Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.

Cara Membuat Website Forum di WordPress dengan 6 Langkah Mudah!

4 min read

cara membuat website forum

Website adalah kumpulan halaman web yang memiliki tujuan tertentu, misalnya mendatangkan trafik atau membangun komunitas online. Anda ingin mendapatkan keduanya? Jika jawabannya iya, membuat website forum adalah salah satu pilihan terbaik.

Tenang, cara membuat website forum itu tidak susah kok. Dengan mengikuti langkah yang tepat, website Anda siap menjadi tempat ngobrol orang di dunia maya. 

Di artikel ini, kami akan membagikan cara membuat website forum di WordPress dalam 6 langkah mudah. Yuk langsung simak penjelasan lengkapnya!

Apa itu Website Forum?

Website forum adalah website yang berfungsi sebagai tempat diskusi secara online bagi para anggota yang sudah terdaftar.

Di dalam website forum, setiap anggota bebas memposting pertanyaan atau menjawab pertanyaan dari anggota yang lain. Inilah yang kemudian memunculkan diskusi yang akan membuat website forum jadi ramai.

Umumnya, jenis website yang satu ini memberikan kebebasan anggotanya untuk berdiskusi tentang topik dari berbagai niche. Contohnya, forum Kaskus yang memiliki topik diskusi seputar teknologi, olahraga, dan game.

kaskus

Namun, banyak juga website forum yang fokus pada satu niche saja. Sebagai contoh, ATRL, forum luar negeri yang banyak membahas topik seputar dunia selebritis dan musik pop.

contoh website forum atrl.net

Berbeda dengan jenis website lain, website forum adalah salah satu yang paling gampang mendatangkan trafik. Alasannya, topik di dalamnya bisa sangat lengkap sesuai dengan perkembangan diskusi anggotanya.

Bukan hanya itu, engagement dari website forum juga cukup potensial karena setiap anggota tentu akan terus mengikuti perkembangan topik yang menarik minat mereka. Apalagi, kalo topik yang dibahas sedang ramai dibicarakan.

Hal ini juga yang sering dimanfaatkan oleh pebisnis untuk membangun website forum sesuai dengan niche bisnis mereka. Selain bisa lebih dekat dengan audiens, website forum ternyata mampu mendorong lebih banyak leads yang didapatkan.

Nah, setelah paham tentang pengertian dan manfaat website forum, mari pelajari cara membuat website forum.

Cara Membuat Website Forum di WordPress

WordPress memang bukan platform khusus untuk membuat forum online. Namun, cara membuat forum di WordPress adalah salah satu yang cukup mudah karena bisa dilakukan hanya dengan enam langkah.

Cara membuat website atau website development untuk forum di WordPress:

  1. Berlangganan Hosting dan Domain

  2. Melakukan Install WordPress

  3. Menentukan Tema Website Forum

  4. Memasang Plugin

  5. Membuat Website Forum WordPress

  6. Melakukan Setting Akses Anggota Forum

Berikut ini penjelasan detail cara membuat website forum di WordPress:

1. Berlangganan Hosting dan Domain

Langkah pertama, pastikan Anda sudah berlangganan domain dan hosting terjangkau Niagahoster untuk website forum Anda.

Sebenarnya, Anda bisa menggunakan layanan shared hosting di awal membuat website forum. Namun, jika website forum tersebut semakin berkembang atau niche forum Anda cukup luas, menggunakan cloud hosting tentu lebih menjanjikan.

cloud hosting website forum

Alasannya, cloud hosting memiliki sumber daya yang lebih besar dan lebih fleksibel untuk disesuaikan dengan kebutuhan website forum Anda. Terutama, ketika forum tersebut berkembang pesat dan traffic menjadi cukup tinggi.

Selain hosting, memilih nama domain yang sesuai dengan niche forum Anda juga perlu dilakukan. Tujuannya, agar user mudah mengenali topik website forum Anda.

Jangan lupa untuk memilih nama yang unik dan singkat. Jika pilihan ekstensi .com yang Anda inginkan sudah tidak tersedia, masih banyak ekstensi lain yang bisa digunakan seperti .id, .xyz dan lainnya. 

paket domain niagahoster

2. Melakukan Instalasi WordPress

Setelah berlangganan hosting dan domain, Anda perlu menginstall WordPress sebagai Content Management System untuk website forum Anda. 

Pertama-tama, silakan login ke Member Area hosting Anda. 

Halaman login Member Area Niagahoster

Setelah itu, klik tombol Kelola Layanan. Pada halaman berikutnya, klik opsi Install WordPress. Cukup dengan melakukan 2 langkah itu, WordPress Anda siap digunakan.

Install WordPress di Member Area Niagahoster

Untuk melihat tutorial lengkapnya, Anda bisa membaca artikel ini > Cara Install WordPress di Member Area.

3. Menentukan Tema Website Forum

Setelah instalasi WordPress, saatnya memilih tema untuk website forum Anda. Caranya, dari dashboard WordPress, klik Appearance > Themes.

tema website forum

Anda akan melihat berbagai pilihan tema bawaan dari WordPress untuk website forum Anda. Jika masih kurang cocok, Anda bisa memilih tema lainnya. Beberapa tema WordPress yang bisa Anda coba adalah Zakra dan Astra karena desain website jadi lebih menarik dan ringan.

Jika Anda tertarik mencobanya, klik Add New Theme > tulis nama tema di kotak pencarian.

tema website forum zakra

Kemudian klik Install > Activate.

tema forum zakra

4. Memasang Plugin

Sebenarnya website WordPress Anda siap diakses. Namun, untuk menjadikannya sebuah website forum, perlu instalasi plugin terlebih dahulu. 

Dari halaman dashboard WordPress, Anda bisa klik menu Plugins > Add New.

cara membuat website forum klik plugin

Setelah itu, ketik “forum” pada kotak pencarian di pojok kanan atas. 

ketikkan forum

Ada banyak plugin forum yang bisa Anda pilih. Jika Anda mengutamakan kemudahan, bbPress merupakan pilihan yang tepat. Namun jika Anda mencari plugin dengan lebih banyak fungsi, Anda bisa memilih Asgaros Forum atau SimplePress

Dalam tutorial ini, kami menggunakan bbPress. Jadi, langkah berikutnya klik Install Now dan Activate pada plugin tersebut.

install plugin website forum bbpress

5. Membuat Website Forum WordPress 

Setelah plugin bbPress terinstall dan aktif, pilih menu Forum > Add New.

klik forum

Anda akan masuk ke halaman editor forum. Masukkan nama forum dan deskripsi forum.

form nama website forum

Jangan lupa untuk menentukan pengaturan website forum di opsi Forum Attributes:

  • Type: Forum – Untuk menampilkan daftar topik
  • Status: Open – Daftar topik terbuka untuk diskusi para anggota
  • Visibility: Private – Hanya anggota website forum yang dapat mengakses website forum Anda. 

Setelah semua informasi forum dipastikan sesuai, klik Publish.

6. Membuat Topik di Website Forum Anda

Setelah membuat halaman forum, saatnya membuat topik untuk website forum Anda.

Langkah pertama, klik Topics > Add New.

form topik website forum

Kemudian isi form topik dengan pertanyaan/review seputar topik yang ingin Anda munculkan. Lalu, tentukan pengaturan topik di opsi Topic Attributes:

  • Type: Normal – Topik ditampilkan di halaman depan website forum Anda. Jika ada topik baru, topik-topik lama akan ada di urutan kedua dan seterusnya.
  • Status: Open – Topik terbuka untuk diskusi
  • Forum: Nama forum Anda – Tentukan forum yang tepat jika memiliki lebih dari beberapa forum diskusi di website tersebut.

Setelah semua informasi terisi, klik Publish.

6. Ketika anggota website forum klik alamat forum diskusi Anda, akan ada tampilan seperti ini.

halaman depan website forum

7. Melakukan Setting Akses Anggota Website Forum

Setelah forum dan topik dibuat, saatnya mengatur akses untuk anggota forum. 

Pertama-tama, Anda perlu membuat form pendaftaran. Caranya, klik Pages > Add New.

add new pages

Kemudian, isi judul form di bawah ini dengan Pendaftaran dan tambahkan shortcode [bbp-register]. Jangan lupa perhatikan URL yang digunakan untuk halaman tersebut. Contohnya seperti http://website.com/pendaftaran/. Jika sudah sesuai, klik Publish.

form pendaftaran

Inilah tampilan halaman registrasi website forum Anda. 

tampilan form pendaftaran

Berikutnya, Anda perlu membuka izin keanggotaan forum. Caranya, klik Settings > General.

klik setting

Pada bagian General Settings, silakan ceklis Anyone can register. Kemudian scroll ke bawah dan klik Save Changes.

general setting website forum

Nah, sekarang pengunjung website Anda sudah bisa mendaftar ke website forum Anda.  

Perlu diingat bahwa setelah mendaftar, calon anggota forum perlu memeriksa email mereka. Tujuannya, untuk membuat password login ke website forum Anda.

Sudah Siap Membuat Website Forum di WordPress?

Setelah menyimak artikel ini, Anda tentu sudah memahami tentang website forum, bukan? Jenis website ini dapat mendatangkan trafik dengan mudah berkat topik yang dibahas dan interaksi antar anggota yang terjadi. 

Cara membuat website forum juga cukup mudah. Anda bisa menggunakan platform WordPress, memasang plugin dan mulai membuat topik sesuai niche dari website forum Anda.  

Selain untuk kepentingan membangun komunitas yang digemari, website forum juga bisa dimanfaatkan untuk menunjang bisnis. Salah satu alasannya, website forum dapat membantu meningkatkan engagement dengan audiens dan menarik leads atau pelanggan baru. 

Apapun itu, jangan lupa untuk menggunakan layanan hosting yang bisa diandalkan agar website forum Anda bisa diakses 24 penuh. 

Jadi, tunggu apa lagi? Sudah siap kan membuat website forum sekarang? Yuk segera wujudkan website forum Anda.

Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.