Categories: Website & Blog

Cara Membuat Website Gratis, Gak Pake Lama!

Banyak orang mencari cara membuat website gratis. Anda mungkin adalah salah satunya dan untungnya Anda tidak sedang salah tempat. Artikel ini akan membantu Anda buat web gratis.

Website memang bisa membuat apapun yang Anda lakukan tampak lebih meyakinkan. Entah Anda seorang freelance fotografer, graphic designer, penulis artikel atau blogger, pengusaha, sampai dengan pebisnis kuliner. Website bisa membuat Anda semakin serius, profesional, dan wah! Apalagi kalau itu semua dicapai tanpa mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis.

Kalau Anda memang ingin meningkatkan reputasi dan personal branding, website tak boleh lagi Anda abaikan. Lebih-lebih, kalau Anda punya tujuan utama mendapatkan uang lewat internet. Website wajib hukumnya, titik.

Apalagi, 88 persen calon konsumen mencari kebutuhannya lewat internet. Ketika menemukan yang dibutuhkan, mereka biasanya akan menghubungi toko atau malah langsung membeli produk dari website.

Website juga jadi tambah penting sebab 56 persen orang tak percaya pada bisnis yang tidak memiliki website. Kalau sudah begitu, apa iya Anda rela kehilangan pelanggan? Apalagi kalau sebabnya ternyata hanya sepele.

Nah, artikel ini bermaksud membantu Anda untuk bisa membuat website gratis. Berikut adalah cara membuat website gratis yang akan dijelaskan lebih lanjut di artikel ini:

Cara Membuat Website Gratis dalam 6 Langkah

  1. Menentukan jenis website yang ingin dibuat;
  2. Mengatur hosting dan domain;
  3. Menginstall WordPress;
  4. Menginstall tema;
  5. Memasang plugin yang dibutuhkan;
  6. Melakukan optimasi web.

Langsung saja, mari bahas lebih detail kesemua cara di atas di bagian selanjutnya.

Anda bisa membuat website gratis dengan WordPress! Tak heran kalau 34,5 persen website di dunia atau 60 juta website memakai WordPress.

Ada banyak alasan lain mengapa Anda perlu memakai WordPress. Nanti Anda akan temukan jawabannya di bagian lain artikel ini. Untuk saat ini, mari lebih dulu bahas cara membuat web gratis.

1. Tentukan jenis website yang ingin dibuat

Langkah pertama ini terdengar klise. Namun, tak boleh Anda lewatkan. Percayalah, Anda akan menghemat banyak waktu ketika benar-benar melakukan langkah satu ini.

Ketika proses membuat web dan mendesain, nantinya Anda akan mendapati banyak sekali pilihan. Entah itu dari sisi teknis seperti soal paket hosting, disk space, bandwidth, dan lainnya. Begitu juga dari sisi desain dan functionality seperti tema, plugin, slider, kolom, widget, langganan newsletter, dan sebagainya.

Kesemua opsi tersebut bisa jadi terlalu membingungkan dan banyak buat Anda.

Apalagi kalau Anda tak punya gambaran jelas jenis website macam apa yang bisa dibuat menggunakan WordPress. Faktanya, hampir semua website di seluruh dunia dibuat menggunakan WordPress.

Inilah beberapa jenis website yang umum Anda temui adalah:

  • Website Pribadi. Jenis website ini dimiliki oleh seseorang sebagai sebuah identitas online. Jenis website ini sering berisi opini pribadi tentang suatu hal atau pengalaman sehari-hari. Contohnya: Official Website Dewi Lestari dan Official Website Merry Riana.
  • Website Sekolah. Banyak sekolah yang saat ini membuat website untuk memudahkan akses informasi. Tidak hanya untuk mengetahui lokasi dan fasilitas yang dimiliki, website sekolah sering dimanfaatkan untuk menampilkan kegiatan belajar mengajar. Contohnya: SMK Telkom Jakarta, dan SMAN 2 Blitar.
  • Blog. Jenis website ini menampilkan informasi yang selalu up-to-date. Ciri dari blog adalah menampilkan informasi terbaru paling atas. Blog bisa dimiliki oleh pribadi maupun perusahaan. Contoh: Kobayogas, dan Niagahoster.
  • Toko Online. Jenis website ini digunakan untuk berjualan online. Mulai dari produk barang, produk digital hingga jasa. Toko online dilengkapi dengan fitur untuk memudahkan transaksi online dan mengamankan pembayaran.
  • Website Instansi. Jenis website ini banyak dimanfaatkan oleh instansi pemerintah dalam rangka keterbukaan informasi publik. Tidak hanya berisi kegiatan instansi tertentu, tapi juga terkait transparansi anggaran. Contoh: KPU dan Kominfo.
  • Website Berita. Sesuai namanya, website berita menampilkan berita terbaru. Lingkup berita yang ditampilkan bisa nasional, regional atau berdasarkan topik tertentu. Selain portal berita besar seperti Detik dan Kompas, Anda juga bisa membuat website berita Anda sendiri lalu mendaftarkannya ke layanan Google News.
  • Website Komunitas. Jenis website ini diperuntukkan pada komunitas tertentu. Bisa berupa komunitas pembaca online seperti Goodreads atau penggemar otomotif seperti MyCarForum.
  • Website Desa. Website desa dimiliki oleh pemerintah desa untuk mendorong percepatan pembangunan desa. Website desa berisi informasi profil desa, kegiatan desa dan penggunaan anggaran desa.

Dengan banyaknya jenis website ini, penting untuk mengetahui website apa yang Anda inginkan dari berbagai contoh website yang ada.

Supaya lebih mudah, Anda bisa jadikan pertanyaan di bawah ini sebagai acuan membuat website:

  • Website seperti apa yang Anda inginkan? Blog? Toko online? Company profile? Portofolio? Reservasi?
  • Bagaimana bentuk website yang Anda perlukan? Website statis yang tak banyak perubahan? Website dinamis yang kontennya selalu diupdate berkala?
  • Bagian apa yang perlu ditonjolkan dalam web? Gambar? Headline? Tulisan? Produk yang dijual?
  • Fitur apa yang harus dipunyai website? Slider? Kolom langganan newsletter? Video dan audio player? Ilustrasi interaktif?

Ketika Anda bisa jawab masing-masing pertanyaan di atas, berarti Anda sudah betul-betul tahu apa yang dibutuhkan. Dengan begitu, mari lanjutkan ke langkah berikutnya.

Baca Juga: Terlengkap! Cara Mudah Membuat Website dengan Google Sites

2. Atur hosting dan domain

Oke. Jangan terlanjur marah dulu. Kami memang sebelumnya bilang bahwa website WordPress bisa dibuat secara gratis. Apalagi website berbasis WordPress.com. Namun, dalam jangka panjang, memiliki website di WordPress.com tidak menguntungkan.

Kustomisasi dan pilihan tema sangat terbatas, terdapat iklan yang tak bisa dihilangkan, tak ada custom domain, plugin juga tidak tersedia, SEO tools tidak termasuk, dan banyak keterbatasan lainnya. Pun, untuk upgrade fitur biayanya masih agak mahal. Berkisar antara $8 sampai $45 per bulan dan dibayarkan per tahun.

Cari Tahu Lebih Lengkap 10 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Sebagai gantinya, kami merekomendasikan Anda memakai WordPress.org. WordPress.org sendiri sifatnya open source, bebas digunakan, bisa dimodifikasi, dan gratis. Selain itu, ada segudang pilihan untuk tema dan plugin yang bisa diinstall.

Namun, untuk benar-benar bisa mendapatkan manfaat WordPress.org, Anda perlu mengeluarkan sedikit *ehem* investasi. Tidak banyak kok. Anda hanya perlu berlangganan hosting atau server tempat menyimpan data. Lalu, ada juga domain untuk memudahkan user mengakses website Anda.

Kalau masih ingin coba-coba, Anda bisa pilih paket hosting unlimited Indonesia Bayi dari Niagahoster. Dengan biaya Rp10.000 per bulan, Anda sudah bisa mendapatkan disk space sebesar 500MB, unlimited bandwidth dan database, keamanan website lewat SSL, dan fitur asyik lainnya.

Baca juga: 5 Tips Memilih Nama Domain Unik dan Menarik untuk UKM

Hanya saja, kalau berlangganan paket Bayi, Anda masih harus mengeluarkan investasi untuk domain. Tenang saja. Investasi ini lagi-lagi tidak mahal, kok. Misalnya saja ekstensi domain di bawah ini:

  • .SITE ━ Rp14.000 per tahun ━ cocok untuk website pribadi dan toko online;
  • .ONLINE ━ Rp15.000 per tahun ━ cocok untuk web personal, toko online, dan jasa layanan internet;
  • .XYZ ━ Rp18.000 per tahun ━ pas untuk website atau blog pribadi yang unik;
  • .CO.ID ━ Rp110.000 per tahun ━ sesuai untuk website instansi, organisasi, atau perusahaan berbasis di Indonesia;
  • .COM ━ Rp125.000 per tahun ━ cocok untuk website komersial;
  • .NET ━ Rp155.000 per tahun ━ cocok untuk website jaringan, agensi kreatif, dan institusi lainnya.
  • .ORG ━ Rp175.000 per tahun ━ baik untuk website organisasi;
  • .ID ━ Rp200.000 per tahun ━ pas untuk website personal ataupun web profesional berbasis di Indonesia.

Selain itu, ada beberapa ekstensi domain populer yang bisa Anda pilih di Niagahoster. Seperti yang nampak pada daftar di bawah ini.

Lain halnya, kalau Anda memilih paket Pelajar, Personal, atau Bisnis. Ketika Anda memilih salah satu dari ketiga paket hosting ini, Anda sudah mendapatkan domain secara gratis. Lebih praktis, kan?

Secara umum, perbedaan antara ketiga paket hosting di atas hanya terletak pada kapasitas disk, bandwith, jumlah website, jumlah akun email, proteksi spam, dan akses SSH.

Baca juga: Cara Menentukan Nama Domain untuk Bisnis Kreatif Anda

Kalau Anda tertarik memakai paket bundle, kami sarankan untuk berlangganan paket Personal. Harganya hanya 1,5 kali lipat dari paket Bayi, tapi Anda sudah dapat domain gratis, unlimited disk space, jumlah website tak terbatas, jumlah akun email sebanyak yang Anda mau, akses SSH, dan banyak fitur menarik lainnya.

Ada yang lebih menarik untuk Anda. Jika ingin hosting sekaligus domain gratis, Anda punya kesempatan untuk mendapatkannya. Untuk lebih detailnya, silakan kunjungi halaman hosting gratis.

Setelah sudah yakin dengan paket hosting dan domain pilihan Anda, silakan lanjutkan dengan klik tombol Tambahkan ke Cart. Lalu, saatnya beralih ke langkah selanjutnya.

Baca juga: Setelah Beli Domain, Apa yang Bisa Dilakukan?

3. Install WordPress

Seusai memasukkan paket hosting dan domain ke dalam cart, Anda akan dibawa ke halaman fitur Niagahoster. Di sini, Anda bisa tambahkan beberapa fitur pendukung sekaligus untuk website. Mulai dari website builder, fitur keamanan dengan sertifikat SSL, dan rekomendasi privasi.

Untuk menginstall WordPress secara otomatis, Anda bisa beri tanda centang di bagian Gratis Auto Install Website WordPress. Lebih baik lagi kalau Anda juga centang fitur tambahan di bagian bawahnya, yaitu WordPress Accelerator.

Selepas Checkout Sekarang dan selesaikan pembayaran, Anda sudah punya akses ke website Anda sendiri.

Di atas itu skenario install WordPress termudah. Namun, bagaimana kalau Anda tak sengaja melewatkannya? Tenang saja. Anda tak perlu khawatir.

Anda bisa menginstall WordPress melalui Softaculous Apps Installer. Berikut cara menginstall WordPress dan membuat website gratis:

  1. Buka cPanel. Biasanya cPanel bisa diakses dengan menambahkan /cpanel pada alamat website Anda. Contoh: namadomain.com/cpanel;
  2. Masukkan username dan password;
  3. Pada kolom pencarian ketikkan Softaculous Apps Installer dan klik dua kali;
  4. Selanjutnya ketikkan WordPress pada laman Softaculous;
  5. Setelah ketemu, klik Install.
  6. Kemudian isi informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kolom yang diminta;

7. Lanjutkan dengan klik tombol Install di bagian paling bawah halaman.

Seketika, Anda dapatkan website WordPress yang dibutuhkan. Mudah sekali, bukan?

Jangan sampai Anda melewatkan ini setelah instal WordPress, apa saja? Download checklist sekarang!

Baca juga: 5 Control Panel Hosting Terpopuler Saat Ini

4. Install tema

Kalau Anda perhatikan, di bagian bawah halaman instalasi lewat Softaculous, terdapat pilihan tema yang bisa diinstall. Anda bisa manfaatkan bagian itu jika menginginkan instalasi tema yang cepat dan mudah.

Tapi cara di atas bukan satu-satunya kok. Selain lewat Softaculous, Anda bisa install tema melalui Dashboard WordPress secara langsung.

Baca juga: 9 Template WordPress Company Profile (Gratis)

Untuk itu, Anda tinggal menuju ke Dashboard > Appearance > Themes. Kemudian klik tombol Add New di pojok atas halaman dan cari tema sesuai keinginan. Langsung klik tombol Install pada tema yang diincar.

Kalau Anda sudah terlebih dulu mencari tema dan mendapatkannya dari WordPress Directory ataupun platform jual beli tema lainnya, Anda tinggal upload tema yang dimaksud.

Untuk itu, silakan menuju  Dashboard > Appearance > Themes. Kemudian klik tombol Add New dan klik kembali tombol Upload Theme. Pilih tema file dalam ekstensi .ZIP kemudian klik Install Now.

Baca juga: 10+ Tema Portofolio WordPress Terbaik untuk Web Agency & Freelance

Tunggu sebentar hingga tema terinstal sempurna. Lalu Anda bisa preview dulu tema tersebut dengan klik tombol Live Preview. Ketika sudah mantap, Anda bisa aktifkan tema tesebut ke web dengan tombol Activate. Kini, Anda sudah punya website dengan tampilan yang apik.

5. Pasang plugin yang dibutuhkan

Plugin membuat segalanya mungkin. Menambahkan fitur keamanan? Bisa. Menambahkan fitur chat? Ayo! Membuat website jadi mobile friendly? Gas! Mendesain halaman under construction? Kuy lah~

Baca juga: 25 Plugin dan Tools Wajib untuk Website Bisnis Online

Intinya, apapun tambahan fitur yang Anda inginkan bisa didapat lewat plugin. Mulai dari yang sifatnya teknis seperti enforce SSL dan maintenance, desain dan tampilan macam galeri dan page builder, sampai dengan social media dan share button.

Untuk menginstall plugin, Anda bisa langsung menuju menu Plugins > Add New. Kemudian cari plugin yang dibutuhkan. Ketika sudah ketemu, klik tombol Install Now. Tunggu beberapa saat sampai muncul tombol Activate, klik tombol yang dimaksud. Tinggal kustomisasi dan lakukan pengaturan sebentar, maka plugin siap beroperasi.

Tak masalah juga semisal Anda hanya punya file dari plugin. Anda masih tetap bisa menginstallnya. Caranya sama saja sebetulnya. Tinggal kunjungi menu Plugins > Add New > Upload plugin. Kemudian pilih file dalam ekstensi .zip dan klik tombol Install Now.

6. Optimasi web

Pada dasarnya, hanya dengan lima langkah di atas, website Anda sudah siap untuk dioperasikan. Anda sudah bisa mengisinya dengan konten tulisan, foto dan video, portofolio, bahkan produk yang ingin Anda jual.

Namun, Anda juga perlu tahu bahwa website butuh optimasi. Bisa ditebak, sama seperti istilahnya, optimasi membuat website bisa berjalan lebih optimal. Baik dari sisi kecepatan maupun ranking di mesin pencari.

Maka dari itu, kami akan perkenalkan pada Anda dua jenis optimasi. Pertama, optimasi kecepatan. Lalu kedua, optimasi SEO.

Optimasi Kecepatan

Waktu adalah uang. Prinsip itulah yang juga dipegang dalam dunia website. Semakin cepat waktu loading website Anda, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapat cuan.

Ini bukan sekedar isapan jempol. Sekedar 100 milisecond waktu load lebih lambat, kemungkinan pelanggan membeli produk berkurang sampai dengan 7 persen. Waktu loading selama 2 detik saja, punya persentase bounce rate sampai 9 persen. Persentase ini meningkat hingga 38 persen ketika waktu load bertambah menjadi 5 detik.

Data di atas disimpulkan oleh sebuah survei, 46 persen user tak suka menunggu terlalu lama untuk membuka website. Sebanyak 79 persen di antaranya, yang sedang berbelanja di toko online, mengaku takkan pernah lagi membuka website yang loading-nya lama.

Untuk menghindari loading lama pada website, Anda perlu melakukan beberapa hal:

Untuk tahu lebih lengkap soal optimasi kecepatan, Anda bisa download ebook 20+ Tips Membuat WordPress Super Cepat.

Optimasi SEO

Optimasi SEO memudahkan website Anda mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian. Sehingga ketika seseorang mencari kata kunci berkaitan dengan bisnis Anda, misalnya: jual jaket bomber, website Anda bisa tampil di urutan paling awal.

Semakin tinggi posisi Anda di Google, semakin besar pula kemungkinan calon pelanggan untuk membeli di website Anda. Peringkat satu hasil pencarian di Google berhasil menguasai 32,5 persen trafik.

Kalau ranking satu nampaknya terlalu sulit, minimal Anda hanya perlu ada di halaman pertama hasil pencarian. Setidaknya di halaman pertama ini, ada  91,5 persen kemungkinan Anda untuk berbagi trafik dengan website lainnya.

Untuk tahu kiat lengkap optimasi SEO, Anda bisa mendownload ebook 30 Langkah Ampuh Optimasi SEO

Mengapa Harus Menggunakan WordPress?

Itu pertanyaan yang tadi sempat disinggung. Mengapa kami merekomendasikan WordPress? Padahal kan, ada banyak CMS dan platform blog yang bisa dipilih?

Tanpa berlama-lama lagi, berikut hal-hal yang membuat kami jatuh hati dengan WordPress:

  • Open-source dan gratis ━ WordPress mudah dimodifikasi dan bisa digunakan tanpa mengeluarkan biaya. Anda punya kesempatan memiliki performa web yang sama hebatnya dengan perusahaan kelas dunia.
  • Bisa dipakai untuk membuat segala jenis web ━ mulai dari yang statis sampai dinamis, dari yang full gambar HD sampai dengan tulisan, dari yang portofolio sampai toko online. Semua bisa dihandle oleh WordPress.
  • Mendukung semua jenis media ━ gambar, foto, video, audio, animasi interaktif, tulisan dengan berbagai formatting, dan segudang media lainnya.
  • Bisa personalisasi dan tampilkan keunikan brand di website ━ tema dan plugin membuat segala kustomisasi menjadi mungkin.
  • Ramah untuk pemula ━ user interface yang intuitif membuat siapapun bisa membuat, mengatur, dan mempublikasikan konten lewat WordPress.
  • SEO friendly ━ WordPress memiliki pengaturan bawaan yang memastikan website menjalankan prinsip-prinsip sesuai SEO. Dengan ini, kemungkinan Anda menempati halaman pertama di hasil pencarian Google makin besar.

Membuat Website Gratis, Gampang Kan?

Itu tadi cara lengkap membuat website gratis dan mudah untuk pemula. Semoga Anda teryakinkan untuk segera membuat web WordPress di Niagahoster.

Jika ada pertanyaan soal pembuatan website, jangan sungkan untuk tanyakan pada kami. Customer Success Agent Niagahoster siap menjawab pertanyaan Anda kapan saja.

Baca Juga: 9 Cara Mudah Maintenance Website Secara Profesional

Imas Indra

A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Share
Published by
Imas Indra

Recent Posts

Rahasia Sukses UMKM Go Online: Siapkan 4 Hal Ini!

Tahukah Anda? Persentase UMKM di Indonesia yang sudah go online baru sekitar 15% saja. Atau lebih tepatnya, hanya 9,4 juta…

20 hours ago

Google WebP: Format Gambar Digital yang Bisa Mempercepat Website

Kalau Anda ingin meningkatkan kecepatan website, ukuran gambar adalah salah satu kuncinya. Kenapa? Karena semakin besar ukuran gambar, semakin lama…

2 days ago

Apa itu Spoofing? Pahami Jenis-Jenis dan Cara Pencegahannya

Spoofing adalah salah satu bentuk kejahatan dunia maya atau cyber crime yang perlu Anda waspadai.  Menurut Indonesia Computer Emergency Response…

3 days ago

Cara Memasukkan dan Mengatur Gambar di HTML

Website tanpa gambar ibarat sayuran tanpa garam, akan terasa hambar. Sebab, kemungkinan  website akan terasa membosankan, sulit dipahami, dan tidak…

4 days ago

5+ Rekomendasi Tools Google Gratis untuk Digital Marketer

Untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis online, Anda perlu melakukan upaya pemasaran dengan tepat. Untungnya, saat ini ada banyak tools Google…

4 days ago

Apa itu Blogwalking? Perlukah Setiap Blogger Melakukannya?

Blogwalking tentu bukan hal asing bagi blogger. Namun, tahukah Anda kalau sebenarnya blogwalking merupakan istilah yang hanya ada di Indonesia?…

5 days ago