Categories: WordPress

Cara Membuat Menu di WordPress dengan Sub Menu

Cara membuat menu di WordPress cukup mudah untuk dilakukan. Seperti diketahui, WordPress merupakan CMS yang paling mudah untuk digunakan, hal ini terbukti dari jumlah pengguna WordPress paling banyak jika dibandingkan CMS lainnya.

WordPress merupakan salah satu platform yang dapat digunakan untuk berbagai jenis website sesuai kebutuhan, mulai dari membuat blog , membuat wordpress sampai membuat toko online.

Anda hanya memerlukan beberapa menit melakukan pengaturan di halaman dashboard admin, maka fungsi dan tampilan website Anda sudah sesuai seperti yang diinginkan.

Sama halnya ketika Anda ingin membuat beberapa menu, dengan mudah dapat Anda lakukan, bahkan Anda dapat mengatur atau mengubah menu yang telah dibuat.

Untuk membuat menu pada website, Anda harus memahami menu apa saja yang akan membantu pengunjung menemukan yang mereka cari ketika mengunjungi website Anda.

Tips Membuat Menu Navigasi

Menu pada website adalah salah satu bagian yang cukup penting. Berfungsi untuk memudahkan pengunjung menemukan konten pada website Anda, jadi pastikan membuatnya lebih mudah untuk ditemukan. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat menu pada website:

1. Batasi Menu Maksimal Tujuh

Buat menu yang sederhana dan hindari membuat menu yang banyak karena dapat menyulitkan pengunjung. Disarankan untuk menu maksimal memiliki tujuah buah. Hal ini karena memori jangka pendek manusia hanya memuat tujuh item. Berdasarkan makalah psikologi terkenal yang diterbitkan oleh George Miller pada tahun 1956.

2. Gunakan Logo Website Menuju Halaman Utama

Pastikan logo website Anda memiliki tautan ke halaman utama. Ini akan membantu pengunjung ketika ingin mengakses konten lain dari website Anda.

3. Hindari Menu Drop Down

Disarankan untuk menu drop-down maksimal hanya memiliki tiga menu di bawahnya.Ā Jika website Anda memiliki banyak menu, hindari menggunakan menu drop down. Sebagai gantinya Anda dapat menggunakan mega menu. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan mega menu, diantaranya seperti yang dijelaskan pada artikel berikut.

4. Pastikan Desain Website Anda Responsif

Supaya menu Anda dapat diakses dengan baik melalui perangkat mobile, pastikan untuk template yang Anda gunakan sudah responsif. Silakan kunjungi artikel berikut mengenai template WordPress responsif gratis yang dapat digunakan untuk website Anda.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengentai tips membuat menu website, silakan menuju tautan berikut.

Baca Juga: Belajar PHP untuk Membuat Web, Gratis di Situs Ini

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai tutorial ini, pastikan:

  • Memiliki akses ke dashboard WordPress.

Berikut Cara Membuat Menu di WordPress

Untuk membuat menu pada tutorial ini kami menggunakan template WordPress gratis yaitu Stargazer yang tersedia di WordPress.org. Jika Anda menggunakan template yang berbeda, untuk pengaturannya tidak jauh berbeda.

a. Buat Menu Pertama Anda

Untuk membuat menu silakan login ke dashboard WordPress, kemudian ikuti langkah di bawah ini. Pastikan Anda sudah memiliki halaman untuk menu yang akan dibuat, jika belum silakan ikuti tutorial cara membuat halaman kontak terlebih dahulu.

1. Pilih menu Appearance > Menus

2. Untuk membuat menu baru silakan isi nama menu pada kolom Menu Name, pada contoh ini kami menggunakan nama Menu Pertama, kemudian klik tombol Create Menu.

3. Tentukan lokasi menu Anda dimana akan ditampilkan. Untuk lokasi menu terdapat tiga pilihan yaitu primary, secondary, dan social. Lokasi dan nama biasanya tidak sama untuk setiap template.

4. Pada bagian Pages, silakan centang halaman yang ingin ditambahkan pada menu yang akan dibuat, kemudian tekan tombol Add to Menu.

5. Setelah halaman ditambahkan ke menu, pilih lokasi menu yang ingin Anda tampilkan, pada contoh ini kami memilih lokasi Primary, kemudian tekan tombol Save Menu.

Untuk melihat perubahan, silakan akses website Anda. Tampilannya kurang lebih akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

b. Urutkan Menu

Setelah Anda selesai membuat menu, pastikan urutannya sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika belum sesuai dapat dilakukan pengaturan dengan cara menggeser menu ke lokasi yang diinginkan, kemudian klik tombol Save Changes.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Secara Otomatis

c. Buat Sub Menu atau Menu Drop-Down

Sub menu adalah menu yang memiliki menu di bagian dalamnya, terdiri dari menu parent dan child. Sub menu akan muncul ketika mouse diarahkan ke menu utama.

Membuat sub menu memungkinkan website Anda memiliki struktur menu yang baik. Untuk membuatnya sama seperti ketika Anda mengurutkan lokasi menu. Silakan tarik ke lokasi dimana Anda ingin menempatkannya. Kemudian klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Untuk membuat sub menu, disarankan maksimal tiga, jika Anda ingin menambahkan banyak menu, Anda dapat membuat mega menu, Anda hanya perlu menginstal plugin Max Mega Menu.

d. Tambahkan Kategori ke Menu

Selain menambahkan sub menu, Anda juga dapat menambahkan kategori ke menu yang dibuat. Sebagai contoh, untuk blog Niagahoster terdapat beberapa kategori seperti Development, Marketing, dan Design, silakan disesuaikan dengan kategori dari website Anda.

Berikut cara membuat menu di WordPress dengan menambahkan kategori:

1. Masih pada menu menu Apearance > Menus

2. Klik Categories > View All, kemudian centang kategori yang ingin Anda tambahkan ke sub menu.

3. Tarik kategori pada bagian bawah menu yang ingin dijadikan sebagai menu utama, pada contoh ini adalah menu Blog. Setelah itu silakan simpan perubahan dengan menekan tombol Save Menu.

Pada langkah ini proses menambahkan kategori pada menu sudah berhasil, untuk tampilannya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

e. Tambahkan Tautan di Menu Navigasi

Ada beberapa pilihan cara membuat menu di WordPress, selain menambahkan kategori di menu, Anda juga dapat menambahkan tautan di menu navigasi. Sebagai contoh, mungkin Anda ingin menambahkan tautan ke sosial media atau tautan lainnya.

1. Untuk menambahkannya silakan pilih menu Custom Links, masukkan tautan Anda pada form URL dan nama menu Pada form Link Text. Setelah itu klik tombol Add to Menu.

Catatan: Pastikan untuk tautan diawali dengan http:// atau https://, sesuai dengan tautan Anda.

2. Kemudian letakkan tautan kustom Anda pada menu yang Anda inginkan dengan cara ditarik, kemudian tekan tombol Save Menu untuk menyimpan perubahan.

f. Edit Menu

Biasanya untuk menu dari kategori, akan mengikuti nama dari kategori tersebut, pada contoh ini adalah kategori Design.

Untuk mengubahnya silakan klik pada logo segitiga dari kategori menu yang ingin diubah, kemudian pada bagian Navigation Label silakan ubah sesuai dengan nama yang Anda inginkan. Jangan lupa simpan perubahan dengan menekan tombol Save Menu.

g. Hapus Menu

Anda dapat menghapus menu dengan cara yang sama ketika Anda ingin mengedit menu. Silakan pilih salah satu menu yang ingin Anda hapus, kemudian klik Remove. Kemudian klik tombol Save Menu untuk menyimpan perubahan.

h. Pahami Lokasi Menu

Menu navigasi adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh WordPress. Untuk mengubah dan melakukan pengaturan menu tentunya Anda harus memiliki akses ke dashboard WordPress. Tampilan dari menu tergantung dari template yang digunakan, sehingga untuk setiap template memiliki tampilan menu yang tidak sama.

1. Sebagai contoh ketika Anda ingin menambahkan menu baru dengan memilih Appearance > Menus > create a new menu.

2. Masukkan nama menu baru, pada contoh ini Menu Kedua, kemudian klik tombol Create Menu.

3. Setelah itu pilih bagian menu yang ingin ditambahkan, misalnya Anda ingin membuat menu berupa tautan ke artikel yang paling banyak dibaca. Silakan klik Posts > View All > centang artikel pilihan > Klik Add to Menu.

4. Supaya menu berada di bagian bawah menu pertama, silakan centang Secondary dan klik Save Menu.

5. Karena nama menu akan menyesuaikan dengan judul artikel, silakan edit supaya namanya lebih singkat.

6. Berikut adalah tampilan menu kedua yang akan mengarah ke artikel.

Setelah menyelesaikan langkah ini, tentu Anda akan memahami penempatan dari menu yang akan ditambahkan.

i. Tambahkan Menu Navigasi di Sidebar

Untuk lokasi menu, selain di bagian header, Anda juga dapat menambahkannya di bagian sidebar. Cara membuat menu di WordPress di bagian sidebar tidak jauh berbeda seperti cara sebelumnya. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Klik menu Appearance > Widgets

2. Tarik widget yang ingin ditambahkan ke bagian Primary, pada contoh ini adalah Recent Posts, berfungsi untuk menampilkan menu berupa daftar artikel terbaru.

3. Masukkan nama menu pada bagian Title, kemudian klik Save untuk menyimpannya

Berikut adalah tampilan menu setelah disimpan.

Baca Juga: Cara Membuat Website Langkah Demi Langkah

Video Tutorial Membuat Menu WordPress

Jika Anda ingin melihat cara pembuatan menu di WordPress, silakan cek tutorial video di bawah ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara membuat menu di WordPress, untuk setiap template memiliki tampilan menu yang berbeda tapi caranya tidak jauh berbeda. Anda juga dapat melakukan pengaturan menu pada bagian Appearance > Customize, dan perubahan pada website dapat langsung Anda lihat ketika menambahkan menu. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda menggunakan layanan hosting WordPress terpercaya untuk mendapatkan performa maksimal.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait artikel ini, jangan ragu untuk berkomentar melalui form yang tersedia. Silakan Subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda. šŸ™‚

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto
Tags: Wordpress

Recent Posts

7 Cara Menulis Deskripsi Produk yang Jitu dan Menjual

Ketika berbisnis online, entah di marketplace atau website, banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjang penjualan. Salah satunya, menulis…

1 day ago

Panduan Lengkap Facebook Shop untuk WooCommerce Bagi Pemula (2020)

Anda sudah memiliki website WooCommerce, tapi belum memanfaatkan platform lain untuk memasarkan bisnis? Kami sarankan Anda untuk menggunakan Facebook Shops. …

2 days ago

Ingin Menjadi WordPress Developer? Ini Dia Tipsnya!

WordPress dikenal sebagai salah satu CMS (Content Management System) terbaik. Lebih dari 34 persen seluruh website di internet saat ini…

3 days ago

10 Rekomendasi CSS Framework Terbaik untuk Developer

Desain front-end menjadi bagian yang sangat penting di website atau aplikasi. Bukan cuma untuk meningkatkan impresi positif suatu brand saja.…

4 days ago

Ingin Punya Blog Keren Tanpa Ribet? Bikin di WordPress Aja!

Pernahkah Anda mengunjungi blog dengan tampilan yang memukau dan konten yang menarik? Saking bagusnya blog tersebut, Anda jadi terinspirasi untuk…

4 days ago

Rahasia Sukses UMKM Go Online: Siapkan 4 Hal Ini!

Tahukah Anda? Persentase UMKM di Indonesia yang sudah go online baru sekitar 15% saja. Atau lebih tepatnya, hanya 9,4 juta…

5 days ago