Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Cara Membuat Website Berita dengan WordPress

6 min read

cara memulai bisnis dari nol

Website adalah kumpulan halaman web yang memiliki tujuan tertentu, salah satunya untuk menampilkan berita. Namun, kebanyakan orang mungkin berpikir kalau website berita hanya bisa dibuat oleh perusahaan-perusahaan media besar. Padahal siapa pun kini bisa belajar membuat website berita dengan mudah, termasuk Anda.

Website berita tidak harus selalu berisi berita nasional seperti media online kebanyakan. Anda membuat website berita yang fokus pada isu/topik tertentu atau wilayah tertentu. Misalnya, Anda punya minat besar pada topik teknologi, Anda bisa membuat website berita yang fokus pada topik tersebut.

Contoh lain, Anda juga bisa membuat website berita yang fokus menerbitkan berita di wilayah tertentu. Peluang membuat jenis website semacam ini cukup besar, mengingat mayoritas media online Indonesia yang terlalu memfokuskan pemberitaan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Jika Anda tinggal di wilayah yang masih jarang dijangkau media mainstream, Anda bisa membuat website berita untuk wilayah Anda. Bukan tidak mungkin website Anda bisa seterkenal website berita mainstream saat ini. Contohnya website berita warta

Anda tidak perlu menjadi developer untuk membuat website berita. Dengan menggunakan WordPress, proses website development bisa sebagus website berita mainstream. WordPress adalah solusi bagi siapa saja yang ingin membuat website tanpa perlu memahami coding sama sekali.

Tidak perlu khawatir soal kualitas website yang dibuat menggunakan platform Content Management System yang satu ini. Sudah banyak website berita ternama yang menggunakan WordPress, salah satunya adalah The New York Times.

Anda juga bisa membuat website berita seperti The New York Times menggunakan WordPress. Di bawah ini saya akan menjelaskan cara membuat website berita dengan mudah menggunakan WordPress.

Baca Juga: Apa Itu WordPress? Pengertian WordPress dan Manfaatnya

Cara Membuat Website Berita dengan WordPress (7 Langkah)

Dengan menggunakan WordPress, Anda bisa membuat website berita dengan kualitas tinggi. Berikut adalah cara membuat website berita dengan WordPress dalam tujuh langkah:

Baca juga: Cara Membuat Website Fotografi

1. Tentukan Topik Utama

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam membuat website berita adalah menentukan topik utama yang akan dibahas. Cari topik menarik yang belum banyak dibahas oleh website berita mainstream.

Lakukan riset terlebih dahulu dan temukan topik-topik menarik yang berpotensi mendatangkan pembaca, tetapi masih belum mendapatkan tempat yang layak di media online mainstream. Masih banyak topik menarik yang bisa digali lebih dalam untuk sebuah website berita.

Anda bisa menggunakan bantuan tool riset keyword untuk menemukan pola tren sebuah topik. Terdapat banyak tool riset keyword yang bisa Anda gunakan, dari yang gratis sampai berbayar. Beberapa di antaranya adalah Google Trends, UberSuggest, dan Ahrefs.

Misalnya, topik traveling di website berita mainstream belum banyak memberitakan tentang objek-objek wisata anti mainstream. Anda bisa mengambil peluang ini untuk membuat website berita traveling, khususnya untuk objek-objek wisata yang belum banyak didatangi turis.

Baca juga: Cara Membuat Web Portofolio

2. Pilih Domain dan Hosting

Untuk membuat website berita menggunakan WordPress, Anda perlu membeli domain dan hosting agar website tersebut dapat diakses secara online. Domain adalah alamat website yang digunakan pengunjung untuk mengakses website Anda seperti www.websiteberita.com, www.berita.online, www.berita.website, atau www.websiteberita.co.id.

Beli Hosting Diskon 75% + Gratis Domain

Di sisi lain hosting adalah layanan yang berfungsi untuk menyimpan semua file website secara online. Semua konten, artikel, gambar, tema, plugin, widget, dan komponen website lainnya tersimpan di layanan web hosting.

Anda bisa membeli domain dan hosting dalam satu paket. Bahkan untuk pembelian paket hosting domain tertentu, Anda bisa mendapatkan domain gratis selamanya. Selain itu, Anda juga bisa menginstall WordPress secara otomatis. Berikut adalah contoh cara membeli domain dan hosting:

Buka Website Niagahoster

– Pilih Menu Unlimited Hosting Indonesia

Cara Membuat Website Berita

Ada empat paket hosting yang bisa Anda pilih, dari Paket Bayi, Paket Pelajar, Paket Personal, dan Paket Bisnis. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

– Pilih Durasi Sewa Hosting

Cara Membuat Website Berita

Tentukan durasi sewa hosting sesuai kebutuhan Anda. Centang Install Otomatis WordPress jika Anda ingin WordPress otomatis terpasang ketika hosting dan domain sudah aktif.

– Tentukan Nama Domain

Cara Membuat Website Berita

Di paket sewa hosting ini Anda mendapatkan domain gratis selamanya. Jika belum memiliki domain, ketik nama domain yang Anda inginkan sampai muncul notifikasi Domain Tersedia

– Lakukan Pembayaran

Cara Membuat Website Berita

Jika nama domain Anda dinyatakan tersedia, Anda bisa melanjutkan ke pembayaran. Setelah Anda melakukan pembayaran sesuai dengan nominal pada tagihan, maka dalam beberapa menit website instant Anda sudah aktif.

Baca juga: Apa itu Ecommerce

3. Pilih Tema

Di langkah sebelumnya, Anda sudah memasang WordPress secara otomatis. Jika WordPress sudah terpasang, Anda bisa langsung mengakses dashboard WordPress melalui URL Login Admin seperti http://websiteberita.com/wp-admin.

Masukkan username dan password yang tertera pada email di bagian Informasi Akun Website kemudian klik Login. Anda bisa mengganti username dan password di dashboard sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah login berhasil, pilih menu Appearance > Themes untuk memasang tema WordPress.

Cara Membuat Website Berita

Kemudian Anda akan diarahkan di menu tema. Klik Add New untuk menambahkan tema baru.

Cara Membuat Website Berita

Anda bisa mencari tema WordPress yang Anda inginkan melalui kolom pencarian seperti di bawah ini:

Cara Membuat Website Berita

Anda pun bisa menggunakan tema WordPress dari pihak ketiga melalui fitur Upload Theme. Anda bisa mengunduh tema dari situs penyedia tema selain WordPress dan mengunggahnya di WordPress Anda.

Terdapat banyak pilihan tema WordPress yang bisa digunakan untuk desain website berita. Biasanya website berita menggunakan tema WordPress jenis magazine. Beberapa tema WordPress jenis magazine yang banyak digunakan adalah NewsMag, Hueman, ColorMag, MH Magazine Lite, dan News Anchor.

Temukan lebih banyak pilihan tema WordPress untuk website berita Anda di artikel 50 Template Blog Keren dan SEO Friendly.

Baca Juga: Cara Daftar Google News

4. Pasang Plugin Penting

Plugin menjadi salah satu fitur terpenting dari WordPress. Dengan menggunakan plugin, Anda bisa menambahkan berbagai fitur berguna di website Anda. Anda ingin menambahkan tombol share media sosial? Pasang plugin media sosial. Butuh fitur keamanan? Anda bisa menggunakan plugin keamanan.

Banyak plugin yang bisa Anda pasang di website Anda. Berikut adalah beberapa plugin penting yang wajib Anda pasang di website berita Anda.

Baca juga: Tips Desain Website

– Plugin SEO

Sebagai sumber berita, tentu website Anda harus mudah ditemukan oleh para pencari di Google. Ketika mengetikkan kata kunci berkaitan dengan topik yang Anda bahas, website berita Anda harus muncul di hasil pencarian Google.

Untuk bisa mencapai hal di atas, Anda perlu membangun SEO yang kuat di website berita Anda. Terdapat beberapa plugin yang bisa membantu Anda meningkatkan kualitas SEO Anda. Beberapa di antaranya adalah Yoast SEO, Broken Link Checker, Redirection, dan W3 Total Cache. Penjelasan lengkapnya dapat Anda baca di artikel plugin SEO terbaik untuk WordPress.

– Plugin Keamanan

Keamanan menjadi perhatian utama di semua website, termasuk website berita. Internet bisa menjadi tempat yang sangat berbahaya untuk website jika Anda tidak memberikan perlindungan yang tepat.

Salah satu cara memberikan perlindungan untuk website Anda adalah dengan memasang plugin keamanan. Plugin keamanan WordPress dapat melindungi website Anda dari serangan malware, hacking, ataupun brute force.

Banyak plugin yang menyediakan berbagai macam fitur keamanan. Ada yang memberikan fitur keamanan secara keseluruhan, ada juga yang hanya memberikan fitur keamanan ala kadarnya.

Baca juga: Cara Membuat Website Forum

– Plugin Mobile

Mengingat pengguna internet Indonesia yang mayoritas mengakses internet melalui perangkat mobile, Anda perlu menyediakan website yang mobile friendly. Dengan cara membuat website mobile friendly, pengunjung akan lebih mudah dan lebih cepat mengakses website berita Anda dari perangkat mobile.

Sayangnya tidak semua tema WordPress secara otomatis menyediakan versi mobile. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasi masalah ini menggunakan plugin. Tersedia banyak plugin mobile yang bisa membantu Anda membuat website berita Anda lebih mobile friendly.

Download 8+ Plugin Mobile WordPress Terbaik

– Plugin Media Sosial

Plugin media sosial juga merupakan salah satu plugin yang tidak boleh Anda abaikan. Dengan menggunakan plugin media sosial, Anda bisa menambahkan tombol share dan profil media sosial di website berita.

Setidaknya ada 30 plugin media sosial yang kami rekomendasikan untuk menambahkan fitur share atau profil media sosial di website berita Anda. Setiap plugin punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa memilih salah satu dari 30 plugin media sosial WordPress terbaik di artikel ini.

Baca juga: Apa itu Blog

– Plugin Backup

Anda juga membutuhkan fitur backup untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang menyebabkan data website Anda hilang. Dengan

Baca Juga: Ar Media Kreatif: Dari Jurnalis Sampai Buka Bisnis Pembuatan Website Berita

5. Optimasi SEO

Kualitas SEO yang baik adalah sebuah keharusan bagi semua website, termasuk webiste berita Anda. Dengan kualitas SEO yang baik, website berita Anda akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google.

Selain memasang plugin SEO seperti yang sudah dijelaskan di langkah sebelumnya, masih ada banyak langkah optimasi yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas SEO website berita Anda.

Dari membuat sitemap, riset keyword, optimasi gambar, optimasi internal link, kualitas backlink, dan masih banyak lagi. Lebih lengkapnya dapat Anda temukan di ebook 30 Langkah Ampuh Optimasi SEO 2020.

ebook optimasi seo

6. Optimasi Kecepatan

Kecepatan menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kepuasan pengunjung website berita Anda. Semakin lambat loading website berita, semakin turun tingkat kepuasan pengunjung website Anda.

Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik. Selain itu, sekali pengunjung mengalami loading lama di website Anda, kemungkinan besar mereka tidak akan kembali mengunjungi website Anda. Berdasarkan survey KissMetric, 79 persen pengunjung tidak akan kembali mengunjungi website yang mereka anggap lama loading-nya.  

Optimasi kecepatan website terdiri dari berbagai langkah, dari optimasi gambar, aktivasi caching, konfigurasi, plugin, dan lain-lain. Dapatkan penjelasan lebih lengkapnya di ebook 20+ Tips Membuat WordPress Super Cepat.

7. Buat Konten Berkualitas

Tidak ada yang lebih penting dari konten berkualitas untuk sebuah website berita. Tanpa konten yang berkualitas tinggi, website berita Anda akan sulit untuk memenangkan persaingan di antara website berita dan media online lainnya.

Konten seperti apa yang bisa dianggap sebagai konten berkualitas? Konten berkualitas adalah konten yang lengkap dan mampu menjawab pertanyaan pengunjung website. Ketika orang mencari sebuah kata kunci di Google, mereka mengharapkan mendapatkan jawaban atau solusi.

Jadi pastikan Anda memberikan jawaban yang tepat kepada pengunjung website berita Anda. Banyak tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat konten berkualitas, dari riset keyword hingga penggunaan media visual. Selengkapnya dapat Anda baca di artikel cara menulis artikel SEO.

Kesimpulan

Membuat website berita memang dapat dilakukan oleh siapa saja, tapi bukan berarti Anda membuatnya dengan sembarangan tanpa perencanaan dan pengelolaan yang tepat. Manfaat website berita yang dibuat dengan tema yang bagus, kualitas SEO baik, dan konten yang berkualitas akan membantu Anda memenangkan persaingan dengan website berita lainnya.

Setelah membuat website berita berkualitas, Anda bisa menghasilkan uang dengan bekerja sama dengan perusahaan untuk endorsement produk. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari Google AdSense. Tidak punya waktu? Niagahoster menyediakan jasa buat website dengan berbagai tema dan keperluan.

Monetisasi website berita dapat dilakukan dengan berbagai cara. Hal yang terpenting adalah selalu jadikan kepuasan pembaca atau pengunjung website sebagai pertimbangan dalam setiap perkembangan website berita Anda. Selamat mencoba!

Cek : Jasa Pembuatan Web Berita Terjangkau Niagahoster!

Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

One Reply to “Cara Membuat Website Berita dengan WordPress”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *