting ini untuk jenis website bisnis, UKM, organisasi, maupun situs dengan target traffic ratusan ribu.
  • WP Bisnis. Hosting ini cocok untuk jenis website dengan traffic besar seperti website e-commerce, portal berita, hingga toko online.

Selanjutnya, konfirmasi hosting dan durasi layanan WP Hosting yang jenis website Anda butuhkan.

Jika sudah, selanjutnya Anda perlu memilih domain untuk website..

2. Tentukan Nama Domain

Nama domain adalah alamat website Anda. Karena setiap nama domain itu unik, pilih domain yang belum dipakai website manapun. Sebab, Anda tidak bisa menggunakan nama domain yang sudah terpakai.

Pada domain checker yang Niagahoster sediakan, silakan ketikkan nama domain Anda. Setelah itu, klik Cek Domain.

Nantinya, Niagahoster akan mengkonfirmasi ketersediaan alamat website. Jika nama domain yang Anda pilih tersedita, tekan tombol Tambahkan ke Cart.

Catatan: Niagahoster memungkinkan Anda memasang SSL Premium Comodo pada hosting di awal transaksi. Tekan Tambah ke Cart jika Anda ingin sekalian memasangnya.

Kalau hosting dan nama sudah terkonfirmasi, silakan klik tombol Review Pesanan pada bagian pojok kanan website Niagahoster.

Setelah itu, lakukan pembayaran. Lebih lengkapnya, silakan lihat artikel cara daftar domain berikut.

3. Install WordPress

Selanjutnya, Anda perlu install  WordPress. Namun, kabar gembiranya, jika sudah menggunakan layanan hosting WordPress, Anda tak usah menginstall WordPress secara manual. Karena, CMS tersebut sudah langsung terpasang.

Namun jika akun hosting Anda bukan WP Hosting, silakan lakukan cara install WordPress lewat berbagai metode ini.

4. Buka Dashboard WordPress

Setelah sukses memasang website di WordPress, cara membuat website WordPress berikutnya yaitu membuka dashboard WordPress. Dasbor ini  adalah tempat mengelola akun WordPress. Seperti mengganti tema, menambah plugin, menerbitkan konten, dsb.

Cara membuka dasbor ini cukup mudah. Ada dua metode yang bisa Anda lakukan untuk mengakses website WordPress. Mari kita lihat satu per satu.

Metode pertama, menambahkan kata wp-admin di belakang domain Anda. Misalnya, www.namaanda.com/wp-admin. Setelah itu, di layar Anda akan muncul halaman login seperti ini.

Metode kedua, Anda bisa juga masuk ke dasbor website WordPress lewat Member Area Niagahoster. Caranya, klik layanan WordPress Hosting Anda → WordPress Management →  pada WordPress Site klik tombol Buka Dashboard.

Jika login website Anda sukses, akan muncul tampilan dasbor seperti di bawah ini.

Penting Anda tahu, dasbor WordPress terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu toolbar, menu navigasi, dan area kerja. Berikut masing-masing penjelasannya:

  • Toolbar. Letaknya di bagian paling atas dasbor WordPress. Di sini, Anda bisa mengelola profil WordPress hingga mendapat notifikasi komentar masuk.
  • Menu navigasi, yaitu area di sebelah kiri dasbor WordPress. Sebagian besar aktivitas mengelola website berada di menu navigasi. Dari menerbitkan blogpost, mengunggah media, menambah halaman, mengelola komentar, mengganti tema, memasang plugin, hingga mengganti pengaturan website.
  • Area kerja. Area kerja berada di bagian tengah dan mengisi porsi paling besar dasbor. Ini adalah tempat di mana Anda memonitor aktivitas konten sekaligus mengatur konten website.

Sekarang, Anda bisa mulai mengatur tampilan website Anda. Pada langkah selanjutnya kami akan menjelaskan cara memilih dan memasang tema pada WordPress.

5. Pilih dan Pasang Tema

Selanjutnya, saatnya memilih dan memasang template website WordPress. Sebagai awalan, silakan klik menu navigasi Appearance →Themes.

Berikutnya, klik Add New untuk mencari tema situs.

Jika sudah, Anda bisa mencari tema melalui kolom search di menu pencarian tema website. Sebagai saran, kalau Anda mau mencari tema yang SEO-Friendly, kami sudah menyiapkan artikel ini untuk Anda → Tema WordPress SEO Friendly Gratis

Tapi kalau dari berbagai tema yang sudah tersedia Anda masih belum menemukan yang cocok, bisa kok membuat template WordPress sendiri. Setelah siap, unggah tema Anda lewat tombol Upload Theme.

Setelah itu, ganti template WordPress dengan mengklik tombol Install → Activate. Sekarang, template website sudah berganti sesuai keinginan Anda.

Baca Juga: Cara Desain WordPress

6. Install Plugin

Setelah memasang tema yang Anda inginkan, Anda juga perlu install plugin. Plugin adalah software untuk menambah fungsi pada website. Misalnya, plugin untuk SEO WordPress, membuat membership, menambah fitur toko online, dan banyak lagi.

Cara install plugin WordPress adalah dengan mengklik menu navigasi Plugins → Add New.

Kemudian, silakan pilih plugin yang Anda butuhkan untuk website.

Sebagai saran, kami rekomendasikan Anda memasang plugin-plugin ini pada website:

  • Akismet Anti-Spam: mencegah serangan spam pada website atau blog.
  • LiteSpeed Cache: mempercepat loading halaman website.
  • Yoast SEO: memudahkan Anda mengoptimasi performa SEO website di mesin pencari.
  • Site Kit by Google: mengintegrasikan website dengan tools analytic dari Google.

Sebenarnya, masih terdapat banyak plugin WordPress terbaik lainnya yang wajib Anda install. Meski begitu, tetaplah ingat untuk menginstal plugin yang website butuhkan saja. Jangan lupa juga menghapus plugin yang tidak website butuhkan agar kinerja situs tidak berat.

7. Memodifikasi Website

Agar website lebih menarik dan fungsional, Anda perlu memodifikasinya sehingga halaman maupun fitur yang pengunjung butuhkan tersedia.

Kabar gembiranya, WordPress menyediakan berbagai tools untuk memudahkan kustomisasi website. Mulai dari menulis deskripsi website, membuat menu di WordPress, menambah halaman penting di website, hingga mendesain dengan Elementor.

Dengan begitu, Anda bisa menggunakan WordPress dengan lebih mudah. Selain itu, situs Anda pun tampak profesional dan menjawab kebutuhan pengunjung website.

8. Membuat Postingan Blog Pertama

Apakah Anda sudah siap menerbitkan postingan blog pertama Anda?

Cara membuat postingan di WordPress cukup mudah. Pertama, silakan masuk ke  menu navigasi Posts → Add New. Setelah itu akan muncul editor blog post yang disertai berbagai fitur.

Untuk membuat post baru di WordPress, buat judul post terlebih dulu. Kemudian, ketik konten post pada area yang telah disediakan. Jika ingin memformat teks, gunakan opsi toolbar. Toolbar tersebut hampir sama dengan toolbar yang Anda gunakan di MS Word atau text editor populer lainnya.

Di sisi kanan halaman, Anda akan melihat semacam meta box. Tiap box memiliki fungsi khusus.

  • Publish. Di sini Anda dapat mengubah status dan visibilitas post. Buatlah jadwalnya. Dengan mengklik tombol Publish, post Anda dapat dibaca oleh pengunjung. Jika ingin menghapus post, klik tombol Move to Trash.
  • Categories. Pada box ini, Anda dapat menentukan kategori post yang lebih spesifik. Bahkan Anda bisa membuat kategori baru dengan mengklik tombol +Add New Category.
  • Tags. Fitur ini mempermudah Anda untuk menambahkan tag baru dengan cepat.
  • Featured Image. Anda dapat menentukan featured image untuk post di sini. Featured image adalah gambar yang muncul di atas artikel.

Baca Juga: 5+ Cara Membuat Recent Post Blog WordPress Terbaru

9. Optimasi Performa Website

Agar performa website optimal, Anda harus mengoptimasinya. Dengan begitu, website Anda berada di posisi teratas mesin pencari Google, website tidak loading lama, dan memperoleh pengunjung lebih banyak tentunya.

Berikut adalah langkah-langkah optimasi website yang perlu Anda lakukan:

  • Install Plugin Caching. Plugin caching berguna untuk membuat versi statis dari website Anda dan mengirimkannya sehingga website bisa loading lebih cepat.
  • Optimasi permalink. Permalink yang disukai oleh Google mengandung judul atau keyword. Kemudian, permalink yang lebih pendek akan memberikan performa yang lebih baik lagi.
  • Optimasi gambar. Optimasi gambar juga diperlukan agar website Anda lebih cepat loading.
  • Aktifkan CDN. CDN adalah sebuah teknologi terbaru sebagai bentuk mirroring konten situs web. Dengan menggunakan CDN maka content web kita seperti CSS, Image, Video, Custom Scripts akan di mirror di server cadangan yang terletak di berbagai negara.

Sudah Siap Membuat Website dengan WordPress?

Sekarang, Anda sudah tahu bagaimana cara membuat website dengan WordPress. Ternyata, membuat website dengan WordPress itu mudah, bukan? Anda hanya perlu melakukan delapan langkah saja, dan website sudah langsung jadi.

Mau itu website pribadi, blog, situs e-commerce… semua bisa didukung oleh WordPress. 

Kabar gembiranya, cara membuat website dengan WordPress masih bisa lebih mudah lagi, lho. Apalagi kalau Anda memakai WordPress Hosting dari Niagahoster.

Dengan WordPress Hosting Niagahoster, pembuatan website lebih simple dan cara pengelolaannya pun lebih mudah. WordPress pun tidak butuh waktu lama untuk bisa dipakai.

Bagaimana tidak, WordPress Hosting Niagahoster memberikan Anda berbagai kemudahan berikut:

  • Instalasi WordPress otomatis, sehingga Anda tidak perlu melakukan berbagai hal teknis
  • WordPress sudah terpasang berbagai plugin penting yang Anda butuhkan untuk optimasi performa website. Mulai dari anti-spam, LiteSpeed Cache, Yoast SEO, hingga Site Kit.
  • Akses website cepat meski dibuka oleh puluhan hingga ratusan ribu pengunjung.
  • Keamanan website terjamin.
  • Dukungan teknis 24/7 dari Customer Success Niagahoster yang membantu Anda ketika website menemukan kendala.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk takut membuat website dengan WordPress. Yuk buat website sekarang juga!

Benefita

Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Share
Published by
Benefita

Recent Posts

Apa Itu UKM? Pahami Contoh Sampai Perbedaannya dengan UMKM!

UKM memiliki peran penting bagi Indonesia. Sebenarnya, apa sih UKM itu? Bagaimana contoh dan tips mengembangkannya? Cek selengkapnya disini!

2 days ago

Cara Install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS dengan Mudah

Ingin menggunakan Yarn, tapi tak tahu cara instalnya? Yuk pelajari cara install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS lengkap di…

2 days ago

Pengganti Niaga Forum, Ini Layanan Niagahoster Lain untuk Tetap Up to Date

Ingin tahu sumber referensi resmi dan cara memaksimalkan layanan Niagahoster? Yuk kepoin 3 layanan pengganti Niaga Forum di sini!

3 days ago

Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

Value proposition adalah kunci untuk memikat target pasar. Sebab, Anda menjelaskan kenapa produk Anda harus dipilih dibandingkan yang lain.  Dengan…

3 days ago

Produk Unggulan Niagahoster sebagai Alternatif Layanan EazyLink

Niagahoster berkomitmen membantu Anda meraih kesuksesan online. Nah, kami punya pemberitahuan terkait layanan EazyLink. Cek infonya di sini!

6 days ago

Apa Itu Reseller? Contoh, Cara Kerja, dan Tips Menjadi Reseller

Ingin berbisnis tapi tak punya modal yang cukup? Atau ingin memiliki usaha sampingan yang fleksibel tapi menjanjikan? Sangat bisa. Anda…

1 week ago